Merasa Tertipu oleh Telemarketing BNI Life

Saya adalah nasabah dari Bank BNI yang baru saja menggunakan kartu kredit dari Bank BNI. Sebelumnya saya memiliki kartu kredit corporate dari perusahaan. Setelah saya memegang kartu kredit pribadi maka banyaklah telepon dari telemarketing yang menawarkan produk asuransi. Singkat kata, suatu hari saya dihubungi oleh telemarketing dari BNI Life saat jam istirahat kantor.

Untuk menjaga kesopanan, karena saya juga bekerja di bidang marketing, saya berusaha berempati dengan tidak langsung menutup telepon saya. Walaupun intonasi dan cara bicara yang menawarkan produk tersebut tidak jelas. Malah saking tidak jelasnya, saya tidak tahu mereka menawarkan apa. Kalimat yang paling jelas adalah saat mereka menyatakan apakah saya setuju dengan pernyataan mereka. Sebagai si “bodoh” yang mengira ini adalah langkah yang berhubungan dengan aktivasi kartu kredit saya, saya langsung jawab dengan “YA”. Tapi kemudian dikoreksi untuk menjawab dengan kalimat “setuju”.

Sampai beberapa minggu kemudian, di bulan Februari 2018, saya mendapat surat yang mengatasnamakan BNI Life beserta buku polis, di mana saya akan membayar premi sebesar Rp692.000/bulan yang akan didebit dari kartu kredit saya. Tanpa menunggu lama, keesokan harinya saya langsung ke Bank BNI untuk bertemu dengan bagian BNI Life untuk menutup keikutsertaan saya. Pihak petugas BNI Life langsung meminta buku polis saya dan berjanji akan memproses pembatalan polis saya. Cuma memang dijelaskan proses berlangsung selama 10 hari kerja, kemungkinan kartu kredit saya akan didebit untuk pembayaran pertama. Saya hanya berpikir mungkin ini adalah harga dari pembelajaran yang saya harus ikhlaskan. Selain dengan melapor, saya juga mengirimkan email ke BNI Life terkait pembatalan polis saya serta menjawab jawaban untuk mengisi biodata terlampir dan itu pun sudah saya lakukan.

Sampai kemudian pada pertengahan Maret 2018, saya mendapatkan SMS dari BNI Life bahwa mereka telah mendebit kartu kredit saya sebagai nasabah BSMC20180001563 sebesar Rp692.000. Saya marah dan kembali mengirimkan email dan mereka menjawab penutupan polis belum diproses sampai saya menulis “setuju”, di mana hal tersebut tidak ditanyakan pada pengajuan penutupan polis sebelumnya, juga saat saya datang ke pihak BNI Life di kota saya.

Saya rasa ini adalah cara dari pihak asuransi untuk membodohi masyarakat atas ketidaktahuan aturan dari telemarketing. Setelah saya cerita, ternyata banyak teman yang juga mengalami cerita seperti saya. Aturan mana dan siapa yang mengijinkan dengan hanya menjawab “setuju” di saat ditawari produk dari telemarketing maka kita sudah benar-benar mengerti dan dengan kesadaran untuk menggunakan produk atau menjadi nasabah? Walaupun itu tanpa tanda tangan serta tanpa membaca kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.

Dengan cara seperti ini saya dan teman teman saya sebagai konsumen merasa dicurangi dengan cara dan dalih yang dibenarkan, karena pada faktanya karyawan telemarketing sengaja mempercepat bicara, membuat intonasi yang tidak jelas bahwa yang ditawarkan adalah produk asuransi. Atau hanya BNI Life yang menggunakan cara tersebut serta mempersulit nasabah yang menjadi korban untuk menutup polis asuransi yang mereka tawarkan?

Mohon yang membaca berhati-hati apabila ada penawaran dari BNI Life.

Eko Agus Supriyanto
Banjarbaru – Kalimantan Selatan


Update: Penulis mengirimkan surat pembaca kembali yang berisi apresiasi untuk BNI Life yang telah mengembalikan dana yang didebit per tanggal 26 Maret 2018.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

