Keputusan Sepihak Shopee, Perihal Pelepasan Dana yang Merugikan Seller

Pada Tanggal 23 Agustus 2018, Ssaya selaku seller di platform e-commerce Shopee.co.id telah mendapat orderan barang senilai Rp2.920.000 dan sudah selesai mulai dari proses order dari buyer, konfirmasi pembayaran dari buyer (yang mana sistem Shopee menerima dana tsb di Rek Garansi Shopee), pengiriman barang oleh saya selaku seller kepada buyer, serta konfirmasi penerimaan barang oleh buyer pada tanggal 24 Agustus 2018 dan tidak ada komplain dari buyer.

Namun yang menjadi masalah adalah, dana saya dengan nilai di atas tak segera kunjung dilepaskan ke akun ShopeePay saya. Padahal menurut aturan dari ShopeePay sendiri, dana akan dilepaskan paling lambat maksimal 1 hari setelah barang dikonfirmasi terima oleh buyer. Penderitaan belum selesai, malah pada tanggal 27 Agustus 2018, akun seller saya malah dibatasi dengan alasan “Dapat disampaikan bahwa penonaktifan akun kamu terjadi, dikarenakan sistem mendeteksi adanya indikasi pelanggaran ketentuan gratis ongkos kirim pada akun kamu yaitu memiliki lebih dari 1 akun”. Yang saya selaku seller tidak habis pikir adalah:

1. Kecurangan Ongkos Kirim : Saya sebagai seller tidak ada fasilitas mengubah atau meng-custom data ongkir karena semua sudah tersistem otomatis dalam paltform web/aplikasi Shopee itu sendiri. Saya sebagai seller hanya bisa memilih jasa ekspedisi untuk pengiriman barang saya, dan berat barang yang saya jual dalam satuan gram. Saya tidak mengerti yang dimaksud ‘kecurangan’ seperti apa.

2. Duplikat akun : Saya mendaftarkan dengan akun Shopee terkait hanya menggunakan 1 nomor selular, dan nomor tsb juga belum pernah saya daftarkan di Shopee sebelumnya maupun di platform e-commerce yang lain. Ketika ditanya melalui Call Center, email, pihak Shopee tak satu pun yang dapat menjelaskan secara detail pelanggaran apa yang lebih tepatnya saya telah lakukan.

Alih-alih memberikan kejelasan kepada saya selaku seller yang ‘dituduh’ melakukan pelanggaran, dana saya malah ‘ditahan’ dan akan dilepaskan 30 HARI setelah akun saya dibatasi guna melakukan ‘analisa’ mereka lebih lanjut. Itu baru proses pelepasan dari Rek Garansi Shopee mereka ke akun ShopeePay saya. Mungkin hanya Tuhan dan mereka yang tahu akan ada kendala apalagi misal saya akan menarik dana dari akun ShopeePay ke rekening pribadi saya.

Saya dengan harapan besar bisa memulai menggunakan platform e-commerce Shopee untuk menjalankan usaha malah terhambat dengan modal saya ditahan dengan alasan serta estimasi waktu yang sangat lama. Mohon konfirmasi atas kejelasan kasus saya ini. Dengan adanya surat pembaca ini bisa sebagai pandangan dan pilihan bagi semua untuk bisa berhati-hati dan memikirkan kembali jika ada keinginan untuk menggunakan Shopee sebagai salah satu opsi berdagang. Karena dilihat dari kasus ini, Shopee belum bisa memberikan solusi terhadap masalah sepele yang harusnya bisa segera diselesaikan tanpa harus merugikan khususnya di pihak seller.

Terima kasih.

Wahyu Ferry Afimadana
Magetan – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:39    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

17 komentar untuk “Keputusan Sepihak Shopee, Perihal Pelepasan Dana yang Merugikan Seller

  • 1 September 2018 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Maksudnya penyalahgunaan gratis ongkir itu gimana yah? Yg untung dengan adanya gratis ongkir kan biasanya pembeli, bukan penjual. ?

