Surat Terbuka untuk BTN: Transaksi ATM Berhasil, Uang Tak Keluar

Kemarin, Minggu 24 September 2017, salah seorang kerabat saya, pemilik rekening BTN melakukan penarikan melakukan jaringan link di ATM BRI, di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Kelapa Gading. Namun transaksi tidak berjalan seperti biasa, harus menunggu proses yang cukup lama. Setelah beberapa kali mengulang, ternyata uang yang ditarik tak kunjung keluar.

Akhirnya, beliau memutuskan untuk menghubungi contact center BTN, dan jawabannya:

1. Transaksi berhasil, namun memang uang tidak keluar karena ada gangguan pada jaringan.
2. Uang akan dikembalikan menunggu 20 hari kerja, (berarti 1 bulan).

Hari Senin, 25 September 2017, kami mendatangi salah satu kantor BTN di kawasan ITC Cempaka Mas. Pas pukul 8 pagi, namun oleh petugas keamanan Bank, kami disarankan untuk ke kantor cabang BTN terdekat, karena Customer Service (CS) Staf belum datang. Khusus untuk kasus CS staf yang belum datang ini adalah pengalaman yang kedua yang kami alami di kantor tersebut.

Berdasarkan kronologi kasus di atas, kami minta klarifikasi dari pihak BTN sebagai berikut:

1. Kesalahan/kegagalan transaksi jaringan online tersebut menjadi tanggung jawab siapa? BTN kah? BRI kah? atau Link?

2. Apa dasar regulasi waktu tunda 20 hari kerja untuk pengembalian uang tersebut? Apakah sebelumnya ada klausul yang mengatur masalah ini yang sudah disetujui kedua belah pihak saat pembukaan rekening bank? Kami mohon pihak BTN menunjukkan rujukan regulasi atas waktu penundaan ini.

3. Bagaimana dengan perhitungan bunga tabungan atas selisih jumlah uang di rekening kami?

Untuk itu, bersama surat ini kami menyatakan bahwa:

1. Kami menolak dengan keras penundaan pengembalian uang dengan waktu 20 hari kerja, karena kesalahan bukan pada pihak kami sebagai pelanggan. Perlu diketahui, setiap kelalaian yang dilakukan pelanggan selalu ada penalti, dan untuk kasus ini, kami menuntut penalti kepada BTN atas kesalahan tersebut.

2. Kami berharap agar BTN bisa segera merespon dan memberikan solusi yang tidak merugikan kami sebagai pelanggan.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Muhemi
Sumur Batu, Kemayoran
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Surat Terbuka untuk BTN: Transaksi ATM Berhasil, Uang Tak Keluar

  • 20 Januari 2018 - (04:07 WIB)
    Permalink

    Bagaimana perkembangannya saat ini mas, apakah sudah ada penyelesaian soal kasus BTN ini? Karena baru2 ini, saya dan beberapa orang mengalami hal yang hampir mirip diwaktu dan tempat yang berbeda. Kalau belum selesai dan blm ada penyelesaian dari BTN, saya mengajak untuk kita gerak advokasi bersama sesama konsumen…bisa saya hubungi (WA/Telp) kemanakah ? Thank

  • 24 April 2019 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal yang sama dengan nasabah tadi saya ingin menulis surat terbuka untuk bank btn. Apakah situs ini memberikan keamanan terhadap pengaduan Kita? Dan apakah uang nasabah tadi kembali dalam waktu cepat?

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Surat Terbuka untuk BTN: Transaksi ATM Berhasil, Uang Tak Keluar

oleh Muhe Minutes dibaca dalam: 1 menit
2