JD.ID Membatalkan Pesanan Secara Sepihak, “Refund” Tidak Bisa Dipastikan Waktunya

Melalui surat pembaca di mediakonsumen.com saya ingin menyampaikan keluhan tentang betapa parahnya sistem pengiriman dan refund di JD.ID. Berikut Kronologinya:

1. Saya memesan di JD.ID tanggal 10 November 2017 dengan nomor pesanan 222993547 pengiriman ke Pulau Batam (Kepulauan Riau).

2. Pada hari yang sama saya mendapatkan SMS bahwasanya pesanan sudah ada di jasa pengiriman.

3. Saya melakukan tracking di website JD.ID dan mendapati bahwa pesanan saya sudah keluar DC Marunda, Kirim ke Batam, Operator JX-Indonesia.

4. Pada tanggal 11 November 2017 saya mencoba kembali untuk menanyakan status pengiriman via chat online dan ditanggapi untuk menunggu 7-14 hari.

5. Pada tanggal 23 November 2017 kembali saya mencoba menanyakan status pengiriman via chat online karena sudah terlampau lama dan hampir 14 hari, ditanggapi oleh CS bahwa karena ada kendala dalam pengiriman maka pihak JD.ID membatalkan pesanan saya secara sepihak dan berjanji akan memproses refund dana dengan estimasi 3-5 hari kerja. Saya juga menginformasikan nomor rekening saya kepada pihak JD.ID.

6. Pada tanggal 27 November 2017 saya kembali menanyakan ke pihak JD.ID via chat online untuk status refund tersebut karena sudah 4 hari berjalan namun ternyata hanya disarankan oleh CS untuk mengirimkan mutasi rekening bank dari tgl 10-27/Nov. Saya mengirimkan mutasi rekening tersebut via email (sebagai bukti bahwa belum ada refund dana yang masuk ke rekening saya) ternyata tidak ada balasan dari JD.ID.

7. Pada tanggal 28 November 2017 saya mencoba menelepon layanan telepon di 1500618, kemudian CS memberitahukan bahwa barang tersebut masih dalam proses pengiriman kembali ke warehouse mereka dan dikarenakan hal tersebut maka pihak JD.ID belum dapat melakukan peng-cancel-an barang sehingga pihak finance juga belum bisa melakukan transfer dana ke rekening customer. Akhirnya JD.ID hanya menginformasikan akan menyampaikan ke pihak terkait dan di minta untuk menunggu.

8. Pada tanggal 4 Desember 2017 dikarenakan tidak adanya informasi lanjutan dari JD.ID maka saya kembali menanyakan refund tersebut dan masih dengan jawaban yang sama bahwa barang tersebut masih dalam proses pengiriman kembali ke warehouse dan akan terus menginformasikan ke pihak terkait serta diminta untuk menunggu.

9. Pada tanggal 7 Desember 2017 kembali saya menanyakan dan kembali juga jawaban yang sama saya terima tanpa ada kepastian dari JD.ID.

Saya mohon kepada pihak JD.ID agar segera memproses refund tersebut atau paling tidak memberikan kepastian waktu pengembalian dana, karena dalam hal ini JD.ID sudah melewati batas ketentuan yang dibuat sendiri yaitu 3-5 hari.

Terima kasih.

Theresia Anita Fatmawati Rajagukguk
Batam

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JD.ID atas Surat Ibu Theresia

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Theresia pada 7 Desember 2017 di halaman ini, kami dari JD.ID...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “JD.ID Membatalkan Pesanan Secara Sepihak, “Refund” Tidak Bisa Dipastikan Waktunya

  • 7 Desember 2017 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Seharusnya tanggal 4 Desember 2017 untuk poin 8 dan tanggal 7 Desember 2017 untuk poin 9. Maaf ada salah ketik

    • 7 Desember 2017 - (13:38 WIB)
      Permalink

      Terima kasih redaksi sudah membetulkan ketikan yang salah 🙂

  • 6 Maret 2018 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Nomor Pesanan:225844421 punya saya juga tidak jelas refund kapan, tidak ada kejelasan dari pihak jd.id.
    estimasi katanya 3-5 hari, tapi sudah 5 hari tidak ada kejelasan sama sekali.
    CS juga tidak memberi jawaban yang jelas, hanya muter-muter jawaban nya.
    kalau tidak dihubungi tidak menghubungi.
    tapi dihubungi sehari 3x lebih tapi tidak ada penyelesaian sampai sekarang.
    kecewa sekali dengan pelayanan jd.id.
    dear admin jd.id, jangan buat saya kapok belanja di jd.id, karena pelayanan yang sangat buruk sekali.

    • 11 April 2018 - (12:13 WIB)
      Permalink

      langsung saja buat surat pembaca pak, pihak JD.ID akan menanggapi segera….

 Apa Komentar Anda mengenai JD.id?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

JD.ID Membatalkan Pesanan Secara Sepihak, “Refund” Tidak B…

oleh Theresia Anita F Rajagukuk dibaca dalam: 2 menit
5