Pelayanan Purna Jual Apartemen The Accent Bintaro Jaya Sangat Buruk

Nama saya Putro Widodojati, saya ingin menyampaikan keluhan kepada PT Jaya Real Property, Tbk., selaku pengembang dari apartemen The Accent Bintaro Jaya. Keluhan saya berupa ketidakjelasan dan keterlambatan pengelola The Accent dalam penanganan kebocoran di unit apartemen saya.

Serah terima unit dilakukan pada tanggal 2 Februari 2018. Pada saat itu posisi saya sudah tahu bahwa unit saya memang bocor di area kamar tidur. Pada saat itu saya sudah mengajukan untuk dilakukan perbaikan terlebih dahulu baru dilakukan serah terima, akan tetapi dari pihak developer berkata bahwa perbaikan unit baru akan dilakukan setelah serah terima dengan nama “garansi perbaikan” selama 90 hari. Saya sudah merasa tidak enak dan memaksakan agar dilakukan perbaikan terlebih dahulu, namun pihak developer berkata bahwa kebijakan perusahaan tidak bisa diubah. Perbaikan dijanjikan akan beres dalam 2-3 minggu, tapi pada kenyataannya, perbaikan tidak kunjung usai sampai hari ini dengan berbagai alasan.

Fakta yang saya dapatkan di lapangan setelah diskusi dengan pihak developer dan pengelola The Accent adalah:

1. Kebocoran unit bukan karena ada masalah pada plumbing ataupun bocor dari kamar mandi unit atas.
2. Penyebab bocor adalah dinding precast pada tampak muka bangunan dan dak beton pada rooftop ada sambungannya yang retak. Kebocoran ini berarti bersifat struktural, dan menurut pengalaman saya sebagai arsitek, akan lebih rentan untuk terulang lagi ke depannya.
3. Bentuk kebocoran di unit saya bukan berupa tetesan, bentuknya merupakan rembesan air pada plafond yang mengalir di dinding setiap terjadi hujan. Rembesan ini tidak bisa ditadahi dengan baskom seperti tetesan. Sehingga saya khawatir bila kebocoran ini terulang lagi ke depannya, akan ada furniture saya yang akan mengalami kerusakan.
4. Saya meminta kepada pihak developer untuk mengeluarkan surat jaminan bahwa mereka akan melakukan penggantian furniture saya yang rusak bila ke depannya ada kebocoran lagi dengan sebab dan posisi yang sama dengan kebocoran saat ini.

Pihak developer akhirnya menjanjikan bahwa pada minggu awal Mei, unit sudah bisa saya tempati. Lalu pada tanggal 11 Mei 2018 saya mendapat kabar bahwa unit saya sudah tidak bocor lagi. Akan tetapi perbaikan plafond dan dinding yang rusak baru akan selesai pada minggu akhir Mei. Dan mereka hanya bisa memberikan garansi perbaikan bila kebocoran terjadi lagi. Ini jelas tidak sesuai dengan permintaan saya akan garansi penggantian kerusakan furniture bila ada kebocoran lagi.

Saya merasa sangat dirugikan sebagai customer. Pernyataan dari pihak developer mengimplikasikan bahwa mereka tidak mau bertanggung jawab penuh bila kasus ini terulang lagi, dan akan melimpahkan imbas dari kebocoran (kerusakan pada furniture) tersebut ke customer. Yang saya terima selama ini hanya janji perbaikan yang selalu terlambat dan ketidakpastian akan permintaan surat jaminan tersebut, posisi saya sebagai customer jelas lebih lemah disini, dan surat jaminan tersebut adalah satu-satunya pegangan saya sebagai bentuk perlindungan ke depannya.

Dengan surat keluhan ini, pada kesimpulannya saya sangat tidak merekomendasikan kepada orang-orang yang membaca artikel ini untuk membeli apartemen The Accent Bintaro Jaya. Semoga tidak ada lagi customer yang terjebak membeli unit cacat dan terperangkap kasus seperti saya lagi ke depannya.

Terima kasih.

Putro Widodojati
Tangerang Selatan – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: