Kapok Belanja Melalui Akulaku, Kiriman Barang Tidak Jelas

Sebelumnya terima kasih atas mediakonsumen yang sudah menayangkan surat komplain saya ini. Perkenalkan saya Asep Saripudin, ingin mengeluhkan tentang pembelian barang di AkuLaku.

Singkat cerita saya memesan 2 buah unit HP Xiaomi Note 5A dengan total DP Rp1.180.000,-. Transaksi saya lakukan pada tanggal 12 Februari 2018 melalui jasa kredit AkuLaku. Vendor/toko yang saya pilih untuk mengambil kredit HP Xiaomi Note 5A bernama Gadget City. Pada tanggal 13/2 Status transaksi saya sudah berhasil dan tertera no Resi 0014312561988 melalui jasa kurir Arkexpress (yang baru pertama kali saya dengar jasa kurir ini) di aplikasi AkuLaku saya.

Saya coba tracking no resi tersebut dengan kira-kira status pesanan saya sebagai berikut:

12 Februari 2018: Status pesanan di terima oleh ArkEpress
13 Februari 2018: Status pesanan berangkat dari station Jakarta Selatan
13 Februari 2018: Status pesanan tiba di station Tanggerang 01 (membuat saya heran, pesanan dari Jaksel – Bandung tapi transit ke Tangerang ?? Mungkin prosedur gudang/alokasi barang).

Setelah beberapa hari tracking resi hanya s/d tanggal 13/2 tsb, hingga muncul tracking pada tanggal, 16 Februari 2018: Status pesanan berangkat dari station Tanggerang 01 (Pikir saya mungkin estimasi 2-3 hari kerja pesanan saya akan tiba).

Hari berlalu, minggu berlalu.

Hingga sampai saat ini (12 Maret 2018) pesanan saya belum kunjung tiba. Tracking resi hanya stuck di pengiriman tanggal 16 Februari.

Setiap hari saya komplain baik ke pihak Akulaku, ArkExpress ataupun vendor Gadget City belum ada respon sama sekali yang masuk akal. Terkadang balasan email dibalas 2-3 hari, itupun hanya dijawab oleh pesan otomatis yang notabene intinya hanya memberi tahu pesanan saya sedang dalam proses, proses, dan proses. Semua link complaint center (email, telepon, dan facebook) saya coba keluhkan. Namun hingga saat ini masih belum mendapat respon kejelasan bagaimana status transaksi saya. Malah per tanggal 1 Maret 2018, status pesanan saya sudah diterima (Di aplikasi AkuLaku HP saya) padahal saya belum menerima atau bahkan dihubungi kurir ArkExpress sama sekali.

Saya awam dalam hal perbelanjaan online seperti ini, bingung mau komplain ke mana perihal masalah pengiriman seperti ini? Apalagi DP yang cukup besar bagi saya, sepertinya tak dihiraukan oleh pihak-pihak yang terkait. Cukup mengecewakan dan membuat saya kapok menggunakan jasa AkuLaku. Apalagi dengan jasa kurir ArkExpress yang sangat tidak rasional.

Melalui mediakonsumen.com saya harapkan pihak-pihak terkait dapat menyelesaikan masalah transaksi pesanan saya. Baik uang DP saya kembali atau barang pesanan saya sampai.

Terima kasih.

Asep Saripudin
085659194***
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Penilaian Rata-rata: 2.4]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Kapok Belanja Melalui Akulaku, Kiriman Barang Tidak Jelas

  • 13 Maret 2018 - (09:43 WIB)
    Saya juga mengalami hal ya sama mas Asep. Belanja di akulaku, Gadged City. Sama sekali tida, ditanggapi keluhan saya, saya sudah membayar uang muka, tapi barang atau konfirmasipun tidak saya terima. Saya memang baru memesan tgl 10.03.2018 sampai sekarang belom jelas barang saya. di hubungi pihak Akulaki atau Gadged City pun mrk lepas tanggung jawab. Saya bener bener kecewa. Kalo memang byk yg merasa dirugikan saya ingin tidaklanjuti ini dengan serius.
  • 22 Agustus 2018 - (08:38 WIB)
    Aduhhh sy dah trlanjur belnja di akulaku, lupa ga mncari tau apakah blnja mllui akulaku brmslh atau tidk. Blnj hari sabtu hingga kini status lokasi masih null. Kini mulai khwatir.
  • 29 Maret 2019 - (00:11 WIB)
    Sekarang kyanya sedang terjadi sm saya kang Asep.. udh seminggu barang blm datang.. padahal status sedang dikirimkan melalui pengiriman ekspedisi pribadi karna sy pikir mungkin masih dlm satu area (Jakarta) tp kok seminggu blm sampai..udh chat toko nya ga dibls.. udah WA nomor si kurir nya cuma dibaca aja kya koran ..sy udh sangat hati² berbelanja online.. sepertinya bakal kena zonk juga 🙁
  • 21 April 2019 - (08:43 WIB)
    Saya juga mengalami, kurir pengiriman ga jelas, resi ga ada, pengiriman ga nyampe2.
    Akulaku serba ga jelasss..
  • 12 Juli 2019 - (20:09 WIB)
    Pertama x pake AKULAKU, dan coba ajukan limit buat kredit HP . Nyoba dan bisa, lalu saya pilih HP Oppo A7 di toko OPPO Official Store .
    Dengan DP 89.000 dan cicilan 376.000×9 bulan, langsung TF DP saat itu juga 10/07/19 setelah berhasil TF dapet notif bahwa pesanan sedang menunggu konfirmasi merchant, trus barang di kemas, barang di pick up, sampai barang sampai ke J&T Express dan dapet no resi . Percaya gak percaya, iseng liat coment2’an ini hampir saja terpengaruh, dan berfikir pesanan saya pun bakal sama kaya yg kalian ceritain .
    Tapi saya selalu berharap saya adalah orang yg beruntung dan Allah kabulin . Di tgl 12/07/19 di jam 14.53 pihak J&T tlp bahwa sudah sampai di daerah rumah untuk nganter paket, Alhamdulillah paket kiriman HP yg saya kredit di AKULAKU sampai cuma 2hr 🤗

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Kapok Belanja Melalui Akulaku, Kiriman Barang Tidak Jelas

Asep Saripudin 1 menit
7