Surat Pembaca

Merasa Tertipu dan Dirugikan Secara Sepihak oleh Doctor Rupiah

Kepada Doctor Rupiah,

Saya sangat kecewa dan merasa dirugikan secara sepihak, nomor pinjaman saya adalah 73405. Awal saya melakukan peminjaman uang melalui website adalah sebesar Rp.2.000.000,- dengan tenor 30 hari. Lalu saat itu juga saya dikirimi sms bahwa pinjaman saya di setujui dan sudah ditransfer. Berikut ini adalah SMS dari Doctor Rupiah:

SMS persetujuan pinjaman Doctor Rupiah

Namun yang terjadi adalah selama tiga hari saya menunggu belum ada transferan dari Doctor Rupiah. Padahal umumnya di tempat penyedia layanan pinjaman uang lainnya akan diterima setelah satu hari kerja. Lalu saya menerima email isi kontrak yang sangat berbeda sekali dari perjanjian awal. Saya merasa dijebak dan sengaja diseret dalam permainan penipuan Doctor Rupiah. Bagaimana bisa mereka mengubah perjanjian pinjaman dalam surat kontrak tanpa persetujuan kedua belah pihak?

Isi surat kontrak itu berupa penjelasan bahwa pinjaman saya adalah Rp.1.500.000 dengan tenor 7 hari, bunga Rp.300.000,- untuk memperpanjang tenor 30 hari kedepan harus membayar Rp.600.000. Itu sangat gila !!! Peraturan jasa model keuangan mana yang mereka gunakan??? Banyak penyedia jasa pinjaman dan tidak seenaknya seperti mereka merubah perjanjian pinjaman apalagi terkesan memaksa menyeret saya untuk berhutang. Saya sangat yakin bisnis rentenir mereka ini tidak diawasi oleh OJK.

Menerima email tersebut saya berusaha menelepon Doctor Rupiah karena tidak menyetujui perjanjian isi kontrak pinjaman tersebut, tapi tidak ada satupun nomor telepon yang bisa dihubungi, bahkan lokasi kantornya pun fiktif. Kemudian saya berinisiatif untuk mengirim email bahwa saya membatalkan pinjaman saya. Orang sampai meminjam uang berarti kan sedang dalam keadaan yang mendesak sekali, bukannya membantu memberi solusi sebagai jasa keuangan, ini malah orang sedang susah malah semakin mereka bikin susah dengan tenor 7 hari dan bunga yang sangat membengkak.

Saya mengirim email tersebut dalam keadaan uang pinjaman belum saya terima dan email saya tidak direspon sama sekali. Pada tanggal 25 April 2017 saya cek rekening saya belum ada transferan dari Doctor Rupiah. Saya pikir sudah dibatalkan dan saya merasa lega. Tapi pukul 12 malam tepat tanggal 26 April 2017 transferan dari Doctor Rupiah masuk ke rekening saya. Lalu pagi-pagi saya langsung transfer balik karena saya merasa ditipu dan diperas dengan oknum Doctor Rupiah.

Lalu saya mengirim email lagi untuk konfirmasi bahwa saya sejak awal menerima email isi surat kontrak tersebut, saya tidak menyetujui pinjaman yang ditawarkan karena tidak sesuai dengan kebutuhan saya yang memerlukan dana Rp.2.000.000,- sementara di email hanya Rp.1.500.000,-. Padahal sejak awal Doctor Rupiah sudah konfirmasi dana Rp.2.000.000 disetujui, lalu kenapa ada perubahan sepihak tanpa persetujuan peminjam terlebih dahulu? Berikut adalah email balasan dari Doctor Rupiah:

Email dari Doctor Rupiah

Isi emailnya sangat lucu dan jelas terlihat sekali tidak profesional dan bermaksud membodohi peminjam. Kalau memang nominal yang saya ajukan bersifat pengajuan dan tidak disetujui team analis lalu kenapa tidak konfirmasi terlebih dahulu kepada saya untuk menanyakan apakah saya bersedia jika pinjaman yang diberikan hanya Rp.1.500.000???

Terhitung dari Bulan April hingga sekarang saya diteror terus melalui telepon dan SMS oleh penagih hutang. Padahal saya sudah jelaskan berkali-kali bahwa saya tidak meminjam uang dari Doctor Rupiah dan dana yang sudah ditransfer sudah saya kembalikan saat itu juga. Bagaimana bisa mereka menagih terus atas uang yang tidak pernah saya gunakan??? Saya sangat terganggu sekali saat oknum Doctor Rupiah ini menelpon saya dengan cara tidak sopan, nyerocos terus tanpa mau mendengarkan penjelasan saya.

Ketika saya ancam untuk membawa ke jalur hukum, Doctor Rupiah ini menantang balik saya, lalu tanpa sopan santun langsung menutup telepon. Terlihat sekali Doctor Rupiah ini bisnis usaha abal-abal, berkedok peminjaman padahal mencoba menipu customer!

