Surat Dari Redaksi

MediaKonsumen adalah “Warung Kopi” untuk Kita Semua

Pembaca yang terhormat,

Waktu begitu cepat berlalu, hari demi hari bergulir tak terasa dalam lingkaran aktifitas dan kesibukan kita. Tak terasa, hari ini, 23 Januari, 12 tahun sudah kami hadir menemani konsumen Indonesia menjadi wadah untuk saling berbagi cerita dan pengalaman. Ada banyak ragam cerita yang dibagikan di situs ini, ada cerita pengalaman yang menyenangkan, ada juga yang kurang menyenangkan. Ya, begitulah, seperti juga cerita perjalanan hidup kita selalu berjalan dalam dua sisi itu. Karena kita tak bisa memilih untuk berjalan hanya dalam salah satu sisi saja.

MediaKonsumen hadir sebagai tempat bagi konsumen untuk berkumpul dan berbagi cerita bersama. Ibaratnya menjadi sebuah “warung kopi” bagi kita sebagai konsumen Indonesia. Kita berkumpul untuk saling mengenal, saling berbagi pengalaman, sehingga cerita-cerita itu bisa jadi inspirasi bagi kita semua, dan mungkin saja kita bisa menemukan sebuah solusi dari sebuah masalah yang kita hadapi melalui diskusi dengan sahabat-sahabat baru kita di “warung kopi digital” ini. Di dunia maya, bahkan pasar pun sudah didigitalisasi dengan sebutan “market place“, tempat di mana para pedagang dan pembeli bertemu dalam “toko atau lapak digital”, maka MediaKonsumen bolehlah kita sebut sebagai “meeting place” tempat konsumen untuk “ngerumpi” secara daring (online).

Konsumen yang berbelanja baik di toko atau lapak digital maupun di toko “tembok dan bata” alias tempat jualan konvensional, tentu punya kesan dan cerita yang berbeda dari setiap pengalaman belanjanya. Menyenangkan atau tidak, bukankah cerita itu akan berguna bagi konsumen lainnya (juga bagi pelaku usaha) jika dibagikan? Cerita indah bisa jadi inspirasi, sebaliknya cerita yang kurang menyenangkan bisa jadi pelajaran untuk kemudian menjadi koreksi sehingga menjadikannya lebih baik di kesempatan berikutnya.

Di warung kopi ini, yang hadir bukan hanya konsumen, tetapi juga para penjual, pelaku usaha yang menyediakan produk atau jasa bagi para konsumen. Beberapa dari mereka akan menyapa ramah kita, mendengarkan cerita-cerita pengalaman konsumen dengan penuh empati dan berusaha memberikan solusi jika ada masalah yang sedang dihadapi konsumen. Beberapa lainnya, mungkin masih sungkan menyapa kita, mereka hanya diam-diam mendengarkan saja ramainya cerita di warung kopi ini. Mungkin mereka belum menyapa kita, tapi percayalah ramainya cerita di warung kopi ini akan mereka jadikan bahan untuk terus meningkatkan kualitas produk barang, jasa dan layanan mereka.

Lalu apakah warung kopi ini hanya untuk mengeluh dan mengadu? Ya, kami harus akui kesan itu tak terhindarkan. Banyak konsumen yang hadir ke warung kopi ini karena mereka merasa sudah buntu saat “ngobrol secara pribadi” dengan pelaku usaha, dan voilà tiba-tiba setelah bercerita di warung kopi ini pelaku usaha yang biasanya tak acuh tiba-tiba menjadi sangat peduli. Kami memang menerima banyak apresiasi dari konsumen yang merasa senang karena setelah bercerita di sini mereka jadi mendapatkan solusi dari masalah yang mereka hadapi.

Kami tentu ikut  senang saat konsumen menemukan solusi setelah “ngobrol” di warung kopi ini. Tapi kami harus tegaskan, bahwa kami bukanlah tempat mengadu semata, pun kami tidak ingin berpura-pura menjadi tempat advokasi konsumen. Jika tempat seperti itu yang konsumen butuhkan, ada banyak lembaga lain yang berperan untuk itu, baik lembaga swasta, lembaga swadaya masyarakat sampai lembaga pemerintah. Warung kopi kita ini adalah tempat untuk ngobrol santai sambil menikmati secangkir kopi panas.

Karena itu kami mengundang Anda semua, konsumen dan juga pelaku usaha untuk tidak hanya berbagi pengalaman yang kurang menyenangkan saja, tapi yuk bagikan juga kebahagiaan atas pengalaman menyenangkan Anda saat menggunakan suatu produk barang atau jasa. Bisa dalam bentuk cerita pengalaman, review (ulasan), atau berbagi ilmu dalam bentuk wawasan yang akan menginspirasi pembaca lainnya.

