Merasa Dilalaikan Investigasi ID Pelaporan 0x0686 & 3z2989 Indikasi Penipuan Online Melalui Rek. Danamon

Kronologi kejadian:

Saya melihat iklan di FB dari akun bernama BOEDI BOEDI, memasang iklan JUAL-BU cincin berlian est 3 karat, harga Rp 6 juta. Setelah negosiasi harga via inbox FB dan WA akhirnya sepakat di harga Rp 5.100.000,- dengan persyaratan merubah pengikatnya karena mau dipakai sendiri oleh saya. Dikatakan oleh penjual waktunya sempit, takut pengiriman tutup hari Minggu.

Saya didesak mentransfer DP jika serius, karena saya percaya dengan kata-kata penjual yang garansi barangnya 100% dana transfer Rp5,1 juta pada hari Kamis 2 November 2017 pada pukul 19.04 WIB melalui m-banking BCA dengan no rekening 86913041** a/n saya sendiri.

Pada Sabtu dan Minggu waktu saya meminta dokumentasi video dan detail di inbox FB pelaku mengulur waktu sampai dengan pengiriman barang. Saya lacak via internet no. resi, barang sampai ke apartemen itu pukul 13.00 WIB pada hari Senin, tanggal 6 November 2017. Saya ambil di posko security paket tersebut pukul 19.00 WIB. Sungguh terkejut saat saya buka paketnya ternyata berisi 1 buah cincin Xuping (bukan berlian) dan 2 botol air kecil.

Saya melaporkan ke Polres Depok pada hari Selasa, tanggal 7 November 2017 pada pukul 15.30 WIB. Saya tiba di cabang Depok, Bank Danamon pukul 15.10 sore tutup operasionalnya.

Melalui Media Konsumen ini, saya melanjutkan kejadian yang saya laporkan dan kirimkan sebelum-sebelumnya melalui email kepada team responsible Bank Danamon yang telah saya tembuskan kepada team Cyber Crime Polri RI, team Kajian dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia mengenai Tindak lanjut investigasi ID pelaporan: 0x0686 & 3Z2989 indikasi penipuan OL melalui rek. Danamon mengingat kejadian ini tidak ada langkah kongkrit atau mediasi dari Bank Danamon sampai dengan saat ini.

Respon yang saya terima dikirimkan 30 Mei 2018 email PENEGASAN UANG TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN setelah saya yang aktif menelpon ke Hello Danamon (6 bulan saya menunggu ) dan berharap pihak yang berwajib melalui cybercrime Polri RI, LAPORAN POLISI SINGKAT saya buat dilanjutkan ke pengadilan (adanya tindak pidana dari pelaku).

Bagaimana kerugian uang yang saya alami seharusnya bisa kembali jika investigasi dari pihak bank sigap menindaklanjuti hal ini dengan serius, sudahkah bekerja sesuai prosedur manajemen resiko dari pihak Bank Danamon?!

Sehingga saya publikasikan melalui mediakonsumen.com dan saya sampaikan juga kepada fasilitator BI melalui email karena ini hak saya. Penanganan merasa dilalaikan INVESTIGASI ID pelaporan : 0x0686 & 3Z2989 indikasi penipuan OL melalui rek. Danamon.

Terlampir:
Laporan singkat ke Polres Depok, merujuk tindak pidana penipuan pasal 378 KUHP pada Selasa 7 Nov 2017.

Diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.16/1/PBI/2014 mengenai perlindungan konsumen sistem pembayaran, seluruh nasabah perbankan memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari BI. Pihaknya akan menampung dan memberikan solusi terkait permasalahan dalam sistem pembayaran.

Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhan atas barang dan atau jasa yang digunakan, dijamin oleh pasal 4d Undang Undang Perlindungan Konsumen.

Renawati Saurmauli
Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:4    Rata-Rata: 2.5/5]
Loading...

2 komentar untuk “Merasa Dilalaikan Investigasi ID Pelaporan 0x0686 & 3z2989 Indikasi Penipuan Online Melalui Rek. Danamon

  • 24 Agustus 2018 - (04:22 WIB)
    Permalink

    Berhati-hati terhadap orang-orang yang menawarkan produk lewat sosial media, dengan iming-iming butuh uang segera bisa jadi itu hanyalah alasan-alasan yang dibuat-buat. ujung-ujungnya kita malah jadi kotban penipuan. Sebaiknya jangan langsung pet
    rcaya. Hindari transaksi lewat sosial media karena kurang aman. Gunakan e-commerce/market place terpercaya untuk transaksi jual beli.

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Merasa Dilalaikan Investigasi ID Pelaporan 0x0686 & 3z2989 Indika…

oleh Re Na dibaca dalam: 2 min
2