Pembatalan Sepihak Tokopedia

Tanggal 2 Agustus 2018 sekitar pukul 21.15 wib saya melakukan pemesanan salah satu barang di FLASH SALE Tokopedia yaitu berupa 1 pc Black & Decker KC3610 dan mendapatkan Kode Pembayaran AN085217977600 (standar format TokPed dan maksimum/jatuh tempo Selasa 4 September 2018 pukul 09.27 WIB).

Tanggal 3 Agustus 2018, jam 11.20.56 WIB saya melakukan pembayaran untuk pesanan yang dimaksud melalui Indomaret sesuai kesepakatan saat melakukan pemesanan. Dan ternyata, jam 11.21 WIB …pemesanan tersebut DIBATALKAN SECARA SEPIHAK.

Koq bisa yah seperti itu? Logikanya kan, ketika kita sudah pesan sesuatu, barang tsb di ‘keep’ dong buat Kita sampai ada Pembayaran. Kalaupun nanti batas waktu Pembayaran terlewat/kadaluarsa, barulah dibatalkan (dan saya pikir di semua OL seperti itu, pengalaman saya, karena saya belanja ol ini tdk hanya di Tokopedia saja)

Setelah Komplain ke TokPed, dan di-handle oleh beberapa CS (Ubaid, Wade, Unay, Cita, Jany) yang kesemuanya itu hanya bisa COPAS saja tanpa bisa memberikan ‘win-win solution”. Amatiran semuanya, tidak bisa menyelesaikan masalah tsb dengan baik. Komplain dari pukul 11.00 – 17.00 tetap tidak ada SOLUSI terbaik, yang ada tetap MENYALAHKAN SAYA sebagai BUYER (sambil Saya juga bingung SALAHNYA di mana?)

Tanggal 4 Agustus 2018, Saya ditelepon oleh Ribka bagian Investigasi dan mereka bela diri-nya adalah (di Help Center FAQ) “Jika Stock Barang sudah tidak tersedia atau Habis, maka Tokopedia akan membatalkan transaksi Anda secara Otomatis dan Dana akan dikembalikan ke dalam TokoCash”.

Jadi intinya, walaupun kita sudah pesan namun belum dibayar dan saat pesan itu kita sudah mendapatkan nomor/kode pembayaran dan tanggal/hari jatuh tempo pun, tetapi ternyata Tokopedia bisa membatalkannya secara sepihak. Dan pasal yang digunakan adalah pasal tersebut.

Terus bagaimana kita tahu, kalau barang yang kita pesan itu benar-benar sudah habis/out of stock? (Karena sampai pukul 23.00 saat saya melakukan pemesanan pada tanggal 3/8/2018, saya masih melihat masih ada stock koq).

So, berhati-hatilah jika belanja FLASH SALE di Tokopedia Guys….. jika memang seperti itu adanya. Kita akan sia-sia dan buang-buang waktu percuma saja kalau dengan entengnya Tokopedia bisa membatalkan pesanan kita secara sepihak seperti yang Saya alami. (Walaupun memang dana tsb sudah dikembalikan ke Tokocash account saya, agar supaya dibelanjakan lagi di tokped maksudnya).

Bukan nominal tsb yang saya permasalahkan, Tetapi ‘Cara-nya” ini yang buat saya merasa tertipu. Terus, apakah ini sudah termasuk ke ranah penipuan? Tidak ada win-win solution sampai Surat Pembaca ini dibuat.

Agus Kusmawan
Bekasi – Jawa Barat 17513

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pembatalan Sepihak Tokopedia

oleh Aguz Kusmawan dibaca dalam: 1 menit
0