Asuransi Astra Life Melakukan Auto Debit Setelah Lebih dari 2 Bulan

Salam Sejahtera.

Saya adalah nasabah dari Permata Bank dan pada bulan Mei 2018, saya mendapatkan telepon dari marketing Astra Life. Marketing tsb ingin mengajukan saya agar ikut bergabung menjadi nasabah asuransi Astra Life, sempat tertarik saya mendengarkan program-program dan fasilitas yang saya dapatkan, dan pembayaran dilakukan dengan auto debit ke rekening Bank Permata saya dan saya mengatakan SETUJU untuk di proses melalui auto debit. Singkat cerita dari penjelasan marketing tersebut adalah untuk biaya pengajuan asuransi Astra Life akan dilakukan secara auto debit tiap awal bulan, jika selama 14 hari kerja dari pengajuan ini tidak ada dana di auto debit, maka secara OTOMATIS pengajuan akan hilang.

Nah yang jadi masalah sekarang adalah hari ini tanggal 1 Agustus 2018 setelah 2 bulan tanpa ada dana di rekening PERMATA saya, dan pada hari ini juga saya melakukan setor dana ke rekening Permata saya tiba-tiba ada pemotongan DEBIT dengan keterangan PAY AVA IPRO DINI 0155763125052018, dengan nominal IDR 952.650. Sontak karena terkejut dan bingung terhadap pemotongan tsb. Saya langsung menghubungi PERMATATEL 1500111 dan benar info dari PERMATATEL bahwa auto debit tsb dilakukan dari Astra Life. Lalu segera saya menghubungi Astra Life di nomor 1500282.

CS pertama adalah Ibu Rere, penjelasan dari beliau adalah bahwa saya telah setuju dilakukan auto debit dan buku polis sedang dalam proses cetak yang akan dikirimkan ke rumah saya 1-2 hari. Lalu saya jelaskan ke Ibu Rere bahwa penjelasan dari marketing adalah jika selama 14 hari kerja tidak ada dana yang ter-auto debit maka pengajuan akan hilang, lalu saya tanya kenapa ini masih ter-auto debit? Beliau menjawab karena saya bilang setuju. Lho ini bagaimana penjelasan marketing tidak seperti itu. Lalu Ibu Rere menjelaskan bahwa silakan ditunggu buku polis dan kartu nasabah datang dan masih diberikan waktu 14 hari untuk pembatalan. Karena penjelasan yang berbelit-belit saya langsung menutup telepon tsb.

Tidak lama kemudian untuk kedua kalinya, saya telepon kembali ke cs Astra Life, dengan CS Bpk. Wendi. masih dengan penjelasan saya seperti yang sebelumnya, dengan inti yang sama bahwa saya tidak ingin melanjutkan menggunakan Asuransi Astra Life, tetapi beliau selalu menanyakan sebabnya. Karena kesal ditanya seperti itu terus, saya menjawab pokoknya saya ingin melakukan pembatalan asuransi tsb dikarenakan saya ingin menggunakan dana tsb. Lalu Bpk. Wendi menjawab akan dibuatkan surat pembatalan dan dana akan dikembalikan ke rekening dengan waktu 7-14 hari (dalam hati saya kalau auto debit langsung yah, giliran balikin dana tunggu 14 hari).

Dengan ini saya mohon kepada Astra Life agar dapat memperbaiki sistem auto debit jika sudah melewati batas yang telah ditentukan agar calon customer tidak merasa dirugikan atau merasa tertipu. Padahal dengan jelas bahwa marketing mereka menjelaskan bahwa pengajuan akan hangus jika setelah 14 hari tidak ada dana yang ter-auto debit, tetapi ini setelah 2 bulan rekening saya tidak ada dana seharusnya pengajuan tsb hangus dengan OTOMATIS, tetapi kenapa masih ter-auto debit?