eko agus

Komentar

  • Mengenai Jebakan Telemarketing ini pernah menelpon saya dan hasilnya Bulan Agustus kemarin saya terkaget2 karena saldo di rekening saya berkurang sekira 880 ribuan, padahal kasir perusahaan baru transfer 1 jam sebelumnya untuk pembayaran upah karyawan termasuk saya di perusahaan tempat saya bekerja, yang ternyata adalah potongan utk Proteksi Prima jenis asuransi dari BNI Life yg tidak pernah saya mendaftarkan diri untuk ikut serta, yang kemudian saya datangi kantor cab. BNI terdekat, karena sejauh ini saya tidak pernah memberikan kuasa kepada siapapun atau pihak manapun untuk memotong upah bulanan yang masuk ke rekening saya, saya mempertanyakan ke CS di kantor cab. BNI tsb., dan dari mereka saya di arahkan untuk menutup/mengakhiri kepesertaan di BNI Life (yang menurut saya tidak pernah saya mulai) lalu datang ke kantor BNI Life di kota saya, hmm ini karena saya mencoba untuk bersikap santun menerima telpon dari telemarketing yang ngomongnya cepat sekali (yang sebagian besar tidak saya mengerti), akhirnya saya terjebak sehingga berdampak terhadap rencana anggaran2 rumahtangga saya sampai detik ini menjadi berantakan, termasuk biaya sekolah anak,..sehingga ada dampak psikologis juga disana,, hal ini jelas sangat merugikan saya dan keluarga ,… untuk bulan ini memang tidak ada potongan lagi akan tetapi setelah berminggu2 duit yang sudah dipotong dalam waktu yang kilat itu (dengan tanpa izin yang punya rekening, ..), belum dapat dikembalikan,, katanya dalam penanganan pihak terkait di internal mereka… hmmm.. saya cuma bisa menunggu dan bersabar dengan keyakinan penuh bahwa Tuhan Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Adil dan Maha dahsyat siksaNya.. semoga menjadi pelajaran untuk yang lainnya.

  • Saya baru saja kejadian hari ini, diptong sebanyak 400rbu, padahal saya ga pernah ikut polis BNI life sama X, ditlf pernah tapi saya ga pernah jawab, untuk apa saya ikut sedangkan dikntor sudah ada fasilitas kesehatan yg lain, besok saya disuruh dateng ke kantor BNI cabang,

  • Saya juga merasa dirugikan oleh bni life. Saya sudah komplain ke bni life, melalui media konsumen.
    Pihak bni lifex sudah menghubungi sy, dan ad surat yg dikirim ke alamt sya, mengenai knfirmasi perpnjngn waktu. Tpi prosedurx bnyk y sy harus tanda tangan? Memng bgtu ya? Jgn smpai penipuan lagi. Tolong solusinya

  • Asuransi BNI life adalah Pembodohan Masyarakat.!
    saya sudah di debit 3x dengan total 600 ribu.
    dan uang tidak kembali setelah saya Berhenti dan menelepon ke Jakarta.

    Saya sumpahin kalo uang saya ga kembali Marketing dan Pegawai Bank BNI yang bersangkutan dengan Asuransi BNI Life mengalami Penyakit yang susah di sembuhkan.

    SAYA TIDAK RIDHO

  • Saya juga ngalamin hal yang sama tadi .. Saya juga di telfon dari bni life dengan di tawari asuransi proteksi prima.
    Setelah saya sadar , saya langsung telfon bni life nya kata nya suruh nunggu 10hari kerja baru bisa pembatalan ..

    Mohon solusinya .?

    • Jangan hanya menelpon tapi segera datang ke kantor BNI terdekat karena BNI life memiliki perwakilan di kantor cabang bni

  • assalamualaikum...
    Tadi sore sekitar jam 16.00 WIT sata menerima tlp dr seorang wanita dan dy menawarx asuransi bni life ini...singkat ceritax sama persis kayak yg dialami yg lainnya jg ...entah kenapa tanpa berpikir panjanh dan sy spt dihipnotis sy langaung menjawab setujuh dan katanya utk 15 hati ke dpn nnt ad kurir yg antrkan dokumen utk sy dan sy tdk mengerti sama sekali ap yg dy bicarakan...
    yg ingin sy tanyakan apkah sy hatus laporkan ke pihak bank trlebih dahulu sebelum 15 hari ke depan ini??
    atau bagaimna??
    mohon solusinya🙏🙏🙏
    Terima kasih
    Wasalamualaikum wr wb🙏

    • Langsung telpon cs bni kak untuk pembatalan. Setelah itu telpon bni life. Sampai kakak mengatakan "setuju" untuk pembatalan.

