Tokopedia Mengembalikan Dana ke Pembeli Setelah Pembeli Menerima Barang

Dear Tokopedia,

Pada hari Sabtu tanggal 22 Juli tahun 2017 saya melakukan transaksi di Tokopedia senilai Rp15.670.000 berupa sebuah barang elektronik yang garansinya sudah berjalan sejak nota tercetak. Saya mendapat customer bernama Bapak Fauzi bertempat tinggal di Kelurahan Mugassari Semarang. Akan tetapi dalam hal ini pembeli melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Dan pada akhirnya karena kesepakatan antara saya dan pembeli barang dikirim hari itu juga pada tanggal 22 Juli 2017 dengan alasan kecepatan proses transaksi menggunakan Gojek.

Sekitar 4 hari setelah itu saya mendapat informasi bahwa dana akan di- refund kepada pembeli dengan alasan transaksi saya telah melanggar syarat dan ketentuan dari penggunaan kartu kredit.

Saat ini saya masih menunggu jawaban dari Tokopedia terkait dengan:

1. Apa syarat dan ketentuan Tokopedia yang saya langgar? Apakah saya terindikasi transaksi gesek tunai? Jika memang demikian mengapa proses begitu lama? Dan mengapa tidak dikonfirmasi dengan pembeli mengenai status barang yang saya jual. Untuk barang yang saya sudah jual saya juga memberikan screen shoot nya.

2. Dengan jujur saya mengatakan bahwa saya tidak mengetahui bahwa customer saya pada akhirnya akan membayar dengan kartu kredit yang limit-nya menurut saya cukup besar. Jika memang saat ini saya juga sudah mendapat screen shot pemotongan KK limit dari pihak customer yang jauh lebih kooperatif dari Tokopedia.

3. Melalui chating dengan customer saya mengetahui bahwa dia membeli Macbook tersebut untuk anaknya dan saya juga sudah memberikan saran kepada customer untuk membayar secara cash. Tapi hal itu sulit dilakukan oleh customer mengingat banyaknya kebutuhan lain di luar Macbook ini. Dan sebagai orang yang awam seharusnya Tokopedia bisa menjembatani kebutuhan tersebut. Tapi malah menjadi penghalang. Tolong dipertimbangkan kembali. Mengingat saya memang melakukan pengiriman barang dan saya juga sudah melampirkan bukti-bukti yang ada untuk diproses oleh pihak Tokopedia.

4. Saya juga sudah menghubungi pihak Gojek dan menanyakan apakah sudah ada konfirmasi dari Tokopedia sejauh ini dan ternyata jawabannya belum ada. Sungguh melelahkan. Apakah saya harus memasukkan di surat pembaca dan meminta tolong ke komisi penyelesaian sengketa konsumen dalam masalah ini?

5. Jika memang dana di-refund ke pembeli mohon Tokopedia juga memberikan cc ke e-mail saya terkait dengan pengembalian limit. Sehingga memudahkan saya untuk melakukan penagihan ulang kepada pembeli jika memang diperlukan. Karena saat ini dari pengakuan pembeli belum ada pemberitahuan terkait dengan pengembalian dana ke pembeli.

6. Ke depannya jika ada pembeli lagi yang mau membeli maka bagaimanakah saya memastikan bahwa pembeli melakukan pembayaran menggunakan KK atau cash? Karena saya sama sekali tidak mengetahui bahwa pembeli membayar dengan KK. Dan apakah setiap pembeli yang membayar dengan menggunakan KK akan dikenakan review selalu?

Mengingat barang yang dibeli bukanlah barang yang harganya murah, kami harap Tokopedia bisa memberikan jawaban yang kooperatif dan terperinci dan bukan jawaban dengan mesin penjawab. Saya tunggu jawaban balasan dari Tokopedia.

Lanita Setyani
Jalan Sonokeling
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya sangat prihatin dengan kasus Ibu Lanita, kasus ini pernah saya alami juga di tokopedia, dan tidak sedikit kasus seperti ini terjadi kalau saya search lewat google, pointnya adalah pembayaran dengan kartu kredit, hampir sama semua. Uang tidak bisa diteruskan ke penjual dan akhirnya di refund ke Kartu kredit pembeli. Kasus ini biasanya sangat berlarut-larut. Dan membuat pembeli repot mengurusnya. Akhirnya saya meminta transfer manual kepada pembeli, dan ini memakan waktu berbulan bulan untuk menunggunya, karena menunggu refund dana di kartu kredit. Harusnya Tokopedia memperhatikan masalah, hal ini sangat merepotkan penjual.

  • Sampai saat ini belum ada tanggapan dari Toped? hanya bisa terkesima... dan berhati2 kalau jualan di toped...