Surat Pembaca

Order Barang di Lazada yang Tak Kunjung Datang

Saya sebenarnya adalah pelanggan dari Lazada, karena bukan pertama kali ini membeli barang di online shop tersebut, mulai dari ponsel sepatu dan lain lain.

Ceritanya tanggal 13 Desember 2017 kemarin saya order smartphone Infinix note 4 Black di Lazada dan pada tanggal 14 Desember pesanan tersebut telah diverifikasi oleh pihak Lazada karena sudah saya bayar lunas. Pada tanggal 16 Desember ada kurir dari Lazada Express yang datang ke rumah saya mengantarkan paket, ternyata yang diantarkan cuma bonus dari pembelian saya tanpa smartphone yang saya inginkan. Saya maklum mungkin memang tidak dibarengkan dengan bonusnya.

Lalu saya tanya di livechat yang disediakan Lazada, di sana saya diberitahu agar menunggu sampai batas estimasi waktu yang ditentukan di mana pada photo yang saya unggah adalah tanggal 21 Desember 2017. Oke saya di sini mulai bersabar dan menyampaikan pada ayah saya kalau smartphone itu sudah dikirim tapi belum sampai. Saya tidak mau berpikiran buruk dan saya tetap setia menunggu.

Sampai kemarin tanggal 23 Desember saya berkali-kali menanyakan pada pihak Lazada bagaimana status pesanan saya, tapi jawaban selalu sama termasuk dikirim e-mail bahwa estimasi pengiriman berubah menjadi ranggal 24 Desember 2017, yaitu hari ini. Di sini saya menjadi ragu kepada Lazada kenapa setiap saya tanya jawabannya berbelit-belit dan suruh menunggu sampai batas waktu estimasi pengiriman dan penyampaikan untuk sistem tracking belum tersedia di sistem Lazada.

Di livechat yang terakhir pihak Lazada akan mengembalikan dana jika barang belum dikirim. Lucunya di Q&A barang tersebut ada yang bertanya apakah barang masih ada dan dijawab bahwa masih ada dan siap dipesan. Mulai gondok lah saya baca komen itu, kalau barang masih ada kenapa ngirimnya lama banget (apa-apaan ini?). Dan bagaimana ceritanya saya hanya dikasih pilihan refund jika barang tersebut masih dijual? Kalau stok habis mungkin rada pantas pilihannya hanya refund, tapi barang itu masih dijual loh gan, meskipun sedikit lebih mahal dibanding waktu saya order kemarin.

Sampai sore saya buat tulisan ini tidak ada tindak lanjut sama sekali dari pihak Lazada. Dan jika pilihan hanya refund jelas saya merasa dirugikan dalam hal waktu dan kepercayaan online shop ayah saya. Karena itu adalah titipan dari ayah saya.

Sementara ini dulu yang ingin saya sampaikan sebagai konsumen yang merasa dirugikan, karena pihak Lazada sendiri tidak tahu bagaimana dan di mana barang orderan saya tersebut. Jika teman-teman di sini ada solusi ada baiknya berbagi ke saya.

Terima kasih atas perhatiannya.

Yunus Novianto
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hehe.. Jawaban standar Lazada, kalo pengiriman lama pasti langsung ditawarin refund.. Daripada harap-harap cemas, next time belanja di Lazada mending pake COD aja.. ?

  • tetep saya inginnya hp datang gan, soale pesenan babe ?, kalo refund jadi rugi waktu nunggu ama pasti ribet, kenapa ya lazada sekarang jadi gini

    • Nah itu dia, mereka suka gampangin masalah, padahal refund itu ribet n lama prosesnya.. ? Penyakit kronis pelaku usaha di Indonesia, pas pelanggan masih sepi pelayanannya bagus, giliran udah rame pelayanannya ancur.. ?

  • akhirnya tadi ditelpon pihak lazada gan, bilang kalo mau dicek di pengiriman, kemarin2 ngapain udah komplain berkali2 kok ga ada tindak lanjut baru ini tadi ada feedback, semoga aja barangnya aman.

    • Kemarin kan saya beli barang dengan metode pembayaran lazada credit, apakah nanti kalau barangnya datang saya akan di mintai uang dari kurir?

  • Order #3785351112 Dipesan pada 19/11/2017 pada toko audew via lazada
    Fashion Pria 'S Pinggang Band Kulit Sabuk Pinggang Tali Sabuk Hitam
    - sampai Tgl.26/12/2017 belum diterima,bagaimana tanggung jawab Lazada.
    -dijanjikan barang akan diterima
    1.4 Desember 2017
    -2.10 Desember 2017
    -3.12 Desember 2017
    -4.20 Desember 2017
    -5.30 Desember 2017
    sekarang dijanjikan yang Ke, 6(enam).Tgl.4 Januari 2018.
    saya minta uang saya dikembalikan saja karena sudah lewat 21 Hari.
    Lazada terlalu banyak janji dan tidak tetap janjinya.
    ini termasuk ingkar janji Penipuan/pembohongan ke Publik/Pembeli.

  • Saya pernah mengalami hal yang sama, setelah saya komplain dan menunggu ,tidak ada tanggapan.
    Baru setelah saya berbagi di mediakonsumen.com, barulah di respon dan diselesaikan dengan baik.

  • kemarin sudaj di telpon katanya hari ini mau dikirim, semoga aja benar, ini barang lokal terlama pengirimannya, saya beli dari luar negeri saja 2 minggu sampai

    • Pesanan 627791143052499 kok belum sampai juga ya padahal udah kelewat batas waktunya tolong dong pengirimannya tepat waktu udah bayar kok belum sampai sampai
      Terimakasih.

  • akhirnya barang tiba dengan selamat, untung mas e yang nganter sopan dan ngejelasin penyebab e karena overload pesenan saat harbolnas, jadi rada lega, ntar sampe rumah baru mo cek kondisi barang,

Penulis
Peka Scooter