Surat Pembaca

Pencurian Data dan Penyadapan Telepon Seluler oleh Pihak Pinjaman Online

Saya menulis di sini bukan mau menjelekkan oknum-oknum terkait. Saya di sini sebagai korban dari kejahatan cyber crime atau apalah namanya itu. Sejak saya mengajukan pinjaman di beberapa pinjaman online, saya merasa bahwa data saya disebarluaskan oleh oknum-oknum mereka bahkan hp saya pun disadap, termasuk lokasi saya berada pun mereka sadap dengan GPS.

Semua berawal saat saya sudah tidak sanggup lagi bayar tagihan yang bunganya tidak masuk akal. Saat itu semua orang yang ada di kontak saya dihubungi, ada yang ditelepon, di-SMS, bahkan di-WA. Padahal mereka semua tidak ada urusannya. Pihak collector tidak segan-segan membuat kita malu. Dan yang paling parah saya baru mengetahui bahwa data diri saya disalahgunakan untuk mengajukan kartu kredit yang saya merasa saya tidak pernah mengajukan kartu kredit ke pihak bank. Entah aplikasi online mana yang sudah menyalahgunakan data diri saya?

Bukankah apa yang pihak pinjaman online itu lakukan sudah melanggar hukum dengan menyadap hp kita, mencemarkan nama baik dan menyalahgunakan data kita. Bahkan debt collector mereka tidak segan-segan berkata kasar dan mengancam. Nyesel rasanya masuk ke dalam jebakan mereka.

Agnes Angelica
Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Masalah ini memang sudah sejak lama di teriakkan oleh para korban fintech, sayangnya pihak2 terkait blm terlihat menunjukkan taringnya utk membantu para korban ini. Fintech masih ttp eksis.

  • Sama dengan apa yg saya alami. Mereka akan melakukan segala cara mbak. Makanya itu data kita dipakai untuk ajukan kartu kredit, supaya apa? Kartu kredit akan cek data kita lewat BI checking. Kalau data ga sesuai masuk kedata riject dan bisa lama lama kita di Blacklist. Tujuan mrk bikin kartu kredit atas data kita dilakukan dgn cara jika mrk berhasil apply kartu kredit. Limit akan mereka gunakan sepuasnya dan kita jadi org tertagih yg gak tau apa apa, lalu jika kita tidak bayar oleh perbankan jelas dimasukkan ke daftar blacklist BI. Memang mereka dengan sengaja. Para DC menyalahgunakan data kita dan menjerumuskan kita supaya kita masuk ke dalam Blacklist BI. Memang kita salah pinjam di pinjaman online yg bunganya ga masuk diakal. Tp mrk jadinya semena mena dengan data yg kita berikan sama mereka. Kadang saya sampai speechless. Harus berbuat atau melaporkan kemana dulu. Ojk pun belum memberikan tindakan tegas atas pemilik pinjaman online di platform android. Sumpah nyesel. Kita diserang mental dan dibikin malu habis habisan disemua kontak HP mrk. Bahkan mrk ga segan segan telf semua kontak kita yg nyuruh mrk telf dan suruh bayarin hutang kita pakai kontak kita cantumkan. Sungguh biadab cara mereka. Saya sampai ga habis pikir, sebegitu kah cara penagihan online. Mengadu domba dan membuat hubungan kita dengan seisi kontak hape jadi tidak baik gegara pinjaman online. Bahkan saya diresignkan dr kantor karna DC nelfon kekantor katanya saya gelapin uang dr pinjaman online bawa kabur, yg pada intinya merusak reputasi di tmpt kerja. Sehingga buat bos saya marah, padahal tdk seperti itu. Klo mrk mematikan sumber penghasilan saya dr mana saya dpt uang? Sedih mbak cuman saya ga tau harus laporkan ini kemana. Sungguh keji dan menyesal bgt pinjam online. Bikin malu dan hilang harga diri. Paling saya sebel mereka colong seisi data hape. Itu dah melanggar privacy bgt.

    • kalo boleh tau itu dari aplikasi apa yang membuat mba jadi di resign kan dari kantor? parah kalo uda kayak gtu

      • Paling parah dari pinjaman online Rupiah plus, angel cash, kredir plus, dana rupiah.
        Rerata semua pinjol itu sama pemiliknya. Cuman di play store namanya aja beda beda. Ati ati aja mas

        • Satu rumpun semua aplikasi online ini mas...bunganya ngga masuk akal,di dana rupiah saja saya awalnya hanya ajukan pinjamab 2 jt , tau2 disetujuin 3,8 jt yg sya terima hanya 3,1jt ... saya sudah nunggak 4 hari skrg tagihannya sdh 4,3 jt..
          Collectornya juga nagihnya maksa,dari orang seberang taulah mas org mana yg biasa dipke jasanya buat jadi collector dan ga segan2 utang kita disebar ke semua contact hp kita

        • hmm...gak abis pikir aja sampe mematikan rejeki orang gtu..kita gak ada kerjaan gimna bisa baayr tunggakan..mba gak lapor gtu?

          • Lapor gimana
            Lapor ke kepolisian harus disertakan bukti dan data yg akurat plus duit mas. Apa apa pakai duit.
            Logika, kita punya utang kita laporan krn mrk ubek ubek data itu kita keliru. Malah sama polisi diketawain.
            Pokoknya laporan ke polisi ga sesimple itu mas. Makanya saya bingung minta bantuan sama siapa dahulu.

  • Yang disayangkan beberapa aplikasi itupun ada beberapa yang sudah terdaftar di OJK,apakah pihak OJK memang mengizinkan untuk mereka penyadap lokasi dan hp kita,bahkan ada yg meminta verifikasi IMEI hp kita...
    Jelas2 itu sudah melanggar hukum dong karna hp itu privasi masing2 orang ga bisa semaunya disadap,hutang juga hanya ratusan ribu dan jutaan bukan ratusan juta kok ya sampe segitunya banget kita dijadiin korban ..
    Temen saya beberapa dipecat dari kerjaannya karna bosnya di tlp dimaki2,bahkan ada yg sampe orang tuanya meninggal karna diteror oleh collector pinjaman online...

    • Sama mbak. Itu yg saya alami juga. Klo dah resign gini mau bayar pakai apa. Mrk tdk mikir risikk kita. Bukannya menjaga data dan memperbaiki hubungan dan menanyakan kendala. Malah dicaci maki dihujat, dibikin malu. Saya sempet mencoba bunuh diri karena depresi...

    • Benar ini saya jg d pecat karena bos saya d maki2 Dan bilang klo saya yg masukkan nomornya ke kontak darurat. Sangat disayangkan sekali mereka bohong dengan sistemnya.

    • Lagipula klo aib kita uda disebar gitu, trus kita lunasi. Apa mrk akan memulihkan nama baik kita? pastinya ngga kan..
      Uda bingung dh ngadepin pinjaman online

  • Dari segi manapun kita yang lebih kuat dari mereka posisinya , ngga ada perjanjian hitam di atas putih dan tanda tangan di atas materai,,dibawa ke jalur hukumpun jatuhnya aja perdata ngga bisa pidana..klo udh dibawa ke ranah hukum perdata kita tinggal bilang sdh tdk sanggup bayar tapi masih mau bertanggung jawab dan hanya mampu mencicil 100rb/bln itupun harus mereka terima..jadi ga ush takut sm ancaman mereka,kita bukan mau kabur tapi klo mereka udh buat kita malu dan kehilangan mata pencarian geram juga kita..semakin kita lemah semakin diinjek2 kita , mereka bisa kaya juga karna uang sedekah dari kita dari bunga yg kita bayarin yg nominalnya ga masuk akal..

    • Iya mbak, yg bikin jelek ada hubungan dengan seisi kontak hape dan saudara ataupun keluarga karena ada beberapa mgkn faham kondisi kita ada yg merasa risih dgn mrk nagih by phone yg sangat mengganggu. Apa hal seperti itu bisa dilaporkan ya mbak? Memang disengaja buat kita malu, dgn memamerkan hutang kita yg ga seberapa dibandingkan dgn hutang para koruptor. Dan jeleknya mrk dgn berani spam email ke OJK data kita supaya kita susah ngajuin kredit dimana mana. Ini saya sudah alami. Sunggu amat sangat bikin ga tenang. Memang sudah salah ngutang, tp udah kejadian. Mrk juga ga bakal tanggung jawab akan pencemaran nama baik kita.
      Apa mbak bayarkan hutang online tsb sampai skrg? Ada berapa pinjaman mbak?

  • Namanya juga negara ini serba uang mba,yg punya banyak uang dan jabatan ya pasti paling kuat,kita orang kecil bisa apa sih?cuma bisa ngelus dada,nama kita keburu jelek,mata pencarian kita sdh ilang..
    Dari total 11 aplikasi hanya 6 yg bisa saya bayar lunas,5 lagi saya memang tdk mau bayar karna keburu sakit hati dengan cara mereka buat malu saya dan bunga dari 5 aplikasi itu yg bener2 buat nyekek mba berjalan tiap harinya padahal saya bilang saya sdh tdk sanggup bayar minta buat dikasih keringanan dgn mencicil tapi pihak mereka tdk mau tau,ada yg collectornya bilang jual barang dlu aja buat lunasin,ada yg bilang jual diri dlu aja mba buat lunasin...padahal cuma telat baru hitungan hari bukan bulanan..
    Saya sdh ganti nomer dan reset hp saya,jd mereka tdk bisa sadap hp saya lagi..sdh keterlaluan cara mereka,mereka jahat kita juga bisa lebih jahat.toh mata pecarian sya jga sdh hilang karna mereka.

    • bukannya walaupun kita reset hp mereka tetap bisa hubungi kontak kita? krn pada saat pengajuan mereka ada notifikasi akses ijin kontak ya /tdk, kl tdk pinjolnya tdk akan diproses kynya, kl ya pada saat itu dia merekam smua kontak kita. sehingga walaupun sdh direset hp kita mrk masih bisa akses kontak kita dan msh tetap meneror kontak kita. itu setau saya

  • Saya juga sudah ganti nomor Hp dan hp. Supaya tdk disadap.
    Tp dengan data yg sudah mereka curi, mereka bakal ngejelek jelekin kita dengan nelf semua kontak yg sudah mrk back up. Itu yg bikin hubungan saya dgn isi isi kontak jadi tdk baik, dan dijauhi.

  • Saya jg ada telat mau 2 bulan mb di RP+, udh dibuat malu jg smpe tlp ke keluarga dan wa pasang foto sy.....dan skrg diancam mau dituntut dan dibawa ke jalur hukum,,,apa bs sprti itu mb????
    Sy sdh ganti nomor hp dan flash hp biar mrka gk bs sadap hp sy lg.......sy takut data2 sy disalah gunakan pula sm mereka....betul2 sakit hati dgn tndkn mereka itu.......niat mau bayar tp sdh dipermalukan sprti tu,,,,,

    • Tantangin aja mas klo mau dibawa kejalur hukum,jatohnya juga hukum perdata ga bisa pindana,,malah enak klo dibawa ke jalur hukum yg mau juga mereka utang cuma jutaan dibawa ke jalur hukum,itu sih anceman mereka aja buat nakut2in dia ...
      Klo mereka wa yg mengacem jgn lupa di simpen buat bukti mas..
      Yg seharusnya kena hukum pidana ya pihak mereka karna sudah mencemarkan nama baik dan menyadap hp kita itu semua ada undang2nya.
      Sayangnya , siapa yg mau bantu kita orang susah mas skrg ngurus apa2 juga pake uang

      • Mba boleh minta nomor wa nya? Saya mau sharing karna saya juha mengalami kejadian seperti ini. Terimakasih

      • Dear mbak Angel, kalo belum terlambat, bisa masukkan saya di group WAnya juga? Saya juga mau dengar sharing dari teman teman mengenai masalah ini, saya pun punya 2 pinjol yang masih berjalan hingga sekarang... Kalo bisa, saya akan berikan nomor hp say... Terima kasih...

  • Memang jaman skrg uang yg berkuasa,,,,qt rakyat susah bs apa cuma bs pasrah berharap ada penyelesain dlm mslh ini,,,,,padahal udh bnyk korban dari intimidasi dan teror debt.coll RP+ ini ttpi knp di google playstore msh laris manis ajja ni apk....pihak RP+ ni di playstore sll menjawab ulasan dgn kata2 manis,,,ttp realitanya di lapangan telat sehari ja udh aksi teror lah ke kontak2 phone data qt.....seakan gk mau dengar alasan qt,,,bukannya ksh solusi malah kebanyakan ngancam yg akhirnya bnyk membuat nasabahnya mengurungkan niat buat bayar....udh rugi immateriil,,,nyerangnya mental nasabahnya.....pasrah ja lah sama Allah semoga da titik terang dlm mslh ni agar tdk ada lg korban lain.........berharap dihapus ja dari google playstore tuh RP+,,,,dh terlanjur sakitttttttttt hatttttiiiii dibuat malu............

  • Halo Mbak Agnes, saya turut berduka atas kejadian yang Mbak alami. Semoga segera ditemukan jalan keluarnya. Maaf sebelumnya Mbak, apakah berkenan jika menjadi narasumber saya untuk tugas akhir mata kuliah saya berkaitan dengan tema perlindungan data pengguna ini? Jika bersedia, saya akan meminta kontak e-mail Mbak untuk diwawancarai via e-mail. Terima kasih banyak Mbak..

  • Mba ada yg saya mau tanya dan sharing boleh minta alamat emailnya? Thanks a Lot.