Surat Pembaca

Penagihan Pinjaman Online DanaRupiah Melanggar Privasi

Saya ada pengalaman dengan salah satu pinjaman online DanaRupiah, yang mana mereka mengirim SMS ke teman-teman saya untuk menagih pembayaran. Dan itu sangat memalukan. Pada saat awal kita apply melalui aplikasi tersebut memang diminta untuk mensinkronkan handphone. Tetapi kita tidak mengetahui kalau ternyata itu adalah dipakai untuk menagih tagihan kita. Tidak ada perjanjian sah dalam hutang piutang tersebut karena kita tidak pernah menandatangani perjanjian tersebut.

Buat rekan-rekan yang ingin ikut bergabung untuk melaporkan sejumlah fintech-fintech yang meresahkan, silakan komentar karena kita sedang mengumpulkan bukti-bukti untuk segera melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Terima kasih.

Vhina
0812985000**
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DanaRupiah atas Surat Ibu Vhina

Menanggapi keluhan Ibu Vhina di Redaksi Media Konsumen tanggal 23 Mei 2018 dengan judul “Penagihan Pinjaman Online DanaRupiah Melanggar Privasi”...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Bener cara nagih ny g sopan kata" ny kasar dn gtau waktu nagih ny.. yg punya hutang siapa yg d telponin siapa smpe" tau no wa saya.. pdhl yg punya utang bukan saya..semua kontak d hubungi bikin malu.. lagian bunganya g kira" awal ny iya berguna membantu org mslh duit telat sdikit mlah nyekik.. mn ngncem" kt" ny g sopan.. ky preman pasar yg malak..

  • Sya juga walaupn bayar nya selalu Tepat waktu bahkan tak pernah telat tau" aplikasi sya tidak bisa di gunakan lagi sehingga saat ini sya mempunyai hutang ke dana rupiah

  • Sama saya juga blom bisa bayar dana rupiah udh diancem2 mao sebarin kontak,tiap hari kirim wa, saya juga ada aplikasi lain total 7 aplikasi tapi yg pake dana nya tmn saya, krn saya niag nolong tpi saya yg kena getahnya tiap hari diancam dimaki2 saya kesel akhirnya ga pernah angkat tlp dri nomer2 ga jelas cuma ya gtu privasi kita jdi diacak2 sbnernya pencurian data itu dan harus dilaporin ke polisi bagian cyber crime krn diaplikasi perjanjian gda tanda tangan kita dan ga hitam diatas putih

  • sy sudah bayar sebelum jatuh tempo tapi di aplikasi masih muncul tagihan.Sudah complain ke CS tapi tetap msh ada tagihan malah kena denda.Sudah ditelpon collector ny katanya mungkin sistemnya lg error..kok aneh sekali...bingung mau laporin ke siapa ya takutnya malah diteror dan sms ke kontak hp sy bisa bikin malu..padahal sy sudah bayar

  • Saya juga korban pelanggaran privasi danarupiah, DC tiba-tiba telepon teman saya dan minta teman saya untuk menagih ke saya, DC ini juga bilang bahwa saya menjaminkan KTP dan KK teman saya. Padahal saya tidak pernah menjaminkan data2 teman maupun keluarga. DanaRupiah melanggar privasi dengan mengambil data kontak kita (bukan data kontak darurat). Mencemarkan nama baik, mengancam saya, keluarga dan teman, menyebarkan berita bohong (bahwa saya menjaminkan KTP dan KK teman saya), yg menyebabkan hubungan saya dan teman saya tidak baik.
    Kalo begini, misal saya bayar lunas sekarang, DanaRupiah sanggup ndak telpon teman2 dan keluarga saya memperbaiki nama baik saya lagi?
    Sangat mencemaskan. Mohon bantuan untuk kasus ini.

  • Saya juga merasakan hal yg sama. Padahal saya baru kali ini terlambat di dana rupiah. Saya selalu respon untuk membalas WA dan itikad baik untuk mencicil pembayaran krn kondisi saya sedang di rs. Namun dana rupiah tetap mengancam untuk menyebarkan sms melalui teman2, saudara dan kontak yg ada di hp saya. Saya dilema mau bayar lunasin juga tidak ada uang dgn kondisi seperti ini. Dan beritikad baik pun tetap di ancam. Bahkan mau di laporkan kepolisi dibawa kerumah saya untuk menyeret saya ke ke kepolisian. Meresahkan mohon bantuannya masalah ini.

    • Ini sama kya sya skrg..sya oprasi caesar n lahirn prematur.jd smua dana kpke kan.ga bs byr dlu k dana rp.nunggak ud 5 hrian.ud blg tnggu gajian bru bs kbyr krn dana yg ad kpke smua.wa pk ancem2 blg mw krm org k rmh n dmnpun sya brada.n blg oprasi urusan sya mrk ga mw tw.laah iya emng oprasi urusan sya kn ud blg byr pas gjian.pk blg ga ad itikad baik buat byr.pdhl ga prnh telat sblm skrg.ampun n kapok ya kl tw gni

  • Saya saat ini juga mengalami nya seperti pinjaman kilat dan pinjaman flash.. saya diajarkan untuk berhutang ke teman atau rekan agar bisa melunasi dan diancam jika tidak dibayar akan disebarkan di internet bahwa saya penipu.
    Padahal saya jika saya tidak ada masalah keuangan saya juga tidak pernah bayar telat dan padahal itu sudah peminjaman ke 2. Saya diancam mau diseret dan diborgol sama pihak pinjaman kilat.. jika ingin melaporkan saya turut serta wa saya 081219058169

  • Waduh sama aq ada tunggakan di danarupiah tadinya 3.9..skrng udah 7 jtn..apa mereka.akan.datang ke rmh y

    • Ini serius 7jt sudah lunas blm ? Saya yg tagihannya 1,9 telat 5hari aj udh diancam mau datang ke rumah. Padahal ini pinjaman ke 3 sebelumnya tidak pernah telat hanya baru kali ini saja.

    • Sama saya juga belum bisa bayar.padahal sebelumnya saya tidak pernah telat.baru x ini telat.karena memang banyak sekali keperluan.anak sekolah.br terlambat 2hr sudah di wa ancam ancam akan sebar seluruh kontak.ga sopan!! Hei itu privacy..pencurian data itu nmnya.sekarang tunggakan saya dah lbh dr 15hari.bunga besar.pasti di bayar..walaupin dengan bunga.tp kl belum ada mau bayar pake apa?daun?ga usah telp kontak yamg ada.dan membuat pencemaran nama baik.kecuali kita pinjam puluhan juta.atau ratusan.ini pinjam 1juta ga dpt full udh di ancem ancem.