Transfer BNI Gagal tapi Saldo Terdebet

Saya pengguna loyal bank BNI, melakukan transaksi transfer antar bank via mobile banking pada tanggal 11 Mei 2018 pagi hari sebesar Rp6.257.226. Pada saat proses tiba-tiba koneksi terputus dan diminta cek mutasi, tetapi langsung saya ketik ulang password agar proses ulang karena sedang dibutuhkan segera di pihak sana. Kemudian yang kedua kalinya berhasil. Setelah transaksi, saya mengecek mutasi rekening, kaget sekali karena terdebet 2 kali dengan jumlah yang sama beserta biaya admin 2 kali padahal saya menerima email laporan internet banking bahwa transaksi pertama GAGAL .

Saya mengecek antar bank tujuan dan di sana melaporkan dan print buku tabungan hanya menerima transferan dari saya sekali. Sore hari sekitar pkl.15.30-an saya sudah berada di bank cabang pembantu terdekat untuk membuat laporan. Dan dijanjikan oleh Customer Service proses bisa sehari dua hari namun estimasi maksimal 14 hari kerja.

Sesampainya di rumah saya ingat tidak meminta no tiket pengaduan untuk cek ulang status laporan, kemudian saya hubungi BNI CALL 1500046 dan dibuatkan laporan karena laporan di bank cabang belum diinput di sistem BNI dengan note *sudah melapor di bank cabang juga, agar tidak dobel laporan. Janji lisan yang sama juga dari call officer bahwa estimasi proses selama 14 hari .

Berhubung saldo yang tersisa sedikit sekali saya bolak-balik menelpon BNI Call dengan harapan proses dipercepat. Jawaban yang selalu sama dengan janji lisan estimasi 14 hari dan berakhir tanggal 31 Mei 2018. Sampai hari ini tanggal 01 Juni 2018 saya cek online rekening tabungan masih juga belum bertambah, alias belum di refund dari pihak BNI. Saya mencoba menghubungi BNI Call namun selalu dalam antrian telepon sehingga belum berhasil berbicara dengan call officer.

Bagaimana pihak BNI ini terkesan menyepelekan dan lama prosesnya. Sedangkan nasabah di sini sudah sangat membutuhkan dana sendiri yang tertahan BNI. Untuk informasi, saya sedang hamil dan sangat membutuhkan untuk biaya periksa setiap bulan, dll. Dana tsb sebagian baru cair dari program Tapenas tanggal 1 Mei malah sudah mengalami masalah dari sistem BNI sendiri tanggal 11 Mei, nasabah yang dirugikan. Mengirim email pun hanya autoreply yang saya terima. Mudah2an pihak BNI merespon keluhan saya. Terima kasih.

#ATM #BankBNI #BNI #LayananLambat

Astriyani
Bumiayu-Brebes, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank BNI atas Surat Ibu Astriyani

Menanggapi keluhan Ibu Astriyani di media online www.mediakonsumen.com pada tanggal 1 Juni 2018 dengan judul “Transfer BNI Gagal tapi Saldo...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Transfer BNI Gagal tapi Saldo Terdebet

  • 1 Juni 2018 - (16:56 WIB)
    Permalink

    Mba Astriyani #BankBNI sekarang sudah mengalami penurunan kualitas pelayanan. Itu terbukti dari banyaknya pengaduan yg masuk ke sosmes termaksuk saya tgl 28 Mei 2018 yg lalu.

    Saya berharap uang yg saya transfer ke orang tua di kampung untuk kebutuhan sehari2, ternyata harus bersarang di jaringan BNI yg prosesnya 14 hari kerja. BNI Sudah mengalami penurunan kualitas pelayanan, setiap bulan puasa selalu meningkat keluhan dari customer.

    Saya berharap BNI Group bisa belajar dari kejadian tahunan ini, dan segera di percepat proses refound refound yg menggantung.

