Janji Manis Fasilitas Kartu Kredit BCA Berujung Merepotkan dan Mengecewakan

Saya ingin mengirim surat keluhan kepada pihak Bank BCA yang terhormat. Saya adalah nasabah aktif BCA hampir 2 tahun dengan cash flow yang bagus. Kekecewaan saya bermula sejak di bulan Juli 2018. Tepat pada 31 Juli 2018 waktu siang hari, saya ditelepon oleh pihak BCA yang menyatakan dirinya sebagai card center BCA Jakarta dengan nama Inggrid. Dia mengatakan bahwa saya mendapatkan fasilitas kartu kredit dari BCA dengan syarat yang sangat mudah hanya dengan KTP dan NPWP. Dia menawarkan kartu yang paling tinggi, dan mengatakan bahwa saya adalah nasabah VIP yang BERHAK MENDAPATKAN FASILITAS KARTU KREDIT BCA (sekali lagi saya tekankan BERHAK). Akhirnya saya menyetujui agar kartu itu dikirim.

Selang beberapa hari, team collection dari BCA Bandung tepatnya di Asia Afrika datang ke kantor meminta tanda tangan saya , foto KTP dan NPWP saya. Nama dari team collectionnya itu adalah Dipo. Mas Dipo bilang bahwa saya adalah nasabah VIP yang harus diprioritaskan data-datanya. Mas Dipo mengatakan bahwa prosesnya -/+ 14 hari sampai kartu diterima,tapi biasanya untuk nasabah seperti saya bisa lebih cepat. Begitulah saya terima iming-iming manis dari pihak BCA.

Saya menunggu sampai 14 hari, tapi tidak ada juga telepon/sms dari pihak BCA untuk memverifikasi data saya. Saya inisiatif telepon ke HaloBCA, saat itu CS mengatakan bahwa tidak ada data saya untuk pengajuan kartu kredit. Saya pun menelepon pihak card center Jakarta dan menanyakan tentang keberadaan data saya, tetapi mereka tidak tahu dengan alasan bahwa data saya di-input dan diproses di Asia Afrika, jadi saya disarankan menghubungi pihak BCA Asia Afrika Bandung.

Tanggal 14 Agustus 2018 saya menghubungi pihak BCA Bandung, setelah proses peralihan yang cukup lama, akhirnya saya dapat terhubung ke admin bagian kartu kredit BCA Asia Afrika Bandung. Saya menanyakan perihal data saya,namun admin tsb mengatakan bahwa dia tidak tahu sampai mana proses data saya, dan meminta waktu 2 hari kerja untuk admin itu mencari berkas saya.

Keesokan harinya tanggal 15 Agustus 2018 admin kartu kredit BCA Asia Afrika Bandung itu pun menghubungi saya dan menyatakan bahwa data saya masih dalam proses analis. Saya meminta admin itu untuk bertanya ke analisnya kenapa sampai sekarang saya tidak mendapat verifikasi apapun terkait data-data saya.

Tanggal 16 Agustus 2018 si admin itu pun mengatakan bahwa dia tidak dapat menanyakan hal tsb ke pihak analis, dan saya disuruh menunggu hingga 14 hari kerja yaitu di tanggal 28 Agustus 2018. Saya tunggu berhari-hari tidak ada kejelasan dari pihak BCA, sampai di tanggal 20 Agustus 2018 saya coba hubungi ke card center Jakarta minta dihubungkan ke Mba inggrid yang sudah memberikan fasilitas menyusahkan ini kepada saya, tapi tidak dapat tersambung.

Sore harinya saya ditelepon oleh pihak card center Jakarta dan yang berbicara itu adalah ibu Gisella, beliau menyatakan dirinya sebagai supervisor di bag card center. Ibu gisella tsb meminta maaf kepada saya, karena proses pihak Asia Afrika Bandung sangat lama, bahkan tidak ada verifikasi data apapun ke saya sampai saat ini. Ibu Gisella tsb pun meminta waktu ke saya untuk mencari tahu sebab dari keterlambatan proses ini ke Asia Afrika Bandung.

Berhubung tanggal 22 Agustus libur, jadi Ibu Gisella meminta waktu di tanggal 23-28 Agustus. Sampai tanggal 27 Agustus 2018, Ibu Gisella belum juga menghubungi saya, akhirnya saya yang menghubungi pihak card center dan minta disambungkan ke Ibu Gisella. Namun, Ibu Gisella mengatakan bahwa belum juga mendapatkan hasil jawaban alasan dari Asia Afrika. Saya masih disuruh menunggu sampai ada jawaban dari Asia Afrika.

Tanggal 28 Agustus 2018, saya masih menunggu verifikasi dari BCA bandung maupun dari card center BCA. Akhirnya saya menghubungi pihak BCA Bandung,dan alangkah kagetnya saya ketika mengetahui bahwa kartu kredit saya ditolak per tanggal 14 Agustus 2018 dan tidak dapat memberikan dapat alasan penolakannya.

Saya kaget,karena pada tanggal 14 dan 15 Agustus 2018 pihak BCA Bandung menghubungi saya dan mengatakan data saya masih diproses. Tetapi kenapa bisa sekarang ditolak pertanggal 14. Tetapi admin yang bernama Duna itu tidak dapat menjawab. Lalu saya menghubungi HaloBCA untuk mengecek informasi tsb. Dan benar adanya statusnya rejected oleh HaloBCA per tanggal 14 Agustus 2018.

