Surat Pembaca

Bagaimana Cara Mengamankan Data Kontak dari Aplikasi Pinjaman Online?

Mohon maaf, bila ada pembaca yang mengerti tentang aplikasi, software atau sejenisnya, mohon dengan sangat supaya meluangkan waktu merespon. Dan sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Saya salah satu pengguna aplikasi pinjaman dana online, tapi benar-benar luar biasa, aplikasi semacam ini jika kita terlambat membayar sehari dua hari saja kontak saya langsung ditelepon. Sebagian orang menyangka bahwa saya mencantumkan nomor dia sebagai kontak darurat saat meminjam. Yang paling parah ada yang menuduh bahwa saya menggunakan data dia saat meminjam… ?

Mohon pencerahan pembaca sekalian, bagaimana mengamankan data kontak kita? Karena saya sudah terlanjur pinjam. Saya bukan tidak mau bayar, hanya minta waktu saja. Dan data saya selama ini hanya ada di kontak SIM dan juga perangkat (hp) tidak sinkron ke Google.

Terima kasih.

Nhurul Rahmawati
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Apabila dari pemerintah tak ada yg menaggapi mendingan kita sendiri aja yg bergerak melalui jalur hukum atau bagaimana lah kita bikin perkumpulan

  • Untuk admin, Mohon joint ke grup. Ini no hp saya
    089695507566 WA

  • Untuk teman2 semua,
    Saya sudah melaporkan hal ini ke OJK, namun ga duna karena beberapa fintech tdk terdaftar dan mereka lepas tangan begitu saja.
    Bahkan yang terdaftar pun tidak bisa mereka tindak.
    Saya juga sudah berkoordinasi dengan LBH Jakarta berikut seorang lawyer untuk menuntut perusahaan V Loan, Rupiah Plus dan Dana Rupiah.

    Jika teman-teman tidak keberatan, mungkin kita bisa bersama2 ke Bareskrim untuk melaporkan perusahaan fintech yang nakal seperti ini.

    Kita atur waktu dan tempatnya kapan yuk..

    Tapi yang pasti kita harus saweran ya, karena pasti ada biaya dr pihak kepolisian.

    Ditunggu tanggapan dari temen2 semua.

      • Ayo mas, kita atur secepatnya biar ga semakin barbar mereka.
        Mungkin untuk pembuatan group WA di japri ke email aja gimana? Karena kuatir nomor2 kita disini nanti dicatat sm collection si fintech. Mereka ga respon bukan berarti ga baca masalah2 ini.

        Email saya : dodovief@gmail.com

        Ayo teman2, kita bergerak, jadi ga kesel dan ngedumel sendiri dipermalukan dan dilecehkan oleh rentenir2 ini.

        • boleh sekali mba dona, mari kita buat grup untuk memberantas lingkaran setan itu

        • Dear Mba Donna
          mau tanya apakah kasus ini sudah ada kelanjutannya ? maaf saya baru baca permasalahan ini
          setelah saya juga ada kendala, mohon infonya ya mba

          • Mohon tindaklanjuti aplikasi digi dana meneror smua kontak yg ada di hp sya..

    • saya setuju mba, karena sangat merugikan. Saya bersedia mba, karena masalah ini saya jadi malu oleh atasan saya

    • Setuju mba....kta mau saweran klo bisa hari minggu biar pada kumpul...bikin group wa dan ini no hp saya 081212931268...minta bntuan pakde jokowi jg mba biar di tutup aja

    • Mbak aq ikut dong..udh terjerat pinjol rentenir parah banget. Ini no saya 0878848878**

  • setuju saya jg saya punya bbrp aplikasi pinjaman oline awalnya saya lancar aja bayarnya g ada kendala semenjak saya dmutasi kerja di kota kecil gaji saya perbulan sudah berbeda dgn kota besar yg pertama itu, dr sini saya mulai g bs bayar lg sampe saya pusing mereka tlp ke beberapa kontak bahkan ke kantor saya malu sekali teman2 saya mengetahui masalah ini, klo ada kita bkin grup aja saya setuju. saya ttp mau bayar kok cm tidak dengan cara seperti itu..

  • Saya pernah dibuatkan grub juga...semua kontak di masukan ada foto saya....parahnya lagi kata2nya jelekin qta...malunya ya allah....

  • Hallo semua saya baru di forum ini.
    Saya jg mengalami hal tersebut dengan aplikasi uang cepat.
    Saya diancam, dihina, dll.
    Agak terganggu bgt.
    Ini saya lg di wa sm depkoletor dari uang cepat, dan isi WA nya mengancam mau menyebarkan photo saya di media sosial dan wa semua nomer hp kontak saya.

  • Adakah yang tetap tdk bayar ?? Dan sampai skrg bagaimana teror nya ?? Pernah baca katanya root hp bisa menghentikan sadapan hp ? Benarkah ?

    • Sekalian k kopi jon jg yuk mba...minta bantuan bang hotma yg baik hati...kita semua uda gk kuat...

  • Saya sampai sekarang belum bisa bayar.... Soal di telpon tdak pernah dengar krn saya pakai aplikasi...yg ndak mungkin tlp saya dan saya coba di andro dengan memakai aplikasi yg kemungkinan tdak bisa kirim2 kenomor lain yg ada di kontak andro. Dan itupun sy ada 3 aplikasi yg buat protek data contak sy kayak e sih berhasil... Selama ini belum ada teman yg buat sampaikan kalau ada tagihan dan foto saya....

    • Pakai apa om ? Saya hanya pakai block kontak tdk di kenal e, tp kontak kontak yg pernah saya cantumin saat daftar seperti suami mulai di sms

      • Hapus kontak yg ada di sim card ataupun di google
        Lalu setting ke pengaturan awal ( pabrik )
        Ini meminimalisir rekam jejak aplikasi untuk mengola data kita lagi.

    • boleh tau aplikasinya untuk protek data kontak bro..kasus kita samaan bro