Kapok Belanja Melalui Akulaku, Kiriman Barang Tidak Jelas

Sebelumnya terima kasih atas mediakonsumen yang sudah menayangkan surat komplain saya ini. Perkenalkan saya Asep Saripudin, ingin mengeluhkan tentang pembelian barang di AkuLaku.

Singkat cerita saya memesan 2 buah unit HP Xiaomi Note 5A dengan total DP Rp1.180.000,-. Transaksi saya lakukan pada tanggal 12 Februari 2018 melalui jasa kredit AkuLaku. Vendor/toko yang saya pilih untuk mengambil kredit HP Xiaomi Note 5A bernama Gadget City. Pada tanggal 13/2 Status transaksi saya sudah berhasil dan tertera no Resi 0014312561988 melalui jasa kurir Arkexpress (yang baru pertama kali saya dengar jasa kurir ini) di aplikasi AkuLaku saya.

Saya coba tracking no resi tersebut dengan kira-kira status pesanan saya sebagai berikut:

12 Februari 2018: Status pesanan di terima oleh ArkEpress
13 Februari 2018: Status pesanan berangkat dari station Jakarta Selatan
13 Februari 2018: Status pesanan tiba di station Tanggerang 01 (membuat saya heran, pesanan dari Jaksel – Bandung tapi transit ke Tangerang ?? Mungkin prosedur gudang/alokasi barang).

Setelah beberapa hari tracking resi hanya s/d tanggal 13/2 tsb, hingga muncul tracking pada tanggal, 16 Februari 2018: Status pesanan berangkat dari station Tanggerang 01 (Pikir saya mungkin estimasi 2-3 hari kerja pesanan saya akan tiba).

Hari berlalu, minggu berlalu.

Hingga sampai saat ini (12 Maret 2018) pesanan saya belum kunjung tiba. Tracking resi hanya stuck di pengiriman tanggal 16 Februari.

Setiap hari saya komplain baik ke pihak Akulaku, ArkExpress ataupun vendor Gadget City belum ada respon sama sekali yang masuk akal. Terkadang balasan email dibalas 2-3 hari, itupun hanya dijawab oleh pesan otomatis yang notabene intinya hanya memberi tahu pesanan saya sedang dalam proses, proses, dan proses. Semua link complaint center (email, telepon, dan facebook) saya coba keluhkan. Namun hingga saat ini masih belum mendapat respon kejelasan bagaimana status transaksi saya. Malah per tanggal 1 Maret 2018, status pesanan saya sudah diterima (Di aplikasi AkuLaku HP saya) padahal saya belum menerima atau bahkan dihubungi kurir ArkExpress sama sekali.

Saya awam dalam hal perbelanjaan online seperti ini, bingung mau komplain ke mana perihal masalah pengiriman seperti ini? Apalagi DP yang cukup besar bagi saya, sepertinya tak dihiraukan oleh pihak-pihak yang terkait. Cukup mengecewakan dan membuat saya kapok menggunakan jasa AkuLaku. Apalagi dengan jasa kurir ArkExpress yang sangat tidak rasional.

Melalui mediakonsumen.com saya harapkan pihak-pihak terkait dapat menyelesaikan masalah transaksi pesanan saya. Baik uang DP saya kembali atau barang pesanan saya sampai.

Terima kasih.

Asep Saripudin
085659194***
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:116    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

36 komentar untuk “Kapok Belanja Melalui Akulaku, Kiriman Barang Tidak Jelas

  • 13 Maret 2018 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal ya sama mas Asep. Belanja di akulaku, Gadged City. Sama sekali tida, ditanggapi keluhan saya, saya sudah membayar uang muka, tapi barang atau konfirmasipun tidak saya terima. Saya memang baru memesan tgl 10.03.2018 sampai sekarang belom jelas barang saya. di hubungi pihak Akulaki atau Gadged City pun mrk lepas tanggung jawab. Saya bener bener kecewa. Kalo memang byk yg merasa dirugikan saya ingin tidaklanjuti ini dengan serius.

    • 27 November 2020 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Saya pun sama bang, order sepatu dari tgl 11 november 2020 terus stuck di tgl 13 november 2020.
      Resi pun gk bisa dilacak, selalu no resi tidak ditemukan/ tidak diketahui.
      Seharusnya di aplikasi Akulaku ada kolom komentar/testimoni bagi customer seperti aplikasi belanja online yang lain supaya customer tau apakah pedagang-pedagang yang ada di Akulaku penipu atau bukan.