Dan sekarang saya terus menerus dikirimi SMS untuk membayar pinjaman sebesar Rp. 3.900.000,-.

SMS tagihan dari Doctor Rupiah

Saya merasa nama saya tercemar, seolah saya ini penghutang yang tidak melunasi pinjamannya sampai harus dikejar-kejar oleh debt collector dan denda yang semakin tidak masuk akal. Doctor Rupiah tolong donk pergunakan kuping kalian untuk mendengar penjelasan yang selalu saya ulang-ulang bahwa uang pinjaman sudah saya transfer balik tanpa sempat menggunakannya. Anda sudah mendengar hal itu dan menerima email beserta bukti resi pengembalian dana. Saya yakin kalian sudah tahu bahwa uangnya telah saya kembalikan tanpa hitungan hari, tapi kenapa kalian tetap memaksa saya untuk membayar hutang yang tidak pernah saya gunakan?

Tolonglah berhenti meneror saya melalui telepon dan SMS. Kalau mau cari uang jangan gunakan cara-cara pemerasan seperti itu. Padahal dulu pernah ada kasus yang sama dengan peminjam Doctor Rupiah (saya baca dari curhatan orang-orang tentang Doctor Rupiah di website) bahwa ia menolak pinjaman karena uang yang ditrasfer tidak sesuai dengan pinjaman awal, lalu CS Doctor Rupiah menyarankan untuk ditransfer balik saja. Lalu kenapa dalam kasus saya seperti dipersulit dengan mengatakan tidak dapat dibatalkan? Home Credit saja jika uang pinjaman sudah ditransfer balik, kalau mau dibatalkan masih bisa.

Hal ini sudah saya laporkan ke OJK. Jika melalui cara ini tidak membuat kalian berhenti menjerat saya ke dalam penipuan kalian, terpaksa saya harus repot-repot lapor ke jalur hukum. Seharusnya saya tidak perlu repot-repot mengurusi masalah yang seharusnya tidak perlu ada, tapi saya tidak bisa tinggal diam lagi atas segala teror yang dilakukan oleh Doctor Rupiah. Sekali saya tegaskan bahwa Saya tidak memiliki beban hutang apapun dan tidak ada kewajiban membayar hutang dan denda mengada-ngada yang dikatakan oleh Doctor Rupiah. Saya harap kalian dapat membersihkan nama saya.

Terima kasih.

Celia
Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Iia suami saya juga sudah bayar lebih dari pinjaman, sudah setahun tidak dihubungi ,tiba2 ,dia telponin trs ngancam2 ,mau bawa tukang pukul ,mau laporin polisi,ngancam ke kantor, terus bilang kesemua bank kalo ada pengjuan atas nama Mawardi jangan di ACC ,masih punya tunggakan, salah siapa bukan salah kita ,, emang pemerasan lintah darat ,harusnya yg berurusan dengan doctor rupiah ,kita laporin ke polisi tu doctors rupiah ???

    • Sy jg slh satu korban penipuan dr rupiah.. Sy sdh byr pinjaman sy 1500000 +bunga 600000 total 2100000 pd tgl 6 Mei'18.. Via ATM CIMB NIAGA, yg d arahkan oleh opereter dr rupiah. Stlh membayar, sy tlp call centre, 7anx mau konfirmasi pembayaran pinjaman, tp sperti biasa, no tsb tdk bs d hub..
      Krn sy pikir sdh membayar, sy cuex sj.. Krn mmg trus trang pinjaman ini sdh yg k 2x.. Tp stlh beberapa hari, mulai ad tlp dr pihak dr rupiah, menanyakan ttg kpn pembayaran pinjaman sy akan d lunasi krn sdh jatuh tmpo.. Awalx sy bersikap kooperatif dgn mreka, tp stlah sy sampaikan bhw sy sdh byr pinjaman sy + bunga.. Timbul debat antara sy dgn pihak dr rupiah.. Smpe skrg, sy msi d tlp, d ancam..
      Pertanyaan sy utk tmen² yg sdh jd korban dr rupiah.. Apkah temen² mau mengkasuskan masalh ini k pihak yg brwajib..?? Mengingat sdh byk korban.. Sy punya bukti² yg Sgt kuat, utk mengkasuskan mreka..
      Setujukh temen² korban dr rupiah..??! Sy tgu kbarx.. Thx.. Ngobrol Via email

  • Saya Juga sedang berurusan dengan Doctor Rupiah, Pinjaman 1,5 Juta sekarang Tagihan 8 Juta ?? padahal kalau di hitung pembayaran yang sudah saya lakukan lebih dari 3 Juta sampai dengan saat ini. Apakah Jika sudah membayar FULL akan selesai malasanya ? dari Testimoni yang ada di medai Online semua Peminjam dengan membayar FULL tetap di tagih, jadi bagaimana kira kira menyelesaikan nya ya ?? yang saya sangat sayangkan juga Pihak Doctor Rupiah sudah membuat suasana tempat bekerja saya tidak kondusif. Ini Urusan PRIBADI BUKAN URUSAN PEKERJAAN. Dengan memaki maki rekan kerja saya dan berkata KASAR apakah seperti ini cara penagihan Doctor Rupiah ??

