Kecewa dengan Cara Penagihan First Media

Saya pelanggan First Media dengan no. 58272001. Saya berlangganan dari mulai Agustus 2017 akhir, dan berikut kronologi kejadian:

Saya ditelepon oleh CS pukul 20.20 WIB pada tanggal 7 Desember 2017. Pihak CS yang telepon dari 02129185103, awalnya baik-baik menagih pembayaran. Saya bilang ke CS-nya kalau saya sudah tidak tinggal di situ mulai awal Oktober dan mohon dicabut saja. Namun beliau meminta saya melunasi penagihan dulu dengan marah-marah. Saya masih jawab baik-baik dengan bicara “potong saja dari uang deposit saya.”

CS-nya bicara dengan nada marah bilang “tidak bisa, ibu tidak punya deposit.” Saya jelasin awal saya pasang, saya menyimpan dan langsung transfer ke FiRST MEDIA lalu 2 minggu kemudian saya bayar tagihan sebesar Rp160 ribu. Namun pihak CS menyolot ke saya dengan nada marah, saya matikan teleponnya. CS-nya telepon terus, saya diamkan, telepon terus sampai saya angkat dan mengancam “MALAM INI SAYA TUNGGU PEMBAYARANNYA.”

Lalu menelepon lagi dengan mengancam lagi “IBU AKAN DI DATANGI DEBT COLLECTOR.”

Dan telepon lagi dengan mengancam lagi “IBU AKAN KENA BI CHECKING.”

Dan yang tidak saya terima CS-nya telepon rumah dengan mengancam Ibu saya, sampai 3 kali telepon.

Paginya pukul 09.40 WIB tanggal 8 Desember 2017 saya ditelepon kembali dengan no 021 29494444, dengan marah-marah lagi dengan orang yang sama bilang “IBU KENAPA SAMPAI SEKARANG BELUM DIBAYAR, SAYA SUDAH BILANG MALAM INI HARUS BAYAR.”

Saya marahi balik, dengan  mengatakan “BAPAK INI KENAPA MARAH-MARAH DENGAN MENAGIH SAYA SEPERTI ITU” saya tutup langsung teleponnya.

Dia trus tlp berkali-kali sampai 9 kali, dan akhirnya telepon rumah lagi dengan mengancam “KALAU DALAM MINGGU INI BELUM DIBAYAR AKAN DIDATANGI DEBT COLLECTOR.”

Saya sangat kecewa dengan First Media, saya hanya telat 2 bulan dan tagihan hanya Rp420 ribu, tetapi saya diancam dan diteror seperti itu. Saya sudah 2 kali melapor CS dan akan segera diproses, tapi sampai sekarang tidak ada tindakannya.

Dan barusan CS penagihan yang telepon saya marah-marah itu, SMS saya dengan menagih tunggakan saya dan memakai no telepon HP pribadi (terlampir). Mana ada menagih lewat HP pribadi, di mana kode etik CS, sangat mengecewakan.

First Media, tolong attitude CS diperbaiki, dengan meneror dan marah-marah kepada saya dan Ibu saya itu yang sangat saya tidak terima. Saya sangat kecewa dan saya tidak akan melunasi tunggakan saya kalau pihak First Media tidak meminta maaf kepada saya atas kejadian yang terjadi. Saya seperti diteror dan diancam yang tidak ada etika sama sekali dari awal jam telepon, bicara juga.

Thanks,

Tina
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Kecewa dengan Cara Penagihan First Media

  • 12 Desember 2017 - (18:44 WIB)
    Permalink

    agak lucu baca complain ini hahahaha sudah jelas yang salah yang berhutang, tapi kenapa dia yang complain.. kalau mau pindah rumah pun, harusnya dia laporkan dulu untuk pemutusan, bukan nya ditinggal begitu saja.. dan saya baru dengar ada istilah DEPOSIT di First Media, hahaha LUCU

  • 21 Februari 2018 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya saya mohon maaf dengan adanya oknum seperti yang tersebut diatas
    Sesungguhnya saya juga tidak tahu sedang ada tekanan apa oknum tersebut
    Namun yang jelas sejak saya join di First Media belum pernah ada kebijakan First Media menggunakan jasa debt collector dalam penagihan
    Sanksi yang biasa diterima pelanggan yang tidak melakukan pelunasan adalah tidak dapat berlangganan kembali sebelum tagihan First Media nya dilunasi
    Petugas First Media akan datang ke rumah yang sudah tidak aktif hanya sekedar mengambil properti milik First Media dan tidak berwenang mengambil tagihan yang tidak terbayar karena di First Media tidak diperkenankan dan sangat dilarang melakukan transaksi langsung dengan petugas atau siapa pun
    Segala bentuk pembayaran dan pelunasan dilakukan melalui Indomaret Alfamart atau ATM yang sudah bekerja sama dengan First Media

    Mengenai oknum yang tidak menyenangkan tersebut bisa langsung melaporkan ke nomor 021 2559 6000

    Info lanjut tips berlangganan aman First Media bisa membaca artikel di sini
    http://www.firstmediaindonesia.com/?m=1

    • 5 April 2018 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Ini juga terjadi kepada saya Pak Reo. 2x ditelepon, dimana yg pertama saya disuruh (bukan dihimbau) membayarkan tagihan 2 bulan, dan ketika saya menjelaskan, telp langsung ditutup oleh staf First Media yg menelepon tersebut.

      Hari ini, saya kembali di telp, dengan ancaman akan didatangi pihak ketiga untuk mengambil pembayaran.