  • 22 Agustus 2018 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Aduhhh sy dah trlanjur belnja di akulaku, lupa ga mncari tau apakah blnja mllui akulaku brmslh atau tidk. Blnj hari sabtu hingga kini status lokasi masih null. Kini mulai khwatir.

  • 29 Maret 2019 - (00:11 WIB)
    Permalink

    Sekarang kyanya sedang terjadi sm saya kang Asep.. udh seminggu barang blm datang.. padahal status sedang dikirimkan melalui pengiriman ekspedisi pribadi karna sy pikir mungkin masih dlm satu area (Jakarta) tp kok seminggu blm sampai..udh chat toko nya ga dibls.. udah WA nomor si kurir nya cuma dibaca aja kya koran ..sy udh sangat hati² berbelanja online.. sepertinya bakal kena zonk juga 🙁

  • 21 April 2019 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami, kurir pengiriman ga jelas, resi ga ada, pengiriman ga nyampe2.
    Akulaku serba ga jelasss..

  • 12 Juli 2019 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Pertama x pake AKULAKU, dan coba ajukan limit buat kredit HP . Nyoba dan bisa, lalu saya pilih HP Oppo A7 di toko OPPO Official Store .
    Dengan DP 89.000 dan cicilan 376.000×9 bulan, langsung TF DP saat itu juga 10/07/19 setelah berhasil TF dapet notif bahwa pesanan sedang menunggu konfirmasi merchant, trus barang di kemas, barang di pick up, sampai barang sampai ke J&T Express dan dapet no resi . Percaya gak percaya, iseng liat coment2’an ini hampir saja terpengaruh, dan berfikir pesanan saya pun bakal sama kaya yg kalian ceritain .
    Tapi saya selalu berharap saya adalah orang yg beruntung dan Allah kabulin . Di tgl 12/07/19 di jam 14.53 pihak J&T tlp bahwa sudah sampai di daerah rumah untuk nganter paket, Alhamdulillah paket kiriman HP yg saya kredit di AKULAKU sampai cuma 2hr ?

    • 17 Maret 2020 - (07:14 WIB)
      Permalink

      Kalo saya pertama pake akulaku jasa pengiriman nya pake acommerce, saat itu baru pertama kali tau jasa pengiriman acommerce dan sempet khawatir karna udah beberapa hari barang belum nyampe, coba di tracking posisinya in transit terus selama beberapa hari. Coba hubungi CS cuma suruh nunggu aja.
      Setelah satu minggu lebih saya di hubungi oleh kurir JNE dan telah berada di dekat rumah saya. Ternyata ekspedisi di alihkan dari acommerce ke JNE. Dan itu sedikit mengecewakan karna di alihkan dan lama, tapi syukur barang sampai dan utuh..

    • 7 November 2020 - (11:44 WIB)
      Permalink

      Saya belanja juga di toko oppo official store mudah2an nasib saya sama seperti mbak bisa cepat dateng paketnya karena pengiriman katanya dari tangerang dan saya berada di daerah serang tentu saja dekat bukan,dan pengiriman via ekspedisi jnt juga saya baru pertama kali ini kredit hp pake akulaku karna dapet info dari temen katanya lancar2 ajah
      Semoga allah selalu memberi kemudahan untuk saya dan untuk pengguna akulaku aamiin🙏

  • 24 Januari 2020 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Saya ditawarin install akulaku 5 hari yang lalu, saya install, kirim semua dan terus dikasih limit 4,7jt. Nah saya pesan HP di lapak GADGETS LAKU yang berstatus 5 bintang dan BEST SELLER. Saya kirim DP dan beberapa saat kemudian status pesanan berubah menjadi “Awaiting Delivery” yang artinya barangnya sudah dipacking tinggal menunggu diambil oleh courier. Yang terjadi adalah empat hari sesudah itu ( saya menuli sini Jumat 24 Januari 2019, pukul 19.11WIB) barang belum juga terkirim. Saya ga bisa cancel, karena statusnya sudah menunggu pengiriman. Saya coba hubungi GADGETS LAKU mereka bilang besok beberapa kali dan akhirnya WA saya justru di blok oleh mereka. Saya hubungi akulaku melalui twitter, email, tak satupun dibalas. Saya telp 1500920 tidak nyambung sampai hari ini. Nah saya musti gimana? merelakan saja DP dan kemudian setahun ini nyicil tiap bulan untuk barang yang tak pernah mereka kirim? Atau saya perlu laporkan ini ke polisi. Kayanya profesi saya sebagai konsultan hukum dilecehin oleh kejadian remeh seperti ini. Hayo siapa yang merasa bisa kasih solusi silahkan hubungi saya WA ONLY http://wa.me/62812182838**

      • 12 September 2020 - (01:16 WIB)
        Permalink

        bagaimana pa, barang akhirnya datang gak? punya saya dari tgl 5 september sampai tanggal 12 september sekarang belum datang, cek resinya j&t data tidak ditemukan. sudah kirim pesan ke tokonya GADGETS LAKU tidak ada tanggapan.