    Saya sangat sudah kecewa dengan BNI,Dan memutuskan untuk tidak kerjasama lagi dengan BNI #Close ##stop #2018gantirekbnikeyglain

    • 1 Juni 2018 - (21:56 WIB)
      Permalink

      Kudu sabar kayaknya kak, mau ngeluh berapa kali juga jarang beruntung . Tapi aku baru tauk nih dana di BRI yg saya transferi itu kan rekening suamiku, tiba2 bertambah saldo kurang lebih sebesar jumlah yang saya transfer, tapi gak tau kapan bertambahnya, padahal pake no hp saya hahaha biasanlah sekedar untuk cek keluar masuknya aja, tapi gak ada notif kreditnya untuk uang jumlah itu , padahal juga saya udah bolak balik telepon tapi jawabannya cuma masih dalam proses gak dijelaskan kalo sistemnya akan di teruskan transfer ke rekening tujuan, untung punya suami sendiri bisa di cek kapan aja, coba kalo tujuan transfer orglain belum tentu mau balikin toh logikanya transaksi gagal pasti diulangi transfer ulang , logikanya juga krn status gagal aku pikir pasti di refund ke rekening BNI saya bukannya diteruskan transfer ke rekening tujuan . Jadi kakak monggo tajin cek rekening tujuan transfernya , semoga membantu . Saya sm suami juga mau print out butab inshaalloh Senen biar jelas apa betul uang saya sudah kembali karena gak ada pemberitahuan resmi dari pihak BNI , kalo pengalaman dulu pernah bermasalah kan saya dapat telepon bahwa uang saya sudah dikembalikan .

    • 2 Oktober 2019 - (11:38 WIB)
      Permalink

      saya juga pd tgl 29 septmeber gagal tf saat itu saya tf BNi ke BRI mengunakan mesin atm bri tp saat itu loading lma skli jd sya cancel 2x trnyta saya cek saldo terpotong tapi uang tdk masuk ,besokny saya lpor ke bank BNI trdekat CS blg 18 hri krja tdk trmasuk sbtu dn mggu ,jd klu dihtg sbtu dan mggu hmpir 1 bln dan itu nti entah bisa lgsg masuk tdk pada tgl yg dijnjikan oleh pihal BNI 3sep-24okt ,shrsnya pihak bank lbh cpt untuk mengmblikan dana nasbahnya krna dana itu urgent..saya sdg mnggu tgl 24okt jika tdk msuk kta CS disuruh dtg ke bank lagi saya sgt brhrp pihak bank lbh cpt lagi untuk mslh ini krna bnyak skli keluhan tntg mslh ini stlh sya bca di sni ,pihak bri pun tidk bs berbuat apa2 krna pihak bri hnya penerima ..semoga cpt terselesaikn dan dana nya dlm wktu cpt dikmblikan,klu ngmongin kecewa ya saya sangt kecewa krna uang itu akan sya tf ke ortu saya
      smga pihak bank cpt menyelesaikan

  • 1 Juni 2018 - (19:35 WIB)
    Permalink

    kan aku pake atm bri,terus krn atm bri jauh dn sya buru2 mau narik uang jd sya ke atm bni,pas sya melakukan transaksi penarikan sya lgsng tekan ajah yg 1,250..udah nunggu lama tiba2 yg mncul maaf sistem gagal.yaudah aku plg ajah,pas nyampe drmh ada sms banking kalo penarikan uang 1,250 berhasil..mhon info dong aku gk tau harus gmna nihh..saldo berkurang tp uang gk kluar..

    • 1 Juni 2018 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Kalo seperti itu kk selaku nasabah BRI segera melapor ke BRI kak, nanti pihak sana akan membantu check , saya juga pernah dulu mengalami hal uang sama tarik tunai BNI di mesin atm apa lupa deh uang gak keluar saldo terpotong tapi bisa diurus kok alhamdulillah kudu sabar 14 hr .

