Permasalahan Pinjol yang Tak Kunjung Selesai

Halo salam hangat untuk MediaKonsumen dan teman-teman lainnya,

Saya disini mewakilkan rekan2 yang mempunyai masalah terhadap Aplikasi Pinjaman Online (pinjol), pastinya kalian semua tau apa pinjol itu bukan?? Setiap orang pasti memiliki ekonomi yang sedang sulit dan akhirnya berlarilah kepada pinjol.

Beberapa pinjol ada yang ilegal dan ada juga yang legal. Tapi kenapa pinjol tsb dengan mudahnya menyebar di sebuah Google Play???? Apakah tidak ada pengawasan khusus serta pengawasan yang ketat terhadap pinjol tsb sehingga bisa menyebar dengan mudahnya??? Betapa sangat banyak kita sudah dirugikan oleh pinjol itu.

Apakah DC (debt collector) pinjol tidak ada kode etik dan SOP dari perusahaannya??? Karena dengan mudahnya mengancam, mempermalukan, berkata-kata kasar, serta meneror semua daftar no telp di kontak kami. Ini sudah jelas-jelas melanggar hukum, tapi kenapa DC pinjol masih berkeliaran bebas???

Kami bukan lah penjahat atau lari dari tanggung jawab hutang kami di aplikasi kalian, tapi kenapa kalian memperlakukan kami seperti penjahat?? kami selalu merespon serta beritikad baik untuk menyelesaikan sangkutan kami di perusahaan kalian.

Kami disini sudah mencoba untuk bernegosiasi terhadap kalian tapi dari kalian tidak memberikan solusi serta keringanan untuk kami. Kami disini sangat ingin membayar semua sangkutan kami kepada kalian, tapi kami tidak sanggup jika harus membayar denda keterlambatan (bunga) yang sebesar 2%-4% per harinya.

Kami di sini juga bukanlah ingin merugikan perusahaan kalian, tapi kami hanya bisa membayarkan bunga seperti di pinjaman awal kami. Tentunya itu sudah menguntungkan juga buat kalian bukan??

Apakah ada pihak lembaga-lembaga hukum Indonesia yang ingin membantu kami secara sukarela untuk menyelesaikan permasalahan kami ini supaya tidak berlarut-larut??

Saya dan yang lain bukannya hanya berdiam diri, kita sudah melaporkan dan meminta pertolongan kepada yang terhormat OJK. Akan tetapi dari balasan pihak OJK bahwa pinjol-pinjol tsb yang ilegal bukan kuasa dari pihak mereka. Lalu saya dan yang lain harus kemana??? Bukan kah kasus ini sudah cukup viral?? Tapi kenapa sampai saat ini belum ada proses kelanjutannya???

Tolong lah dengarkan keluhan dan permasalahan kami ini. Yang ingin bergabung dengan saya dan rekan lainnya silahkan balas artikel saya ini.

Terima kasih.

Ryssha Liem
081296305***
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Setuju ga ada yang mau bantu kita sekarang ini....
    Kata nya aja yang mengayomi....
    Kata nya aja yang melindungi.....
    Tapi minta lanjutkan....
    Hadooooh abagoiamang....

  • Yth,
    Ibu Ryssha Liem

    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya disini Angel Cash sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang finansial teknologi ingin menyampaikan bahwa untuk perihal bunga yang dikeluhkan sudah tertera dengan jelas aturan nya di kontrak peminjaman jadi apabila tidak sesuai dengan perhitungan pengembalian pinjaman yang direncanakan bisa segera dibatalkan atau mencoba aplikasi lain dengan bunga yang lebih rendah dan tanpa paksa jika pinjaman dilakukan pihak debitur dengan secara sadar menerima bunga yang diberikan juga segala ketentuan yang diberlakukan aplikasi tersebut.
    terima kasih

