Mengenal MediaKonsumen.com

Pembaca yang terhormat,

Kami sudah hadir menemani konsumen Indonesia untuk berinteraksi dengan para pelaku usaha sejak tahun 2006. Situs ini hadir dengan sebuah visi untuk memberdayakan konsumen dan para pelaku usaha supaya lebih saling memahami dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan.

Untuk lebih mengenal kami lebih baik, pembaca yang terhormat bisa menyaksikannya dalam tayangan animasi berikut:

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=oS7fwYV56EA[/embedyt]

 

Konsumen Puas, Pelaku Usaha Untung

Dalam pengamatan ilmu perilaku konsumen, seorang konsumen melakukan lima langkah dalam proses pembelian suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Lima langkah tersebut secara berurutan adalah:

1. Mengenali kebutuhan (Identifikasi)
2. Mencari informasi mengenai produk dan atau penjual (Riset)
3. Membandingkan pilihan alternatif lain (Komparasi)
4. Keputusan pembelian (Belanja)
5. Evaluasi Pasca pembelian (Evaluasi)

Langkah ini akan berulang dalam tahap belanja berikutnya. Tetapi konsumen yang puas dalam pembelian pertamanya, maka dalam pembelian berikutnya untuk produk yang sama (belanja ulang) konsumen bisa melewati langkah nomor 2 dan 3, yaitu mencari informasi dan membandingkan pilihan. Inilah pentingnya kepuasan pelanggan.

Di era serba digital, saat internet dan gawai semakin mudah dan murah didapatkan konsumen, maka proses mencari informasi dan membandingkan pilihan produk atau penjual sejenis dilakukan secara online dengan perangkat ponsel pintar (smartphone). Begitu juga pasca pembelian, gaya hidup di era media sosial membuat konsumen menceritakan pengalaman belanjanya di media sosial. Belanja di era kini bukan lagi sekedar pemenuhan kebutuhan, tetapi belanja juga menjadi sebuah “pengalaman sosial”yang layak untuk dibagikan di media sosial.

MediaKonsumen.com adalah sebuah situs yang didedikasikan sebagai media sosial komunitas konsumen pertama di Indonesia. Di MediaKonsumen.com, pengunjung bisa mencari informasi mengenai produk dan atau profil penjual sebelum melakukan keputusan pembelian. Informasi bisa diperoleh baik dalam bentuk artikel informatif, review (ulasan), opini ataupun feedback (umpan balik) berdasarkan pengalaman konsumen lainnya.

Di sisi lain konsumen yang telah membeli produk bisa membagikan pengalaman belanjanya di MediaKonsumen.com baik dalam artikel berbentuk ulasan, umpan balik, opini atau bentuk artikel informatif lainnya. Pengalamannya ini akan menjadi dasar bagi konsumen lainnya sebagai bahan pertimbangan. Maka proses ini akan menjadi sebuah siklus berbagi di antara komunitas konsumen di Indonesia melalui MediaKonsumen.com.

Sebuah penelitian di India terhadap konsumen yang akan berbelanja menunjukkan, 92% konsumen melakukan riset dengan ponsel yang terhubung dengan internet saat berbelanja, meskipun untuk belanja secara konvensional (offline). Dari riset tersebut, 54% konsumen membandingkan harga, 18% membandingkan produk yang diminati dengan produk lain yang sejenis, 20% membaca review atau feedback produk. Meski belum dilakukan riset serupa, Indonesia dengan 82 juta pengguna internet di tahun 2016 maka perilaku konsumennya tidak akan jauh berbeda dengan hasil survey tersebut.

MediaKonsumen.com tidak hanya bermanfaat bagi konsumen saja, para pelaku usaha juga bisa memanfaatkan situs ini untuk lebih memahami apa menjadi harapan dan keinginan konsumen dari artikel-artikel yang ditulis oleh konsumen. Pemahaman ini akan menjadi dasar para pelaku usaha untuk memperbaiki kualitas produk dan layanannya, sehingga kepuasan konsumen meningkat dan pelaku usaha akan mendapatkan tambahan pelanggan loyal. Bukankah 80% omset pelaku usaha dihasilkan dari 20% pelanggan yang puas? Dengan kata lain, MediaKonsumen.com berusaha menjembatani sebuah misi sinergis: “Konsumen puas, pelaku usaha untung!”

