Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

Nama saya Inge Citra Tania, di sini saya ingin bercerita sedikit ya. Saya terjebak dengan pinjaman online 20 aplikasi. Kebayang donk dengan total berapa? Kalau ditanya gaji, gaji saya lumayan di kantor. Awalnya saya selalu bayar dan tarik lagi, begitu terus. Sampai pada awal Agustus saya memutuskan untuk berhenti. Saya sadar sepertinya ada yang salah nih dengan sistem bayar saya, karena sampai kapan pun hutang saya gak ketutup dan gaji saya tiap bulan habis hanya buat bayar bunga. Akhirnya saya stop bayar.

Saya terima semua resiko penagihan mereka, mulai dari teror ke teman-teman, ke orang tua sampe ke big boss saya. Jujur kalo ditanya tertekan, ya saya sangat tertekan, kalo ditanya kecewa, ya saya sangat kecewa, kenapa yang kaya gini bisa kelolosan dengan OJK? Korban sudah banyak, tapi seakan pemerintah tutup mata akan hal ini.

Keluarga saya berantakan karena ini, kakak-kakak saya ninggalin saya, orang tua saya jatuh sakit, suami saya ninggalin saya. Belum lagi para teman-teman yang mencela saya karena mereka juga diganggu oleh penagihan pinjol tersebut yang mengambil data kontak di hp saya. Terus saya bisa komplain ini ke mana? Minta tolong ke siapa?

Inilah resiko saya karena sudah pinjam di pinjaman online tsb. Oke saya terima dengan sangat menyesal. Dan sekarang pikiran saya cuma 1, gimana caranya saya bayar. Saya sudah email ke semua aplikasi yang saya pinjam, minta pembayaran cash bertahap dan berhenti bunga, tapi gak bisa. Seandainya semua pinjaman online mampu memberi keringanan ke pada para nasabah dengan cicilan tetap dan stop bunga, saya yakin banyak nasabah yang akan membayar.

Saya gak tau SOP mereka seperti apa? Dan saya juga gak tau harus memohon kepada siapa agar pinjaman online tersebut di hapuskan dari Indonesia. Kasihan orang-orang yang tertekan, kasihlah kelonggaran untuk orang orang yang niat membayar. Saya mohon OJK dan Pemerintah turun tangan akan hal ini. Korban pinjaman online sudah mencapai ratusan. Apa nunggu semua korban pinjaman online bunuh diri karena tertekan baru suara mereka didengar?

Inge Citra Tania
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Artikel ini:
[Penilaian Rata-rata: 3]

