DC Bank Mega Menghubungi Kontak di HP

Yth Mediakonsumen.com,

Saya pengguna CC Mega dan ya, saat ini saya memiliki tunggakan di Bank tsb. Saya mau bercerita tentang sikap dan perilaku DC Mega yang amat tidak sopan dan beretika. Masalahnya, DC ini sudah menghubungi semua kontak di HP saya termasuk pasangan dan orang tua pasangan saya. Ini amat sangat mengganggu. Kalau masih menagih di ruang lingkup keluarga masih saya maklumi. Dan keluarga kami pun sedang berupaya mencari jalan keluar bagaimana cara melunasi tunggakan tersebut.

Sempat bernegosiasi dengan pihak bank tsb, namun yang ada mereka malah menekan saya dengan meminta saya membayar dulu Rp1 juta dalam jangka waktu 2 jam. Mereka dengan mudah mengatakan saya untuk meminjam/ meminta pertolongan dulu dengan rekan/keluarga saya. Dan sisanya dibayarkan di akhir bulan. Menurut saya ini bukan solusi, tapi justru memberatkan saya.

Saya sadar akan kesalahan saya dan saya pun berusaha sekeras mungkin untuk melunasi semua hutang tersebut. Namun, kalau untuk melunasi sesuai dengan permintaan pihak Bank, jujur saya tidak sanggup. Karena saya memiliki kebutuhan lain yang harus saya selesaikan juga.

Sampai pada hari ini, saya bertanya berapa tunggakan saya, dan DC tersebut bilang kalau saya tidak perlu membayar kalau tidak mampu, biar pasangan saya dan orang tuanya saja yang mengurus. Ini benar-benar menjengkelkan. Saya ada niat mau mencicil tagihan saya, namun ditanggapi sedemikian rupa. Dan, DC tersebut sudah menghubungi pasangan beserta orangtua pasangan saya. Sebagaimana ditulis di peraturan BI tentang etika penagihan by DC adalah:

Berikut adalah Poin Etika Debt Collector Kartu Kredit menurut JuBir BI Difi Johansyah:

1. Penagihan dilarang dilakukan dengan menggunakan tekanan secara fisik maupun verbal.
2. Penagihan dilarang dilakukan kepada pihak selain pemegang kartu kredit
3.Penagihan menggunakan sarana komunikasi dilarang dilakukan secara terus menerus yang bersifat mengganggu.
4. dsb.

Tolong sekali, mohon DC Mega hanya urus masalah hutang saya ke saya saja. Jangan ke orang lain yang tidak tahu apa-apa dengan masalah saya. Ini sangat mempermalukan nasabah.

Terima kasih.

Putri Meisari
081383388***
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu Putri Meisari

Kepada Yth Redaksi mediakonsumen.com, Sehubungan dengan surat Ibu Putri Meisari di mediakonsumen.com (13/8), “DC Bank Mega Menghubungi Kontak di HP”, kami...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • mba putri, ko bisa mereka tahu no telfon pasangan dan orang tua pasangan, bukannya emergency kontak yg kita tulis di form pengajuan CC itu hanya satu atau dua orang ya

    • Halo Mas Anggara,

      Iya jadi si DC ini ngecek ke FB saya. Dan ngestalk semua data di FB saya. Dan menghubungi pasagan saya, juga orangtua pasangan saya. Padahal DC sudah menghubungi kerabat saya, dan kerabat saya menyarankan untuk datang kerumah diselesaikan baik-baik, tapi memang ya DC Bank Mega ini pungutan dari jalanan semua jadinya bar-bar dalam bertindak.

  • Mbak Putri.... coba langsung ke Bank Mega ke bagian kartu kredit minta reschedule pembayaran, biasanya beberapa bank memeiliki program reschedule pembayaran dengan cara pembayaran lunas atau pembayaran dengan cicilan sesuai dengan kesepakatan pemegang kartu dan bank. Biasanya mereka minta kita membuat surat permohonan dengan melampirkan bukit-bukti pendapatan dan tagihan lain-lain. Semoga Bank Mega memiliki program reschedule dan anda bisa menyelesaikannya dengan baik.