    • Mohon Maaf kepada Angel Cash yang terhormat..
      Saya tau memang pada saat awal meminjam itu sudah ada ketentuan dan syarat2 serta resiko kita meminjam.
      Sekarang begini beberapa nasabah yang pernah meminjam di applikasi pinjol itu mereka sudah memikirkan matang2 buat resiko serta pengembalian dana. Tapi apakah mereka bisa memprediksi keadaan kedepannya apa yang terjadi??
      Sekarang begini mereka sudah ada itikad baik untuk membayar tapi mereka tidak sanggup untuk membayar denda keterlambatannya yang sudah jauh sekali. Mereka masih bisa membayar bunganya dari pihak pinjol walaupun tidak semua dendanya dibayarkan. Dari situ aja kalian rugi apa?? Bukankah kalian sudah untung juga?? Setelah mrk melunasi pihak anda tinggal blokir data mereka agar tidak bisa meminjam di applikasi kalian lagi. Disini mereka salahnya dimana kalau mereka mencoba bernegosiasi?? Sebagai perusahaan fintech begini kan kalian harusnya memberikan titik terang dan solusi untuk mereka daripada anda tidak dibayarkan. Dan kalian dengan seenaknya menyebarkan data mereka ke semua kontak2 mereka tanpa ijin dr mereka? Apakah layak utk menyebarkan hutang org ke org2 yang tidak tau menau? Ini kan aib.. coba pikirkan jika anda ada diposisi seperti mereka.. anda dan pihak anda pun sudah melanggar ketentuan hukum loh.. jangan meremehkan mrk yg ga bisa lapor, ini bisa di besarkan permasalahan ini loh. Resikonya malah perusahaan anda yg ilegal.

        • wah jangan deh bang, pikir panjangnya aja kedepannya. Saya sih mending berusaha cicil sebisanya daripada kabur.

      • Benar mba rissha liem
        Menurut saya beberapa aplikasi tersebut bel terdaftar pada ojk
        Jadi begini seenaknya mereka.dan tidak ada attitude dalam penagihan.kalau mereka sopan kami pun segan
        Pasti kami akan lunasi beserta bunganya.
        Bahkan ada beberapa aplikasi yg belum jatuh tempo seperti RPNOW menagih nya sangat mengintimidasi.membentak bentak peminjam tidak punya attitude,merendahkan peminjam.
        Saya berharap suatu hari mereka diposisi peminjam.
        Dibentak direndahkan diintimidasi.
        Kami sedikit-sedikit belajar.sekarang tidak sulit untuk melapor .
        Byk forum...lewat email.sekarang sudah canggih
        Bahkan sepertinya ada banyak aplikasi fintech di google playstore yang menghilang.saya rasaaplikasi tersebut juga sedang main kucing-kucingan

        • Sy pernah nego sy bayar dulu pokok dan bunga nya denda nya sy minta waktu untuk menyelesaikan nya tapi di pihak online TDK mau ya terpaksa sy GK bayar karena uang nya GK cukup kalau pihak online bisa kasih kebijakan semuanya pasti selesai

      • Saya sangaat sangaatt setuju dgn Mba,,disaat kita meminjam di PINJOL kita ga pernah tau kedpn’nya akan kya gmn.. Kita sebgai konsumen juga berhak utk bernegosiasi,,toh klo kita membayar HUTANG POKOK atau HUTANG DGN BUNGA awal saya rasa perusahaan juga TIDAK DIRUGIKAN BESAR.. Yg paling penting adalah KITA KONSUMEN telah BERUSAHA melakukan KEWAJIBAN PEMBAYARAN dan TIDAK LARI..

        Saya juga sudah tlf ke OJK ternyta AngelCash BELUM TERDAFTAR DI OJK

          • Masih ada beberp yg msh blm slsai Mba,,krna saya jga msh berusaha utk menyelesaikan’nya dan minta keringanan.. Tp ga ada yg mau mba,,dgn alasan saya hrus ttp BAYR BUNGA yg MENYEKEK LEHER saya.. Mba sndri gmn?

    • Perusahaan ANDA ITU ILEGAL yaa Pak,,ANGELCASH BELUM TERDAFTAR DI OJK.. Pantas saja cara penagihan perusahaan anda seperti ORANG YG TIDAK BERPENDIDIKAN

      • Boleh saran kan, sy sendiri blm pernah ke pinjol. Nasabah mau bayar pokoknya aja harusnya mereka udah bersyukur. Bisa balik modal. Dari pada tidak sama sekali. Saran aja mending tidak usah bayar sama sekali, abisnya sy baca di media para DC nya jg nga punya etika nagih malem2 , telpnya jg suka maki2. Bukannya pinjol2 udah punya asuransi untuk meng cover kredit macet?.

