Surat Pembaca

Proses Refund di Akulaku

Saya melakukan transaksi pada tanggal 01/12/2017  untuk pembayaran Multi Finance PT Wahana Ottomitra Multiartha. Pembayaran saya lakukan dari internet banking Klik BCA dengan nominal DP Rp 624.000. Nomor pemesanan: 15120095896169334972, waktu pemesanan: 01/12/2017 12:38, waktu pembatalan: 01/12/2017 12:46. Nomor referensi: FB2B13BO-F5AA-A04F-B0DE-F62EBADD476A.

Status dibatalkan dari sistem tetapi saat saya cek rekening saldo saya berkurang sesuai nominal DP tersebut. Saya lakukan konfirmasi dengan customer service (CS) Akulaku atas nama Nabila dan saya diinformasikan untuk proses refund hanya dilakukan dari aplikasi Akulaku sedangkan tampilan menu refund dalam aplikasi tidak ada.

Saya coba telepon lagi dengan CS atas nama Mala diinfokan sama seperti sebelumnya. Saya coba tanya alamat kantor yang valid karena saya mau pengaduan langsung jawaban CS; “Untuk perihal alamat tidak bisa diinformasikan.” Saya coba kirim email 2 kali tidak ada respon.

Sudah menjadi hak konsumen ketika tidak dapat solusi jalan keluar dari CS maka pengaduan bisa langsung datang ke kantor. Kenapa terkesan disembunyikan dan saya lihat beberapa keluhan dari artikel terkesan Akulaku tidak kooperatif dengan pelanggan. Dan semua nomor telepon yang ada di semua artikel tidak ada yang diangkat.

Saya hanya ingin bertanya dimana tanggung jawab dari Akulaku? Besar harapan saya melalui surat pembaca di mediakonsumen.com agar bisa menjembatani permasalahan saya dengan Akulaku. Saya hanya ingin DP saya dikembalikan. Apabila tidak ada tanggapan atau konfirmasi terkait surat saya ini maka saya akan perkarakan lebih jauh kepada Akulaku.

Berikut saya lampirkan bukti transaksinya


Terima kasih, semoga bisa jadi bahan pertimbangan untuk kelanjutan keberadaan pihak Akulaku ini.

Abdul Aziz
0838050034**
Ciputat – Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya mengalami hal serupa, mohon informasinya kelanjutannya apakah ada solusi masalah seperti ini?

  • Saya 3jt100 beli leptop, leptopnya gabisa dipake,,, barang sudah dikembalikan,,, dana belum kembali,,, buat laporan sudah sampe 6kali pihak cs yang buat,,, mending jangan pada bayar tagihan... Biarin aja sampe datang ke rumah... Nanti kita lanjut sama polisi... Biar tau rasa...

  • Kejadian sm seperti saya, udah dp 736rb setelah bbrp menit dibatalkan otomatis dan keterangannya di refund ke rekening saya, tp sampai sekarang uang tsb blm masuk ke rekening saya. Sy jg baru tahu ternyata banyak jg yg kejadiannya sm seperti saya. Sungguh mengecewakan

  • Sama saya juga udah masuk dp 400 ribu tv led pesan tanggal 13 desember 2020 sampe sekarang belum ada respon mana tagihan sudah mendekati gimana solusinya ya....

  • saya mengeluhkan membeli hp senilai 2.299.000 di shopee, pembayaran dengan akulaku, saya disuruh bayar dp 593.000 untuk bayar DP dan uang dari rekening saya sudah terpotong.

    namun setelah saya buka di shopee pesanan saya dibtalkan oleh sistem dan saya cek di akulaku nya pembayaran berhasil namun statusnya di REfund,,

    maksutnya itu bagaimana , setelah saya Cek saldo saya belum kembali ke rekening saya.

    saya chat email gak ada jawabn saya chat WA malah kyak orang bego ngomong sama sistem..

    mohon bisa dibantu dari pihak akulaku atau shopee terkait kendala ini..
    saya sangat sedih sekali

  • Saya baru melakukan pembelian barang di akulaku dengan sistem kredit limit.. tapi dri seler minta penambahan biaya pengiriman setelah saya chat utk membatalan barang.. dengan cepat barang saya dikirim dan tidak bisa di batalkan... Mohon solusinya utk pengembalian dananya..

Penulis
abdul aziz