Sebaliknya bagi para pelaku usaha, kami juga berharap, “obrolan-obrolan” konsumen dalam bentuk surat pengalaman yang kurang menyenangkan janganlah ditanggapi secara negatif. Karena saat mereka menceritakan itu, mereka tidak bermaksud menjelekkan atau menjatuhkan para pelaku usaha, mereka adalah mitra terpenting Anda, sebab tanpa mereka bagaimana Anda sebagai pelaku usaha bisa menjalankan usaha Anda dengan baik? Dan mereka yang bersuara tentang produk Anda, sesumbang apapun suara mereka, hargailah, mereka karena sudah mau berlelah-lelah menggunakan jari jemari mereka untuk mengetikkan masukan yang akan sangat berharga untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda. Sapaan ramah kepada konsumen Anda justru akan meningkatkan branding perusahaan Anda, dan menjadi sarana marketing yang efektif untuk meraih kepercayaan konsumen.

Tidak ada yang personal di sini, semua hanya tentang hubungan bisnis antara pengusaha dan konsumennya. Maka penting bagi pelaku usaha untuk ikut “ngobrol di warung kopi ini”. Sebab abai terhadap aspirasi konsumen hanya akan membuat konsumen beralih ke pesaing Anda. Bak di dunia sosial politik, tak mungkin bagi para penguasa untuk tidak membaca koran dan abai terhadap suara publik. Karena bagaimana mungkin mereka bisa bercermin atas kebijakan yang diambilnya jika tidak mau mendengarkan aspirasi publik yang disuarakan melalui koran atau media masa.

Akhirnya, jika diibaratkan masa sekolah, 12 tahun adalah saat kami baru saja menamatkan pendidikan SMA dan bersiap untuk kuliah, belajar di jenjang pendidikan lebih tinggi, yang tentunya masih banyak kekurangan yang harus kami benahi. Di warung kopi ini mungkin masih banyak kursi-kursi yang kurang nyaman, atau lampu-lampu penerangan yang masih temaram, kami tentu belum sempurna dan tidak akan pernah sempurna. Karena itulah kami akan terus berbenah diri untuk semakin lebih baik lagi. Bantu kami untuk menjadikan warung kopi milik kita bersama ini menjadi tempat yang lebih menyenangkan. Karena di sini, kita akan terus berbagi bersama, untuk semakin memberdayakan konsumen dan pelaku usaha, dan menjadikan Indonesia kita menjadi lebih baik lagi. Tabik.

Salam hangat,
Redaksi

Bagikan

Komentar

  • Happy 12thn Mediakonsumen.com, terimakasih karena telah mendapingi kami masyarakat Indonesia. Semakin sukses untuk seluruh tim yang ada, khususnya Tim Redaksi yang telah menjembatani kita semua baik itu konsumen maupun para pelaku usaha untuk kebaikan bersama.

    Terimakasih.

      • awas hci sya udah lunas .wktu bln kmrin dept colecterny ngmng low tiap blnnya sy byr tpt saya akn d ksh 1 bln grts g byr low.msh. d tgh sy pny bukti ny..sy laporin

          • assalammu allaikum wr.wb. saya pun sama hari ini saya harus meunasi hutang luar biasa besar dari app Dompet besar,sedangkan saya belum pernah mengajuan atau menerima uangnya....tiba2 harus bayar sebesar 2.400.000

        • Kredinesia: Pjmn Anda telah lewat 19hari, segera masuk ke aplikasi Kredinesia untuk pembayaran. Jika tidak, akan dilakukan penagihan ke rumah.luar biasa dlm kondisi situasi bgni kredenesia msh menekan saja dtng saja ke rmh sy tunggu

          • Maaf sebelumnya pertanyaan saya sama seperti yang kemarin tentang uang yang di bekukan karena mendapat bantuan umkm..
            Itu sampai kapan batas pencairannya dan kenapa harus di bekukan
            Terimakasih mohon jawabannya

        • Bos saya sudah mengirim pulsa lewat link aja tetapi no SN nya tidak ada bos

      • Perbankkan indonesia main curang atau memberikan data nasabah kepada pihak ke 3.....dan pihak 3 yg melakukan penarikkan uang atas nama nasabah.OJK hanya disimbol tempat pertemuan koleganya.BELUM ADA HUKUM YG ADIL DIINDONESIA.

      • Tgl 10 Mei saya beli paket data tapi paket data yang sudah dibayar tidak diberikan dan uang saya tidak dikembalikan.

