Berita Konsumen

Penyebab iPhone “Lemot” Ternyata Disengaja oleh Apple

Apakah Anda seorang pengguna setia iPhone? Pernahkah Anda merasa bahwa iPhone Anda semakin lama semakin “lemot” alias menurun kinerjanya? Jika jawabannya “Ya”, informasi ini mungkin mengejutkan Anda. Ternyata hal tersebut memang disengaja oleh Apple selaku produsen iPhone. Selama ini memang ada kecurigaan dari berbagai kalangan, yang menduga bahwa ini adalah sebuah konspirasi yang dilakukan oleh Apple agar penggunanya beralih dari produk-produk lamanya ke produk terkini mereka. Namun demikian, meskipun Apple akhirnya mengakui telah dengan sengaja menurunkan kinerja iPhone model lama, mereka berdalih punya tujuan positif bagi pengguna, yaitu mencegah iPhone lama tiba-tiba mati mendadak.

Pengakuan Apple ini akhirnya diungkapkan setelah sebuah laporan dari Geekbench dan pengguna Reddit yang mengungkapkan bahwa kinerja iPhone lama mereka meningkat setelah penggantian baterai. Seorang pengguna Twitter juga ternyata menemukan hal yang sama. Lihat reply dan diskusi dari Tweet di bawah ini:

Menurut pengakuan Apple, pembatasan kinerja CPU ini telah mereka lakukan semenjak tahun lalu. Namun Apple tidak menjelaskan alasan kenapa mereka baru mengumumkannya sekarang. Berikut ini pengakuan Apple seperti dikutip oleh The Verge:

Tujuan kami adalah memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, yang mencakup keseluruhan kinerja dan memperpanjang umur perangkat mereka. Baterai lithium-ion menjadi kurang mampu memasok permintaan arus puncak saat berada dalam kondisi dingin, memiliki daya baterai rendah atau seiring bertambahnya usia, yang dapat mengakibatkan perangkat secara tiba-tiba mati sendiri untuk melindungi komponen elektroniknya.

Tahun lalu kami merilis sebuah fitur untuk iPhone 6, iPhone 6s dan iPhone SE untuk membatasi lonjakan kinerja puncak seketika hanya bila diperlukan, untuk mencegah agar perangkat tidak dimatikan secara tidak sengaja selama kondisi ini. Kami sekarang telah memperluas fitur itu ke iPhone 7 dengan iOS 11.2, dan berencana menambahkan dukungan untuk produk lain di masa depan.

Apple menjelaskan bahwa alasan menurunkan kinerja iPhone lama bukanlah untuk mendorong orang untuk melakukan upgrade ke perangkat yang lebih baru. Sebaliknya, mereka mengatakan bahwa alasannya adalah untuk menghindari agar perangkat tidak mati (shutdown) secara tiba-tiba untuk mencegah kerusakan pada komponen di dalamnya. Hal yang sama juga berlaku untuk perangkat yang berjalan dalam cuaca yang sangat dingin atau panas, sebagaimana dibuktikan oleh kehebohan baru-baru ini ketika iPhone X mati secara acak dalam suhu beku.

Semuanya masuk akal. Seiring turunnya baterai, kemampuan smartphone untuk mencapai kinerja yang sama dengan penggunaan baterai yang kurang efisien juga menurun, dan Apple telah merilis update untuk mengatasi masalah itu sebaik mungkin dan menghindari malfungsi perangkat yang memalukan atau bahkan kerusakan komponen yang berpotensi berbahaya.

Beberapa orang menanggapi pengakuan Apple tersebut. Salah satunya adalah blogger dan pengembang iPhone, Amrco Arment. Dia menuturkan, selama bertahun-tahun telah berusaha meyakinkan orang bahwa Apple tidak diam-diam memperlambat iPhone lama agar pengguna membeli versi yang baru.

“Jika itu dilakukan, itu harusnya menjadi pengaturan (setting). Jika diaktifkan secara default, pengguna harus diberitahu saat pertama kali terjadi,” katanya.

Arment meyakini, pengakuan konspirasi Apple itu bakal berdampak panjang bagi perusahaan teknologi dunia itu. “Terlepas dari alasan melakukan itu, kerugian reputasi dari diam-diam memperlambat iPhone lama, kemungkinan akan bertahan selama satu dekade,” jelasnya.

Namun, apapun motif perusahaan untuk “mencekik” kinerja iPhone, seharusnya sudah sejak awal Apple menjelaskannya kepada publik. Kini, penjelasan Apple tersebut justru menuai kritik, ketidakpercayaan, dan kemarahan dari para pelanggannya. Dan tidak ada yang bisa disalahkan, kecuali Apple sendiri.

Bagaimana dengan Anda, pengguna iPhone di Indonesia? Apakah Anda mengalami hal yang sama? 🙂

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Haha.. Parah nih Apple, ketauan banget motifnya biar produk barunya laku, diem2 produk lamanya sengaja dibikin lemot.. ? Udah gitu ganti batrenya jg mahal bingits.. ?

Penulis
Indra S.I.