Jadi kesimpulan saya setelah telpon ke CS Astra Life adalah:

  1. Selama 2 bulan saat rekening saya tidak ada dana, sistem dari Astra Life tetap mencoba untuk melakukan auto debit, berarti disini adalah penjelasan dari marketing tsb tidak berlaku.
  2. Kenapa tidak ada pemberitahuan lebih lanjut kepada saya melalui telpon atau sms, apakah saya ingin melanjutkan atau tidak?
  3. Tetap melakukan auto debit walau sudah lewat 14 hari tidak ada dana yang ter auto debit.

Berikut adalah nomor pengaduan saya ke Astra Life: 201808010117

Saya mohon bantuan pihak terkait dari Astra Life agar dapat menyelesaikan masalah ini, dan agar tidak terulang kembali kepada calon nasabah yang lain. Terima Kasih.

Terima kasih kepada Media Konsumen sebagai salah satu forum konsumen di Indonesia, agar suara para konsumen bisa lebih diperhatikan.

Salam,

Pondra Jaya
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi Astra Life:
[Total:24    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

44 komentar untuk “Asuransi Astra Life Melakukan Auto Debit Setelah Lebih dari 2 Bulan

  • 15 Agustus 2018 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Hari ini tanggal 15 Agustus 2018 pukul 11:25, untuk melanjutkan curahan hati saya. Pada tanggal 2 Agustus 2018 saya mngririmkan email ke Hello@astralife.co.id untuk menanyakan status penutupan polis dan pengembalian dana, dari email tsb saya mendapat jawaban bahwa polis sudah di tutup pada tanggal 6 Agustus 2018 dan dana akan di kembalikan dengan proses 7 hari kerja. Dan hari ini hari ini tanggal 15 Agustus 2018 merupakan tanggal jatuh tempo yang di janjikan oleh ASTRA LIFE untuk pengembalian dana tsb, tetapi dana tsb masih belum masuk ke rekening saya.

      • 21 Desember 2018 - (17:11 WIB)
        Permalink

        kalau memang mau dibatalkan, nanti setelah terima buku polis nya segera menghubungi cs nya. dengan alasan yang masuk akal…

          • 23 Oktober 2019 - (14:55 WIB)
            Permalink

            udah normal

        • 12 Maret 2019 - (21:05 WIB)
          Permalink

          Kalo kakak alesannya apa ? Tahap membatalkannya bagaimana ya kak saya baru aja dapet telp dan karna tergesa2 saya terlanjur bilang setuju

        • 2 Januari 2020 - (14:44 WIB)
          Permalink

          Barusan saya di tlfon oleh cs astra life atas nama bu bening.. saya sudah meyebutkan semua data yg di tanya. Tapi pas di akhir nya saya tidak menyetujui nya. Tapi saya sudah terlanjur menyebut semua data yg di tanyakan bu bening. Apakah nanti ada auto debit dari rekening bank permata saya?
          Saya juga sudah menyebutkan alamat saya. Apakah nanti buku polis ny datang ke rumah?

    • 23 Oktober 2019 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Dana sudah dikembalikan, dan bagi para pembaca terima kasih atsa komentarnya, asuransi kesehatan/jiwa baik dan bermanfaat jika kita ikut, tapi tentunya kita sebagai customer harus paham betul syarat dan ketentuan yg berlaku dari asuransi yg akan kita ikuti, jangan sampai terjebak, dan akhirnya sebagai customer kita merasa dirugikan, dan untuk para marketing asuransi agar menjelaskan secara terbuka dan jujur apa saja manfaat yang didapat dan yang tidak tentunya secara transparan, agar konsumen tidak merasa dirugikan. salam

      • 21 Mei 2020 - (00:30 WIB)
        Permalink

        Mau nanya, kebetulan waktu itu saya ditawarin langsung di bank permata. Tapi sampe sekarang ngga dapet polisnya. Apa bisa ngebatalin via telfon apa harus datang langsung ke banknya? Terimakasih