Konsumen yang puas dan pelaku usaha yang untung akan mendorong produksi dan konsumsi produk dalam negeri ke tingkat yang lebih tinggi. Laju produksi dan konsumsi dalam negeri pada gilirannya akan menggerakkan perekonomian Indonesia lebih baik lagi. Sehingga rasanya tidak berlebihan jika MediaKonsumen.com memiliki visi: “Memberdayakan Indonesia”

Salam hangat,
Redaksi

14 komentar untuk “Mengenal MediaKonsumen.com

  • 31 Desember 2018 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Tolong sy py mslh dgn pinjaman online dana flash mrk menagih dgn mengancam menyebarkn data ukt mempermalu sy kesmua kntak sy bingung mau ngadu kmana lg dan gmana kasian kelg sy dan g ad dgn pimpinan dkntr …mhn ojk mencab ut perijinan mrk yg sdh dluar kemanusian dan lbh jakarta sy telp tdk bs tlg bantuanx utk menindak lanjti mrk

    • 30 Mei 2019 - (23:31 WIB)
      Permalink

      Iya pinjol sgt jahat tdk manusiawi,sya tdk telat sja hny wktunya byr sy tdk bsa konfirmasih ulang soal pembayaran sya sdh dikatakan maling dan data sdh disebar jahat banget jgn slhkan sya klu sya menggurungka niat utk pembayaran krn sdh dipermalukan pinjol “biru udara 0882247791** itu nmr yg sdh menghina dan mempermalukan sya

  • 18 Juni 2019 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Iya benar tuh saya jga korban pinjol saya sudah putus asa bahkan mau bunuh diri saya udah bingung ga tau lgh apa yang harus saya lakukan karena memang kondisi saya baru saja bangkrut usaha saya ingin masuk d grup ini mohon beri saya masukan karena saya butuh teman buat sering

    • 18 Juni 2019 - (13:48 WIB)
      Permalink

      Saya jga.. Pengen rasa nya bunuh diri gara pinjol ini.. Saya butuh masukan dan saran.. Kluarga sudah tdk mau tau lage.. ??

      • 18 Juni 2019 - (13:49 WIB)
        Permalink

        Kita buat grup wa bagi yg pinjol yg minta saran nya.. Gx tw mo lakukan apa.. Ini wa saya.. Boleh diinvite ke grup nya.. 0813636640**

        • 18 Juni 2019 - (14:56 WIB)
          Permalink

          Mba bagaimana? Adakah solusi. Sy juga terjerat. Sy bingung dan pysing sekali. ?. Minta no wa’y mb

          • 16 Desember 2021 - (22:48 WIB)
            Permalink

            Menurut sy kita jangan takut hadapi pinjol yg sudah sebarkan data nama baik nasabah. Kita harus tindak cepat laporkan ke yg berwajib, OJK dan minta pertanggungjawaban pinjol yg sdh cemarkan nama baik nsbh.bila perlu minta ganti rugi, karna cemarkan nama baik nsbh harganya mahal bisa mencapai miliaran.

      • 1 September 2021 - (10:04 WIB)
        Permalink

        Sy pesan barang di akulaku dan langsung trf uang mukanya… Tp setelah sampai 2minggu barang tak kunjung dtg, tau2 ada laporan di aplikasi barang sdh diterima… Pdhl sy tdk menerima dan tdk pula tekan tombol terima… Tolong saran dan masukan nya ?

  • 26 November 2020 - (23:45 WIB)
    Permalink

    Pengalaman yang tidak mengenakkan tanggal 25 november 2020 ditelpon dari pagi sampai malam oleh apk kredit waktu,memberitahukan soal pinjaman jatuh tempo tanggal 25 november 2020,di sms dan di wa,tagihan muncul di tagihanku kredit waktu,padahal saya tidak pernah meminjam,dan tidak ada menerima pencairan di rekening,tidak ada notifikasi di hp,saya tidak bayar karena memang tidak minjam,ternyata seharian ini tanggal 26 november 2020 tidak ada sms,wa maupun telpon dari pagi sampai malam ini

  • 19 Oktober 2021 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Selamat siang semua,,saya sudah sering kirim berkas lamaran gocar melalui online tapi jawaban dari pihak gojek sangat tidak amanah, berkas saya sangat komplit, terima kasih

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Mengenal MediaKonsumen.com

oleh Redaksi dibaca dalam: 2 menit
14