Keluhan

iPhone 6 Plus Rusak, Pelayanan iBox dan Erafone (TAM) Metropolitan Mall Bekasi Mengecewakan

Yth. Media Konsumen,

Saya ingin membuat pengaduan tentang garansi penggantian HP merk iPhone 6 Plus yang saya beli di iBox Metropolitan Mall Bekasi. Dan ternyata pada saat produknya rusak, garansi untuk perbaikannya diarahkan ke TAM (PT. Teletama Artha Mandiri) yang letaknya di outlet Erafone Metropolitan Mall Bekasi Lt. 4. Berikut ini kronologis kejadiannya:

Saya membeli iPhone 6 Plus pada Tanggal 16 Juli 2015 di iBox Metropolitan Mall Bekasi. Secara tiba-tiba terjadi kerusakan pada HP tersebut, layar hitam dan baterai panas. Akhirnya saya kembali ke iBox Metropolitan Mall Bekasi pada Tanggal 26 Juli 2015. Ternyata pihak iBox mengarahkan agar iPhone saya dibawa ke Erafone Metropolitan Mall Bekasi, Service Center dari TAM.

Dari pihak TAM menjadwalkan agar saya kembali setelah 2 bulan kemudian, dengan memberikan repair order no: RO/MBX39/15/07/000286, dan untuk feature “find my iPhone” sudah dinon-aktifkan. Tetapi satu bulan kemudian, saya ditelepon kembali untuk menon-aktifkan feature “find my iPhone”, padahal feature tersebut sudah dalam kondisi off sebelumnya.

Akhirnya saya SMS ke pihak TAM dengan nomor 085771311288, untuk menanyakan kapan barang barunya bisa diambil. Setiap saya SMS selalu dibalas dengan kata-kata “Slmt siang Bpk/Ibu. Mohon maaf sebelumnya, unitnya masih proses di pusat. Masih menunggu stock penggantinya. Akan kami follow up. Jika sdh selesai, akan segera dikonfirm. Thanks”.

Setelah itu saya cek di Apple.com untuk mengetahui status repair order saya, ternyata tidak ada datanya. Saya pun membuat janji dengan pihak Apple agar menelepon saya, dan akhirnya saya ditelepon pihak Apple. Jawabannya, dari database Apple belum ada kabar dari Erafone untuk penggantian produk (product replacement). Pihak Apple menyatakan seharusnya dari pihak Erafone sudah mengirim data ke Apple. Namun pihak Apple mengatakan untuk penggantian barang saya, belum ada di Apple. Mereka meminta agar pihak Erafone sebagai pihak yang menyediakan garansi lebih bertanggung jawab, karena waktu sudah lewat dari 2 BULAN.

Saya pun disuruh oleh pihak Apple agar datang kembali ke Erafone, dan pihak Apple akan bicara dengan pihak Erafone. Tetapi saya pikir percuma saja, seharusnya dari pihak Apple sendiri yang minta konfirmasi ke pihak penyedia garansi tersebut.

Intinya, saya sangat kecewa dengan pihak iBox maupun pihak penyedia garansi Erajaya/TAM. Yang saya heran, kenapa pihak Apple sendiri menyarankan agar saya pergi ke outlet Erafone (tempat service center TAM), dan sesampainya di sana saya harus langsung hubungi nomor 08001027753 (nomor telepon Apple yang diberikan oleh pihak CS Apple). Pada saat menelepon ke nomor tersebut saya tinggal berikan nomor kasus saya yaitu 946681100, dan setelah pihak CS Apple sudah berbicara, nanti langsung saya berikan telepon tersebut ke pihak Service Center TAM.

Dari situ saja saya merasa dibodohi. Kenapa pihak Apple sendiri tidak bisa langsung menghubungi pihak penyedia garansi? Padahal iPhone sendiri bukan barang murah, bahkan boleh dibilang barang yang sangat MAHAL. Dengan ini saya mohon ada perhatian, karena pihak penjual (iBox) dan penyedia garansi (TAM) sudah melanggar hak saya sebagai konsumen yang dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Aphit Pramugiono
Bekasi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • DAN SAYAPUN MENGALAMI JUGA, DARI TGL 13 JULI SAMPAI 19 OKTOBER HP SAYA DI TLF KE NOMOR 021 88861996 DAN SMS 085771311288 TIDAK ADA TANGGAPAN, PERTAMA BILANGNYA 30 HARI LALU 2 BULAN SEKARANG HAMPIR 4 BULAN TIDAK ADA JAWABAN. KECEWA BANGET. PADAHAL IPHONE 5S BUKAN HP HARGA 1/2 JUTA. KECEWA SEKALI!