  • 2 Juni 2018 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Saya kecewa sama call center BNI apa mungkin ini jadi membuka kesempatan peluang untuk orang bisa melakukan penipuan..
    Saya habis kena tipu kirim uang 2 kali transaksi total 4 jta.
    Saya dri kmrin mau konfirmasi masalah ini tapi dri call centernya susah di hubungi.. sampai sekarang.
    Sampai saya bingung karena melakukan transaksi pas bertepatan tanggal merah 1 juni 2018.
    Padahal saya konfirmasi ke rekening Bank Milik saya sudah ada tinggal dari bank BNI nya ini..

    • 8 Juni 2018 - (17:42 WIB)
      Permalink

      iya memang kalo udah niat nipu biasanya mnta segera tf pas sore hati atau hari libur krn mereka tau kita gak berdaya klaim ke kantor cabang. Bni call memang sibuk sejak akhir Mei kak . Tapi sepatutnya dicoba aja segera melapor di kantor cabang seceoatnua nanti dibantu sama pihak bank agar memblock rekening tujuan yg terduga oenipuan asal smua bukti kk punya .

  • 16 November 2018 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Maaf bu Astriyani, saya mengalami masalah yg sama dgn Ibu, saya ingin menanyakan apakah uangnya di refund? Terima kasih

  • 23 Maret 2019 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Hal serupa terjadi jg pada saya, tanggal 23 Maret 2019,
    Saya hendak transfer sebesar 9 jt, untuk bantu kakak saya biaya lahiran.. Dari rekening BNI ke Mandiri dan tertulis gagal, coba beberapa saat lagi
    Otomatis kemudian saya ulang, karena memang urgent hingga beberapa kali dan terakhir ada tulisan saldo anda tidak mencukupi..
    Dengan jantung berdebar langsung saya cek mutasi rekening.. disitu tertulis saya telah melakukan transfer sebanyak 3x sebesar 9jt dan juga ada biaya potongan untuk transfer antar bank 3x.
    Karena yg saya transfer kakak saya sendiri, saya langsung coba hubungi dia, dan ternyata tidak ada saldo masuk, walopun di mutasi rekening saya tertulis berhasil, dia pun jg mengirim pritn screen mutasi rekeningnya ke saya..
    Alangkah terkejutnya saya, langsung saya call 1500046 saya jelaskan panjang lebar, kemudian diberi nomor laporan pengaduan, dan diinfokan agar menunggu 14 hari kerja..
    Mohon BNI agar segera ditindak lanjuti.. karena kebutuhan uangnya urgent, sekiranya karena sistem, mohon segera dibenahi, agar tidak terjadi hal2 seperti ini ke orang-orang lain.

  • 25 April 2019 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum mba, saya bingung nih, baca komen2nya sepertinya sama seperti kejadian yang baru saya alami, tapi benarkah uang kita selama 14 hari akan kembali..

    • 5 Agustus 2020 - (20:52 WIB)
      Permalink

      Sy jg ngalamin hal yg sama td pagi sy tranfer dr bni ke bri…tiba2 gagal dan uang saya berkurang 5 jt di rekening bni …sy tlp katanya 14 hari kerja…benarkah bisa di kembalikan 14 hari kerja . Kejadian tgl 5 agustus 2020 hari selasa.

  • 26 April 2019 - (08:26 WIB)
    Permalink

    saya sudah 2 bulan uang tidak kembali ke saldo pak..transfer dari BNI ke BRI saldo terdebet tapi tidak masuk ke BRI nya,SUDAH berulang kli telpon ke CS BNI jawaban nya di bolak balik ga karuan…sampe sekarang uang tidak di kembalikan pak..kapok nabung di BNI LAGI

  • 4 Oktober 2019 - (09:48 WIB)
    Permalink

    allhamdulillah udah masuk kmbli uangny tidak sampai 18 hari kerja terimakash pada pihak bank BNI yg cpt menyelesaikanya

  • 25 November 2019 - (11:09 WIB)
    Permalink

    saya mengalami hal yang sama, melakukan transfer tanggal 1 November, terus lapor ke CS di beri tenggang waktu 14 hari kerja , sampai sekarang tanggal 25 jawabannya masih dalam proses dan di suruh bersabar, tolong pada pihak terkait untuk membenahi sistem perbankannya karena ternyata laporan dengan kasus yang sama kerap terjadi, dan sy mengalaminya dua kali, klo yang sebelumnya selesai dalam tenggang waktu yang di janjikan, yang sekarang ini sudah 25 hari masih dalam proses, saya jadi ngeri ada yang sampai 2 bulan masih harus bersabar, waduhhhhhh gimana nih ?????