    • Halo Mbak Yesi,

      Sebelumnya sudah sempat nego dengan pembayaran cicilan, namun yang ada pihak Bank Mega menyulitkan saya. Saya diminta bayar 1jt dulu dalam waktu 3 Jam. Sisanya dikasih waktu 1 minggu untuk pelunasan sisanya. Bank Mega ini Bank paling jahanam yang pernah saya tau. DC dan staff penagihannya IB**S semua

  • tapi bisa saja seperti itu, karena Bank Mega kinerjanya yah seperti itu. Malah pernah ada yg diacak2 akun FB-nya dan juga ada yg diancam dengan foto2 org terdekat. Mohon berhati2 juga apabila mengajukan recshedule ke Bank Mega. walaupun disetujui tetap saja pd akhirnya hanya cicilan 6 kali dna itupin sm dgn kita byr minpay, bedanya itu udh harga fix yg hrs dibyrkan. jadi apabila Mbak mau mengajukan mohon lbh cermat hati2 dan teliti terhadap bank satu ini. krna sy pun pernah ditawarkan seperti itu, tetapi sy menolak krn logikanya kalu kita reschedule tdk mampu byr yah kita byr sesuai kemampuan kita 200-300 dengn tenor 24bln. Bank lain pun bs kok dan ada seperti ini. cm entah knp bank mega aja yg mempersulit. giliran kita mengajukan tdk bs dn tdk ad program tsb. field collector pun dtg krmh sm aja. Giliran kita menggunakan jasa pihak ketiga, baru deh kocar kacir.

    mbak bisa kontak saya kita tukar crita dengan pengalaman saya.085956467938...

    krna sy pernah kejadian kyk gt...

    • Maksudnya pake pihak ketiga mba marcella? Mohon info mba... Karena saya jg terjebak dalam kasus spt ini jg sama bank mega

    • Halo Mbak Sella,

      Kayanya kasus kita sama ya mbak? DC Bank Mega ngacak-ngacak FB saya dan dia DM-in semua temen FB saya. Bahkan orang yang ada di FB saya yang tidak kenal saya aja dihubungin. Sampe pacar saya di WA, diajak VICALL, dan ditlp trus. DC nya ini annoying bgt. Saat kita complaint ke Bank Mega, pihak Bank ada tuh cewek namanya DIAN inget banget saya, malah bilang "Untuk masalah penagihan DC itu kami tidak tau menahu. Karena mereka mendapatkan komisi dr penagihan, makanya DC bebas melakukan apapun caranya agar bisa dibayar" kan goblok ya.

      Dia gak baca dan mengikuti tata cara penagihan DC kali ya. Orang-orang Ambon yang disewa itu keliatan bgt ga berpendidikan. Kesel bgt saya kalo inget-inget. Bikin orang ga tenang kerja, merasa terancam dan tidak aman.

      Gak lagi-lagi deh berurusan sama BANK S****N ini!

      • Hai mbak putri n tman2 lain yg pernah kena sama dc pasaran bank mega....
        Saya lbh parah lagi mbak, gak pernah pakai cc bank mega bisa ditagih, kan hebat... dc bank mega emang penyadap. Bisa tau kantor tempat kerja, meneror sampai ke atasan sya, kekantor nlpn tiap sebentar... hebatnya, tlpn kantor bisa berdering bersamaan disetiap departemen... mereka teror saya, mereka ancam saya, nama dc ganti2 dgn suara yg sama. Nlpn ke hrd nama tina, nlpn ke clarisa widiyanti... wah... pokoknya sran buat kwn2 hati2 sama bank mega... jgn berurusan. Sya gak pernah berurusan bisa kenak. Jauhi pinjaman pakai bank ini... kalau anda smpat berurusan dan diteror, baik pakai pihak ketiga. Itu saran saya.kalau mau pelunasan. Minta surat lunas dan stempel basah. Bank mega bank kejam.

  • Bank Mega mang parah penagihan aja.saya jujur kapok.punya kartu kredit Bank Mega marah marah ga jelas.terus nagih nagih ke teman teman saya
    Goblok bgt tuh yg nagih ke teman gw.orang yg ngutang gw nagih ny ke orang.sekarang gw udah bayar.trs nama baik gw bisa naikin lagi ga.bank Mega ga punya otak.yg pny utang siapa yg di tagih siapa.gw lunas trs kartu kredit bank mega.terus tiba tiba gw di tagih lagi gw maki maki balik