Kategori: HeadlineKeluhanSurat Pembaca

Jaringan 4G Telkomsel Tidak Stabil

Terima kasih sebelumnya kepada MediaKonsumen yang sudah menampilkan keluhan saya semoga pihak yang bersangkutan bisa menindaklanjuti surat pembaca ini.

Kendala jaringan sebenarnya terjadi mulai pada bulan Juni setelah bulan Ramadhan kemarin, cuma frekuensinya tidak sesering minggu-minggu ini (Juli – Agustus). Setiap hari di area yang saya tempati sekarang sinyal pada bar status memang full tapi yang saya herankan untuk jaringan internet selalu H+.

Pada hari Senin, 13 Agustus 2018 (jika tidak salah) saya berinisiatif untuk memastikan bahwa memang sedang ada perbaikan atau semacamnya dengan menelpon customer service Telkomsel di 188. setelah beberapa lama saya mengeluhkan tentang jaringan internet yang melambat, saya diarahkan untuk melakukan beberapa saran untuk memperbaiki jaringan yang sedang bermasalah tersebut. Saya disarankan untuk me-restart hp hingga memilih jaringan internet secara manual. Namun dari beberapa saran tadi ternyata kendala pada jaringan di area saya masih belum teratasi.

Karena saran diatas tidak memuaskan dan memecahkan masalah, pada waktu yang sama pula saya menelpon CS kembali untuk yang kedua kalinya. Disini pun saya mengeluhkan hal yang sama tentang jaringan internet yang menurun. Untuk penyelesaian pada CS kedua saya diminta melengkapi identitas diri (mungkin untuk ditindaklanjuti keluhan saya), tapi keluhan saya pada CS kedua sama saja disarankan untuk dari mulai merestart hp sampai memilih jaringan secara manual. Saya pun memberikan keterangan bahwa cara diatas sudah saya lakukan tapi tidak merubah sinyal internet saya. Namun CS yang kedua ini menjawab “karena sore sampai malam adalah waktu pulang yang bekerja, dimungkinkan sinyal melemah dikarenakan kuota penggunaan internet di tempat bapak sedang banyak”. CS kedua pun menginfokan bahwa keluhan saya akan dikirimkan dan akan ditindaklanjuti, dan saya akan menerima SMS selama 3 x 24 jam ke depan. Karena dirasa tidak memuaskan saya pun mengakhiri percakapan kedua tersebut.

Keesokan harinya, Selasa 14 Agustus 2018, memang benar saya mendapat pemberitahuan lewat SMS bahwa keluhan saya sedang ditangani, dan jika masih bermasalah saya diarahkan untuk ke Grapari terdekat untuk cek kondisi fisik SIM-Card saya, dan alhamdulillah memang benar sorenya sinyal sudah membaik dengan sinyal internet sudah 4G (karena keseharian saya bekerja).

Namun gangguan kembali terjadi pada Rabu, 15 Agustus 2018. Saya kembali menelpon CS untuk yang ketiga kalinya, dan saya saya keluhkan tentang jaringan yang tak kunjung membaik serta jawaban CS kedua yang saya rasa tidak tepat memberikan jawaban kepada konsumen yang sedang mengeluhkan kualitasnya tentang “kuota pemakaian di area saya sedang banyak”.

Bukankah dengan bertambah banyaknya konsumen untuk memilih Telkomsel sebagai jasa telekomunikasi, Telkomsel harus bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bukan malah berkurang kualitas jaringannya.
Kembali ke CS ketiga saya pun diarahkan ke Grapari untuk cek fisik sim card. Setelah lama saya pun mengakhiri panggilan.

Dan pada hari Kamis dan Jumat, 16-17 Agustus 2018 jaringan saya sudah normal ke 4G, namun pada sabtu, 18 Agustus 2018 jaringan kembali memburuk dari pagi hingga tulisan ini diketik sinyal internet masih H+. Bahkan mirisnya lagi saya menulis surat pembaca ini bukan di tempat saya tinggal karena untuk masuk internet saja susah.
Di sini saya simpulkan bahwa Telkomsel seperti tidak sungguh – sungguh dalam memberikan jaringan yang bagus, hanya jika ada keluhan saya diterima dan diperbaiki, keesokannya sama lagi.

Saya mohon pihak yang bersangkutan bisa memberikan kualitas jaringan yang lebih sesuai slogannya “MENJANGKAU DAN MELAYANI SELURUH NUSANTARA”

Terima kasih.

