Kurir JNE Tidak Profesional

Saya melakukan pembelian online via Tokopedia pada tanggal 27 November 2017 dengan menggunakan JNE YES no. resi 013110033617417 alamat tujuan Ungaran a.n. Adjie Kombre.

Pada tanggal 28 November 2017 pukul 20:00 saya tracking dan dapat pemberitahuan bahwa barang sudah sampai di JNE. Pada pukul 20:15 saya berinisiatif ke JNE Ungaran untuk mengambil sendiri barang tersebut (saking pentingnya) walaupun malam itu hujan gerimis tapi cukup deras, dan saya bela-belain pake jas hujan.

Sesampainya di sana, sama mas yang jaga diberi tahu bahwa barang sudah dibawa kurir dan saya pun tanya apakah barang pasti sampai saat ini dan sama mas yang jaga dijawab iya.

Sesampainya di kantor JNE Ungaran, saya diberi tahu mas yang jaga bahwa barang sudah dibawa kurir, dan saya disuruh ngecek ke hotel (kebetulan tempat saya itu hotel). Saya pun mengiyakan dan sebelum saya balik ke hotel, saya nanya ke mas-nya apakah barang malam ini pasti sampai dan sama mas-nya dijawab iya.

Saya pun balik ke hotel (tempat saya itu hotel) dan saya tunggu sampai pukul 12 malam barang belum sampai juga. Keesokan harinya tanggal 29 November 2017, pukul 9 saya cek lagi dan belum dikirim juga. Barang baru sampai sekitar pukul 11 siang.

Malam harinya saya komplain ke kantor JNE dan dijawab bahwa pada saat kurir mengantar, barang sudah diantar tanggal 28 November 2017 pukul 7 malam tapi katanya tempat saya tutup. WHATT!! Tempat saya itu hotel 24 jam dan sangat menggelikan bahwa alasannya tutup, dan saya tahu kalau kurirnya berarti bohong alias males nganter karena hujan yang takseberapa, lha saya saja bisa sampai JNE kok walaupun hujan :D)

Saya berniat mengajukan klaim, tapi klaim harus penjual/pengirim yang mengajukan. What a waste, kita yang keluar duit ongkir, kok yang suruh klaim penjual…wkwkwkwk. Tapi saya diberikan formulir klaim sama mas-nya dan dia bilang bahwa klaim seharusnya penjual yang buat, dan tidak janji bisa cair kalau saya (pembeli/penerima) yang mengajukan klaim, dan itupun harus menunggu 2 minggu.

Keesokan paginya tanggal 30 November 2017 pukul 10 pagi saya telepon JNE pusat, dan dijawab sama mbak Tiki (kalau tidak salah), beliau memberikan penjelasan bahwa klaim memang harus diajukan oleh penjual, dan segala penjelasan lain yang bikin saya malas. Nah menurut saya, prosedur ini sangatlah aneh karena tidak semua penjual itu memiliki waktu luang dan bersedia diribetkan oleh birokrasi yang rumit dan tidak menarik oleh JNE

Saya sudah telepon penjual tetapi tidak diangkat, saya WA juga tidak dibalas, dan saya tidak menyalahkan penjual, karena jika saya di posisi penjual saya pun malas bolak balik ke JNE. Dan lagipula ini murni kesalahan dari pihak JNE, yaitu kurirnya berbohong.

Pertanyaannya apabila penjual memang tiak bisa atau tidak mau mengajukan klaim terus bagaimana nasib konsumen? Terus apa tindakan dari JNE terhadap kurir yang tidak profesional seperti itu?

Terima kasih.

Adjie Kombre
Ungaran, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: