Refund JD.ID Berbelit, Tidak Tepat Waktu, dan Tidak Profesional

Saya melakukan pembatalan atas produk pre-sale untuk pesanan 225282369 sebesar Rp584.000, dan meminta dana refund, dengan kronologis sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 13 Februari 2018, jd.id telah mengirimkan via email bahwa sudah diajukan proses refund, dengan proses pengiriman dana 3 – 5 hari kerja sejak pengajuan. Namun sampai saat ini tanggal 27 Februari 2018, saya belum menerima informasi bahwa dana refund tersebut telah sampai ke rekening saya;
  2. Pada tanggal 23 Februari 2018, saya melakukan live chat menanyakan proses pengajuan refund tersebut dan diberitahukan bahwa proses refund sudah diajukan tertanggal 14 Februari 2018, mengingat diberitahukan proses refund 3 – 5 hari kerja, yang berarti pada saat saya melakukan live chat sudah melebihi batas waktu yang ditentukan. dan saya diminta untuk mengirimkan mutasi rekening.
  3. Pada tanggal 24 Februari 2018 saya menelepon jd.id, dengan keluhan yang sama dan saya diminta untuk mengirimkan mutasi rekening, namun saya berkeberatan mengirimkan mutasi rekening karena permintaan mutasi rekening tersebut tidak ada dalam standard operational procedures yang disampaikan di email maupun laman jd.id. CS menjawab bahwa hal tersebut sebagai bukti kepada finance bahwa saya belum menerima dana refund, sehingga bisa dilakukan pengecekan. Pertanyaan saya apakah rekaman percakapan telepon pada saat berbicara dengan CS jd.id tidak bisa dijadikan bukti? (katanya percakapan direkam).

Sekali lagi saya sampaikan hal tersebut tidak ada dalam prosedur yang di email maupun laman jd.id. Hal ini menjadi pertanyaan saya apakah pihak finance jd.id tidak bisa mengecek kepada bank yang bersangkutan status dana refund yang harus disampaikan kepada saya, karena saya sebagai konsumen harus diberikan kepastian hukum mengenai status dana refund saya.

Apakah setiap proses dana refund di jd.id harus kami keluhkan dahulu di media sosial sehingga diperhatikan oleh pihak jd.id?

Mohon pihak jd.id menindaklanjuti keluhan saya dan semoga saya dikabarkan bahwa dana refund saya sudah sampai ke rekening saya dengan bukti dari pihak jd.id. Terima kasih.

Jakarta, 27 Februari 2018

Siti Labiba
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Siti Labiba

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Siti Labiba pada 27 Februari 2018 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Nomor Pesanan:225844421 punya saya juga tidak jelas refund kapan, tidak ada kejelasan dari pihak jd.id.
    kalau tidak dihubungi tidak menghubungi.
    tapi dihubungi sehari 3x lebih tapi tidak ada penyelesaian sampai sekarang.
    kecewa sekali dengan pelayanan jd.id