Saya sudah coba hubungi pihak card center Jakarta untuk disambungkan ke Ibu Gisella, tapi tidak dapat terhubung dikarenakan beliau sedang meeting. Saya sangat kecewa terhadap kinerja Bank BCA,yang telah mengambil hak dan fasilitas yang sudah diberikan ke saya begitu saja tanpa ada proses dan verifikasi apa pun ke saya. Saya tidak ada mendapatkan verifikasi apa pun dari pihak BCA. Tapi seenaknya mengatakan ditolak. Saya tidak mengajukan, saya hanya ditawarkan oleh bag card center Jakarta. Saat itu mereka yang bilang, bahwa saya nasabah terpilih yang berhak mendapatkan fasilitas. Seharusnya itu kartu bisa langsung dikirim ke saya. Tapi menurut peraturan Bank Indonesia,tidak boleh mengirim kartu tanpa persetujuan penerima (card holder). Makanya pihak card center BCA meminta persetujuan ke saya terlebih dahulu sebelum mengirim kartu. Tapi kenapa sekarang status yang mereka tulis rejected??

Sungguh tidak logis. Saya sudah merasa ditipu oleh BCA, dan sudah merasa dipermainkan oleh BCA. Berikut ID laporan saya di HaloBCA 2109538591. Silahkan kalian cek juga VR nya. Mohon pihak Bank BCA segera merespon dan mohon Bank Indonesia dapat membantu juga. Berikan hak nasabah yang sudah seharusnya. Jangan mempermainkan nasabah seperti ini Bank BCA yang terhormat. Terima kasih.

Passionicho Reysandra Siahaan
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank BCA:
[Penilaian Rata-rata: 2]
Tanggapan Bank BCA atas Surat Bapak Passionicho Reysandra

Menanggapi keluhan Bapak Passionicho Reysandra melalui rubrik Suara Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 28 Agustus 2018, dengan judul “Janji...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Janji Manis Fasilitas Kartu Kredit BCA Berujung Merepotkan dan Mengecewakan

    • 29 Agustus 2018 - (10:58 WIB)
      Harus sampai berapa lama saya harus menunggu proses kalian?
      Kalian yg berikan fasilitas sebagai hak nasabah,malah kalian yg mencabut hak fasilitas untuk nasabah tsb. Sebelum saya ditawari fasilitas itu,pihak baca sudah mengecek kelayakan kredit saya,karena saya layak makanya saya ditawari di kartu paling tinggi. Bahkan menurut card center,saya dihubungi oleh analis hanya untuk verifikasi data dan negosiasi limit. Ini tidak ada sama sekali di telepon,bahkan untuk verifikasi.
      Jadi tolong,kerjaan saya bukan cuma ngurusin ini doang. Tapi kalian sudah mempermainkan hak nasabah. Sekali lagi saya tekankan,bukan saya yg mengajukan kartu kredit melainkan saya diberi hak berupa fasitas kartu kredit platinum (dengan limit 20-900jt,tergantung nyamannya saya dilimit berapa) dengan alasan karena saya nasabah bca aktif dan cash flow yg bagus. Tapi ini malah saya di over sana sini gak jelas. Benar2 mengecewakan!!!
    • 30 Agustus 2018 - (11:07 WIB)
      kenapa sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya??
      Tolong pihak Bank BCA jangan buang2 waktu!
  • 29 Agustus 2018 - (09:44 WIB)
    Bank BCA susah nya naik limit.4 th sdh pegang kartu kredit bca.pergantian deh dpt kartu visa batman PLATINUM.Begitu saya Buka.Oh My God kartu PLATINUM limit 3 juta.Jdi ngak pede pegang kartu kredit BCA.Kartu Kredit saya Gold Saja sdh limit 10 juta.Akhirnya TUTUP deh VISA PLATINUM BCA.Terima Kasih BCA.
  • 3 September 2018 - (11:38 WIB)
    Sekedar tambahan informasi,setelah proses yg sangat lama. Pihak card center sudah menghubungi saya dan mengatakan bahwa ibu gisel yg mengaku sebagai spb card center akan mengklaim kartu kredit saya,dan minta waktu untuk proses. Saya punya VR nya dan ibu gisel itu bilang bahwa akan di klaim langsung ke pihak tin inti bca,bukan ke bag analis lagi. Setelah menunggu beberapa hari,lalu inu gisel itu menghubungi lagi di hari ini dan berkata bahwa data2 saya diajukan kembali dan bukan di klaim. Jadi semua keputusan tim analis. Wah,begini lah cara bc memutar balikkan kata2. Awalnya bilang, mereka akan klaim langsung ke tim inti bca yg ada di grand indonesia. Eh sekarang malah harus proses analis lagi katanya. Saya akan masukkan berita koran ini. Bila perlu saya akan buat tuntutan kepada pihak BCA yg sudah merepotkan dan menipu nasabah seperti ini. Untungnya saya punya VR yg saya rekam sendiri saat tim bca card center menelepon saya. Andai bisa kirim voice record ke web ini,saya akan lampirkan. Tapi tidak bisa. Buat jangan buang2 waktu dan mempermainkan nasabah. Mending pindah bank aja untuk nabung,kalau bgini.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BCA?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Janji Manis Fasilitas Kartu Kredit BCA Berujung Merepotkan dan Mengece…

nicho 3 menit
9