        Sudah email berkali dijawan hanya dengan diminta menunggu.

        Tgl 11 Juni dijanjikan maksimal 4 hari penyelsaian tapi sampai saat ini tidak juga dikembalikan uang saya ataupun diberikan paket yangbsudah saya bayar.

        Tidak ada yang mau mempertanggungjawabkan.

        Para superior di TELKOMSEL tidak mampu menunjukan kapabilitas dan niat baik untuk menyelesaikan masalah karena kesalahan Telkomsel.

    • saya bernasib sama dengan mas di atas kawan saya kirim.dri pontianak tgg 11 mei 2020 da smape skrg blm sampai ke rmh saya dan sudah di tanya ke pihak stempat JNE kata sudah di kirin kermh saya katanya rumah saya ga da orang padahal rumah saya setiap hari 24 jam ada orang terus sampai saat ini tolong pihak JNE ceknpakatan saya saat ini blm sampai tks

    • Sama nih cuma luar sekolah doang yg bermasalah tmn saya yg lain sudah pada beres saya dari 15 mei sampai skrg status nya masih aktif mulu

  • Happy Anniversary Media Konsumen yang ke 12,,, Semoga media konsumen.com kedepannya semakin sukses,jaya dan menjadi jembatan yang positif bagi kita para konsumen dan produsen(pelaku usaha)

  • Julukan nama yang simple " warung kopi " but bisa membuat pengartian yang sangat luas

    Happy 12th mediakonsumen

    • Kepada yang terhormat team Kredit Pintar,

      Mohon bantuannya verifikasi pembayaran tagihan saya yang salah nomer virtual account-nya 1 digit di belakang. Saya sudah melakukan pembayaran tanggal 20 maret 2020 sementara jatuh tempo tanggal 1 april 2020. Saya sudah melakukan komplain via email beberapa kali, namun sampai hari ini (30 maret 2020) masalah belum terselesaikan. Di aplikasi saya masih muncul tagihan dan sudah sudah akan sampai jatuh tempo, yang jadi kendala nanti jika masalah saya belum di tangani sampai jatuh temponya maka akan ada denda keterlambatan pembayaran.

      Saya sangat memohon kebijakannya dari pihak Kredit Pintar untuk segera menyelesaikan permasalahan ini. Karena saya melihat komplain masalah yang sama di Media Konsumen ini banyak yang sudah terselesaikan.

      Terimakasih atas perhatian dan kebijakannya. Semoga Kredit Pintar selalu meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya demi kemajuan perusahaan.
      Terima kasih,

      Salam dari morowali, sulawesi tengah

  • happy 12th mediakonsumen

    beranjak remaja mediakonsumen membuat konsep "warung kopi" simple namun berisi,
    tetap jaya dan bisa menjadi gurita bisnis digital di era jaman now.

    • kita sebagai warga yg seharusnya bisa mengadu akan keresahan pinjol maupun kredit lainya kpd dinas Ojk namun semua itu taka ada respon ,Hci ,kredit lainya sama saja tdk mau pahami keadaan kita saat ini #covid19? harus kmana kita menggadu ?? Buat makan saja ssh susah

  • HBD mediakonsumen yang ke 12, sukses terus, maju terus, semangat untuk selalu setia kepada konsumen , jaya terus untuk media konsumen :)

    • Para Buyer Lazada saran dan pengalaman saya perlu di perhatikan : 1. Seller yg jelas, 2. Perhatikan komentar barang, 3. Respon chating, 4. Ongkir Rp 0 perlu di curigai, 5. Harga barang 50% lb murah, 6. Jangan berikan akun norek dan password selain Lazada. 7. Uang refund akan masuk ke voucher refund. 8. Beli barang COD. Sekian dr saya pelanggan setia Lazada, semoga bermanfaat, Tkhs.

  • Selamat Ulang Tahun Media Konsumen...
    Cantik di usianya yg ke 12,,siap melanglang buana melewati batas cakrawala dan meraih semua impian dan harapan..
    Tulisan "Media Konsumen adalah Warung Kopi untuk Kita Semua" adalah inti sari dari Media Konsumen dengan tiupan jiwa dan hati dari Redaksi..
    Semoga Media Konsumen semakin berkembang sukses berbarokah yang selalu ada dan membantu Konsumen dimanapun berada aamiin?
    Tetaplah Jaya dan Berkarya Media Konsumen!!!!
    ??????????

  • Selamat 12th anniversary MediaKonsumen.
    Terus berkembang dan sukses ya, dan semoga nextnya bisa bikin komunitas

1 2 3 6