Surat Pembaca

Tokopedia Ambil Untung 15% dari Transaksi Memakai Kartu Kredit dengan Alasan Gestun

Yth Tokopedia,

Saya melakukan transaksi penjualan dua unit barang kepada teman saya. Dikarenakan barang tersebut harganya lumayan mahal, maka teman saya itu bermaksud untuk menggunakan layanan kartu kredit dari Tokopedia. Tetapi alangkah indahnya ketika proses pemesanan dikonfirmasi oleh teman saya selaku pembeli tiba-tiba saya mendapatkan email dari antifraud@tokopedia.com bahwa transaksi saya dianggap melanggar syarat dan ketentuan.

Di dalam surat ini melalui Mediakonsumen.com saya bermaksud mengeluarkan kekecewaan saya terhadap Customer Service dari Tokopedia selaku pihak yang memotong dana secara sepihak tanpa ada pemberitahuan transaksi saya tersebut melanggan syarat dan ketentuan.

Nomor Invoice : INV/20180718/XVIII/VII/181119901
18/07/2018 12:53 => Pembeli melakukan proses Check Out order.
Pembayaran telah diterima Tokopedia dan pesanan sudah diteruskan ke penjual.
18/07/2018 12:53 => Verifikasi Konfirmasi Pembayaran.
18/07/2018 13:24 => Pemesanan sedang diproses oleh penjual.
Perkiraan pickup : 18:04 WIB, 18 Jul
Nama : Ahmad Hidayat
Telp : +6285280776221
18/07/2018 17:12 => Driver telah diganti dan sedang menuju lokasi penjual
18/07/2018 17:26 => Perubahan nomor resi pengiriman.
Pesanan dalam proses pengiriman oleh kurir.

Keterangan:
Kurir pengiriman telah diubah menjadi JNE dengan service YES Ongkir lama : Rp 15.000 Ongkir baru : Rp 18.000 System-Tracker
18/07/2018 17:26 => Pesanan telah dikirim.
19/07/2018 18:02 => Pesanan telah tiba di tujuan.
Dana akan diteruskan ketika barang dikonfirmasi pembeli atau otomatis dalam 48 jam. System-Tracker
19/07/2018 18:02 => Transaksi selesai.
19/07/2018 18:03 => Saya menerima email dari antifraud@tokopedia.com dengan isi terlampir didalam surat ini, yang berisi tentang pelanggaran Syarat dan Ketentuan Tokopedia serta detail potongan transaksi.

Ketika saya mendapatkan email tersebut saya langsung menghubungi CS Tokopedia melalui Facebook Messenger namun dari pihak CS Tokopedia tersebut memberitahukan saya agar membalas email dari antifraud@tokopedia.com. Kemudian saya langsung membalas email tersebut. Namun hingga saat ini saya belum mendapatkan balasan dari email yang telah saya kirim.

Selagi saya menunggu email balasannya saya kemudian mengontak pihak CS Tokopedia dari aplikasi Tokopedia dan membuka nomor tiket ID: #05266757. Isi percakapan saya dalam nomor tiket tersebut membahas pemotongan dana oleh Tokopedia secara sepihak serta memberi bukti bahwa transaksi saya tersebut tidak melanggar Syarat dan Ketentuan dari Tokopedia, karena saya benar-benar menjual barang yang benar adanya, bukan order Fiktif untuk GESTUN. Namun pihak CS dari Tokopedia berulang kali bahwa saya melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia pada point M(5) yang berisi sbb :

Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Tokopedia, maka Tokopedia berwenang untuk:

  • Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Tokopedia, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 hari;
  • Melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit. https://www.tokopedia.com/terms.pl#CC

Dari point M(5) tersebut tidak dijelaskan syarat ketentuan Tokopedia itu seperti apa, malah lebih menjelaskan sanksi yang diberikan oleh Tokopedia.

Setelah saya membuat nomor tiket bantuan saya mendapatkan telepon dari pihak Tokopedia (021-40101433) dengan CS Vania. Ibu Vania berulang kali berulang kali menjelaskan bahwa saya melanggar Syarat dan Ketentuan point M(5). Saya tetap tidak terima karena dalam poin tersebut hanya menjelaskan pelanggaran dan denda dari Tokopedia, namun CS Tokopedia tersebut setelah berdebat panjang oleh saya malah mengakhiri telepon dan ingin menutup nomor tiket bantuan yang telah saya buat tanpa ada penyelesaian masalah secara jelas.

Tangerang, 21 Juli 2018.

Yudi Hertanto
Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • 22 Juli 2018. Belum dapat tanggapan dan penyelesaian yang jelas untuk penyelesaian masalah ini dari pihak tokopedia

  • 22 Juli 2018 20:58 WIB, Saya mendapatkan telepon dari CS Tokopedia yang menjelaskan kembali bahwa saya melanggar point M(5) namun saya tetap menolak tuduhan transaksi tersebut, dan kemudian dialihkan kembali untuk membalas email dari antifraud@tokopedia.com serta menunggu balasan dari antifraud@tokopedia.com kurang lebih 3x24jam hari kerja. Sebelum saya diminta untuk membalas email tersebut saya sudah lebih dulu membalas email dari antifraud@tokopedia (Jumat, 20 Juli 2018) namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari email yang telah saya kirimkan

  • Masih dengan keadaan dan pertanyaan yang sama. Kenapa transaksi saya dinyatakan transaksi gestun? @tokopedia apakah karna ada kesamaan history transaksi yang menggunakan data ksrtu kredit yang sama? padahal didalam syarat dan ketentuan tidak terdapat point yang menjelaskan kesamaan data kartu kredit merupakan transaksi gestun. Apakah bukti yang telah saya lampirkan belum cukup untuk membuktikannya?

  • 25 Juli 2018
    Belum dapat jawaban atas pertanyaan saya, dipoint mana yang menjelaskan kesamaan data history transaksi pantas dikenakan sanksi?

    #tokopedia #cstokopedia #tokopediacariuntung #kartukredit #dipalaktokopedia

  • 26 Juli 2018
    Anti Fraud Tokopedia membalas dan meminta kejelasan dari kronologi transaksi dan bukti-bukti untuk menyanggah dan memperkuat argument yang sebelumnya sudah saya jelaskan.

  • 27 Juli 2018
    Masih menunggu keputusan dari Anti Fraud tokopedia setelah sebelumnya tanggal 26 Juli 3018 mengirim email penjelasan kronologi dan bukti-bukti terkait yang diminta oleh Anti Fraud Tokopedia

    @tokopedia @TokopediaCare @MediaKonsumenID

    #gestun #tokopedia

  • 28 Juli 2018
    Masih menunggu keputusan dari Anti Fraud tokopedia setelah sebelumnya tanggal 26 Juli 2018 mengirim email penjelasan kronologi dan bukti-bukti terkait yang diminta oleh Anti Fraud Tokopedia

    @tokopedia @TokopediaCare @MediaKonsumenID

    #gestun #tokopedia

  • 29 Juli 2018
    Berharap besok dapat balasan penyelesaian dan pengembalian dana dari Anti Fraud @tokopedia @TokopediaCare

    #gestun #tokopedia #dipalaktokopedia

  • Memang cara kerja tokopedia sgt lama. Kalo memang mreka bisa blg adanya fraud tlg dong tokopedia jelaskan dan buktikan scara detail. Jgn cm pas balas email di ulang kata2 nya doang. Lama2 penjual merasa drugikan nih nuduh sepihak ambil uang orang 15% . Ga tanggung2 gilaaaaaaaa!!!

Penulis
Yudi Hertanto