  • Apakah sudah ada Update dari case-case ini .. @Aphit Pramugiono & @miranti Manullang
    Mohon informasinya.

    Karena Kasus yang sama juga terjadi dengan Saya, Tapi unit yang saya klaim Iphone-4 , Klaim Warranty sejak Juli 2015 sampai sekarang proses masih belum jelas, Tanpa Update, tanpa bisa di hubungi.

    JOB ID : 178062.

  • Saya juga mengalami kasus yang sama . Saya beli smartphone lenovo a6000+ di erafone metropolitan mall lantai paling atas . baru 2 bulan saya pakai , touchscreennya sudah tidak berfungsi dengan baik alias rusak . akhirnya saya datang ke servis center nya tgl 18 oktober 2015 . dan katanya dia paling cepet 2 minggu , paling lama 4 BULAN ! SAYA SUDAH COBA TELEPON KE NOMOR CALL CENTER 02188861996 DAN SMS KE NO 085771311288 TIDAK PERNAH DIBALAS DAN TIDAK PERNAH DIANGKAT . SAYA AGAK KHAWATIR SETELAH MEMBACA BEBERAPA POSTINGAN ORANG-ORANG YANG MENGELUHKAN HAL YANG SAMA . RENCANANYA , BESOK SAYA COBA DATANG LAGI KESANA DAN MENANYAKAN KABAR SMARTPHONE SAYA .

  • Membaca pengalaman temen'' semua, saya jadi ragu, kemarin saya titip service ke Tam Bekasi Metropolitan Mall, Xiaomi redmi2 saya yg baru beli +-15 hari yg lalu layarnya stuck hitam saja, blank.. Bisa di charge tapi layar tdk muncul, saya bawa kesana tgl 17 jan, di lokasi ada keluhan yg sama dari hp yg sama, ini aneh dan kebetulan.. Dengan kerusakan yg sama, lalu saya dijanjikan +-30hari akan dihubungi,. Setelah saya membaca keluhan pelanggan lain, saya ragu dan bingung apa yg harus saya lakukan? Apakah saya ambil lagi aja itu hp nya yg belum di service, dan dibawa ke service center exclusive xiaomi nya? Kira'' diambil lagi bisa ga ya? atau saya harus menunggu dulu 30hari? Kalau belum ada kabar bagaimana? -,-

  • Pelayanan Ibox menteng sangat mengecewakan, LCD ipad air saya pecah, dan solusi yang ditawarkan ibox adalah mengganti unit tersebut, ibox meminta waktu 4 bulan hanya untuk mengganti unit tersebut dan saya diharuskan membayar DP sebesar 50%.

    4 bulan sudah berlalu, barang belum sampai, solusinya uang akan dikembalikan, jadi 4 bulan saya tunggu sia2, padahal jelas2 kalo mereka mau bisa menggunakan stock yang ada di toko. sekarang menunggu uang kembali pun tidak mudah, belum ditransfer2. saya akan adukan ke apple amerika dan akan langsung mendatangi kantor management untuk menyelesaikan ini.

    Betul2 kecewa dengan ibox, saran saya jangan beli product apple di ibox, jika anda mau pelayanan yang lebih bermutu lebih baik beli di singapore.

    • saya juga mengalami kasus di ibox menteng yg sangat tidak mengenakkan.. iphone 5s saya sedang dalam masa klaim garansi replacing unit krn terjadi hardware rusak, sejak november 2015 di diagnose sampai replacing unit dari december di janjikan 30 hari kerja sampai sekarang sudah maret tidak ada kabar nya. saya di lempar2 di apple singapore dengan mr azlan org singapore ktnya barang blm ada masih di indonesia, tp ibox menteng blg barang sdh d kirim dari desember.. bener2 parahhh

    • tolong kita saling berkabar saja kalo bisa kita komplain ke pak ahok saja tentang perusahaan erajaya ini. hubungi saya di no 085719808039 whatsapp

  • kebanyakan pemilik iPhone kecewa... di sinyalir harga mahal menjadi penyebab kenapa hp tersebut mudah rusak..