  • 25 November 2019 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Ini bank nya bersaing kinerja jelek2an dengan app dompet digital, atau dompet digital (yang sering error waktu transfer juga) nya yang jadi bisa kasih alasan: tuh kan, kinerja saya ini “setara” lho dengan app resmi dari bank milik negara, jadi elu2 kalo protes ke gw jangan terlalu ngegas lah, ini SUDAH SESUAI STANDAR BANK NEGARA lho, baik error-nya maupun lamanya proses mengembalikan duit.

    wkwkwkwk LOL tepok jidat.
    Heran, sebetulnya di negara ini buka bank, bikin app, bikin dompet digital, ada standardisasi kualitas atau tidak sih?

  • 22 Februari 2020 - (16:46 WIB)
    Permalink

    Hari ini saya 3 kali transfer dan semuanya gagal serta saldo terpotong, sebenarnya saya ingin coba 10 kali agar bisa viral tapi urung saya lakukan karena masih kasihan dgn Bank BNI. Para nasabah harus akui kejadian buruk dan tolol ini masih saja terjadi sampai kedepannya sebab kualitas buruk dan sangat tidak profesionalnya Bank BNI. Mereka tidak pernah belajar samasekali dari satu kesalahan ini, alasannya yg dibuat2 hanya ditujukan kepada pihak perantara antara Bank BNI dgn pihak Bank tujuan.

  • 6 Juni 2020 - (01:37 WIB)
    Permalink

    Malam ini tgl 5 Juni 2020 pukul 23.31 saya nasabah BNI juga mengalami hal yg sama, saat saya transaksi ke bank bca (via m-banking). Saat melakukan transfer koneksi tiba-tiba tersendat dan saya harus memasukan password ulang, disaat memasukan password saldo terpotong namun transaksi tdk sampai ke bank tujuan (BCA). Alhasil di bukti transfer tidak ada notif transaksi, malam ini langsung saya tlpn BNI sampai pulsa habis jawaban dari call center “telepon antrian”. Saya merasa kecewa karena transaksi ini menyangkut Lelang yg saya ikuti. Sehingga transaksi lelang saya runyam. Mohon dengan sangat kepada pihak BNI agar memberikan solusi terkait hal semacam ini, karena setelah saya review hal semacam ini sudah sejak lama, dan bagaimana tanggapan tentang saldo saya yg telah terpotong BNI?

  • 8 Desember 2020 - (00:36 WIB)
    Permalink

    Malem bos kuh,,,ikut berpartisipasi,,,saya bengguna bni sejak thn 2017.
    Dari thn itu memang saya senang menggunakan atm bni,untuk m banking atau pun lewat atm langsung.
    Sempet sih dulu saldo atm tiba” berkurang sendiri,tapi saya pikir ah mungkin sudah tak ambil.
    Ternyata setelah beberapa hari,,ada sms dari bni bahwa ada sms tranfer dengan resi 00000000
    .saya seneng uang saya kembali

    Namun di thn ini pas thn susah cari uang,,,saya dapet tranferan uang
    Namun dari pihak yang tranfer katanya status tranfer (dugaan)
    Apakah status di atas bisa lebih lama,atau lebih cepet dari cs yang saya hubingi via bni yang berkisar 14 hari kerja,,mohon untuk ,temen saudara di kasih pencerahan..trimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Transfer BNI Gagal tapi Saldo Terdebet

oleh Astriyani dibaca dalam: 1 menit
20