Kecewa dengan Proses “Refund” Kartu Kredit oleh Tokopedia

Pada tanggal 11 Juli 2016, saya membeli barang secara online di situs Tokopedia.com, nomor transaksi INV/20160711/XVI/VII/42377224 dan INV/20160711/XVI/VII/42377223, dengan pembayaran melalui kartu kredit. Transaksi tersebut sudah dinyatakan berhasil, tetapi pihak penjual menelepon saya untuk mengabarkan bahwa uang pembayaran dari saya melalui Tokopedia (sebagai rekening bersamanya) itu tidak bisa diambil dan ditarik kembali oleh pihak Tokopedia untuk dikembalikan ke limit kartu kredit saya. Oleh karena itu saya harus membayar cash langsung ke penjual.

Setelah kejadian tersebut, saya telepon ke pihak Tokopedia untuk mencari tahu kebenarannya. Ternyata memang betul pihak Tokopedia sudah membatalkan secara sepihak dengan menahan dana tersebut, untuk selanjutnya akan dikembalikan ke limit kartu kredit saya.

Tetapi sampai dengan hari ini tanggal 25 Juli 2016, refund dana ke limit kartu kredit saya masih belum kembali juga. Saya sudah tanyakan ke customer service Tokopedia via telepon, Twitter dan inbox langsung tetapi jawabannya sama: “mohon menunggu”. Saya sungguh tidak puas dengan jawaban itu karena sampai saat ini pihak Tokopedia tidak ada memberikan bukti kepada saya bahwa refund dana sudah diproses.

Sampai pada akhirnya saya mendapatkan tagihan Kartu Kredit saya dan di situ ada tagihan dari Tokopedia senilai transaksi invoice tersebut. Lantas kapan uang kembali ke limit karena itu sudah masuk di cicilan pertama. Mohon kepada Tokopedia untuk segera menyelesaikan permasalahan ini dan Segera mengembalikan uang tersebut ke limit kartu kredit saya.

Saya juga sudah telepon ke customer service bank penerbit kartu kredit saya untuk menanyakan hal tersebut, dan jawabannya tidak ada info permintaan pembatalan transaksi atau refund dana dari Tokopedia. Mohon pihak Tokopedia untuk segera me-refund dana kartu kredit saya, karena saya mau menggunakannya untuk keperluan yang lainnya.

Fatkhun Najib
Kudus – Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Tokopedia atas Surat Pembaca Berjudul: Kecewa dengan Proses “Refund” Kartu Kredit oleh Tokopedia

Dear Fatkhun Najib, Berdasarkan pengecekan lebih lanjut terhadap INV/20160711/XVI/VII/42377224 dan INV/20160711/XVI/VII/42377223, sistem kami menemukan adanya indikasi pelanggaran syarat dan ketentuan...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Kecewa dengan Proses “Refund” Kartu Kredit oleh Tokopedia

oleh FatkhunNajib dibaca dalam: 1 menit
0