Kecewa dengan Kerusakan Ponsel Asus ZenFone 2

Yth. Media Konsumen,

Sekitar Bulan September, saya membeli smartphone untuk istri saya agar dapat menunjang pekerjaannya sebagai guru. Pilihan saya jatuh kepada ASUS Zenfone 2 4GB/32GB, karena menurut saya inilah smartphone “perfect”. Saya pun menambahkan cover dengan tutup layar dan tepian karet silikon yang lebih tinggi dari permukaan layar, dengan maksud agar layar tidak bersentuhan dengan permukaan yang kasar, karena terlindungi oleh permukaan karet dan tutup covernya.

Seminggu yang lalu saat saya pulang kerja, istri saya bilang bahwa layar ASUS Zenfone 2 nya mengecil (tepian kanan dan bawah ada garis berwarna hitam yang lumayan lebar, sehingga layar yang bergambar seperti mengecil). Karena bingung, maka saya lakukan charge dalam keadaan Zenfone saya matikan.

Setelah saya charge semalaman, paginya saya nyalakan dan ternyata layar lebih parah (bergaris semua). Karena service center di Mangga Dua terlalu jauh, maka saya membawa ke service center yang lebih dekat dengan domisili saya, yaitu di ASUS Authorized Service Partner, di Datascript Bekasi.

Setelah dicek, maka divonis bahwa indikasinya adalah layar pecah di dalam dan ini akibat kesalahan pengguna. Asumsi biaya mengganti layar dan jasa sekitar 1 jutaan. Sebuah harga yang mahal menurut saya, karena saya membeli Zenfone ini dengan harga yang tidaklah murah. Penggunaan juga baru 2 bulan, dan masih bergaransi. Bagaimana bisa gorilla glass 3 yang katanya kuat itu bisa pecah di dalam sementara tidak ada goresan atau retak sedikitpun diluar? Padahal Zenfone 2 ini saya tambahkan cover pelindung. Istri saya pun menggunakannya dengan sangat hati-hati dan tidak pernah terjatuh.

Dan saya ingat waktu membeli produk Asus Zenfone 2 ini, sempat 3 kali ganti barang. Barang yang pertama speaker tidak nyala, barang yg kedua tidak bisa di charge, dan barang yang ketiga inilah yg saya beli, karena tidak ada masalah saat pengecekan software dan hardware.

Tapi terlepas dari kekecewaan saya, suka tidak suka, mau tidak mau, saya tetap harus mengganti layarnya, karena percuma memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi dan mahal tapi layar tidak berfungsi. Saya sudah menulis email ke ASUS tapi belum ada tanggapan, dan nomor call centernya pun tidak bisa dihubungi. Harapan saya agar ASUS lebih meningkatkan lagi proses QC sebelum produk dilempar ke pasaran, agar konsumen awam seperti saya tidak lagi merasa dikecewakan atas kerusakan produk yang tidak kami pahami.

Djoko Sueb
Bekasi Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Kecewa dengan Kerusakan Ponsel Asus ZenFone 2

  • 11 Desember 2015 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Sy adalah fans produk asus 6 tahun yll. Berawal dari netbook dan kemudian notebook. Sy menganggap bahwa merk ini adalah jaminan mutu. Sudah puluhan tahun telah terbukti tangguh di dunia komputer. Maka ketika asus mengeluarkan produk smartphone, sy antusias memilikinya, sy dan istri msg2 membeli zenfone layar 4inch dan 7inch. Yg 4 inch awet sampai detik ini, namun yg 7 inch hanya bertahan 2 bulan saja. 1 x jatuh, layar lcdnya sdh tdk dpt dipakai. Biaya ganti lcd nya Rp. 1,7 juta, pdhal sy belinya Rp. 2,5 juta. Pelajaran berharga untuk kita agar teliti sebelum membeli, tanyakan servis dan purna jualnya agar tdk dikecewakan lagi dikemudian hari.

  • 1 Maret 2016 - (01:05 WIB)
    Permalink

    ternyata ada keluhan masalah yang sama seperti saya, kronologisnya sama layar pecah putus gt padahal tdk ada yg retak, lumayan mahal jg yak ckckc ternyata saya salah pilih

  • 26 Maret 2016 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Ternyata emng LCD nya yg masalah ya bang, punya aku juga gitu, baru dpet 3 bulanan eh udh kek gini, gak pernah jatuh ato apa*, aku makeknya juga ati*.
    kasus hampir sama ama yg diatas, cuma kalo punyaku layarnya jadi separuh, yg atas layar asli yg bawah malah hitam gk jelas, tapi touchscreen normal.
    layar jadi separuh kalo pas hp udah di lock, tapi kalo pas ke pakek normal aja nih layar, kecewa deh beli asus zen2 nih.