    • 4 Mei 2020 - (01:25 WIB)
      Permalink

      saya juga pengguna bank permata dan pada saat itu saya ditawari secara langsung bukan lewat telepon, cs nya bilang itu seperti menabung yang dapat diambil sewaktu2 jadi saya setuju2 aja namun saja baru sadar kalo ternyata itu adalah asuransi yang auto memotong uang saya yang ada di atm permata dan saya sekarang ingin menghentikan / membatalkan polis tersebut namun ketika saya sudah menghubungi cs dan cs nya bilang jika pembatalan dilakukan sebelum 10 tahun maka dana tidak akan kembali , disitu saya bingung karena setiap bulan uang saya terpotong sekitar 130.000 an dan ketika saya membutuhkan uang tersebut malah uang nya tidak dapat diambil , saya kecewa dengan astra life bagaimana perusahaan asuransi malah menyulitkan nasabah

    • 21 Desember 2018 - (11:06 WIB)
      Permalink

      Iya mba saya juga terlanjur bilang setuju , dan buku polis baru sampe pagi ini tadi 21 desember 2018 . Tapi dana nya udah auto debit dr tgl 12 desember 2018 .

  • 2 Februari 2019 - (22:47 WIB)
    Permalink

    saya tadi ada telpon juga dari cs, setelah penjelasan yg panjang, saat si cs bilang saya harus bilang setuju saya langsung tutup telpon, apa itu berarti saya tidak setuju, atau malah di anggap setuju?

      • 16 Januari 2020 - (15:45 WIB)
        Permalink

        Barusan saya dapat telpon dan di jelaskan panjang lebar.. Ingin tahu programnya dan pertanyaan terakhir setuju apa tidak saya jawab tidak setuju malah mas.nya marah2 habis itu saya ttup aja telpon nya.. Huhu

  • 12 Maret 2019 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Kak cara pembatalan astralife gimana ya, saya baru aja dapet telp dan karena terburu2 saya terlanjur bilang setuju

  • 10 Juni 2019 - (17:50 WIB)
    Permalink

    Td pagi sy jg baru dapet telfon itu. Sy udh bilang gk minat tp telemarketingnya nanya trs alesannya knp. Pdhl sy sdh bilang gk minat. Sy gk tau apakah polis itu bkl sampe rumah atau engga. Ada yg sama gk ceritanya. Sy gk mau sampe kena auto debit dr asuransi itu. Karna gak minat

      • 1 November 2019 - (21:56 WIB)
        Permalink

        Pak/bu , masalah saya ga jauh-jauh beda sih, tapi sekarang November 2019, kalo mau batal polis , dana masih dibalikin ga .. ?, katannya mereka ga mau lagi .. ??

        • 17 Februari 2020 - (17:34 WIB)
          Permalink

          Saya tadik dapat telpon dari mrketing astralife/permata bank , nawarin asuransi wktu dia jelasin , saya jawab iyaiya aja . Trus wktu di tanya setuju nya itu ibu saya yg ngomong dn ngomel2 . Itu kira2 sma marketingnya dianggap setuju gak ya kk? Mohon penjelasannya dong:(

          • 12 Maret 2020 - (17:33 WIB)
            Permalink

            Bagaimana ka? Dianggap setuju kah? Sy jg baru ditelpon td. Sempat blg setuju tp diakhir sy minta dibatalkan dan krn dicecar pertanyaan sy tutup sj. Apakah itu termasuk disetujui ?

  • 6 November 2019 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Kalau terlanjur bilang setuju gimana ya, posisi lg kerja dpt tlfn karena udh ditunggu customer saya iyain aja td CS nya. tp sy dpt tlfn dr bank permata. harus nunggu polis dateng baru bisa dibatalin

  • 16 Januari 2020 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Mas mau tanya, mas ikut itu yang per bulannya 900rb apa 160rb, sama pengiriman buku polis nya nunggu brp hari, soal nya saya udh trlanjur bilang setuju pas di tlfon, saya juga blm tau kalau itu terkait asuransi, dan saldo saya td juga sudah kepotong 160rb, apakah kalau sudah auto debit buku polis akan lngsung di kirim?