    • Dimana2 utang memang tetap harus dibayar, tapi kalo nagihnya pake ngobok2 data privasi org apa itu bukan tindak pidana,

    • YTH AngelCAsh

      Sampai detik ini anda masih nyebar data dan nagih ke org yg ga ada hubungan sama sy.
      berkali kali sy menghubungi CS utk minta cicilan krn lagi pailit tp tdk digubris

      Tolong dengar,, klo sy terus perpanjangan keenakan anda.
      sy mau cicil pokokny. tp ga ditanggapin!!!

      Ana

    • Bukan masalah bunga, tp cara penagihan yg selalu mengintimidasi,mengancam dll. Mana ada yg respek klo penagihan kayak orang yg gak punya pendidikan tata krama

  • Yg sy sangat tidak terima adalah menyebarkan sms2 memalukan ke kontak2 yg ada dihp kita,memfitnah bhw no yg dimksd no yg direfisikan oleh kita pd saat peminjaman,memfitnah jg bhw kita sdh tdk dpt dihubungi..
    Kita akui pd saat download kita izinkan utk akses yg dibutuhkan tp kita tidak pernah merasa mengizinkan untuk menyebarkan hal2 yg sifatnya rahasia ke kontak2 tsb ..atau mrk sengaja melakukan hal itu untuk mempermalukan dan membunuh karakter kami?? Tdkkah anda fikirkan btp banyak korban yg sdh dipecat dr pekerjaannya?rumah tangganya berantakan?dijauhi bahkan dimusuhi oleh kerabat jg keluarganya? Apakah dg begitu anda merasa puas?? Bagaimana jk hal itu terjadi pd anda atau keluarga anda?
    Tolonglah kasih kami sedikit aja pengertian anda,itikad kami baik,dan tidak akan lari dr tanggung jawab...hanya butuh waktu krn cara kami mencari uang tdk segampang cara anda.
    Terima kasih

    • Bos gimana ya kalau kita ngak bayar apa ada masalah ke hukum... SoalnSoalnya aku uda nunggak ni..... Bunganya mengalir setiap hari.... Rasanya aku ngak sanggup bayar lagi bos.... Beri solusi dong

      • Jangan sampai ga dibayar pak.. hutang ttp harus dibayar, cuma bapak harus berusaha untuk mencoba bernegosiasi perihal bunga denda keterlambtannya. Kalu bpk lari dan tidak membayar tanggung jawab bapak, bpk akan kena pidana karna telah membawa kabur uang org.

        • setuju banget. lebih baik kita beritikad baik. Mau diterima atau tidak,kita berhak menyampaikan alasan kita. kita mampunya segitu masa iya di point mereka tidak dicantumkan perihal pelunasan pembayaran dengan cicilan.

  • Apalah artinya kita klo sudah terjebak dengan riba.. kita sebelumnya adalah orng2 yang baik, taat kpd hukum, dan bersyukur dengan apa yang kita dapat saat itu.. namun ketika perekonomian menjadi surut dan mendesak membuat kita tidak bisa memilih krn pd dasarnya kita hanya butuh beberapa saja. Mental seseorang yang berada pada posisi seperti itu membuat kita seakan diuji agar tidak melakukan kejahatan2 diluar dugaan. Namun sudah banyak sekali keluh dan keresahaan setelah kita melakukan pinjaman online.. doa yang selalu terlampir seakan tidak di dengar.. usaha kesana kesini seakan tidak berguna... rasa frustasi, pasrah, dan juga penyesalan membuat kita semakin terpuruk.. dan akhirnya menjadi putus kerja, dijahui teman, tidak punya tetangga, stress, pikiran tidak sehat, dll
    Apakah kita sebagai warga indonesia hanya bisa menilai, memvonis, menjatuhkan, serta menjadikan kami orng2 yang sesat..
    Tolong hargai kami orng2 yang sudah terjebak riba, kami dulu orang baik,
    Bantu kami kawan, kita ini tidak pernah memutus tali persaudaraan melainkan adanya faktor dr luar..
    Semoga ini bisa membuka pintu hati kawan2 agar bisa membantu kami yang terjerat dr riba..
    Yang namanya hutang tetap hutang,
    Dan harua dibayar.. tp jngn sampai sumber rizeki kita ikut berkorban..

