Surat Pembaca

Proses Penutupan Kartu Kredit DBS (Eks ANZ) Terlalu Lama dan Muncul Tagihan Baru

Dear Bank DBS,

Saya adalah nasabah kartu kredit ANZ, yang sekarang sudah dialihkan ke Bank DBS. Kartu saya ANZ Titanium Master Card dengan no 5410-70**-****-3890 (nomor lengkap ada pada redaksi).

Saya melakukan penutupan kartu pada 15 Maret 2018 dibantu oleh Sdr. Jefri no laporan 201803151663 dan sudah dikonfirmasi bahwa sudah dibuatkan laporan penutupan kartu. Semua tagihan sudah dibayar dan tidak ada tagihan sisa. CS memastikan tidak akan muncul tagihan lagi bulan depan dan kartu diminta untuk digunting.

Pada bulan April ternyata muncul tagihan iuran tahunan, sehingga saya beberapa kali kembali menelepon call center DBS dengan rincian sbb:

  • 20 April 18 oleh Riyadi no 20180424006603
  • 7 Mei 18 oleh Yanti no 2018050700045
  • 24 Mei 18 oleh Upin no 20180524014865
  • 30 Mei 18 oleh Nadia no 20180530001042
  • 7 Juni 18 oleh Adel no 20180607000246

Semua CS hanya membantu membuatkan laporan dan tidak dapat memberi solusi lebih lanjut. Saya sebagai konsumen sudah banyak mencurahkan waktu,tenaga, pulsa untuk proses ini. Tolong meski saya konsumen biasa tetapi diperhatikan karena nanti BI checking saya akan ikut terpengaruh menjadi kurang baik.

Arie Patramanda
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mirip saya. Tidak bisa tutup kartu DBS ex ANZ gara-gara kelebihan uang. Kalau ada tagihan memang gak bisa ditutup, ini saya ada kelebihan uang masa gak bisa tutup dan harus di nolkan. AKhirnya mereka minta no rekening BCA saya, katanya mau transfer kelebihan uang. Katanya setelah tagihan nol kartu akan blokir permanen.
    Apa yang terjadi? mereka memang mentransfer uang kelebihan saya, tapi transfernya dilebihkan 9.000. Akhirnya ditagihan bulan berikutnya muncullah angka 9.000 itu. Dan kartu kredit tidak bisa ditutup lagi, harus di nolkan. Ini kan modus, tujuannya apalagi kalau bukan annual fee.
    DBS menyulitkan nasabah yang mau nutup kartu.
    Untuk Pak Arie saya sarankan untuk dibayar saja annual fee nya daripada jadi beban mental dan pikiran. Sudah saya searching ternyata ada banyak nasabah DBS lain yang kesulitan menutup kartu kredit DBS nya. Kecuali bpk mau melapor ke OJK mungkin lebih baik.

    • Pak Anshar apa sudah selesai ditutupnya?
      Saat ini saya juga sedang mengurus menutup KK DBS eks ANZ ini..dan ada kesan yang kuat mereka mengada-ada untuk mempersulit penutupan ini
      Mungkin bisa di share pak pengalaman menutup kartu kredit ini disini
      Trims

      • Alhamdulillah sudah berhasil tutup pak. Pokoknya ikuti apa kata CS nya tapi jangan percaya begitu saja. Kadang mereka bilang sudah tutup dalam 1 minggu ke depan,, padahal ternyata belum ditutup oleh bagian penutupan kartu. Kalau kita acuh-acuh saja dan menganggap sudah tutup, maka tahun depan bisa kena annual fee. Ikuti proses sampai CC betul betul telah ditutup permanen. Jangan lupa minta dikirimkan bukti penutupan ke alamat rumah/kantor.

  • Betul, dbs memang bank TERBURUK!
    Saya mengalami hal yang sama:
    - pembayaran SEBELUM jatuh tempo, dikreditkan 12(DUA BELAS) HARI kemudian, jd timbul bunga+denda
    - krn kasus itu, semua tagihan saya lunasi (= sampai TIDAK ADA tagihan apa pun), ajaibnya 2(DUA)BULAN kemudian dari kartu yg sudah DITUTUP bisa muncul annual fee!
    Sampai sekarang hampir 3 BULAN, masih TIDAK DITUNTASKAN oleh dbs :-(
    Bank asing yang parahhh!

  • Saya tdk menerima kartu ex ANZ hingga 6 bulan. Pulsa habis ratusan ribu krn berkali-kali telepon. Sy bilang dy msu tutup. Percakapan jg sy rekam di HP. Sy katakan kl tdk diproses sy tdk mau bayar annual fee yg muncul dan akan sy laporkan beserta bukti percakapan. Barulah mereka proses. Kapok dgn DBS