Surat Pembaca

Merasa Tertipu oleh Telemarketing BNI Life

Saya adalah nasabah dari Bank BNI yang baru saja menggunakan kartu kredit dari Bank BNI. Sebelumnya saya memiliki kartu kredit corporate dari perusahaan. Setelah saya memegang kartu kredit pribadi maka banyaklah telepon dari telemarketing yang menawarkan produk asuransi. Singkat kata, suatu hari saya dihubungi oleh telemarketing dari BNI Life saat jam istirahat kantor.

Untuk menjaga kesopanan, karena saya juga bekerja di bidang marketing, saya berusaha berempati dengan tidak langsung menutup telepon saya. Walaupun intonasi dan cara bicara yang menawarkan produk tersebut tidak jelas. Malah saking tidak jelasnya, saya tidak tahu mereka menawarkan apa. Kalimat yang paling jelas adalah saat mereka menyatakan apakah saya setuju dengan pernyataan mereka. Sebagai si “bodoh” yang mengira ini adalah langkah yang berhubungan dengan aktivasi kartu kredit saya, saya langsung jawab dengan “YA”. Tapi kemudian dikoreksi untuk menjawab dengan kalimat “setuju”.

Sampai beberapa minggu kemudian, di bulan Februari 2018, saya mendapat surat yang mengatasnamakan BNI Life beserta buku polis, di mana saya akan membayar premi sebesar Rp692.000/bulan yang akan didebit dari kartu kredit saya. Tanpa menunggu lama, keesokan harinya saya langsung ke Bank BNI untuk bertemu dengan bagian BNI Life untuk menutup keikutsertaan saya. Pihak petugas BNI Life langsung meminta buku polis saya dan berjanji akan memproses pembatalan polis saya. Cuma memang dijelaskan proses berlangsung selama 10 hari kerja, kemungkinan kartu kredit saya akan didebit untuk pembayaran pertama. Saya hanya berpikir mungkin ini adalah harga dari pembelajaran yang saya harus ikhlaskan. Selain dengan melapor, saya juga mengirimkan email ke BNI Life terkait pembatalan polis saya serta menjawab jawaban untuk mengisi biodata terlampir dan itu pun sudah saya lakukan.

Sampai kemudian pada pertengahan Maret 2018, saya mendapatkan SMS dari BNI Life bahwa mereka telah mendebit kartu kredit saya sebagai nasabah BSMC20180001563 sebesar Rp692.000. Saya marah dan kembali mengirimkan email dan mereka menjawab penutupan polis belum diproses sampai saya menulis “setuju”, di mana hal tersebut tidak ditanyakan pada pengajuan penutupan polis sebelumnya, juga saat saya datang ke pihak BNI Life di kota saya.

Saya rasa ini adalah cara dari pihak asuransi untuk membodohi masyarakat atas ketidaktahuan aturan dari telemarketing. Setelah saya cerita, ternyata banyak teman yang juga mengalami cerita seperti saya. Aturan mana dan siapa yang mengijinkan dengan hanya menjawab “setuju” di saat ditawari produk dari telemarketing maka kita sudah benar-benar mengerti dan dengan kesadaran untuk menggunakan produk atau menjadi nasabah? Walaupun itu tanpa tanda tangan serta tanpa membaca kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.

Dengan cara seperti ini saya dan teman teman saya sebagai konsumen merasa dicurangi dengan cara dan dalih yang dibenarkan, karena pada faktanya karyawan telemarketing sengaja mempercepat bicara, membuat intonasi yang tidak jelas bahwa yang ditawarkan adalah produk asuransi. Atau hanya BNI Life yang menggunakan cara tersebut serta mempersulit nasabah yang menjadi korban untuk menutup polis asuransi yang mereka tawarkan?

Mohon yang membaca berhati-hati apabila ada penawaran dari BNI Life.

Eko Agus Supriyanto
Banjarbaru – Kalimantan Selatan


Update: Penulis mengirimkan surat pembaca kembali yang berisi apresiasi untuk BNI Life yang telah mengembalikan dana yang didebit per tanggal 26 Maret 2018.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya ingin mengklarifikasi bahwa permasalahan dengan BNI life sudah terselesaikan dengan baik, dana yang sudah di debit di kartu kridit saya sudah di refund pada tanggal 25 Maret 2018

    Terimakasih Bni life

    • Jadi gimana caranya pak supaya samua uang yg ada di BNI life saya bisa kembali? Apa hanya melampirkan surat keberatan saja jalan keluarnya?

  • Mas Eko Agus,

    Saya juga memiliki masalah yang sama. Tetapi bedanya saya tidak langsung telp atau datang ke BNI untuk menyelesaikan atau membatalkan asuransi ini. Dan sudah tertagih 2x dalam tagihan kartu kredit saya. Yang mau saya tanyakan, bagaimana caranya saya minta refund ? Apakah saya harus datang langsung ke BNI? Mengingat saya saya keberatan sekali sebagai Ibu Rumah Tangga dan akibatnya tagihan saya over limit karena asuransi ini. Apakah saya bisa hanya email dengan membuat surat pernyataan? Atau langsung datang ke BNI terdekat? Karena saya Ibu Rumah Tangga dengan dua anak balita yang repot urus hal ini. Mohon tanggapannya. Terimakasih.