          • 12 Oktober 2020 - (23:46 WIB)
            Permalink

            Alhmdulillah tgl 12 oktober 2020 no resi udah bisa di cek mba putri.
            Coba tunggu sampai 5-7 hari mba.
            Kalo mau tlpon cs akulaku emg hrus nunggu 14 hari kerja.
            Sabar tunggu aja sampai resi bisa di cek

        • 9 Oktober 2020 - (03:26 WIB)
          Permalink

          Saya baru pesen 8/10/20 barang di Akulaku nama merchentnya GADGETS LAKU
          Dan no resi udah muncul,tapi tidak seperti biasanya no resi j&t Ekspress setelah jam 00:00 wib tidak bisa di cek. Biasanya resi j&t Ekspress itu bisa do cek setelah di atas jam 00:00 wib.
          Dan anehnya baru kali ini dapet no resi j&t Ekspress kodenya JO******,biasnya JP*****,JB*** atau hanya angka.
          Mudah2an barang selamat sampai tujuan. Yang ga suka dari akulaku barang belum sampai dan belum klik sudah terima tapi udah masuk tagihan aja.

          • 12 Oktober 2020 - (09:43 WIB)
            Permalink

            Selamat siang pak,

            saya juga mengalami hal yang sama, pesen smartphone tgl 10/10/20 di status sudah di proses pengiriman , namun samapi hari ini saya tracing no resi tidk ada di J&T, No resi yang diberikan oleh GEDGETS LAKU depan nya JO00******, no resi saya coba tracking tidak bisa not record, makin banyak saya lihat komen masyarakat makin khawatir barang tdk sampai,
            coba tlp ke CS akulaku tanggapan hanya disuruh nunggu 14 hari kerja, sedangkan cicilan saya Jatuh tempo tgl 25/10/2020 , saya disarankan bayar cicilan, krn denda nya akan terus berjalan,
            kalau sampai barang lwt dari 14 hari belum diterima, saya hanya disuruh laporan lagi, konyol sekali disuruh bayar cicilan, tapi barang belum diterima.

          • 16 Oktober 2020 - (22:37 WIB)
            Permalink

            Alhamdulillah pak taufik..
            Aku juga sudh sampai di tanggal 13/10/2020, baru bisa cek resi di pagi hari nya.dn bener barang sudah sampai malam di tanggal 13/10/2020. Sya kurang sabar nunggu, padahal pihak GEDGETS laku nya udh kirim.
            Harga termasuk murah sebenernya disini dn ga pkai DP cm bayar ongkir aja. Makanya sya pilih GEDGETS LAKU

    • 9 September 2020 - (09:19 WIB)
      Permalink

      Kelanjutannya bagaimana pak, apa barang sudah diterima? Sy sedang mengalami jg saat ini, order di gadgets laku jg. Trims

      • 12 September 2020 - (01:13 WIB)
        Permalink

        bagaimana bu, barangnya sudah keterima belum? punya saya dari tgl 5 september sampai tanggal 12 september sekarang belum datang, cek resinya j&t data tidak ditemukan. sudah kirim pesan ke tokonya GADGETS LAKU tidak ada tanggapan.

    • 8 Oktober 2020 - (21:52 WIB)
      Permalink

      Bagaimana pak kelanjutan nya ?? Apa barang sudah sampai ??
      Saya ini juga beli hp di toko GADGETS LAKU, no resi sudah ada tpi pas di cek no resi tidak ditemukan
      Sampai saya telpo ke call center J&T katanya memang tidak ditemukan/penjual belum mengirim barang nya
      Sudah chat ke penjual tpi tidak respon

      • 16 Oktober 2020 - (18:42 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah…
        Akhirnya pesanan saya dari GEDGETS LAKU sampai di tanggal 13/10/2020
        Sesuai dengan pesanan, ternyata no resi yang diberikan bisa di tracking setelah beberapa hari dari tgl kirim.
        Dan sya ga perlu kawatir lagi dengan cicilan yang akan jatuh tempo bulan Oktober ini.
        Mohon maaf ya GEDGET LAKU jika tulisan saya yang sebelum nya membuat nama kalian jadi kurang baik. Terimakasih.

