Kategori: Surat Dari Redaksi

Menjadi Pelaku Usaha yang Lebih Peduli Konsumen

Jika anda adalah pelaku usaha penyedia produk atau layanan (produsen/penjual) dan mendapat surat keluhan dari pelanggan anda, hargai mereka, karena mereka telah bersusah payah menghabiskan waktunya untuk menuliskan keluhan mereka untuk menunjukkan kekurangan dari produk atau pelayanan Anda. Bukankah keluhan mereka adalah feedback, masukan yang akan membuat Anda sebagai produsen memperbaiki kekurangan Anda dan lalu menjadi dasar untuk mengambil tindakan korektif dan preventif sehingga produk/layanan Anda semakin lebih baik di masa mendatang? Pada gilirannya saat produk atau layanan Anda menjadi lebih baik maka akan ada lebih banyak pelanggan baru dan lama yang akan menggunakan produk dan layanan Anda, membuat omset Anda semakin meningkat dan branding yang lebih baik.

Untuk itulah situs ini dibuat, mempertemukan keinginan konsumen dan keinginan produsen untuk mendapatkan dan memberikan produk dan layanan terbaik bagi seluruh pelanggannya. Kami percaya saat pelanggan menuliskan keluhannya mereka sebenarnya adalah konsumen yang mencintai produk dan layanan Anda, tetapi mereka berharap Anda mampu memberikan yang lebih baik daripada yang sudah mereka terima. Yang berbahaya justru konsumen yang tidak puas, tapi mereka diam, dan tanpa sepengetahuan Anda sebagai produsen/penjual mereka berhenti memakai produk/layanan Anda dan merekomendasikan kepada kenalannya untuk tidak memakai produk/layanan Anda. Jika ini yang terjadi, Anda sebagai produsen/penjual justru tidak sadar apa yang terjadi dengan kekurangan Anda, tapi Anda malah mengalami omset semakin menurun tanpa tahu apa yang jadi penyebabnya.

Dalam konteks yang lebih luas, mengutip ucapan Presiden RI ke-3:

Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu, bahkan saat kamu tidak memikirkannya. (BJ Habibie)

Maka jika Anda sebagai produsen/penjual mendapat surat keluhan di situs ini, tanggapilah keluhan pelanggan Anda dengan baik, berikan tanggapan yang mereka butuhkan. Caranya, klik tombol “KIRIM TANGGAPAN” di bagian atas dari situs ini. Jika belum terdaftar silakan mendaftar di kolom KOMUNITAS.

Kirim tanggapan Anda sebagai produsen melalui formulir ini dan sebaiknya tidak melalui kolom komentar. Sebab tanggapan yang dikirim melalui formulir “KIRIM TANGGAPAN” akan mendapat ekspose yang lebih baik (termasuk di-tweet dan repost ke halaman facebook kami) daripada di kolom komentar.

Kami percaya tanggapan yang baik akan meningkatkan branding perusahaan Anda dan meningkatkan loyalitas pelanggan Anda. Seperti pepatah lama “pembeli puas, pedagang untung.” Situs ini hadir untuk menjembatani itu.

Salam Konsumen
Redaksi

Komentar

  • dengan adanya mediakonsumen saya yakin dan percaya "pelaku usaha semakin untung, kita konsumen semakin cerdas, indonesia berdaya". tq unt kehadiran mediakonsumen ditengah tengah kami.