  • Wah ini pengalaman saya juga yang sampai saat ini belum dapat kejelasan pengembalian dana saya. Berawal de cs yang mengaku dari bni. Hanya akan memberikan tiket ntn gratis. Tanpa ada pembahasan asuransi bni life. Tetiba akhir bulan kartu kredit saya mendapatkan potongan 510.150 ribu. Telpon cs bni life melakukan pembatalan ternyata data diri saya salah. Hebat nih bni life. Data diri salah tidak sesuai kartu kredit saya tapi bisa ada tagihan. Tanggal 18 maret 2019 melakukan pembatalan disuru menunggu 5 hari kerja,, stlh 5 krj ditelpon lagi, disuru nunggu 5 hari krj. Hr ini saya telpon cs lagi katanya disuru menunggu 5 hari krj lagi. Gilaa motongnya cpt. Pengembalian dana kek ngemis.. 😊 semoga berkah bni life.

    • Melanjuti keluhan saya 4 april mengenai bni life. Sudah diselesaikan dengan baik. Meskipun harus bolak balik telpon bni life untuk memastikan pengembalian dana saya. Dana sudah dikembalikan setelah menunggu 15 hari kerja meskipun tidak penuh semua dikembalikan.

      • kalo boleh tau gimana cranya kak, soalnya sya uda tlvon bni lifenya katanya uda gabisa di kembalikan😭

  • ini pengalaman gua banget,
    pas kartu kredit baru 1 minggu nyampe di tangan saya, saya di hubungi PA protection,
    ngomong ngak jelas ntah apa saking lajunya, tapi saya hargai,,saya tetap dengar, pas siap dia ngomong saya jawab iya, dia bilang ganti jadi kata setuju, dan saya bilang setuju.
    stelah kurang lebih 2 minggu datang tagihan ke email saya senilai Rp. 501.150. saya hubungi 1500046, d suruh hubungi 1500045, oke saya hubungi,say minta pemberhentian.
    dan masuk lgi telpon beberapa hari kemudian, dengan bahasa awalnya disini kami mau memberitahukan kepada ibu sebagaimana nasabah kami yang lain, baru ngomong laju lagi, karna saya tak ngerti dia juga ngomong apa, tapi pengangan ku awal kalimat dia itu, dia bilang disamakan dengan nasabah BNI lainnya, q kira ini bukan assuransi lagi, dari BNI lah itu di benak saya, saat di bilang gnti kt iya jadi kata setuju, q mau2 aja,,,
    ternyata hari ini (13/03/2019) saya terima tagihan 819.185 dari proteksi prima.
    saya telpon ke call center ulang bertanya itu apa,, itu asuransi buk katanya,
    hah?? saya kaget,, langsung saya bilang, buk berapa tagihan saya per hari ini (dalam hati mau close aja pake kredit card bank ini, gx jelas)
    si mbaknya jawab 2 juta sekian,
    kok bisa ya mbak,, saya baru pakai sekitar 600 an saya bilang,kartu saya juga baru sebulan nyampe di tangan.
    mbaknya sebutin transaksi2, dan asuransi yang 2 ini harus saya bayarkan.
    langsung saya bilang, mbak saya bayarkan aja hari ini apa yang udah saya pake, tapi saya tak mau bayar asuransi itu, siap itu close aja kartu say, tak mau pake lagi. mbak nya bilang tidak bisa. saya berjanji dalah hati tak mau pake lagi kredit card BNI.
    TOLONG PIHAK BNI MENGAMBIL TINDAKAN ATAS INI

    • Nahhh loo.. 11/12 nih sama pengalaman saya. Yang akhirnya g jelas pengembalian dananya sampe skrg.

  • Saya juga mengalami hal yang sama di telfon oleh telemarketing nya BNI Life pada saat jam kerja . Tidak jelas menjelaskan tentang suatu produk dan menanyakan sesuatu dan menyuruh saya untuk menggantikan kata IYA dengan kata Setuju dengan alasan panggilan tersebut direkam dan harus mengunakan kata formal . Sy bener bener merasa d tipu dan di rugikan ketika kartu kredit saya sudah di debet sebesar Rp.835.000 tnpa sepengetahuan saya dan persetujuan saya ..

    • Selamat sore saya juga baru kena tipu oleh telemarketing pa protection kena Rp.510,150
      Dengan bangganya mereka membuat nasabah BNI menjadi kecewa. Terus kalau seperti ini apa ada solusinya. Saya tidak akan pernah mau membayar yg bukan karena hati saya yg menyetujui program itu. Dan dalam pembahasan juga tidak terdengar kata Asuransi. Marketing sukanya membodohi orang tidak bakal halal uang kalian. Semoga ada kebijakan dari perusahaan BNI untuk kasus yg banyak menipu semua orang ini

Bagikan
Penulis
eko agus