  • 4 Agustus 2016 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ngalamin kayak gtu layar bergaris lama kelamaan hitam separuh, tapi dapat garansi karna masih 5 bulanan selang 2 bulan ganti speaker yang rusak suara masih ada tapi pecah sekali , kira2 berapa ya harga servis speaker soalnya garansi udah habis

  • 7 September 2016 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga salah satu pengguna yang kecewa dengan produk Asus
    Saya menggunakan Asus Zenfone 2 RAM 4/32 dgn tgl pembelian 23/05/2015 ( sudah 1 thn lewat, dan garansi sudah habis ).
    Tgl 14 Agustus 2016 , Hp sy tiba2 error dan mati sendiri. Saya coba nyalakan dengan menekan tombol power, tapi hasilnya tampilan stuck loading hanya pada Logo Asus saja.
    Hp Asus sy ini awalnya tidak pernah ada masalah, karna hp ini saya gunakan untuk menunjang pekerjaan saya.
    Saya coba bawa ke Asus Service Centre, awalnya dikatakan masalah pd softwarenya, karena permasalahan hanya loading stuck pada logo ato yang di sebut Bootloop.
    tapi setelah di cek ternyata dikatakan oleh CS dan teknisinya harus ganti Mainboard 1 modul dengan harga yang cukup FANTASTIS yaitu 1,9 ..
    wooouuuw.. baru 1 Tahun lewat 2 bulan harus sudah keluar biaya kira2 satu setengah harga hp itu sendiri,
    saya membeli produk tsb waktu pertama kali keluar dan masih seharga 4,6.
    Saya SANGAT KECEWA dengan produk ASUS. Promo dengan kemampuan produk yang mumpuni tapi tidak didukung dengan kwalitas produknya.
    Analisa saya, saya membeli hape Asus Zenfone 2 tersebut pada waktu produk tersebut pertama kali keluar, saya mendapatkan HP Produk GAGAL dari ASUS. dan kebetulan kejadian Bootloop yang menimpa hp saya tersebut terjadi setelah masa garansi berakhir. ( Garansi sudah lewat ! Thn, 2 Bln, 29 hari ) Mohon Tanggapan dari pihak ASUS

      • 28 Januari 2017 - (14:25 WIB)
        Permalink

        Ditanggapi, namun tidak memveri solusi.

        Terima kasih sudah menghubungi ASUS.

        Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, setiap produk elektronik HP merk apapun termasuk ASUS Zenfone mempunyai resiko kerusakan, dan hal ini tidak terikat waktu kapan saja bisa mengalami resiko kerusakan elektronik, hal ini bisa dibilang wajar bukan bisa dibilang produk GAGAL meskipun dalam penggunaan normal.

        Demikian informasi yang bisa kami berikan, apabila ada kebutuhan atau informasi lain mengenai produk ASUS silahkan menghubungi kami kembali.

        Best regards,

        • 3 Februari 2017 - (06:07 WIB)
          Permalink

          Itu jawaban ngeles goblok..yg kami butuhkan adalah tanggung jawab dan action dr asus sebagai rasa tanggung jawabx.

  • 27 September 2016 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Saya membeli asus saya asus zenfone 2 ram 2’/16 sekitar tgl 23 Agustus 2015.. setelah pemakaian 3 bulan tiba tiba kamera depan rusak hitam akhirnya saya bawa ke asus centre di Semarang, karena saya berfikir masih garansi 1 tahun… setelah pemakaian berikutnya tepatnya tgl 20 Septmeber hp asus saya terjatuh cuma 1/2 meter dan hapi langsung mati off, sya pikir cuma software nya yg rusak. saya bawa lagi ke asus centre dan setelah 3 hari dicek ternyata kt tukang service nya yg rusak mainboard dan softboard total biaya 1,5 juta padahal hp saya baru satu tahun sudah 2 kali rusak. saya berfikir hp yg saya beli adalah produk gagal asus

  • 20 Oktober 2016 - (03:06 WIB)
    Permalink

    Punya saya juga begitu ,pemakaian hati hati .tapi kenapa layar bgian bawah bergaris .kira kira setengahnya dri layar .ketika di lock kelihatan tpi kelamaan berubah layar jadi normal lagi .padahal luar mulus kaga retak .untuk hp asus zenfone 2(ZE551ML) ram 4 gb

    • 1 Februari 2017 - (22:28 WIB)
      Permalink

      Asus zenfone 2 sy juga rusakx spt itu,tiba2 aja kyk gt..layar msh mulus kok tp sering muncul garis hitam dilayar..dan kedap kedip lama kelamaan seperti warna blur bergaris seperti rajutan benang..payah nih asus..harga selangit ternyata sampah..

