Berbagai Cara Unik Konsumen dalam Menyampaikan Komplain

Sebagai konsumen tentunya kita pernah merasa kecewa atas pelayanan/produk yang kita dapat dari penjual. Tentunya kita ingin membagi kekecewaan tersebut kepada orang lain sebagai pembelajaran, keluhan/komplain ke penjual, atau hanya sekedar ingin curhat saja. Selain website seperti Media Konsumen, kita biasanya menyampaikan keluhan kita lewat surat kabar atau media sosial lainnya. Namun bagi beberapa orang hal tersebut dirasa belum cukup. Apa saja cara-cara unik yang mereka lakukan agar komplainnya diperhatikan ? Berikut caranya seperti dilansir dari time.com.

# Memasang Iklan 1 Halaman Penuh di Surat Kabar

Komedian Eugene Mirman mendapat denda sebesar $15 karena memarkirkan mobilnya ke tempat parkir dengan cara mundur. Karena dirasa peraturan tersebut aneh, dia tidak langsung membayar denda tersebut melainkan memasang iklan 1 halaman penuh di surat kabar lokal mengenai denda tersebut.

Memang dengan iklan 1 halaman penuh pasti komplain kita akan cepat diperhatikan, namun tentunya biaya yang dikeluarkan juga cukup besar 😀 .

# Menelepon Ibu dari CEO Perusahaan tersebut

Comcast mendapat masalah saat salah seorang agen customer servicenya mengatai pelanggan mereka dengan sebutan yang tidak pantas. Pelanggan tersebut langsung menelepon ibu dari CEO Comcast, Brian Roberts, dan menceritaan perlakuan buruk di perusahaan anaknya. Setelah 14 kali janji ketemu dengan Comcast yang batal, karena telepon itu si pelanggan langsung mendapat perhatian dan janji temu yang langsung dipenuhi.
Praktis ya, tapi 1 pertanyaan tersisa. Darimana dia mendapat nomer telepon ibunya ya?

# Video Musik

Musisi Dave Carroll membuat sebuah video musik yang berjudul “United Breaks Guitar” yang sudah ditonton sebanyak 15 juta kali di youtube dan menjadi viral. Judul yang aneh untuk sebuah video musik ya? Tapi ternyata video itu ditujukan untuk maskapai penebangan United Airlines yang merusak gitarnya yang didaftarkan sebagai bagasi. Dari pengalamannya tersebut, Dave Carroll juga dapat membuat sebuah buku yang berjudul “The Power of One Voice in the Age of Social Media”.

# Membuat Website Pribadi yang Berisi Komplain Secara Visual

B.J. Schone mempunyai cara yang tidak biasa untuk menyampaikan komplainnya ke maskapai penerbangan South West Airlines tentang koper barunya yang rusak. Daripada menulis surat biasa, dia membuat website dengan alamat http://www.dearswa.com/ dan menaruh suratnya di website tersebut. Tapi suratnya tergolong unik karena ia menggunakan gambar-gambar di suratnya. Maskapai penerbangan South West Airlines juga akhirnya membalas dengan cara yang tidak biasa dan B.J. Schone pun mendapat ganti rugi. Komplain yang kreatif dan menarik untuk dilihat, mungkin bisa dicoba oleh konsumen disini ? 🙂

# Membuat Website untuk Bukti Video

DontThrowMyPackage.com berisi rekaman-rekaman dari cctv tentang kurir yang melempar paket konsumen sehingga isinya rusak.

# Menulis Puisi

Joel Walden juga tampaknya mengalami masalah dengan comcast karena pegawai yang tidak kunjung datang untuk memasang tv kabelnya. Karena sudah lelah, akhirnya dia menulis puisi yang berisi komplainnya.

Itulah cara-cara unik yang beberapa membutuhkan kreatifitas dalam menyampaikan komplain. Mungkin ada yang tertarik ?

(sumber: time.com)

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
 [Penilaian Rata-rata: 4.1]
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Tentang Penulis
Nadia FK  

Mahasiswi dan konsumen di kehidupan sehari-hari.

Satu komentar untuk “Berbagai Cara Unik Konsumen dalam Menyampaikan Komplain

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Berbagai Cara Unik Konsumen dalam Menyampaikan Komplain

Nadia FK 2 menit
1