      • 31 Oktober 2020 - (16:16 WIB)
        Permalink

        Gimana kak pesanan sudah sampai ? Saya jga mengalami hal sama belanja di toko gedgets laku .

    • 16 Oktober 2020 - (11:41 WIB)
      Permalink

      maaf, saya bole mimta wa gadgets laku? saya chat di pesan juga tidak dibalas oleh gadgets laku dan resi tidak tersedia

  • 17 Maret 2020 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Kalo bisa milih ekspedisi lebih baik pilih J&T, menurut saya J&T lebih cepat dan kurir kurirnya ramah, paket bener bener di kirim ke rumah walaupun rumah saya masuk masuk gang. Beda dengan kurir lainnya seperti JNE, kurirnya malas. Mereka lebih memilih menelfon customer dan ketemuan di tempat strategis.
    Ini pengalaman pribadi, dua kali saya sudah pake akulaku. Pertama pake jasa pengiriman acommerce, pengiriman lama dan malah di alihkan ke JNE setelah satu minggu lebih. Kalo yg kedua kalinya pake J&T, paket 3 hari sampai.. Joss buat akulaku dan J&T..

  • 27 Maret 2020 - (18:18 WIB)
    Permalink

    utk nomor resi yg tidak bisa tracking bagaimana? sudah 4hari paket tak kinjung datang saya belanja di 36 shop

  • 16 Oktober 2020 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Untuk anda yang sudah memesan handphone di akulaku dan tidak bisa mengecek no resi,mohon bersabar,tunggu 5-6 hari lalu cek kembali resi yg anda terima,apa bila dalam waktu 14 hari resi masih tidak bisa di cek silahkan mengubungi toko di mana anda memesan hp tersebut,dan bila masih tidak ada jawaban silahkan hubungi cs akulakunya.
    Untuk pesanan saya di akulaku yang nama tokonya GADGETS LAKU alhmdulillah barang sudah di terima.
    Sempat panik karena resi tidak bisa di cek,kemungkinan stok sedang habis (chat toko untuk menanyakan ketersediaan sto barangk).tapi jangan takut pihak toko akan bener2 mengirim pesnan anda sesaui alamt anda.
    Untuk pesanan saya 5 hari sudah sampai ke daerah banten.jadi untuk kalian jangan takut paket tidak sampai,intinya sabar bosqu.
    Terimakasih GADGETS LAKU

  • 16 Oktober 2020 - (22:48 WIB)
    Permalink

    InsyaAllah pasti sampai.
    Mohon bersabar saja, karena dalam pengiriman juga banyak hambatan. Tapi pasti sampai barangnya. Jgn takut berbelanja di GEDGETS LAKU , mereka bertanggung sm barang yang kita pesen, sya 4 hari pengiriman ke Bekasi.
    Alhamdulillah smpai sblm jatuh tempo bayar cicilan tiba. Terimakasih GEDGET LAKU sudah amanah.

  • 31 Oktober 2020 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Selamat sore bapak/ibu , saya jga ada keluhan di pemesanan GEDGETS laku , apakah ada yg tertipu atau pemesanan tidak sampai belanja di seller tersebut ? Mohon bantuannya hehe , terimakasih

  • 4 November 2020 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Senasib , saya pun seperti itu , nomer resi tidak jelas , katanya pengiriman pakai jasa pribadi , tapi sampai saat ini sudah 7 hari tidak ada kejelasan !

    Ditanya nomor resi , jawabnya suruh nunggu ,
    Saya mau lacak paket say di kota mana , susah !

    Sayang di sayangkan , pihak aku laku belum bisa membenahi hal yg cukup penting bagi konsumen ,

  • 8 November 2020 - (06:43 WIB)
    Permalink

    Saya pun sama beli di akulaku vendor gadgets laku , awal2 mau pesan chat di bls , pas brang ud ok eh chat ga di bls , ini toko real ap ga ya? Ksh no resi ga bs di cek, pngiriman tngal 5 november , smpai skr ga bs di cek, mulai was was , chat ga di bales, tolong infoy guys , toko ini gimana??

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Kapok Belanja Melalui Akulaku, Kiriman Barang Tidak Jelas

oleh Asep Saripudin dibaca dalam: 1 min
36