  • 29 November 2016 - (06:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama seperti itu, pecah. Sebenernya beda tipis kalo kualitas hape nya sih, hape merek manapun kalo di pakai jorok atau ga hati hati pasti rusak. Tapi yang masalah adalah layanan purna jual nya sangat mengecewakan, harga mahal dan waktu perbaikannya pun sangat lama bisa berminggu minggu

  • 5 Desember 2016 - (11:12 WIB)
    Permalink

    saya baru pemakaian 3 hari, Asus zenfone 2 601KL setelah download darí playstore, bbm,pesan gk bisa Dibuka daň force close terus, , Semoga saja proses pengerjaanny Tidak lama Semoga Asus lebih Baik kedepan, Semoga pelayanan servis ny ditingkatkan

  • 5 Januari 2017 - (08:39 WIB)
    Permalink

    pihak asus apakah sama sekali tidak peduli dengan semua pengaduan ini? pelayanan servis centre di Medan jg sangat memprihatinkan, sangat mengecewakan, mohon konfirmasinya dari pihak asus

  • 6 Januari 2017 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Sy brli Zenfone 2 ram 4gb dan rkm 32gb pemakaian blm 1 thn screen sudah rusak (tidak bisa merespon sentuhan dgn benar, ngaco). Menurut sy kwalitas hard ware parah. Mending beli produk lainnya yg sdh terbukti kuat seperti samsung atau LG dll.

  • 8 Januari 2017 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Ini sekarang saya lagi pakai asus zenfone 2 baru 10 bulan beli…
    dan baru saja kemarin ke BEC bandung ganti touchsreen dan led nya…
    gara2 nya touch nya mati sebelah tanpa sebab….
    Nyesel saya beli asus.. cepet rusak, baterai panas dan boros, sekarang ttouch gak nyaman….

    Padahal tab 3 samsung udah 2 thn lebih masih awet meski kebanting….

    Tolong donk pihak asus di komentar….. jangan mengambil untung aja…..
    Hp mahal kualitas buruk….

    Rugi saya, bela belain nabung buat nyari hp bagus…..
    kapok gak mau beli lagi kapok muak…..

  • 1 Februari 2017 - (22:34 WIB)
    Permalink

    Komentar gue..awalx sy kepincut dgn merk ini tp stlh apa yg menimpa hp asus zenfone 2 ( ZE551ML) sy,sy pun gak lg pcy dgn merk ini,,rencana utk membeli zenfone 3 pun sy urungkan.kesimpulan sy brg ini sampah..asli sampah.

  • 3 Februari 2017 - (06:11 WIB)
    Permalink

    Zenfone 2 ze551ml apakah led flash yg 1 emang gak nyala yah??,sy baru perhatikan semalam hp sy ini..usia hp bln 2 tahun sdh byk rusakx..mulai dr speaker pecah,layar bergaris hitam dan led flashx mati 1..mana nih org asus ### gak ada yg nongol.

  • 4 Februari 2017 - (06:41 WIB)
    Permalink

    November 2016 kemarin saya beli zenfone ze550ml bekas di bandung. Kondisi fullset segel belum pernah servis dan masih ada bonnya. Dulu dia beli baru seharga 2,5 juta di bec. Di jual dengan harga murah 700 dengan minus kaca retaka akibat jatuh. Saya tanya gimana kronologinya fia bilang pas lagi jalan dia naruh hp di kantong tapi ga nyadar kantongnya bolong. Trus jatuh ke jalan dengan posisi ujung kanan layar kebentur duluan. Akibatnya ujung kanan rusak parah sampe retak bagian bawah juga. Tapi alhamdulillah sampe saat ini msh dipake sehari – hari ga ada masalah. Dipake bwt medsos sama ngegame lanjay. Malah pas di puncak hp ini jatuh lagi. Ya kalo rejeki ga kemana lah :v

  • 16 Februari 2017 - (15:26 WIB)
    Permalink

    sunguh parah…dari sekian banyak keluhan dan komentar, tidak ada satu pun pihak dari Asus yang menanggapi.

