Surat Pembaca

Kapok Belanja Melalui Akulaku, Kiriman Barang Tidak Jelas

Sebelumnya terima kasih atas mediakonsumen yang sudah menayangkan surat komplain saya ini. Perkenalkan saya Asep Saripudin, ingin mengeluhkan tentang pembelian barang di AkuLaku.

Singkat cerita saya memesan 2 buah unit HP Xiaomi Note 5A dengan total DP Rp1.180.000,-. Transaksi saya lakukan pada tanggal 12 Februari 2018 melalui jasa kredit AkuLaku. Vendor/toko yang saya pilih untuk mengambil kredit HP Xiaomi Note 5A bernama Gadget City. Pada tanggal 13/2 Status transaksi saya sudah berhasil dan tertera no Resi 0014312561988 melalui jasa kurir Arkexpress (yang baru pertama kali saya dengar jasa kurir ini) di aplikasi AkuLaku saya.

Saya coba tracking no resi tersebut dengan kira-kira status pesanan saya sebagai berikut:

12 Februari 2018: Status pesanan di terima oleh ArkEpress
13 Februari 2018: Status pesanan berangkat dari station Jakarta Selatan
13 Februari 2018: Status pesanan tiba di station Tanggerang 01 (membuat saya heran, pesanan dari Jaksel – Bandung tapi transit ke Tangerang ?? Mungkin prosedur gudang/alokasi barang).

Setelah beberapa hari tracking resi hanya s/d tanggal 13/2 tsb, hingga muncul tracking pada tanggal, 16 Februari 2018: Status pesanan berangkat dari station Tanggerang 01 (Pikir saya mungkin estimasi 2-3 hari kerja pesanan saya akan tiba).

Hari berlalu, minggu berlalu.

Hingga sampai saat ini (12 Maret 2018) pesanan saya belum kunjung tiba. Tracking resi hanya stuck di pengiriman tanggal 16 Februari.

Setiap hari saya komplain baik ke pihak Akulaku, ArkExpress ataupun vendor Gadget City belum ada respon sama sekali yang masuk akal. Terkadang balasan email dibalas 2-3 hari, itupun hanya dijawab oleh pesan otomatis yang notabene intinya hanya memberi tahu pesanan saya sedang dalam proses, proses, dan proses. Semua link complaint center (email, telepon, dan facebook) saya coba keluhkan. Namun hingga saat ini masih belum mendapat respon kejelasan bagaimana status transaksi saya. Malah per tanggal 1 Maret 2018, status pesanan saya sudah diterima (Di aplikasi AkuLaku HP saya) padahal saya belum menerima atau bahkan dihubungi kurir ArkExpress sama sekali.

Saya awam dalam hal perbelanjaan online seperti ini, bingung mau komplain ke mana perihal masalah pengiriman seperti ini? Apalagi DP yang cukup besar bagi saya, sepertinya tak dihiraukan oleh pihak-pihak yang terkait. Cukup mengecewakan dan membuat saya kapok menggunakan jasa AkuLaku. Apalagi dengan jasa kurir ArkExpress yang sangat tidak rasional.

Melalui mediakonsumen.com saya harapkan pihak-pihak terkait dapat menyelesaikan masalah transaksi pesanan saya. Baik uang DP saya kembali atau barang pesanan saya sampai.

Terima kasih.

Asep Saripudin
085659194***
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

Penulis
Asep Saripudin