      Saya mengeluhkan ke CS, namun reply email hanya menyebutkan untuk melakukan pembayaran saja, dan tidak menghiraukan keluhan saya.

      Akhir 2017 & awal 2018, saya juga mengekuhkan layanan yg sering putus (bisa berhari-hari), lalu saya mengeluhkan layanan via telp & email, namun tidak ada solusi hampir 1 bulan lebih, sampai akhirnya ada 1 staf CS yang menurut saya cerdas & bisa bekerja, sehingga bisa selesai dalam 2 hari, dimana diberikan WIN-WIN solution untuk First Media & saya sebagai pelanggannya.

      Namun untuk kali ini, saya sudah menyerah & cukup membuang waktu mengurus hal seperti ini berbulan-bulan tanpa ada perubahan kualitas layanan.

      Saat ini saya menggunakan vendor/ISP lain, yg lebih komunikatif dan menjamin layanannya. Apabila terjadi kendala, penanganannya pun cepat. SLA dalam sebulan jauh diatas SLA First Media.

      Sekarang saya tidak diberikan solusi baik via telp/email, hanya disuruh membayar, membayar & membayar saja. Jarang saya mendapati staf yg berkualitas, yg mampu memberikan solusi tepat. Mayoritas hanya berputar-putar disitu saja solusinya, bahkan teknisi yg datang juga angkat tangan, dan menginformasikan bahwa gangguan dr pusatnya.

      Jadi buat saya, cukup dengan First Media & saya memilih tutup buku dengan vendor/ISP ini.

  • 6 Januari 2021 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Kalo ingin berhenti langganan firstmedia gunakan fitur myfirstmedia Dr hape customer ataupun pindah lokasi.

    • 3 Januari 2023 - (13:16 WIB)
      Permalink

      tidak bisa. saya sudah pernah coba dan tetap harus telepon CS pakai pulsa yang bikin pulsa habis!! 40rb!! rugi. belum lagi pas mau putus dia nawarin turun harga pake istilah promo2 jadi 212rb. saya respon aja. saya mau pindah ke provider lain. ga usa banyak janji manis saya mau pemutusan hari ini tolong jangan buang pulsa saya! repot dan SANGAT AMAT MENYESAL pakai firstmedia.

  • 23 Maret 2021 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Tgl 22 Maret 2021 saya di tlp org yg mengaku dari firstmedia dengan nomor hp pribadi, dengan case sama dengan keluhan diatas saya sudah pindah sekitar 1 tahun yang lalu dari rumah sebelumny yang menggunakan layanan FM. Rumah yg sebelumnya entah siapa yang menempati tetapi beberapa bulan ini saya sering mendapatkan tlp berupa himbauan pembayaran dan berulang kali pula saya menjelaskan bahwa saya tdk Tinggal disana lagi. Sampai hari ini telfon dari org yg mengaku cs Fm tiba dengan suara berat dan terkesan marah2 diawal dia berkata
    Cs : ibu dengan ibu E……
    Me: ya dgn siapa ini?
    Cs: dari firstmedia bu ( fyi kalo sop perusahaan jasa wajib mengenalkan nama)
    Me: iya knp mas?
    Cs: tunggakan ibu sudah lama tidak bayar kapAn mau di bayar
    Me: mas saya sudah berkali2 bilang saya sudah pindah
    Cs: kalo ibu pindah ibu bikin laporan dong!!! Sekarang tagihan ibu ga ada yang bayar gimana ini
    Me: ( kq mulai ngegas) mas saya tidak tau standard pemutusan internet FM lagian sistem pembayaran anda kan prepaid kenapa harus repot2 ngejar customer yang ga mau bayar saya pas pemasangan perjanjian nya pembayarannya prepaid (bayar dulu baru bisa dipake)
    Cs: tapi ini kewajiban ibu (dengan nada tinggi)
    Me: kewajiban dari mana mas nyatanya saya sudah 1 tahun tidak tinggal disana
    Cs : pokonya ibu harus bayar!!!!
    Me: nama mas siapa sekalian nik karyawan nya biar saya aduin langsung sama layanan cust kalo cara berbicara dengan customer begini
    Cs : blablalalalalhsgsjsj (ngedumel)
    Me: komunikasinya tolong dua arah supaya ketemu win win solution nya kalo mas tetep ga mau kasih nama nya saya tutup tlp nya
    Cs : dasar lo ga mampu miskin kalo ga mampu jgn pake layanan kami beg* lo!!!
    Me: mas ngatain saya jg ga bakal baper saya aja ga tau siapa mas tujuan mas ga bakal saya penuh in kalo cara mas kayak gini buang2 pulsa saja
    Cs : (tlp dimatikan)
    :: Dear First media apakah begini SDM anda di trainning untuk berbicara dengan customer ? Apakah dengan cara anda memperlakukan kami dengan cara kasar akan mendapatkan win win solution?? Yang ada hanya menimbulkan citra buruk ingat buzz marketing sekali membuat pelanggan kecewa maka akan disebarkan ke org lain.

  • 4 April 2024 - (16:13 WIB)
    Permalink

    First media juga tidak jelas soal penanganan kenyamanan konsumen, masa saya lapor pemutusan tapi tagihan masih berjalan, sementara alat nya sudah di ambil, pas komplai mereka malah bilang oknum yang mengatas namakan first media, mereka juga tidak kasih solusinapapun atas masalah saya

 Apa Komentar Anda mengenai Penagihan First Media?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Cara Penagihan First Media

oleh tina dibaca dalam: 2 menit
8