    • untuk penutupan bni life Telemarketing nasabah harus menelepon ke call center 1500045 tekan angka 1 untuk bahasa indonesia lalu tekan angka 9 untuk berbicara dengan customer carenya. cara itulah paling gampang untuk penutupan polis setelah ditutup premi yang sudah ditarik akan dikembalikan selama 14 hari kerja

  • Saya pikir dengan membayar premi selama 3tahun which is itu bisa sampai 17juta-an dan uang hanya bisa kembali 50% itu sangat sangat mengecewakan sekali. Hal ini tidak disampaikan saat penawaran di awalnya. Sangat menjebak.

    • Saya juga merasa dicurangi oleh pihak BNI life , saya tidak pernah merasa menyetujui asuransi apapun yg ditawarkan , berapa x pihak yg mengatasnamakan dari BNI menawarkan berbagai produk , yg jelas sangat mengganggu, tetapi saya tak pernah merasa meng "ia" kan atau menyetujui asuransi yg ditagihkan ke kartu kredit saya. Tiba2 keluar tagihan dan saya langsung menghubungi BNI call untuk menutup atau membatalkan asuransi saya , akan tetapi di bulan berikutnya masih ada tagihan seperti itu , dan saya telp berulang kali untuk membatalkan dan mengirim email ke pihak BNI life dengan emosi barulah di tutup asuransinya , akan tetapi dana 2 bulan yg telah tertagih ke kartu kredit saya tidak bisa di refund kata pihak BNI life , sangat disayangkan sangat kecewa dengan BNI , uang 1,6 jt lebih raib sia2 , limit kartu kredit hanya 5 jt , tapi tagihan asuransi 800rb perbulan sangat tidak masuk akal saya untuk menyetujuinya , dimana kalau saya sanggup untuk membayar premi 800rb perbulan untuk apa saya bebankan ke kartu kredit yg juga kena bunga atau pun iuran tahunan lbh bagus saya bayar cash , saya sangat kecewa dengan BNI life dan juga pihak Bank BNI nya langsung. saya juga pasti akan menceritakan pengalaman saya ke kerabat , keluarga ataupun org yg saya kenal untuk nasibnya tidak sama seperti saya merasa dicurangi .

  • Kalau kita mau berpikir kritis..baca aja semua pengalaman dari nasabah BNI life, responnya memang negatif semua..kenyataan memang gitu..

    Sama kek yang lain...aku juga tertipu oleh marketingnya bni life..awalnya bilang seperti investasi uang di debet langsung dari rekening akan di kembalikan 100% apabila tanpa klaim saat penutupan polis..nyatanya cuma dapat 50% aja

  • Saya juga merasa tertipu, setelah 18 bulan dipotong dan mulai merasa terbebani tanpa merasakan manfaat yang berarti, saya membatalkan polis ini melalui email dan sangat mengejutkan karena mereka menyatakan bahwa polis sudah di NON aktif dan tidak ada refund karena telah melewati batas masa pembelajaran (15 hari setelah menerima polis). Terus dimana letak investasi yang dimaksudkan.

    Tidak sesuai dengan yang dinyatakan bahwa dana investasi dan akan kembali setidaknya 50% dari premi.......

    Semoga cara penipuan menjadi pelajaran dan tidak terulang lagi

  • Assalamualaikum
    Saya juga punya keluhan nih
    Sya ibu rumah tangga, suami sya yg punya kartu kredit nich ... Beberapa hari setelah menggunakan kartu kredit suami dapat telpon dari CS BNI , entahlah menawarkan apa cuma suami cerita kalo pegawainya ngomong cepat banget dan entah apa yg diomongin . Na pak suami juga ya ya aja nggak pikir2 ...
    Ujung2x ya hari ini per tgl 15 Januari 2019 tiba2 ada SMS banking masuk ke HP suami ,isinya ini " Terima kasih atas transaksi Kartu Kredit BNI Anda IDR 650.845 pada 15/01/2019 11:46 di . Info BNI Call 1500046"
    Suami kaget telpon saya mau nanya apa saya pake kartu kredit hari ini sya jawab sama sekali tidak kepake hari ini ( Karna yg pegang kartu kredit saya )
    Gimana Yach , solusinya harus gimana ??

    • Sangat kecewa dengan bni life,saldo saya sudah 1050000 masuk mau di batalin malah uang gak bisa dikembalikan, no polis saya bacs20180063348

  • Saya sudah 2 kali ditelpon pakai nomor handphone pribadi dengan 2 orang yg berbeda yg bilang selamat siang bapak bla bla bla,mendapatkan bni life bla bla bla kartu akan dikirim ke alamat bapak bla bla bla,,
    Lalu langsung saya tutup... itu memang dari BNI yah????

