Surat Pembaca

Pencairan Tinggal Satu Tahun Lagi, Tabungan Primajaga Danamon Hangus

Tahun 2011 yang silam, customer service Danamon Cabang Jalan Kopo Bandung menawarkan Tabungan Primajaga kepada saya. Dan saya memutuskan untuk mengikutinya. Mereka meminta data saya berupa nomor telepon, alamat e-mail dan alamat rumah yang bisa dihubungi.

Saya sudah menabung selama 7 tahun (kira-kira uang saya tertanam sekitar Rp8 juta-an). Tahun 2019 adalah pencairan dana tabungan saya. Jadi, saya menabung hanya tinggal satu tahun lagi. Tanpa saya sadari ternyata tabungan saya sudah ditutup dan dinyatakan hangus sejak Januari 2018 karena saya gagal autodebit karena dana di tabungan saya tidak cukup.

Dalam sertifikat asuransi tersebut memang tertera jika 3 bulan berturut-turut tidak ter-autodebit dari tabungan, maka tabungan tersebut akan ditutup dan dinyatakan hangus. Yang saya sesalkan adalah tidak adanya pemberitahuan lewat alamat rumah, alamat e-mail (handphone saya hilang, nomor lama saya yang lama sudah tidak aktif lagi).

Masalahnya, “Untuk apa saya mengisi data selengkap mungkin tetapi ternyata dari pihak Danamon cabang Jalan Kopo Bandung tidak ada usaha sedikitpun untuk menghubungi saya (alamat rumah/alamat e-mail) perihal tabungan saya, padahal saya sudah 7 tahun menabung!”

Saya sudah berapa kali ke Bank Danamon untuk mengurus hal ini tetapi jawaban mereka tetap sama bahwa tabungan saya “tetap tidak bisa diselamatkan”.

“Apakah ada unsur kesengajaan, mengingat setahun lagi dana tabungan saya akan cair?”

No polis tabungan saya 3525532820.

Sarah Debora Br Ginting
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • bisa di katakan kita juga ada unsur kelalaian, sebab lupa ngisi saldo tab hehehe, saya pnya Primajaga kyk anda, nyesel juga ikut, taon dpn cair hehehe, tp untunglah msh aktif, coz gw always jaga duit gw, jgn smpe lalai bnyk lho anggota Primajaga yg gak cair, krna gak ngisi saldo, apa cm d danamon..gak lah smua asuransi, baik itu manuli**, Allian**, MN*, Pruden** dkk, sama saja anda gak nyetor, maka hangus, apa kah ada admin yg nelfon, gak bakal, jd tgl dr kita saja yg aware sama duit kita,mending nabung emas d Pegadaian, klo anda gadai emas pasti d telp sama orng pedadaian kan hehehe, ato nabung lwt celengan saja, traditional...tp kt gak rugi, kedepan gak ush ikut kyk gn2, pake aja duitx beli tas ato spatu heheheheheh sx saja jelong2 dr pd hangus kyk gn.

  • seperti perampokan terang2an ya, saldo kosong kok tabungan asuransinya hangus.. seharusnya pihak bank bisa memberikan informasi mengenai gagal pendebetan krn jumlah saldo tdk mencukupi sehingga pemegang polis bisa ingat untuk menjaga saldo di tabungannya di bulan berikutnya jd tdk gagal berturut2.

  • Sudah bayar 7 tahun = 84 bulan
    Gagal bayar = 3 bulan
    ------------------------------
    3/84 = 3.57% = hangus... (tanpa notifikasi email/surat peringatan via pos? ... waktu 3 bulan cukup dong utk pengiriman surat via pos ke seluruh dunia bahkan mungkin ke planet Mars)

    JIka benar tanpa peringatan.. asyik juga bisnis beginian ?

    • Saya juga ngalamin ,belum di urus sampei sekarang,
      Di debit 300,000x 6 tahun,
      Saya berharap ada malaikat penolong ,
      Karena uang itu banyak bagi saya,
      Sa,at itu saya sakit uang di ambil buat berobat,dan ahirnya gagal debit,
      Adakah yang bisa nolong saya

  • Saya pun sangat kecewa dngn primajaga ini.sy ud ikut 6 thn dr 2012 .tiba2 april 2018 d nonaktifkan begitu aja padahal saya ud siapkan dana untk prijaga saya tp tidak tersebut ,dengan sangat kecewa saya dtg ke bank danamon saya buka cs nya bilang tidak bsa bantu utk pengaktiv an lg,sangat2 nyesek uang 14.200.000 hilang begitu aja ,sy tidak ikhlas dan ridha ,seharusnya pihak danamon menelpon ataw email,atw sms ,utk memberitahukan nasabah nya,supaya tidak merugikan banyak nasabah lagi,,intinya saya sangat kecewa dngan danamon .

