Kecewa Pelayanan AEON Credit

Saya adalah pelangan AEON Credit untuk pengambilan barang Sony Experia M4 dengan kode pelanggan 0715044181 Tahun 2015. Saya melakukan pembayaran sesuai tagihan sebesar Rp.311.000/bulan selama 12 bulan. Selama masa mengangsur saya tidak terlambat. Namun suatu ketika saat tagihan terakhir mengalami kendala terlambat. Saya konfirmasi terkait tagihan yang mengalami denda sebesar Rp.40.000. Ketika itu saya bayar sesuai tagihan Rp.311.000 dan denda tersebut pada tanggal 21-06-2016 melalui kantor pos sejumlah Rp. 361.000,- dan admin kantor pos sebesar Rp.7.100,- , total Rp.368.100,-. Tapi sebelum membayar saya konfirmasi ke bagian CS (namun lupa namanya) bahwa tagihan seluruhnya dan denda sebesar Rp.40.000, jadi bergegas saya minta dibayarkan tagihan itu.

Bukti pembayaran

Pada tanggal 1 Juli 2016 saya konfirmasi lagi, alangkah kagetnya ketika CS dengan nada tidak menyenangkan mengatakan ada tagihan sebesar Rp.20.000,- sambil menanyakan kartu member saya karena akan mengajukan kredit barang lagi  yang sesuai promo lewat email hanya 3 hari (namun sampai detik ini tidak ada konfirmasi ulang).

Saya hanya bingung dan kecewa. Bagaimana pelayanan AEON apakah datanya belum update sistemnya atau kerjasama dengan pos yang belum terhubung koneksi update datanya sehingga saya merasa dirugikan? CS mengatakan nanti bapak akan segera dihubungi oleh AEON lagi, meski saya tidak yakin. Padahal di dalam surat edaran Otoritas Jasa Keuangan No.2-seojk-07-2014 secara jelas bahwa Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan sudah dijelaskan semua. Hanya bagaimana para pelaku jasa keuangan melaksanakannya.

Tapi bagaimana dengan AEON? Saya mohon tanggapan apakah karena telat beberapa hari lantas kartu lama tidak datang serta permohonan ditolak?

Saya merasa peduli terhadap AEON, karena itu saya tulis surat ini. Karena AEON pernah membantu saya. Berharap peristiwa ini tidak terjadi lagi pada konsumen atau calon konsumen AEON. Semoga AEON semakin peduli dan meningkatkan pelayanannya. Sukses.

Guruh Agung Y.W
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan AEON Credit atas Keluhan Bapak Guruh Agung

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Bapak Guruh Agung Y.W di mediakonsumen.com tertanggal 1 Juli 2016...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya juga pernah mengalami hal seperti ini, kondisi saya sudah bayar tanggal 1 Juni 2016 (Via Virtual Account Bank) Tagihan Jth Tempo Tgl 2 Juni 2016.
    Tgl 13 Juni saya dapat sms untuk melunasi tagihan Jth Tempo Tgl 2 Juni 2016 + Denda 60.000.
    Tidak lama CS Aeon Tlp ke saya, Dengan nada kasar menanyakan kapan akan membayar tagihan tunggakan Jth tgl 2 Juni 2016.
    Dengan ini sy pun merespon, saya sudah bayar dari tgl 1 juni 2016, Coba cek dgn benar sistem anda.
    Setelah menyadari kesalahan dari pihak aeon, cs tsb langsung tutup tlp tanpa permintaan maaf.

    Tidak lama saya konfirmasi ke : customercare@aeon.co.id, komplain mengenai apa yang telah saya alami dengan bukti2 pembayaran dan notifikasi sms tagihan.
    tapi jawaban sdri septiani hanya menjawab, "Pembayaran Anda Sudah Di Terima". tanpa ada informasi pengenai kesalahan dari aeon dan permintaan maaf.

    Kesimpulan :
    1. Perbaiki sistem anda ( Pembayaran sudah Real Time - VA ) - Harusnya Minim Kesalahan ( Rekosiliasi Data Tidak Butuh Waktu Lama )
    2. Perbaiki dalam berkomunikasi yang baik dengan pelanggan.

    • Saya pun complain ke customercare aeon untuk prihal pengiriman ulang cc, hebat sekali itu cs nya, saya disuruh tunggu tetapi tlp nya dimatikan sma itu manusia

  • Saya pernah kredit barang bln 7 tahun 2012,setiap bulan saya bayar sampai lunas THN 2013
    Anehnya tahun 2015 dari aeon ada yg hubungi saya bilang saya belum bayar cicilan 1 x bulan 11 THN 2012,trus ada yg hbgni saya lagi blg klu saya blm byr cicilan 1 x bln 4 tahun 2013, saya lupa namanya
    Saya sangat kecewa dengan aeon