Pengalaman Buruk Bersama Holiday Tour (PT Surya Cempaka Mulya)

Saya merencanakan liburan ke Singapura dan Malaysia pada libur Lebaran 2018. Karena saya mengajak orang tua yang sulit berjalan jauh dan tiga anak TK, maka saya mencari tour yang bisa menyediakan kendaraan antar jemput untuk 7 orang. Saya menemukan tour dengan paket ALL IN (tiket pesawat, hotel, tiket USS (universal studio) dan Legoland Johor) yaitu HOLIDAY TOUR alias PT. SURYA CEMPAKA MULYA, FB: www.facebook.com/paketwisataliburan1 .

Saya menghubungi marketing HOLIDAY TOUR yang tercantum di website paketwisataliburan.com yaitu Bpk. Anto (082110505766). Berikut kronologisnya:

Maret:
Tanggal 03 – Hubungi Bpk. Anto via WA untuk tanya-tanya paket dan deal harga.

Tanggal 09 – Transfer DP (sekitar 41% dari total biaya 6 pax) ke rekening Bank Mandiri 1250010381531, a.n. PT. Surya Cempaka Mulya. Saya nego kasih saya etiket pesawat 6 pax yang sudah dibayarkan baru saya transfer pelunasan nanti dan Bpk. Anto sudah Ok.

Tanggal 14 – Diinfokan hari terakhir ada half day city tour karena kita kembali ke Jakarta dengan penerbangan malam hari.

Tanggal 16 – Saya minta tambah 1 pax (anak) dengan negosiasi 1 kamar diberikan yang family room (5 pax) dan 1 kamar standard (2 pax) dan sudah OK oleh Bpk. Anto.

Tanggal 19 – Saya minta tiket masuk USS untuk 5 pax saja dan tiket masuk Lego land full untuk 7 pax dan sudah OK oleh Pak Anto.

Tanggal 29 Maret – 22 Mei saya rajin follow up untuk booking pesawat via telepon ke 021 8624928 dengan Ibu Lily (WA 081219465072) dan Ibu Cici.

Mei
Tanggal 23 – Etiket pesawat baru diemail padahal tanggal 15 Juni sudah mau terbang. Diemail dari tiketku1234@gmail.com

Tanggal 28 – Saya transfer pelunasan ke rekening Bank Mandiri 1250010381531, a.n. PT. Surya Cempaka Mulya.

Juni
Tanggal 13 – Baru dikasih etiket hotel padahal 2 hari lagi sudah tour dan TERNYATA kamar yang dibooking adalah 2 KAMAR STANDARD, bukan 1 kamar family + 1 kamar standard sesuai perjanjian tanggal 16 Maret. Bpk. Anto mengatakan bahwa dari pihak admin pesan sesuai paket bahwa anak-anak NO BED, jadi dianggap kami 4 adult tidur di dua kamar 2+2 pax. Ok saya mencoba mengalah.

Tanggal 14 – Saya hubungi Ibu Lily untuk minta etiket USS dan Lego land, dia jawab bahwa biasanya etiket akan diberikan oleh pihak driver ketika sampai di sana.

Tanggal 15 – Saya tiba di bandara Changi bertemu driver (Bpk. Nizam) dan beliau tidak tahu menahu soal etiket USS dan Lego land. Dan beliau juga tidak diperintahkan untuk membawa kami City Tour pada hari terakhir tanggal 18 Juni. Saya marah besar via WA ke Bpk. Anto dan beliau jawab etiket akan di WA malam ini dan baru dikasih jam 18.40, ternyata jumlah tiketnya 7 pax padahal saya cuma pesan 5 pax. Pak Anto revisi dan mengirimkan kembali tiket yang 5 pax.

Tanggal 15 – Saya tiba di hotel dan melihat betapa kecilnya Standard Room, kami harus tidur sempit-sempitan selama 3 malam.

Tanggal 16 – Etiket Lego land baru dikasih jam 21.50 malam, padahal besok sudah harus berangkat. Sungguh luar biasa cara kerjanya. DAN TERNYATA ITU HANYA 5 PAX, padahal kami 7 pax. Pak Anto minta maaf dan meminta saya untuk membeli dengan dana pribadi 2 tiket lagi dan nanti akan di-refund 1 juta rupiah. Akhirnya saya mengirim orang tua saya (2 pax) ke rumah teman yang ada di Johor dengan dana pribadi.

Tanggal 18 – Pukul 09.50 pagi diinfokan oleh Pak Anto bahwa ternyata mereka lupa memesan driver untuk City Tour setelah kami check out siang ini. Pak Anto meminta saya untuk City Tour sendiri dengan dana pribadi dan nanti akan di-refund 2 juta rupiah. SAYA MARAH BESAR dan meminta dia TRANSFER SEKARANG JUGA total refund 3 juta rupiah ke rekening saya dan dia menjawab OK OK tapi terus mengundur waktu dengan alasan kantor masih libur dan belum ada dana 3 juta.

Sampai saat ini tanggal 20 Juni 2018 pukul 12.00 siang dana refund masih belum ditransfer ke rekening saya. Jika nanti pihak HOLIDAY TOUR alias PT. SURYA CEMPAKA MULYA sudah melakukan transfer dana refund tersebut akan saya update kembali postingan ini.

