Surat Pembaca

Tokopedia “Banned” Sesukanya dan Menghanguskan Dana TopAds 12 Juta

Halo semua, sebelumnya perkenalkan, saya Fredy I Kartono. Saya adalah salah satu seller senior di Kaskus (daftar dari 2007 dan jualan sejak 2009) dan Tokopedia (mulai jualan dari 2015). Di Kaskus saya sampai di-review oleh Kaskus dan Es Teller dan Vivanews.

Dari Kaskus dan Tokopedia saya menyambung hidup, saya mendapatkan banyak reseller, saya mendapat banyak pembeli setia. Saya bisa mengembangkan brand saya sampai ke luar negeri, bahkan setiap 1-2 bulan sekali saya keliling untuk bagi-bagi nasi kotak untuk yang membutuhkan..

Lalu hari ini semuanya berubah. Tiba-tiba saya di-Banned Permanen oleh Tokopedia, dengan status ada dana TopAds sebesar 10 juta rupiah dan Gold Merchant 2 juta rupiah untuk 2 tahun untuk 2 akun. Alasannya adalah penggunaan resi yang tidak valid. Padahal semua resi yang saya kirimkan adalah riil dan bisa dicek di web JNE bahwa sudah diterima di tujuan. Bahkan sewaktu saya tanya ke CS via email, tidak bisa memberikan bukti bahwa resi yang saya gunakan resi fiktif. Selalu dijawab bahwa transaksi melanggar syarat dan ketentuan dan menggunakan resi fiktif.

Sewaktu saya tanya, transaksi mana yang bermasalah menggunakan resi fiktif, semua CSnya pura-pura tidak bisa baca dan jawabannya hanya selalu : “transaksi melanggar syarat dan ketentuan dan menggunakan resi fiktif”. Ini saya tanya berkali-kali pun tetap jawabannya seperti itu, saya tanya transaksi yang mana? hanya dijawab “transaksi melanggar syarat dan ketentuan dan menggunakan resi fiktif”.

Apakah begini cara main Tokopedia? Saat saldo Topads dan Gold Merchant banyak di Tokopedia, kemudian di-banned tanpa kejelasan? Saya bahkan tidak diberi ruang untuk bertanya, di-banned karena transaksi yang mana?

Berapa banyak yang bernasib sama dengan saya dan berapa banyak dana yang ditahan / diterima Tokopedia? (karena setahu saya saldo TopAds dan Gold Merchant tidak bisa ditarik). Menurut Siti Fauziah, Communications Lead Tokopedia, pada artikel Agustus 2017, jumlah penjual Tokopedia berjumlah berjuta-juta orang. Kalau kita anggap 1% yang di-banned sepihak dan penguncian dana dari 2 juta penjual adalah 20.000 orang, maka 20.000 orang x dana yang terkunci Rp 1.000.000,- = Rp 20.000.000.000 atau 20 MILYAR! Bombastis!

Apakah ternyata dari situ sumber pemasukan terbesar Tokopedia? Dari dana-dana yang tertahan akibat Banned sepihak tanpa bukti?

Fredy I Kartono
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ini dia... tokopedia selalu menahan uang tanpa pemberitahuan sebelumnya. Uang su ditahan 1.450k dengan alasan melakuan penjualan palsu/menginput resi fiktif. Memang sblmnya account sy disalahgunakan dan terdapat transaksi penjualan yg mana si pelaku menginput resi palsu dan uang berhasil ditarik oleh pelaku sebesar 1.450k.
    Yg sy tanyakan,
    1. kok bisa tokopedia "mengijinkan" pelaku menginput resi palsu? Harusnya dgn sistem yg matang ketika resi palsu diinput dan tdk bisa di track dlm wkt 1x24 jam beri warning or transaksi gagal or apalah demi pencegahan terjadi penipuan
    2. Misal transaksi kelolosan dan berhasil. Setelah barang delivered (diterima baik resi palsu or asli) ada waktu tenggang si pembeli memberikan tanggapan, apakah selesai atau komplain, jk tidak ada tanggapan dlm wkt 2x24 jam, uang diteruskan ke penjual, begitu peraturannya. Skali lg, bagaimana bisa sistem tokopedia bs "mengijinkan" penarikan uang ke bukan pemilik rekening / no rekening yg berbeda? Semudah itu kah penarikan uang dr saldo tokopedia?
    Sy melakukan komplain, baik melalui twitter atau layanan pengguna, selalu tidak mendapatkan jawaban yg puas dan memberikan solusi. Jawaban hanya muter2 disitu sj. Setau sy tokopedia sbg escrow yg cm menerima dana dr pembeli dan meneruskan dana tsb ke penjual, jk kejadian spt ini pihak tokopedia harusnya yg bertanggung jawab mengapa sistem mereka bisa dgn mudahnya pencuri beraksi.

    • Dear sist Sherly, nah kalau resi palsu bisa tembus ya? dan bisa ditarik dana nya?
      seharusnya tokopedia lebih bijak dalam mengambil keputusan..

      kalau di kasus saya ternyata tidak ada resi fiktif, hanya karena beberapa pelanggan yang berada satu kantor pada beli sama saya.. yang saya dibanned karena itu..
      terrible job tokopedia..

  • Saat ini posisi nya adalah akun saya sudah dibuka, tetapi belum diberitahukan kesalahan nya.. jadi dibanned hanya karena kecurigaan saja..

  • kalo pendapat gw, ada kemungkinan ada "pembeli" yang tidak puas dan melaporkan anda.

  • Bener bgt. Sesama penjual tokopedia sy jg tdk suka dan sgt kecewa dgn cara CS tokopedia menjawab pertanyaan. Cs hanya bisa mengcopy paste kata2 .. tdk bs memberikan penjelasan scara detail.. kalau ditanya alasannya , CS cm trs2an jwb anda melanggar ketentuan bla bla bla.. seharusnya tokopedia jgn main nuduh sepihak. Mintalah klarifikasi yg jelas dgn pembeli dan penjualnya .. dan bersikap lah seprofesional mungkin.

Penulis
Fredy Kartono