Paket JNE YES dan Reguler yang Bermasalah

Yth. Redaksi Media Konsumen,

Saya melakukan 2 pembelian dari Tokopedia pada tanggal 30 Mei 2018. Keduanya menggunakan JNE sebagai kurir pengiriman. Invoice pertama nomor INV/20180530/XVIII/V/16676741, paket diserahkan ke pihak JNE oleh penjual tanggal 31 Mei 2018 dengan nomor resi: 020100086541018, menggunakan JNE YES dan tiba di tempat saya pada tanggal 4 Juni 2018.

Invoice kedua nomor INV/20180530/XVIII/V/166365993, paket diserahkan ke pihak JNE oleh penjual tanggal 1 Juni 2018, nomor resi: 120170326199818. Berdasarkan data tracking dari sistem Tokopedia, paket sudah tiba di cabang Cipondoh – Tangerang tanggal 2 Juni 2018 dan hingga kini masih belum terkirim ke saya.

Call center JNE yang susah payah saya hubungi, karena line selalu sibuk, pun tidak bisa memastikan kapan akan dikirim paket tersebut ke tempat saya. Mereka hanya bisa menjanjikan untuk menyampaikan laporan ke pihak terkait, tanpa bisa memberikan nomor laporan dikarenakan sistem JNE sedang error.

Sebagai info, paket yang saya tunggu adalah 60 set koko yang akan dibagikan customer dan karyawan sebelum libur lebaran hari Sabtu 9 Juni 2018 besok. Jika paket tiba pada saat liburan, mubazirlah baju-baju tersebut dibeli.

Saya sesalkan pihak Tokopedia yang selama ini selalu menyediakan sarana untuk memberikan rating, baik untuk penjual dan customer, namun tidak pernah menyediakan sarana untuk memberikan rating untuk kurir pengiriman. Tujuannya tentu untuk menyeleksi hanya kurir yang kredibel yang bisa menjadi rekanan Tokopedia. Selain itu supaya pihak kurir bisa intropeksi atas buruk/baiknya pelayanan mereka terhadap konsumen.

Saya juga mempertanyakan apa penalti dari Tokopedia ke pihak kurir yang sudah menjanjikan service overnight dan reguler (2-3 hari) namun paket tidak bisa terkirim sesuai janji mereka?

Untuk konsumen yang dirugikan atas kelalaian JNE, apa ganti rugi dari pihak JNE jika barang tersebut tidak tiba sesuai waktu yang sudah ditentukan? Apakah cukup hanya ucapan maaf seperti yang selama ini mereka lakukan? JNE berani menentukan tarif tapi tidak berani menghadapi resiko ganti rugi ke customer?

Dalam waktu yang sama 2 transaksi pembelian saya yang menggunakan jasa pengiriman JNE YES dan Reguler bermasalah di waktu pengiriman.

Di lain kesempatan saya akan berpikir berkali-kali utk menggunakan Jasa Pengiriman JNE yang sangat tidak kredibel tersebut.

Hormat saya,

Ingrid Tanti
Tangerang – Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE atas Surat Ibu Ingrid Tanti

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 08 Juni 2017 berjudul “Paket JNE YES dan Reguler...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Paket JNE YES dan Reguler yang Bermasalah

  • 8 Juni 2018 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Sama nih Bu
    Saya juga pesan barang dari Tokopedia. Kirim dari Jakarta ke Jakarta sudah 2 minggu tidak sampai. Hanya disuruh tunggu oleh pihak JNE.
    Sampai bingung saya harus protes ke siapa lagi. Berkali-kali komplain, tidak ada kejelasan apakah barang sudah dikirim ulang atau belum

    • 8 Juni 2018 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Yah, beginilah nasib customer di sini. Pemerintah kurang mengeluarkan regulasi utk melindungi hak customer yg dilanggar oleh penyedia jasa dalam hal ini kurir pengiriman.
      Seandainya dibuat sistem penalti hingga sanksi pembekuan ijin usaha bagi kurir pengiriman yang tidak tepat wkt dlm mengirim paket, pastilah cerita yang kita alami tidak akan sering muncul di media konsumen spt yg skrg terjadi.

  • 18 Januari 2019 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Saya juga paket saya ada 11 di jne, lainnya ketahan di jakarta ga gerak sama sekali, 4 di toped sisanya di lazada. Malah bbrapa paket udah sebulan ga nyampe2, saya di pedalaman papua juga kesulitan apalg bbrp barang itu jualan dan ongkir mahal juga. Gada jawaban yg memuaskan dari cs jne.

  • 9 Mei 2020 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Samaa, saya jugaa pke paket YES tapi ga sampai sampai

    Terus yang paket satunya minta di return malah sampe. Padhal minta returnnya di hari yg sama dan paginya CS nya balas. Bilangnya bakal di return tapi taunya sampai….

    Giliran paket yg YES ga sampe2

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Paket JNE YES dan Reguler yang Bermasalah

oleh Ingrid Tanti dibaca dalam: 1 menit
4