    • Hari ini saya juga merasakan apa yg kk rasakn. Disaat saya dtg menyetor utk gagal debet, pihak bank berkata primajaga 100 saya sudah close dan hangus tgl 1 kmrin. Harusny sblm tgl itu mrk tlpon lagi donk utk mengingatkan. Tp enggak. Pdhl 3,5 thn lg akan kelar. Wlu gk nyampe 10jt tp namany uang tabungan kita hangus begitu saja gk ridho.dunia alhirat. Memangny tdk adakh yg bisa kita lakukan utk perjuangkn hak kita? Sprti kasus yg pnh ad. Dia dptkn kmbali hakny.

  • saya punya keluhan kaka saya ikutan asuransi dari bank danamon sudah 7tahun dari total 8tahun. Dan pas bulan sekarang mau stor sudah hangus padahal cuma telat 2 bulan padahan di perjanjian 3bulan ada apakah dgn danamom??? Mohon resoon???

  • Saya jjuga lagi beerjuang untuk hak sayya mbak ini bolak balik ke danamon dan mau ke ojk juga mbak..

  • Saya ingin berhenti dari program asuransi,, apakah ada kemungkinan premi bs kembali ya,,krn asuransi ternyata mengandung riba

    • ya Allah hari ini saya mengalami sendiri, primajaga dari 2015, tiba2 close by system, no hp ganti krn mati, saldo kosong dari jan 2019 ( 5 bulan per hari ini). saya memang mengalami krisis keuangan setahun terakhir, saldo rek kosong. cuma ini yg mau di andalkan utk daftar sekolah anak. dati danamon cabang bengkulu angkat tangan, banyak case kayak gini katanya mentah, tetep ga bisa balik lagi uangnya. hp saya memang mati, tp alamat rumah saya kan ada ga pindah2, utk apa saya isi formulir lengkap2 tp cm dihubungin via telpon sj. Adakah kiranya yg bisa membantu saya masuk asuransi dari januari 2015. no rek saya 003586799698 a.n candra retno. kiranya ada dari pihak asuransi manulife mempunyai solusi utk masalah saya.

  • Ternyata yg ikut program primajaga danamon ini pasti bermasalah di tahun ke 6. Saya pun. Tidak ada pemberitahuan gagal debet ke 3. Surat dikirim pun tidak ada pemberitahuan penyetoran terakhir dan konsekuensinya. Hari gini email kek atau sms kek. Ni sekelas bank danamon masa untuk email aja ga bisa. Kalau ga ridha saya pun ga ridha. Sudah ke cs dibilang dicoba. Masa iya konfirmasi telepon nasabah ga ada usahanya. 6 tahun kepercayaan dimentahkan dengan 3 bulan yg konyol. Ya saya sebut konyol penutupan sia2. Karena saya sebagai konsumen tidak diberi tahu

  • Parah sekali ya, ternyata banyak yang mengalami kejadian serupa.
    Saya juga baru saja mengurus masalah primajaga ini.
    Polis saya tiba-tiba closed by system tanpa pemberitahuan. Saya tahunya juga gara-gara cek saldo kok nggak terdebet. Btw saya masih pakai danamon juga karena primajaga aja, kalau nggak ya udah ditutup dari dari dulu.
    Katanya 3 bulan berturut-turut gagal debet baru closed, kenyataanya tidak seperti itu.
    Januari saya masih ada pendebetan, tapi sistem closed per tanggal 1 Maret kata CS-nya.
    Tidak ada pemberitahuan selain sms terakhir di tanggal 1 Februari 2019. Padahal dulu awal-awal ikutan, kalau saya 1 kali aja gagal debet rasanya kayak diteror danamon, tiap hari ada yang telepon. Lah ini gagal debet di tahun terakhir malah terkesan dibiarkan.
    Wajar lah kalau lama2 orang mikir kalau ini ada unsur "KESENGAJAAN" apalagi ternyata banyak orang yang ngalamin hal serupa.
    Saya ikut primajaga tahun 2012, 300 ribu per bulan. Kebayang kan ini udah masuk tahun terakhir saldonya pasti sudah 20 juta-an.
    Mungkin bagi sebagian orang, duit 20 juta nggak ada artinya. Tapi orang2 kecil seperti saya yang menabung dari umur 19 tahun dengan niat nyisihin uang segitu demi punya tabungan di masa depan terus ngalamin kejadian kayak gini, gimana rasanya???
    Padahal saya udah punya angan-angan uang itu buat bantu2 biaya persalinan anak saya.
    Buat temen-temen seperjuangan yang merasa terdzolimi dan mau memproses lewat jalur hukum, saya mau ikut lah.
    Kalau danamon tidak merespon, mau cuci tangan, atau pilih kasih (soalnya ada kasus serupa yang berhasil dipulihkan), ayok kita ke YLKI, bikin petisi kek, atau viralkan kasusnya biar semua kecerangan asuransi2 itu diungkap gak cuma primajaga danamon doang.

    • Saya juga baru mengalami hal yg sama,pada saat saya akan membayar polis primajaga pihak Danamon bilang bahwa polis saya sdh close dan tidak bisa dipulihkan tanpa ada solusi apa2 dari mereka..

Penulis
Sarah Debora