Pembelian di Tokopedia Gagal, Tetapi Transaksi Kartu Kredit Terdebet dan Dana Tak Kunjung Dikembalikan

Pada tanggal 29 Desember 2016 saya bermaksud melakukan transaksi di Tokopedia karena tergiur dengan penawaran cicilan 0% yang diberikan. Ketika sudah memasukkan barang yang diinginkan ke keranjang belanja dan mengisi sejumlah pertanyaan mengenai nomor kartu kredit termasuk kode OTPnya, ternyata ditulis konfirmasi pembelian GAGAL, dana anda tidak akan terpotong.

Tetapi kenyataannya saya mendapat konfirmasi SMS dari pihak bank yang bersangkutan bahwa transaksi kartu kredit sejumlah tersebut telah BERHASIL.


Saya sudah konfirmasi ke pihak Bank Standard Chartered dan ternyata betul transaksi sudah berhasil dan dana akan diterima oleh Tokopedia. Saya sendiri bingung kenapa pembelian bisa gagal, padahal limit kartu kredit saya jelas mencukupi. Setelah saya tanya CS Tokopedia mengapa bisa gagal, katanya mungkin masalah jaringan. Padahal saya transaksi melalui PC yang jaringannya cukup stabil dibanding lewat HP. Jadi kenapa GAGAL KONFIRMASI sampai saat ini masih misteri.

Saya berusaha menghubungi pihak Tokopedia berkali-kali lewat email maupun telepon langsung mengenai masalah ini. Tetapi jawabannya sama, menunggu proses pengembalian 14 hari. Saya sangat kecewa mengingat dana tersebut cukup besar, dan karena prosesnya yang lama saya tetap harus membayar tagihan yang tidak saya pakai berikut uang saya pun sudah dipegang oleh Tokopedia.

Setelah saya baca-baca ternyata banyak juga yang mengalami kendala yang sama dengan saya ketika berbelanja di Tokopedia bahkan ada yang proses pengembaliannya lebih dari 1 bulan. Saya sendiri jadi bertanya-tanya apakah ini hanya salah satu trik Tokopedia saja untuk ‘meminjam’ uang konsumen? Jika tidak, mengapa harus begitu berbelit-belit dalam mengatasi masalah yang sebenarnya simple.

Saya jadi menyesal belanja di Tokopedia. Sudah barang jadi tidak dapat, uang pun ditahan oleh Tokopedia, harus bayar tagihan pula!! Rugi berkali kali. Sungguh lelah.

Semoga yang dijanjikan cepat direalisasi agar uang saya segera dikembalikan.

Yenny Iryanto
Bandung – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Terimakasih Tokopedia atas Respon dan Tindakan yang Cepat

Sehubungan dengan artikel saya sebelumnya mengenai pembelian yang gagal lewat Tokopedia tetapi pembayaran kartu kredit tetap terdebet, dengan ini saya...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ya.. itu namanya lagi sial... aku juga suka belanja di tokopedia... ayo tokopedia.. di respon kasihan.. tuh.. jangan bikin kecewa.. nanti yang lainnya jadi .. pikir pikir kalo mau belanja ke toko pedia... di toko sebelah.. juga .. sama ada....