Saya tidak ada maksud merusak nama baik PT. SURYA CEMPAKA MULYA, tapi saya hanya menceritakan pengalaman buruk saya bersama HOLIDAY TOUR JAKARTA. Semua kronologi di atas memiliki bukti WA dan email jika dibutuhkan.

Terima kasih.

Jimmy Lobianto
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Permasalahan Konsumen Holiday Tour Sudah Diselesaikan dengan Baik

Sebetulnya terjadi kesalahpahaman kami dalam booking tiket atraksi. Jumlah peserta 7 orang, tetapi tamu minta yang 2 orang tidak ikut USS...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Update 29 Juni 2018 = Dana 3jt sudah direfund oleh Pak Anto. Pihak Holiday minta maaf atas keterlambatan refund dikarenakan prosedur kantor yang membutuhkan waktu refund.

    Masalah sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

    Terima kasih

    • Halo.. maaf pak jimmy saya baru liat keluhan anda tentang menggunakan jasa tour travel dr pihak holiday tour. Sebenernya ada yang saya mau tanyakan pak. Bisa minta tlg chat wa saya oak di 081288422323.. karna saya mau tanya perihal tiket pesawat lalu hotel serta tiket2 acara lainnya pak.. karna saya lusa juga bawa ortu saya tour ke singapore.. saya jadi parno pas baca thread bpk. Terima kasih

    • Ternyata sebelumnya saya sempat khawatir dengan pelayanan nya dari pihak holiday tour tentang pelayanan serta membaca thread ini, dugaan saya salah.. Karna kemarin tepatnya tgl 15 agustus 2018 ketika ortu saya pergi trip dengan holiday tour mereka happy dengan pelayanan nya. Walaupun sempat miss komunikasi tapi overall bagus banget ini travel. Jadi saya senang mendengar cerita tntg perjalanan tournya. Jadi apabila ada yang mau traveling jangan ragu utk memakai jasa tour travel ini, harganya murag buat yg mempunyai budget pas2an. Sekali lg thank u holiday tour sukses selalu.

      • Maaf baru sempat reply. Betul sekali saya setuju Tour ini bagus dan murah, hanya kinerjanya saja yg perlu ditingkatkan supaya tidak sering miss komunikasi dengan customer. Saya juga sudah menjelaskan diatas bahwa pihak Holiday Tour sudah menyelesaikan masalah dengan saya secara kekeluargaan. Semoga sukses ya Holiday Tour :)

  • Semoga permasalahan saya juga cepat selesai pak, seperti permasalahan Pak Jimmy. Sudah 2bulan berlalu dan Refund saya belum juga di transfer ke saya... sebelumnya saya sudah baca tulisan bapak, saya tetap positif thinking dg memakai jasa Holiday Tour, tapi ternyata kejadian yg saya alami lebih buruk dan refund saya sebesar 24juta sekian belum juga saya terima...

    • Yth Ibu Vitta..
      Sesuai penjelasan kami,sebetulnya memang masih proses di vendor..
      Kami sudah memproses presiapan perjalanan tour Ibu.. Visa sudah kamiproses dan sudah berhasil di approved. Hanya wktu itu karena kendala tgl pelaksanaan yg ternyata tidak sesuai dengan jadwal cuti peserta, sehingga terpaksa dibatalkan.
      Sebagai konsekuensi, kami sudah berkomitmen untuk merefund full, walaupun sudah ada biaya visa yg kami keluarkan.
      Dan saat ini memang sedang menunggu proses pencairan refund tersebut.
      Mohon kesabarannya..kami juga selalu monitor.
      Atas perhatan dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

      • Bulan lalu kami juga ikut tur ke Thailand, sempat khawatir setelah membaca surat pembaca ini. Tapi ternyata pelaksanaanya cukup lancar dan menyenangkan. Ada service yaitu nonton kabaret, yg tidak terlaksana karena masalah waktu yg tidak sempat, dan dijanjikan untuk direfund. Dan setelah seminggu proses, dana refund atas tiket kabaret yg tidak jadi, sudah dikembalikan.
        Mudah2an Holiday tetap terus menjaga komitmen.
        Seperti yg Bpk Jimmy sampaikan, Holiday Tour termasuk memberikan harga yg terjangkau, namun tetap berkomitmen.
        Sekedar share pengalaman... trims

  • Saya bulan lalu mendaftar untuk tour ke US dgn agen holiday tour. Sy transfer 12juta pada tanggal 23-07-19. Lalu saya ada masalah keluarga dan besoknya saya cancel saya minta refund uang. Saya pikir saya akan dapat refund dengan mudah cepat dan bisa 100% refund full seperti yg di janjikan karena sy cancel setelah dua hari sy transfer uang. Tetapi sy mendapatkan refund uang dengan sistem menyicil dan sangat lama refund hanya kembali 10.980.000 dan refund baru selesai kemarin pada tanggal 22-08-19 sebulan sy mendapatkan refund dan hanya mendapatkan segitu. Tujuan sy jauh ke USA saya jg belum kirim dokumen dan juga belum mengurus visa. Tapi agen bilang kena charge vendor. Normal kah dgn tujuan sy yg jauh ke USA dan belum apply visa agen bs berani mentransfer uang vendor sehari setelah sy transfer uang? Dan sy rugi 10%

