Surat Pembaca

Usulan untuk Redaksi, Verifikasi Data Faktual

Redaksi Yth,

Assalamualaikum wr.wb. dan Salam Sejahtera,

Dengan Hormat,

Sedikit usul kepada Redaksi Media Konsumen,

1) Member/penulis diverifikasi data faktualnya (KTP/SIM/Paspor; dipilih salah satunya), demi menjaga kredibilitas “Media Konsumen” ini sendiri dan identifikasi up to date yang bersangkutan (menjaga dan membangun literasi media dan informasi).

2) Direncanakan per periode diadakan “temu member”, bisa per kawasan (pulau) atau antara Kab/Kota dengan pilihan acara-acara faktual misalnya acara seminar, pelatihan jurnalistik, pelatihan menulis di media, dll.

3) Adakan lomba menulis dengan penentuan judul/tema dengan substansi berita atau opini yang lagi hangat.

4) Khusus berita keluhan pelayanan konsumen (purna jual), agar redaksi meminta atau verifikasi “bukti riel” walau bukti itu tidak perlu di-share atau tergantung kondisinya. Yang pasti redaksi memegang data keluhan tersebut (agar mudah diverifikasi lebih lanjut). Kenapa harus demikian? Biasa terjadi (apalagi penulis tidak disertai data diri valid), hanya melempar wacana/keluhan lalu ditinggalkan berita yang sudah di-upload tersebut. Padahal sudah ditanggapi oleh yang tersorot.

5) Nama Member harus sama dengan identitas ybs. Tidak boleh pakai nama samaran di media.

Demikian sedikit usul ke redaksi Media Konsumen. Tetaplah jaya dan semangat selalu membawa perubahan untuk Indonesia Hebat.

Catatan:
KTP saya ini (yang dilampirkan penulis – Red) hanya untuk internal redaksi sebagai sample verifikasi (penting sekali verifikasi ini)

Asrul Hoesein
Jakarta Selatan

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Terima kasih telah berbagi saran-saran yang sangat berharga bagi kemajuan situs ini di masa yang akan datang.

    Salam hangat,
    Redaksi

Penulis
Asrul Hoesein