  • 18 Januari 2020 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Saya juga ikut asuransi Astra ini Karena pake bank Permata. Saya udah join dari bulan Agustus 2019. Dan tahun ini saya bakal pindah ke luar negri, niatnya pingin udahin aja program asuransi ini Karena kan ga bakal kepake disana. Nah nanti Dana yang selama ini udah saya bayarkan akan di kembalikan sepenuhnya ga ya ? Karena saya belum pernah pake juga untuk perawatan di RS.

  • 26 Februari 2020 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Intinya mesti jeli dan dengar tujuannya..kalo merasa berat..mending tolak dr awal.. agen asuransi org kejar target… Plus minus lah..kalo ga minat udh keburu bilang setuju…y bs segera kosongin saldo…n buka rek.permata yg baru..atau pindah bank…jika tdk..tgg sampe polis terbit n segeran minta cancel…

  • 6 Maret 2020 - (17:51 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami masalah yang sama seperti pak pondra jaya. Kemarin di ajukan asuransi dan hari ini baru telfon ke cs astra life untuk pembatalan. Tapi saya disuruh kirim dokumen pembatalan, fc ktp, rekening koran ke kantor astralife yg beralamatkan di pondok indah. Yg saya tanyakan apakah dana yg sudah di bayar bisa di kembalikan sepenuhnya? Karena tadi saya telpon dana tidak bisa di kembalikan karna pembatalan di tengah jalan. Padahal baru 2 hari

    • 12 Maret 2020 - (17:29 WIB)
      Permalink

      Lalu bagaimana? Polisnya sudah berhasil dibatalkan kah? Sy br ditelpon hari ini, sy sempat blg setuju.. Tp diakhir sy minta dibatalkan, dan krn ditanya lg terus2 an sy matikan.. Apakah itu artinya sy sudah terdaftar?

  • 8 Mei 2020 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Cara ngebatalinnya gimana ya. Tdi saya cek saldo udh kepotong 500. Trus kalo udh dibatalin uang yg kepotong bakal dikembalikan ngga

    • 21 Mei 2020 - (16:51 WIB)
      Permalink

      Harus nya full pak jika situasi dan keadaan samq seperti saya, karena saya dikembalikan full… Karena memang hampir 2 bulan tidak ada dana di rek permata saya, lalu sewaktu saya isi dana tiba2 dipotong, padahal marketing memberikan info jika dalam waktu 14 hari tidqk ada dana ditabungan otomatis polis akan hangus… Jadi tergantung apakah telemarketing menginformasikan hal tersebut atau tidak… Terima kasih

  • 13 Mei 2020 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Permisi ka mau tanya tentang Astra Lifenya. Hari ini saya di telfon sama telemarketing untuk asuransi tersebut, saya sudah terlanjur bilang setuju padahal hati tidak ingin mengikuti program tersebut. Untuk pembatalan nya gimana ya?

  • 15 Mei 2020 - (11:26 WIB)
    Permalink

    Kejadian yang sama, hari ini saldo atm saya berkurang 500.000 dan auto debit dari asuransi astra life, padahal baru 2hari yg lalu ditlpn dan saya terlanjur bilang setuju saya fikir setelah menerima buku polis baru di auto debit tetapi ini blm 14 hari sudah di potong dan saya ingin mengajukan pembatalan, saya belum menerima buku polis dan kartunya, saya sudah tlp ke cs astra lifenya dan sdh terlanjur bilang ingin dibatalkan dan saya ingin uang kembali. apakah uang saya akan kembali ?

