Pihak Kartu Kredit Mandiri Mengancam Melakukan Pemblokiran Rekening Pribadi

Selamat pagi para pembaca setia Media Konsumen,

Perkenalkan nama saya Donny. Saya mempunyai tagihan kartu kredit Bank Mandiri, karena sedang kesusahan finansial, saya kesulitan melakukan pembayaran. Saya dihubungi oleh pihak Bank Mandiri yang bernama Bapak Rocky Darmawan. Beliau memaksa saya membayar tagihan dengan nominal yang dipaksakan oleh beliau. Saya menjelaskan keadaan saya dengan meminta pembayaran reschedule, akan tetapi tidak dihiraukan oleh beliau. Beliau memaki, membentak dan mengancam memblokir rekening saya.

Sesuai aturan BI pasal 12 ayat (1) Peraturan Bank Indonesia Nomor: 2/19/PBI/2000 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pemberian Perintah atau Izin Tertulis Membuka Rahasia Bank (“PBI 2/ 19 /PBI/2000”), bank tidak diperbolehkan melakukan hal itu tanpa adanya persetujuan dari pihak yang bersangkutan. Padahal saya sudah kooperatif menjawab dan menjelaskan setiap ada telepon masuk.

Beginikah SOP Bank Mandiri yang notabene adalah bank negara (BUMN)? Mohon penjelasannya dari Bank Mandiri.

Terimakasih

Donny Arya Ganda Putra
Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pak donny.Cara debt collector bank mandiri mengancam seperti itu sudah biasa bahkan beneran nanti Rekening akan d blocker.ancaman lewat tlp d rekam dan sms atau wa d simpan lalu adukan ke OJK kirim email k konsumen@ojk.go.id bila perlu datang aja ke kantor OJK bawa semua buktinya.ada mantan Debt collector Bank mandiri cerita memang benar debt collector di beri wewenang memblokir rekening nasabah .Namanya juga bank milik pemerintah.Mereka gak takut melanggar.Peraturan dibuat untuk dilanggar itu tipe orang indonesia,hehehe.ada peraturan OJK juga ttg Restruturisasi atau minta keringanan akan tetapi jgn terlalu banyak berharap dari bank mandiri ya makanya Ingat...Cepat lunasi hutangnya setelah itu Jgn percaya lagi ke Bank Mandiri mau nabung atau deposito,dsb.Soalnya sepupu saya kerja d bank mandiri punya.hutang juga diperlakukan sama seperti hal itu.Kalau sdh lunas jgn lupa minta bukti pelunasan asli krn sabahat saya pernah ditagih lagi tahun 2016 padahal hutang sdh lunas tahun 2010,itulah bank mandiri.KlSystemnya aja suka error wajar kl debt collector error juga.

    • Terimakasih sarannya pak pie zhen.
      Betul pak bahkan pihak bank mandiri atas nama Rocky Darmawan menantang saya untuk melaporkan hal ini kepada BI, OJK dan YLKI.
      Dengan Arogan beliau menantang saya untuk melaporkan hal ini.
      Padahal saya sudah kooperatif dengan membuka semua komunikasi perihal hal ini, akan tetapi beliau memberikan solusi yg mustahil untuk saya bayarkan dan Bpk Rocky Darmawan selaku pihak dari bank MANDIRI langsung mengancam akan memblokir rekening pribadi saya dan dengan ANGKUH DAN AROGAN beliau bilang saya akan segera menemui beliau dan mengemis kepada beliau.
      Beginikah SOP BANK MANDIRI?

  • Pak Donny Sama Persis, tgl 16 januari saya tiba2 dapat SMS penahanan saldo mandiri. Saya sebelumnya minta restrukturisasi dan reschedule juga tidak dikasih malah mengancam harus dilunasi saat itu juga. Apa perlu diadukan bareng2? Teman sy lebih parah telat 2 bulan langsung blokir dan bunganya mencekik. Ibu dira juga mempersulit saya mengadu ke OJK dan YLKI.

  • Pak Donny dan Pak idayu bisa lapor ke OJK dan YLKI juga terakhir ke Bank Indonesia

  • Maaf pak Donny, saya jg pernah sempat menunggak berapa bulan tagihan KK mandiri karena sedang kesulitan masalah keuangan. Sempet juga didatengin kerumah oleh kolektornya. Akhirnya saya langsung mendatangi bank mandiri buat minta reschedule, Alhamdulillah dikasih. Saya dikasih cicilan tetap selama 1 tahun, perbulan ini selesai& langsung mendapat surat pelunasannya. Maaf bukannya sok tau atau apalah, coba pak Donny datangi langsung ke banknya& ngomong baik2 minta di reschedule ulang. Kl sebelumnya kan pak Donny cuma minta reschedule via telpon, coba kali ini datangin langsung ke banknya