    • Jangan mau bu dengan program nya,saya juga di sedot saldo udah lima kali,uang saya tidak bisa di kembalikan

  • Saya juga mengalami hal yang sama di telfon oleh telemarketing nya BNI Life pada saat jam kerja . Tidak jelas menjelaskan tentang suatu produk dan menanyakan sesuatu dan menyuruh saya untuk menggantikan kata IYA dengan kata Setuju dengan alasan panggilan tersebut direkam dan harus mengunakan kata formal . Sy bener bener merasa d tipu dan di rugikan ketika kartu kredit saya sudah di debet sebesar Rp.835.000 tnpa sepengetahuan saya dan persetujuan saya ..

    • Selamat sore saya juga baru kena tipu oleh telemarketing pa protection kena Rp.510,150
      Dengan bangganya mereka membuat nasabah BNI menjadi kecewa. Terus kalau seperti ini apa ada solusinya. Saya tidak akan pernah mau membayar yg bukan karena hati saya yg menyetujui program itu. Dan dalam pembahasan juga tidak terdengar kata Asuransi. Marketing sukanya membodohi orang tidak bakal halal uang kalian. Semoga ada kebijakan dari perusahaan BNI untuk kasus yg banyak menipu semua orang ini

  • ini pengalaman gua banget,
    pas kartu kredit baru 1 minggu nyampe di tangan saya, saya di hubungi PA protection,
    ngomong ngak jelas ntah apa saking lajunya, tapi saya hargai,,saya tetap dengar, pas siap dia ngomong saya jawab iya, dia bilang ganti jadi kata setuju, dan saya bilang setuju.
    stelah kurang lebih 2 minggu datang tagihan ke email saya senilai Rp. 501.150. saya hubungi 1500046, d suruh hubungi 1500045, oke saya hubungi,say minta pemberhentian.
    dan masuk lgi telpon beberapa hari kemudian, dengan bahasa awalnya disini kami mau memberitahukan kepada ibu sebagaimana nasabah kami yang lain, baru ngomong laju lagi, karna saya tak ngerti dia juga ngomong apa, tapi pengangan ku awal kalimat dia itu, dia bilang disamakan dengan nasabah BNI lainnya, q kira ini bukan assuransi lagi, dari BNI lah itu di benak saya, saat di bilang gnti kt iya jadi kata setuju, q mau2 aja,,,
    ternyata hari ini (13/03/2019) saya terima tagihan 819.185 dari proteksi prima.
    saya telpon ke call center ulang bertanya itu apa,, itu asuransi buk katanya,
    hah?? saya kaget,, langsung saya bilang, buk berapa tagihan saya per hari ini (dalam hati mau close aja pake kredit card bank ini, gx jelas)
    si mbaknya jawab 2 juta sekian,
    kok bisa ya mbak,, saya baru pakai sekitar 600 an saya bilang,kartu saya juga baru sebulan nyampe di tangan.
    mbaknya sebutin transaksi2, dan asuransi yang 2 ini harus saya bayarkan.
    langsung saya bilang, mbak saya bayarkan aja hari ini apa yang udah saya pake, tapi saya tak mau bayar asuransi itu, siap itu close aja kartu say, tak mau pake lagi. mbak nya bilang tidak bisa. saya berjanji dalah hati tak mau pake lagi kredit card BNI.
    TOLONG PIHAK BNI MENGAMBIL TINDAKAN ATAS INI

    • Nahhh loo.. 11/12 nih sama pengalaman saya. Yang akhirnya g jelas pengembalian dananya sampe skrg.

  • Wah ini pengalaman saya juga yang sampai saat ini belum dapat kejelasan pengembalian dana saya. Berawal de cs yang mengaku dari bni. Hanya akan memberikan tiket ntn gratis. Tanpa ada pembahasan asuransi bni life. Tetiba akhir bulan kartu kredit saya mendapatkan potongan 510.150 ribu. Telpon cs bni life melakukan pembatalan ternyata data diri saya salah. Hebat nih bni life. Data diri salah tidak sesuai kartu kredit saya tapi bisa ada tagihan. Tanggal 18 maret 2019 melakukan pembatalan disuru menunggu 5 hari kerja,, stlh 5 krj ditelpon lagi, disuru nunggu 5 hari krj. Hr ini saya telpon cs lagi katanya disuru menunggu 5 hari krj lagi. Gilaa motongnya cpt. Pengembalian dana kek ngemis.. ? semoga berkah bni life.

    • Melanjuti keluhan saya 4 april mengenai bni life. Sudah diselesaikan dengan baik. Meskipun harus bolak balik telpon bni life untuk memastikan pengembalian dana saya. Dana sudah dikembalikan setelah menunggu 15 hari kerja meskipun tidak penuh semua dikembalikan.

      • kalo boleh tau gimana cranya kak, soalnya sya uda tlvon bni lifenya katanya uda gabisa di kembalikan?

Penulis
eko agus