    • 2 September 2018 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Makanya saya loh juga heran, emang bisa seller utak atik nominal ongkir, semuanya kan sudah kesistem Shopee sendiri, kita sebagai seller hanya bisa milih jasa ekspedisi yang digunakan apa. Tidak bisa kasih pengaturan yang lain lagi. Dan setiap ditanya sama sekali ga bisa memberikan solusi malah memutuskan sepihak kalau dana saya ditahan maks 30 hari, apa ngga keterlaluan? Kapok bener saya di Shopee, semoga yang lain tidak bernasib sama dan berhati-hati kalau mau gabung Shopee

    • 14 November 2019 - (07:46 WIB)
      Permalink

      Setelah 30 hari
      Apakah saldo penjual bisa di cairkan atau tidak

      Tolong infonya

      Itu yang sedang terjadi sama saya

      Uang 3.500.000 sedang tertahan dan akan d lepas 30hari tapi itupun msh ngambang karena tidak adanya kejelasan

  • 7 April 2019 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Sy jg dana udh di tahan 2 hari. Katanya suruh nunggu 3hari. Parah bgt klo ky gn. Mending ke lapak sebelah, customer klik terima duit lgsg cair ga pake lama. Lha ni customer udh klik terima malah di tahan ampe berhari2. Kapok dah klo ky gini caranya

    • 11 April 2019 - (13:43 WIB)
      Permalink

      Saya juga .. pelepasan dana ditahan. Mau chat cust service masih ada 300antrian ??.
      Sebagai seller saya merasa dirugikan karena perputaran uang terhambat. Tolong kerjasamanya dr pihak shopee.. cari solusi lain. Jangan sampai membekukan akun seller. Kamu rugi ongkir yg hanya 20rb. Kita rugi modal sampai jutaan ??

  • 24 Mei 2019 - (11:21 WIB)
    Permalink

    shopee lg yaaaaa, sebagai pembeli ataupun penjual emg kayanya gimana ya shope ini, udah berkali2 nelfon cs sbg pembeli jawabannya CS shopee beda2 mulu prosedurnya, mana ribet untuk pencairan dana yang dibalikan pake shopay segala sebelum ke rek pribadi.

  • 31 Mei 2019 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Sy pernah 2 akun di nonaktifkan shopee
    Dan setau sy shopee detect nya lewat no rek. Jd 1 akun itu baiknya pake 1 no hp 1 ktp dan 1 no rekening. Jgn di pake 1 rek di 2 akun. Semoga membantu

  • 9 Agustus 2019 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Apakah dana yang di tahan selama 30 hari itu akan cair ke shopeepay dan bisa di tarik ke rekening gan?

  • 22 Februari 2020 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Memang bener jualan dishopee slalu yg dirugikan penjual,barang sudah dikirim ,status dishope tidak berubah,lapor cs gak ada gunanya,jawabnya gampang bener,nanti bisa batal otomatis katanya,lha batal otomatis barang sudah sampai,duit gak balik.chat berkali kali jawaban hanya bilang ditindaklanjuti tapi gak ada hasil,bener2 keterlaluan.

  • 5 Mei 2020 - (12:34 WIB)
    Permalink

    Uang saya 41jt jg di tahan shopee dengan alasan yg gk jelas .sudah hampir seminggu lebih uang gk cair pdhl pembeli sudah menerima barang pesanan .tiap complain ke cs tidak ada yg bisa memberi kejelasan .cuma di lempar lempar aja dan sampai sekarang tidak ada kejelasan cuma di suruh bersabar . Sangat kecewa dengan shopee krna tidak profesional cara kerjanya dan sangat merugikan seller. Untuk next gk akan jualan di shopee lg.

  • 26 Mei 2020 - (09:12 WIB)
    Permalink

    sedih banget,,, tepat tanggal 21 mei 2020 dana jualan gak masuk ke rekening sampek hari ini,,, komplen lewat email cuma di iya iyakan tanpa penyelesaian. hangus sudah,,, kecewa

  • 3 Juni 2020 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama
    Pembeli sudah mengklik pesanan terima
    Dana belum masuk ke saldo penjual
    Sudah 3 hari ngga ada kejelasan.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Keputusan Sepihak Shopee, Perihal Pelepasan Dana yang Merugikan Seller…

oleh Wahyu Ferry Afimadana dibaca dalam: 2 min
17