Hati-Hati Membeli Suku Cadang di Clinic Auto Repair

Pada tanggal 15 Oktober 2016, saya melakukan pembelian suku cadang mobil Nissan Livina X-Gear berupa pelampung bensin dan foglamp bulb (bohlam lampu kabut) di Toko Clinic Auto Repair yang beralamat di Jalan Industri Pasar Mobil Kemayoran Blok E No. 60-61 Jakarta. Harga yang harus saya bayar sebesar Rp800.000,- (delapan ratus ribu rupiah) dengan rincian:

1. Pelampung bensin dibanderol sebesar Rp.750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)

2. foglamp bulb (bohlam lampu kabut) dibanderol sebesar Rp75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) dengan diskon sebesar Rp25.000,- (dua puluh lima ribu), jadi harga yang harus saya bayar Rp.50.000,- (lima puluh ribu rupiah)

Setelah selesai transaksi dan barang tersebut saya bayar, saya coba mengkroscek harga suku cadang tersebut ke bengkel resmi Nissan, betapa mengejutkannya bahwa ternyata harga suku cadang pelampung bensin hanya dibanderol Rp350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) saja di bengkel resmi.

Kemudian saya pun berinisiatif untuk mengembalikan barang (suku cadang) yang sudah ‘terlanjur’ saya beli pada saat itu juga. Saya menjelaskan kepada pemilik toko bahwa ada kekeliruan harga pada barang yang dijual, masa iya suku cadang yang sama dan sejenis dijual dengan harga jauh lebih mahal (dua kali lipat lebih) daripada harga di bengkel resmi??? Dan saya pun meminta agar uang saya dikembalikan dan suku cadang tersebut saya kembalikan ke pemilik toko (kondisi barang masih tersegel dan terbungkus rapi). Namun, justru respon negatiflah yang saya terima. Pemilik toko menolak untuk menerima barang (suku cadang) yang dikembalikan dan dengan nada marah bersikeras bahwa uang saya tidak dapat dikembalikan, dengan alasan barang tersebut tidak dapat dikembalikan dan hanya dapat ditukar.

Lalu saya pun pergi dengan kekesalan dan kekecewaan. Tak sepatutnya seorang penjual menjual barang dagangnya dengan harga yang tidak masuk akal dan arogan. Semoga pengalaman saya dapat menjadi pelajaran bagi konsumen lain dalam memilih penjual yang baik dan jujur.

Anita Putri Lestari
Pemalang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: