JD.ID, Market Place dengan Sistem Pembayaran Payah dan Dana Belum Juga Di-refund

Saya tidak pernah sekecewa ini kepada market place. Awalnya saya menempatkan JD.ID menjadi market place terbaik, namun sekarang malah sebaliknya. Ini dikarenakan pesanan saya yang sukses saya bayar justru dibatalkan dan proses refund tidak selesai hingga saat ini (lebih dari 10 hari).

Saya melakukan pesanan untuk pembayaran tagihan PDAM karena ada promo dari JD.ID. Tanggal 3 Juli 2018 12.44 WIB saya melakukan pesanan dengan nomor pesanan 231814342 dan langsung saya bayar saat itu juga dengan virtual account BCA. Pembayaran dinyatakan sukses melalui m-banking namun status pesanan saya di app JD.ID masih “menunggu pembayaran”.

Beberapa jam kemudian saya lapor melalui live chat app karena status tidak berubah juga padahal batas waktu pembayaran tinggal hitungan jam. Namun admin CS menyarankan menunggu verifikasi 1 x 24 jam. Dan benar saja hingga batas waktu pembayaran, verifikasi pembayaran saya tidak berhasil. Kemudian saya melaporkan kembali masalah saya ke live chat. Respon admin sungguh sangat lamban. Saya pun melaporkan melalui CS di Twitter dan Facebook. Parahnya lagi melalui Twitter dan Facebook tidak ada respon sama sekali padahal itu benar-benar akun JD.ID yang aktif sekali posting.

Melalui live chat saya diminta data untuk proses refund dan dijanjikan proses selama 3 hari. Setelah 3 hari kerja proses refund tidak terjadi, saya pun lapor melalui live chat kembali. Saya diminta data “lagi” tentang bank untuk proses refund. Kok gak profesional ya? Bahkan saya melakukan laporan hingga 3 kali dan selalu diminta data yang sama. Parahnya lagi, dana saya tidak di-refund hingga saat ini. Kok begini ya cara kerja marketplace “terpercaya” di Indonesia? Kesannya justru JD.ID menahan dana atau bahkan tidak mengembalikan dana customer. Padahal hak pembeli yang wajib dipenuhi penjual adalah setelah membayar, segera mendapatkan barangnya. Ini justru sudah membayar, tidak tidak didapat, uangnya pun tidak dikembalikan.

Untuk JD.ID mohon jika sistem belum baik dan belum sanggup jangan dipaksakan. Cara kerja dan proses refund mohon dikoreksi lagi karena ini layanan customer yang sangat vital. Customer service yang seharusnya menjadi jembatan komplain mohon untuk diprioritaskan. Dan yang paling penting tolong segera kembalikan dana saya. Sungguh untuk beberapa hal yang saya sebutkan diatas JD.ID kalah telak dengan market place lain.

Untuk kita sebagai customer, mohon berhati-hati melakukan transaksi di JD.ID. Pastikan pembayaran diverifikasi dengan baik oleh sistem JD.ID, karena kalau gagal terverifikasi maka anda harus legowo jika dana anda akan tersita oleh JD.ID.

Semoga menjadi koreksi untuk JD.ID dan warning untuk kita semua.

Wahyu Adi Wibowo
Bukit Safir Jaya, Tembalang
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Bapak Wahyu Adi Wibowo

Menanggapi surat keluhan Bapak Wahyu Adi Wibowo di Mediakonsumen.com pada Senin, 16 Juli 2018 mengenai sistem pembayaran dan layanan pengembalian...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • JD.ID ini memang ngeselin masalah refund. Payment PLN yang gagal sejak maret aja belum kembali juga uangnya sampai juli sudah hampir habis nih...