Muhamad Hamdani
082211639***
Kp. Cibogo, Ds. Pasanggrahan, Kec. Solear
Kab. Tangerang 15730, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Gmn carany berhenti Slypee.yg tiap hari pihak telkomsel pot pulsa sy seenakny.sy tdk pernah mendaftar sejenis apapun.tiap hari saya di pot pmpulsa ini itu.di unreg pun ga bisa.tlp cs pun ga prnh angkt

    • Pelayanan telkomsel memang sampah dan tidak sesuai dengan harganya. Saya mau aktivasi kartu saja masa hanya bisa dilakukan di jam dan hari kerja? Akhirnya waktu itu saya terpaksa beli nomor lain dari operator lain agar saya bisa segera berkomunikasi. Mahal dan buruk, itulah layanan Telkomshit

  • Saya juga memakai jasa layanan Telkomsel. Saya sering menelpon 188. Apa yang dikatakan Telkomsel tidak membantu sama sekali, sampai 32GB hangus tidak dapat dipakai untuk akses internet, dan tidak ada keterangan. Seharusnya Telkomsel bertanggung jawab atas masalah kualitas internet, Dan yang penting buang segala arogansi. Kami beberapa penggunapun mengerti soal jaringan. Dan harus diingat, Customer service Telkomsel pun dibawah naungan bendera Telkomsel. Jangan selalu mengatakan customer service tidak mngerti soal jaringan, pertanyaan customer akan diteruskan ke bagian terkait. Semua perangkat yang terhubung dengan jaringan, meski diawal startpun sudah menarik/memakai kuota, untuk bcakground update. Jadi jangan membantah bahwa jaringan lancar dengan membuktikan bahwa ada pemakaian kuota. Yang pelanggan maksud adalah tidak dapat dipakai untuk menjelajahi dunia maya. Masih banyak alasan lainnya yang memperlihatkan bahwa Telkomsel menurunkan kuaitas Jaringan. Jangan mengembangkan jaringan 5G, dengan mngorbankan pelanggan 4G. Jaringan 4G pun sekrang ini lebih turun kualitasnya dibanding dengan kualitas 3G.

  • Beberapa permintaan Telkomsel jika ada keluhan kualitas jaringan. 1. Data lokasi, waktu, perangkat, seringnya kendala. 2. Refresh/reset perangkat. 3. Membandingkan dengan prangkat / nomor telkomsel yang lain. 4, Membandinglan dengan lokasi yang lain. 5. Pengecekan fisik kartu. 6,7,8, dst bla bla bla bla.
    Ada satu pertanyaan dari kami pengguna Telkomsel, kalau kualitas diturunkan, dan tidak mau diperbaiki kembali , apakah permintaan tersebut berguna? Permintaan tersebut ibarat mempersulit pengguna, bukan untuk memperbaiki kualitas. Dan yang terpenting, apakah Telkomsel bersedia untuk memperbaiki/ update/upgrade jaringan jika pengguna jaringan hanya sedikit segelintir orang di satu coverage area? Kejujuran menjawab bukan harus dimiliki oleh orang berpendidikan tinggi.

  • Ya begitulah, Hampir semua Provider melakukan hal yang mirip mirip. Kalau pelanggan galakin di counter resmi, jawabannnya selalu ngeyel. Malah lebih galak lagi customer servicenya. Respon Tim leadernyapun sama. Satu alasan, kami customer service tidak mengetahui perihal ilmu jaringan. Kalaupun kita memberikan bukti bukti yang di screen shot dari komputer, mereka tidak mau menerima bukti penunjang bentuk komplain. Hal hal yg dilakukan oleh mereka adalah bentuk S.O.P kerjanya mereka. Pendek kata Mereka selalu benar. Apakah ada lembaga konsumen yang mau NGURUSI . Karena jaringan tsb benar benar maya, walaupun kita bisa membuktikannya.

    • Memang seperti tidak dihiraukan oleh pihak terkait, apalagi jika hanya perorangan. Entah harus berapa massa biar pihak terkait merespon keluhan pelanggan ini.
      Pelayanan CS saya rasa hanya untuk menenangkan sesaat saja yang dipikir kita seperti anak kecil yang diberi balon agar tidak nangis.
      Entah harus berapa kali saya harus menelpon CS dan mengisi formulir di telkomsel agar sinyal kembali normal ?!

Artikel Terbaru

Pengajuan Kenaikan Limit Kartu Kredit BCA Saya Ditolak Analis

Pada tanggal 6 Juni 2018 saya mengajukan permohonan kenaikan limit permanen kartu kredit BCA saya dengan nomor customer 15700284. Pada…

23 September 2018 01:04

Aplikasi Akulaku Merchant Tidak Profesional

Selamat pagi, surat ini saya kirim untuk semua karyawan yang bernaung di aplikasi Akulaku Merchant. Seandainya ada salah satu dari karyawan…

23 September 2018 00:53

Mohon Bantuan Bank BCA Pusat

Pada tanggal 18 September 2018 ditelepon oleh pimpinan BCA Kartu Kredit di Gedung Chase Plaza lantai 8, beliau marah karena…

23 September 2018 00:51

MNC Vision Mendebet Kartu Kredit tetapi Layanan TV Tidak Dipasang

Kejadianya begini, bulan Mei 2018 sampai September 2018 belum terselesaikan, no pelanggan 522941544 atas nama istri saya Choirotul Fauziyah dan…

23 September 2018 00:49

Pengajuan Kartu Kredit BNI Saya Ditolak Analis BNI

Pada tanggal 23 Agustus 2018 tepatnya saya mengajukan permohonan kartu kredit Garuda Platinum BNI di kantor cabang Bekasi. Selang kurang…

23 September 2018 00:30

Dibalik Mudahnya Dapat Pinjaman dari Fintech

Selamat sore, salam hormat, Di era digital seperti sekarang ini, sangat banyak perusahaan yang telah meng-upgrade sistem mereka ke teknologi…

22 September 2018 20:17