    • saya juga, udah lunas msh ditagih juga. kayanya mesti dilaporin bareng-bareng deh ini meresahkan, apalagi kl udh ada ancaman2.

  • Waduh drrupiah serem juga yah..
    Swami saya bru dapat sms :
    Selamat pinjaman anda sudah di cairkan ke rekening bank anda. Dst...
    Ini blm pasti d setujuikan?
    Soalnya saya jdi takut.

  • Mba Angelina, aku juga sudah dapet sms seperti itu. pengajuan peminjamanku sih enggak banyak ya. hanya 500rb. aku mau cancel aku tlf hotline sama CS nya gak bisa lagi nih. aduh semoga gak masuk deh dananya.

  • Kalo setau saya dalam perbankan itu kalo uang udah cair dari kantornya, nasabah wajib mengembalikan uang pinjaman beserta dengan bunga.

    kalo ditelepon memang ga membuahkan hasil, coba di email, kalo masih ga membuahkan hasil, terus aja di email mbak sampe ada penyelesaian yang disepakati kedua belah pihak. kalo kedua pihak masih belom sepakat, pasti ga bakal kelar2.

    by the way, ini kan udah lewat beberapa bulan, status casenya gimana mbak sekarang??

  • Aduh sy jg ngajuin blm ada SMS apa2 sih sy d tlp to kbtln sy g liat hd g sy angkat semoga dana nya g udah masuk jd takut sy

  • Iyah penipuan banged. saya mengajukan dan isi form aplikasi sebesar 500ribu untuk 10 hari dengan pengembalian 600ribu tgl 26. Tiba2 besoknya tgl 27 saya terima uang masuk sebesar 500ribu kerekening dan dapat email ternyata tenor saya jadi 30 hari dengan pengembalian 700ribu. Tanggal 28 saya lsg bayar 600ribu dan saya balas email dan saya telpon saya mengajukan dan isi form jelas2 10 hari kenapa dijadiin 30 hari seenak udel tanpa permisi. Eh cs-nya alasannya itu karena sifatnya pengajuan. Iyah pengajuan! tapi kan gak main asal ubah tanpa ijin!!!. Gila seenak udel ubah jadi tenor 30 hari tanpa permisi jadi bunga 40%! dasar lintah darat. Sekarang gw diteror sms 100 ribu minta dilunasi. dan tiap hari naik terus 20ribu. Dieemail dan telpon gak dijawab.Dan diputus.
    Makasih pengaduannya dimedia ini .saya jd berani laporkan ke OJK juga.

      • kirim ke konsumen@ojk.go.id . laporkan saja mas. Saya juga masih sedikit sabar. sudah lunas masih diterror. untung bukti sudah saya simpan. Kasar juga mereka ditelpon. insya allah kalau mereka sampe datang aku pasti laporin ke polisi....

        • saya sudah pernah email ke ojk dan tanggapannya juga kurang memuaskan.
          diinfokan bahwa drupiah ini diawasi badan keuangan yg diawasi oleh ojk.
          saya pernah di tlpon sabtu pagi ditawarin pinjaman 1.5jt, blm selesai saya tanya2 tlpon sudah dimatikan oleh cs dan terlihat buru2 sekali cara ngomongnya.tiba2 sya terima email kalau dana sudah dicairkan dengan bunga 600rb.padahal saya belum mengiyakan dan masih tanya2.
          ini memang lintah darat fiktif.

  • Gmna ya aq jd takut bgt neh pinjmn aq da di setujui akan ada pencairan klau da cair aq takut bgt udh bayar tar di blng belom,blom di cairin tar di kira udh dlema jg ya,,,apa nanti byr nya di kantor nya aja X ea biar ada tanda bukti pembayaran nya Dr pihak sana

  • Saya sudah bayar tapi masih juga di tlp , nyebelin banget tlp sehari sampe 12 kali ! Skrg ga permah saya angkat tlpnya !

  • Saya sore sudah bayar 700 ribu. Dpt e-mail sdh bayar. Eh 2 jam kmudian dpt sms isinya saya berjanji bayar 700 ribu tgl 30 desember. Belum ditelf siy. Saya msh simpen bukti transfernya. Yg konfirmasi sdh bayar via e-mail itu apa?

Penulis
Celiandra