  • 14 Maret 2017 - (00:50 WIB)
    Permalink

    Screen error atau ghost touch dan layar kadang bergaris hingga separuh, sepertinya banyak yg terjadi pada produk asus ze551ml. Saya termasuk salah satunya. Padahal Pemakaian baru 4 bulan dan tidak pernah terjatuh. Wajar bila ponsel rusak, namun pelayanan buruk dari service center yg terkesan tidak menghargai waktu dan hak konsumen sangat mengecewakan.

  • 26 April 2017 - (08:48 WIB)
    Permalink

    hape sy zenfone 2 ram 2gb pemakaian 1th 11bln dan sekarang hp rusak di hardware,, apa ada kasus yang serupa dan tindakannya bagaimana ? ada yang pernah service hardware di servce center asus ?? biaya nya berapa ?

  • 11 Juli 2017 - (04:02 WIB)
    Permalink

    saya memakai ZenFone2 (ZE551ML), setelah 1th, hp hanya bisa di charge dlm posisi off/mati,plus tdk bisa konek ke pc.Saya bawa ke ASC, katanya ada kerusakan pd MB nya.sepertinya zenfone 2 ini memang cacat produk,byk sekali keluhan dr pemakai nya.cukup sekali saja lah pakai hp asus.

  • 17 Oktober 2017 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Keluhan yang sama dari suami saya..beli Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB ROM 32GB 26 September 2016 dgn bandrol harga Rp. 3,199,000 di Denpasar,Bali..awalnya memang saya sudah suggest suami untuk beli merk laen yang jauh lebih baik kualitasnya dari Asus ini,tapi dia ngoyo cari hape ini muter2 di 3outlet handphone besar di Denpasar..selang beberapa bulan mulai bermunculan masalah penggunaan hape ini sperti ghost touch,slot SD card tidak berfungsi,SIM card slot error,hape cepat panas,etc..akhirnya 1minggu yang lalu eng ingg engg tiba2 LCD rusak..gak berfungsi sama skali(sudah pasti biaya mahal untuk service)SANGAT SANGAT GAK WORTHED beli hape ini,lesson learned..better jangan terpikir beli hape inih daripada menyesal.

  • 27 April 2018 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Sama kalau begicu..Saya udah 3 kali beli # Asus zonfone 2 dan mengalami kasus yg sma, antara lain:

    1. layar LCD yg udah 2 kali pecah..saya heran walau hanya jatuh pelan layarnya langsung pecah retak2 seperti kilatan petir..

    2. layar Touch screen bergerak2 sendiri macam ada tuyul yg mainin HP sy. Kesel waktu saya main game COC, PASUKAN nyerang sendiri amburadul…rasa mau sy banting hp nya.

    3. Ada bagian2 layar tertentu yg tidak respon jika di sentuh..bikin kesell apa lg untuk bertransaksi bank online

    4. Setelah layar hp retak2 sekitar 1 minggu tetap saya mainin tp entah masalah apa hp yg hanya di biarkan stanby tp tiba2 dalamnya panas yg amat sangat..layar blank tp panas semakin tinggi..dan tercium bau gosong..akhirnya matot..

  • 27 April 2018 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Sama kalau begicu..Saya udah 3 kali beli # Asus zonfone 2 dan mengalami kasus yg sma, antara lain:

    1. layar LCD yg udah 2 kali pecah..saya heran walau hanya jatuh pelan layarnya langsung pecah retak2 seperti kilatan petir..

    2. layar Touch screen bergerak2 sendiri macam ada tuyul yg mainin HP sy. Kesel waktu saya main game COC, PASUKAN nyerang sendiri amburadul…rasa mau sy banting hp nya.

    3. Ada bagian2 layar tertentu yg tidak respon jika di sentuh..bikin kesell apa lg untuk bertransaksi bank online

    4. Setelah layar hp retak2 sekitar 1 minggu tetap saya mainin tp entah masalah apa hp yg hanya di biarkan stanby tp tiba2 dalamnya panas yg amat sangat..layar blank tp panas semakin tinggi..dan tercium bau gosong..akhirnya matot..

 Apa Komentar Anda mengenai Asus ZenFone 2?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Kerusakan Ponsel Asus ZenFone 2

oleh Djoko Sueb dibaca dalam: 1 menit
27