  • ini yg saya alami juga. saya punya lenovo a7000+ problem di touchscreen, akhirnya pd tgl 14 maret saya ke service center yg di erafone mall metropolitan bekasi. saya juga bingung untuk mencari tempat ini samapi 1 jam cape muter2 dimall. saya sdah tlp ke nomor 02188861996 tapi tidak pernah diangkat entah kenapa. nyesel juga atas pelayanan disana.

  • update: kejadian baru2 ini, saya juga mengalami hal yang sama, saya beli iphone 6 akhir thn 2015 di IBOX baywalk, baru pakai 2 bulan sudah eror2 gerak-gerak sndiri touch screennya, lalu saya ke baywalk komplain, dan diarahkan ke tempat servis ibox di mall kelapa gading, setelah servis bilang 3 hr nanti dihubungi atau bisa menghubungi mereka, dikasih nomer telpon,boro-boro 3 hari dihubungi sampai seminggu lebih tidak ada kabar, di telpon pun gak diangkat2. stelah gak ada kabar saya samperin ke ibox MKG , katannya belom selesai jelang 2 mgu lebih saya balik lg , masih belum selesai juga, setelah itu bolak balik lagi sampe 1 bulan lebih, baru dikembalikan, selang 1 bulan diservis mulai lagi penyakitnnya eror gerak-gerak lagi, saya komplain lagi ke ibox, kata org ibox menyarankan untuk ganti unit, karna saya baru pakai 4 bulan msih bisa pakai garansi SEHARUSNNYA.......eh orang iboxnnya bilang gak bs garansi karna ada baret di pinggir, padahal saya waktu sblm servis itu masih mulus wong iphone baru 2 bln, tau2 ada baret, saya uda kesal setengah mati, ibox menyarankan pergantian unit,bayar stgh harga dr iphone 6 DP dulu 50%....akhirnnya saya produk replacement deh, udah bayar ini ono, bilangnnya 2 bulan paling lama....

    setelah 2 bulan saya balik lagi ke ibox tny status brg pergantian saya, org ibox MKG bilang katannya dr applennya belum kirim , nanti minggu depan baru sampe barangnnya, mgu depan balik lagi org ibox MKG bilang brgnnya uda di indonesia tp kendala beacukai, bulan depan mungkin bru keluar, bulan depan balik lagi orgnnya ngomong beda lagi dr pihak "apple katannya belom kirim", lho kok....aneh bln kmrn bilang barang uda di indo skrg bilang brg belom dikirim dr apple, yang ngomong tukang servisnnya beda2......setelah itu saya kontek langsusng ke apple yg di amrik....untuk cek status brg saya....gak taunnya kata apple gak ada data apa2....gak ada data claim ato servis ato apapun itu....benar-benar ibox MKG keterlaluan ini!!! ternyata barang saya gak dipesan ke apple sama sekali....penipuan ini namannya! sampai sekarang 22 mei 2016 kasus ini masih berlanjut ! saya akan laporkan masalah ini ke pihak yang berwajib!

  • alangkah lebih baik jika membeli iphone atau produk yang bener2 legal dan resmi di pasarkan di Indonesia. karena setau saya secara resmi Iphone 6 blum msuk indonesia.
    saran sy coba adukan ke lembaga perlindungan konsumen. semoga masalah anda cepat menemukan solusinya.

  • apakah teman-teman di sini masalah iphone-nya masih ada yang belum selesai sampai sekarang? @nila-citra @andriie-susanto dan lainnya.
    ada teman yang 2 bulan diganti unit baru iphonenya oleh erajaya dan menurutnya tidak ada masalah.
    saya sendiri karena tidak beli dari premium storenya (beli di lazada), jadi sudah pasrah iphone-nya rusak dan mau diambil toko/servis centernya juga terserahlah. sudah cape "mengemis" perbaikan/penggantian unit. anggap buang sial/dirampok saja. pelajaran yang mahal.

Penulis
Aphit Pramugiono