  • 21 Mei 2020 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk aganĀ² dan sistaĀ² sekalian, tanpa memojokan pihak manapun, maupun menjelekan pihak manapun… Hal ini menjadi pelajaran saya secara tidak langsung, bagi temanĀ² yg terlanjur bilang setuju saat dihubungi melalui telemarketing, jika ingin melakukan pembatalan, tunggu hingga buku polis datang ke anda (ini pengalaman pribadi) setelah itu hubungi CS Astralife untuk melakukan pembatalan (anda memiliki waktu 14 hari untuk melakukan pembatalan setelah polis diterima) , jika anda merasa ada yang tidak sesuai dengan yang di tawarkan oleh marketing silakan ajukan pembatalan dan mudahĀ²an bisa dikembalikan dana nya. Lalu perhatikan pada saat telemarketing telpon, apakah menginformasikan “jika tidak ada dana di tabungan dalam 14 hari, maka polis akan otomatis hangus”. Jika ada informasi tersebut temanĀ² bisa ajukan pembatalan jika setelah 14 hari temanĀ² mengisi rekening permata namun malah diauto debit. Jika tidak ada informasi tersebut/ada hal yang tidak sesuai dengan telemarketing/dibuku panduan, tetap bisa mengajukan pembatalan, tapi untuk pengembalian dananya saya tidak tau yah bisa atau tidak…kemudian jika ada temanĀ² yg ditawarin oleh pihak bank/petugas bank, lalu terjadi perbedaan informasi dengan pihak asuransi, saran saya tanyakan dulu kepada kedua belah pihak mengenai perbedaan informasi tersebut, kemudian jika merasa dirugikan karena alasan tertentu dan dana anda terlanjur terauto debit, saran saya kosongkan dana di rekening anda, lalu minta informasi sedetail mungkin pada kedua belah pihak, kemudian jika anda mendapatkan kepastian dan jawaban yang memuaskan silakan lanjutkan polis anda, tapi jika anda tidak mendaptkan jawaban yang memuaskan silakan ajukan pemberhentian polis tapi dengan konsekuensi dana yang sudah terauto debit mungkin tidak bisa dikembalikan. Saran saya bagi bank dan asuransi yang saling bekerjasama untuk mendapatkan nasabah, dengan hormat, mohon untuk menginformasikan dengan sedetail-detail nya kelebihan dan kekurangan produk asuransi yang ditawarkan tanpa ditutup-tutupi, agar kedepannya para nasabah/calon nasabah tidak merasa dirugikan/tertipu… SaranĀ² bagi temanĀ², jika ingin mendaftar asuransi lebih baik dan lebih aman datang langsung menghubungi kantor terkait, karena sekarang sedang ada penyebaran #covid19 lebih baik hubungi marketing asuransi dengan tanya sedetail mungkin… Terima kasih, semoga informasi saya dapat membantu.

  • 6 Juni 2020 - (17:54 WIB)
    Permalink

    saya juga mendapat telpon beberapa kali tak terjawab sampai akhirnya saya angkat dikala saya sedang sibung bekerja dan saya terlanjur bilang iya iya aja karna yang saya tangkap dari ucapannya hanya beberapa kalimat saja. dan sekarang setelah saya mendapat gaji dari pihak perusahaan kisaran 600rb langsung mendapat potongan otomatis/AUTODEBET sebesar 500rb di rekening saya otomatis saya kaged dan saya langsung menelepon pihak bersangkutan katanya saya sudah terdaftar di asuransi tersebut. yang saya bingung kok di telpon dia mengatakan “halo dengan ibu nuryanti, dan menyebutkan informasi pribadi saya seperti alamat,kecamatan dll dan menanyakan patokan jalan.

    saya mengajukan pembatalan, katanya sekitar 7-14 hari, apakah uang saya bisa kembali?

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Astra Life?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Asuransi Astra Life Melakukan Auto Debit Setelah Lebih dari 2 Bulan

oleh Pondra Jaya dibaca dalam: 2 min
44