  • Dear Perusahaan2 Fintech YTH

    saya pikir pertama kali pinjol2 itu hadir bisa membantu perekonomian kami bisa utk modal usaha kami sbg sebagai masyarakat yg ingin memuliakan keluarganya,membahagiakan org2 disekitar kita....tapi nyatanya ZONK BESAR
    Keberadaan Fintech2 ternyata tidak membawa pengaruh kebaikan malah kebobrokan dan KEMUDAROTAN...
    dengan adanya bunga yg mencekik leher perharinya...ngalah2in rentenir perongan aja bunganya....ini rentenir jaman now yg berkedok...
    Dengan kita memberikan akses ijin apk utk contact,sms,apapun itu namax kemudian dgn gampangnya Kalian Heiii Fintech2 menyebarkan aib2 para nasabahmu....bagaimana jika aib2 dari keluarga2 mu ato para debt collectormu di umbar media2 sosial...apakah kalian akan terima....Pikirkan itu Bapak2 Ibu2 Mas2 Mba2 Perusahaan Fintech dan team debt collectornya....

    • Aku juga mengalami hal yg sama bro... Tiap hari ada bunganya....
      Padahal ngak ada di perjanjian awal seperti itu.... Rasanya aku ngak sanggup bayar lagi..... Gimana bos... Apa kita akan berurusan dengan Hukum ya

      • Sama bang,aku juga terjerat pinjom ya g bunganya nyekek leher dan ILEGAL tidak terdaftar ojk.gmn penengahnya bang?

  • Yth seluruh fintech di indonesia,
    Sy jg ingin bertanya pada saat kalian menyebarkan data data, telpon dan sms ke semua kontak konsumen apakah kalian tdk berfikir dimana hati nurani kalian apakah dgn mempermalukan mereka kalian merasa puas padahal mereka jg punya itikad baik, jgn seperti itulah, apalagi yg team debt colector yg sok.

  • Entah apakah pinjol punya hati apa gak. Dimana hati kalian pinjol. Kalau kita gk ngutang emang kalian bisa untung. Kita ngutang juga buat kebutuhan. Yang miskin makin miskin. Yang kaya makin kaya jadinya . Kita bukanya gak mau bayar. Tapi kalian sudah mempermalukan kita. Emang jika kalian menelpon orang2 yang ada di hp kita. Itu hisa membantu? Gak kan. Orang yg punya utang kita. Kenp harus orang lain juga di telpon. Kita juga uda nego baik2. Biar bisa bayar walaupun cicil. Tapi kalian dari pihak pinjol gak mau. Kan gak ada ruginya. Nyicil juga bayar lo.

  • Bener..
    Udah ngumpulin susah2 trnyata pas mau bayar bunganya bertambah byk...
    Di nego ga bisa...
    Jd gmn mau selesainya...
    Sbnrnya klo mreka udah permalukan kita
    Pas kita lunas...
    Memangnya bisa mereka kembalikan nama baik kita...
    Dan tlp2 ke kantor...
    Lalu di buat kita di phk...
    Mau drmana kita bayarnya
    Pinjem ke tmn sodara dll
    Ga bakal mau pinjemin
    Mana ada yg mau minjemin pengangguran...

  • iya betul gan .. saya juga kecewa sama pihak" terkait . karena dengan mudahnya menyadap tlp kita . dan menelpon ke semua kontak kita ..
    minta solusi malah dimaki" .
    awalnya aku rasa ini bantuan tapi bener" zonk . nyesel emang udah pinjol.
    kalau tau kedepannya bakal bgini . ga akan deh ..
    cuma mau gimna lg nasi udah jadi bubur .. skrng kami pengen solusi yg terbaik ..
    mohon lah agar di permudah . toh kalian (pinjol) udah memakan uang banyak dr kami .. aku yakin yg semuanya disini pinjol nya udah lebih 10x . tapi ga ada solusi buat di cicil atau apa ke ..

Penulis
Sheen Ash