  • Saya bulan lalu mendaftar untuk tour ke US dgn agen holiday tour. Sy transfer 12juta pada tanggal 23-07-19. Lalu saya ada masalah keluarga dan besoknya saya cancel saya minta refund uang. Saya pikir saya akan dapat refund dengan mudah cepat dan bisa 100% refund full seperti yg di janjikan karena sy cancel setelah dua hari sy transfer uang. Tetapi sy mendapatkan refund uang dengan sistem menyicil dan sangat lama refund hanya kembali 10.980.000 dan refund baru selesai kemarin pada tanggal 22-08-19 sebulan sy mendapatkan refund dan hanya mendapatkan segitu. Tujuan sy jauh ke USA saya jg belum kirim dokumen dan juga belum mengurus visa. Tapi agen bilang kena charge vendor. Normal kah dgn tujuan sy yg jauh ke USA dan belum apply visa agen bs berani mentransfer uang vendor sehari setelah sy transfer uang? Dan sy rugi 10%

  • Karena masih banyaknya pertanyaan klien kami tentang maslah ini, sedangkan dr pihak Media Konsumen tidak bisa mendelete/edit case yg sudah diselesaikan dengan baik.
    Ada baiknya apabila ada pertanyaan bisa menghubungi WA/tlp Bpk Jimmy yg posting complain ini, bahwa semua sudah diselesaikan dengan baik, tidak lama.
    Sebagai bukti kesungguhan dan keseriusan penangan ini sudah selesai, bisa menghubungi WA/tlp ybs
    Bpk Jimmy bisa diWA di nmr +62812900026**

    trims

  • Kepada Yth Bpk Anto Holiday Tour PT.Cempaka Surya Mulya jln Arabika VIII no 9 pondok kopi Jakarta timur,tlng segera kembalikan uang sy 56.400.000,.yg sy sdh transfer satu bln lalu ke rekening bank mandiri 1250010381531 atas nama PT Surya cempaka Mulya,bln November sy sdh byr uang 30 jt....sampai jkt sdh sy lunasi 56.400.000,..tgl 30 Des 2020 kami bertiga anak dan orang tua rencana ikut paket tour Dubai ..Krn alasan pengumuman Menteri maskapai dr luar negeri dilarang masuk Indonesia tgl 1 sampai tgl 14 Januari 2021 dan atau setibanya di Indonesia di karantina 5 hari,kami takut tdk ada penerbangan pulang..sedangkan sy bawa org tua,mereka pulang indo nti takut karantina n tdk ada pesawat luar negeri msuk Indonesia selama 14 hr,sedangkan kami paket tour hanya 5 hari tgl 30 Des 2020 sampai tgl 4 sdh balik,Jd sy lapor ke pak Anto katanya iya bisa tiket refund 100%..alasan force majeure,tp kok satu bln sy tgu sampai hr ini sdh satu bln uang sy blm di kembalikan sepeser pun,sy mengalami kerugian besar,kami dr manado,tgl 22 Des kami sdh terbang ke jkt sambil Tunggu wktu keberangkatan...krn tdk Jd brgkat Dubai,akhirnya kami bertiga pulang Manado,sambil berharap seminggu dua Minggu uang sdh kembali skg hampir sebln blm juga di kirim uang ke rekening kami...di TLP ..W.A...bpk Anto tdk tanggapi...harga tiket jkt dubai 3 org brp sih...sedangkan uang yg sy transfer 56.400.000,.....maaf tlng ya...mohon cepat kembalikan uang yg sy sdh transfer sebesar 56.400.000,...kami tdk mau menerima alasan...tlng ya...sy sebetulnya tdk mau komentar di sini,tp TLp pak Anto tdk aktif,WA tdk di bls tp terkirim...Skali lg tlng ya seperti pak Anto blng akan di kembalikan 100%....dan sampai kpn sy menunggu uang kembali..sdh satu bln uang sy masuk ke bank mandiri PT Surya cempaka Mulya... rekening koran sy jelas sebagai barang bukti..bukti transfer...trma ksh.

  • Sangat keterlaluan travel holiday tour PT Surya cempaka Mulya...pak Anto kamu cuma janji janji mau kembalikan uang,dr Desember 2020 sampai Maret 2021 uang sepeser pun blm dikembalikan tlng ya km tinggal janji2 ..uang 56.400.000 sy setor mn janjimu seminggu kembali ni sdh 3 bln lbh,sy ke kantor di jln Arabika ternyata kantornya udh lama tutup, ingat Tuhan akan menghukum kalian dia akan mengutukmu kalian penipu ..ini nmr kami korban penipuan dr Manado 0813549601**.. pak Anto PT Surya cempaka Mulya wa 0821105057** biar publik tau dan jgn pakai jasa kalian..pak Anto sy akan proses kalian tgu saja..

Penulis
Jimmy Lo