147 komentar untuk “Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

  • 6 September 2018 - (11:54 WIB)
    tolong saya mohon masukin grup wa ya 085722833108 saya ingin berbagi kisah prihal pinjol dan penipuan online
    • 16 September 2018 - (10:46 WIB)
      Semua berharap di masukin group wa tpi ga ada yg bersedia untuk jadi admin group nya? Oke deh bismillah yg mau dimasukin group wa masalah pinjaman online bisa wa ke nomer saya nanti saya buatkan group untuk diskusi mencari solusi bersama. 081932961314.
  • 6 September 2018 - (12:48 WIB)
    Benar sekali yg mbak tulis,,termasuk sy jg terjebak dlm pinjol ini,usaha hancur keluarga sy bun jdi brantkn,,blm lg di tmbh malu karna semua no kontak di tlpn,suda meminta byr berthp tp gk bisa.p lg dengn bunga berjln trus mkin hri kian membengkak,jdi bingung hrs bagai mn hdpin pinjol ini.
  • 6 September 2018 - (13:03 WIB)
    kisah mbak inge sama seperti saya pinjam di lebih dari 7 aplikasi. Setelah saya berhenti pinjam dan belum bisa mengembalikan hampir disemua aplikasi. Saya berniat membayar dengan cara bergantian dan mencicil. Itulah kemampuan saya tapi mereka tidak mau tau. Saya mendapat tlp setiap jam dan setiap hari sehingga saya tidak menggubris dan tidak pernah mengangkat tlp. Mereka lalu tlp kantor saya untuk menagih serta mengambil kontak dari hp dan meneror teman2 dan keluarga saya. Sehingga saya risih dan tidak fokus dengan kerjaan saya. Mohon tanggapan dari pihak OJK dan pihak terkait untuk memberantas pinjaman yang sangat meresahkan masyarakat. Apakah sampai sekarang tidak ada peraturan atau peringatan terhadap aplikasi ilegal dan legal terhadap cara penagihan yg tdk sesuai SOP,pengenaan denda dll..? Sampai kapan masalah ini akan dituntaskan dengan pihak terkait..?!
      • 16 September 2018 - (10:28 WIB)
        Saya punya kisah sama dengan mba nya. Lebih baik kita bikin group wa untuk cari solusi terbaik nya mba. Ini wa saya mohon di masukan ke group masalah pinjaman online. 081932961314
      • 17 September 2018 - (10:18 WIB)
        saya juga kejebak dalam pinjol saya selalu diteror membuat hati saya tidak tenang. saya ingin membayar tapi saya minta waktu tapi mereka tidak mau mengerti. tolong masukan saya dalam grup 082187376887
    • 15 September 2018 - (23:17 WIB)
      Saya juga mempunyai pengalaman yang sama di pinjol. Awalnya saya mencoba Pinjam uang di pinjol karena suami saya pengangguran. Tidak cukup hanya mengandalkan pendapatan dari saya untuk kebutuhan sehari-hari dan bayar tagihan lainnya. Saya mempunyai Hutang di pinjol total hingga ada 20 aplikasi karena hutang saya gali lubang tutup lubang hingga sampai menumpuk dan tidak bisa bayar, bisa kebayang berapa banyak hutang saya totalnya mencapai puluhan juta karena bunga yang terus berjalan. Sampai2 saya meminjam uang pada atasan saya dengan sistem dicuci tiap bulan potong gaji dan sepeda motorpun terjual untuk membayar hutang orion sampai sekarang saya belum bisa menutup hutang saya. Saya2 benar menyesal dan menganggap diri saya bodoh karena mudah percaya pada aplikasi pinjam polimer yang sesungguhnya mereka tidak ada bedanya dengan lintah darat. Setiap hari saya ditelepon, sms menagih hutang bahkan mengancam meng-acak2 data kontak saya di HP dan menelepon semua kontak yang sudah tersimpan di HP saya. Hingga saya blokir no telepon orang2 yang menagih hutang dan merekapun tidak bisa menghubungi saya. Tapi hidup saya dan sampai kapan akan begini terus. Mohon pencerahan dan solusinya. Terimakasih
      • 15 September 2018 - (23:23 WIB)
        Mohon maaf ada kesalahan penulisan pinjam polimer harusnya pinjaman online. Dicuci harusnya dicicil
        • 21 September 2018 - (02:40 WIB)
          Masukin aq k grup wa jg dong ka…
          Nasib qta sana mbak.. bingung saya harus gmn menghadapi kolektor yg telponin tiap hari,ngancrm mau ada tim penjemput k rumah yg entah bner atau tidak.tp saya takut…. bukan nya ga niat byar,tp emg sya blm ada uangnya untuk melunasinya…. bingung hrs gmna
      • 22 September 2018 - (09:54 WIB)
        mbak nya di datengin ke rmh gag? soalnya saya juga sama nasibnya… cma yg saya takutkan klo dteng ke rmh
  • 6 September 2018 - (13:57 WIB)
    fintech itu tidak bisa dipercaya,karna awalnya pmbyrn baik2 lancar2 sistem galih tutup,tetapi disaat ada satu fintech yg tidak bisa digalih lagi,meskipun pmbyrn baik,dsitulah awal petaka seseorang dimulai sehingga pmbyrn untuk fintech yg lainnya jadi macet,petaka macetnya saya dimulai dari situ,sehingga carut marut.
    • 20 September 2018 - (09:30 WIB)
      Bener mas..disitulah petaka saya jg dimulai..awalnya cm 1 2 aplikasi berharap setelah bayar sblm jatuh tempo bs buka lagi dgn limit yg dinaikkan eh ternyata malah diblok tdk bs lagi nah dr situ sy mulai kalang kabut cari beberapa pinjol lgi untuk melanjutkan perputaran pinjaman..smp gak kerasa 22 pinjol dgn total 23 jtaan wkt itu..hampir smua tdk ada masalah sih..tp setelah sy baca dimedia konsumen begitu banyak keluahan sy jd ketakutan disitulah sy milai menyerah..sy mulai mengumpulkan keluarga besar saya utk meminta bantuan dan apa yg terjadi?suami,kakak adik bahkan org tua sy skrng menjauhi sy krn kecewa..tp alhamdulillah smua hutang pinjol sy ditutup rapat sm mereka tp sy smp disumpah tdk akn membuka pinjaman lagi dipinjol manapun..
  • 6 September 2018 - (15:57 WIB)
    Hai, saya mau share pengalaman sy mengenai penyelesaian pinjaman online..
    Kira2 pertengahan desember 2017 sy mulai pinjam online di satu aplikasi. Karena tenornya yg pendek otomatis saat jatuh tempo sy blm bs byr, terpaksa sy pinjam di app lain utk membayarnya. Dan itu terjadi trs menerus hingga bulan juni kmrin. Krna bunga pinjol sgt bsr, otomatis bkn nya mslh selesai nmun utang sy mlh tambah byk dan sy stuck macet gagal byr.
    Sy ditagih via tlp tiap hari, mlh kdg 1 hari 3x. Kontak darurat sy diteror tiap hr. Mereka mengancam akan memblacklist lah, didatengin krmh lah, jalur hukum lah, dll.
    Sy sy lakukan adalah,
    Kuatkan mental, jgn lari, jgn lost contact. tiap mrka tlp selalu sy angkat, bhkan sblm mreka tlp pun sy hubungi duluan utk minta solusi. Awalnya mereka gapeduli, krn sy selalu mnta dan mnta solusi akhirnya mrka pun memberi solusi dgn cara dicicil. Dan alhamdulillah masalah selesai.
    Jgn takut, mereka cmn menggertak. Kita pny itikad baik buat byr, so jgn lari, hadepin aja.
    • 7 September 2018 - (19:58 WIB)
      Aplikasi apa yg bisa ksh solusi di cicil, dan apa benar sampe tlp ke semua kontak dari hp? Karna yg aku takuti mereka nekat hib no teman kantor
    • 18 September 2018 - (10:26 WIB)
      Masalah saya pun sama.. Niat bayar tapi lemes liat bunga nya.. Di satu aplikasi dana rupiah limit 5200000 telat 3hari aja udh jadi 5500000 lebih.. Kapan beres nya.. Niat nya mau beresin aplikasi yg pinjaman kecil2 dulu.. Tolong buat dana rupiah bunga nya jgn nyekik bener…ini akibat terlena pinjaman online..
  • 6 September 2018 - (16:03 WIB)
    kisah saya sama percis kaya mbak ingr,,,saya juga bingung nyari uang kmna buat bayar,,,apalagi akun akulaku saya di curi dan nipu ngambil barang total 3500ribu,,,saya harus tanggung smua ini,orang lain yang ngambil barang saya yang hrus bayar…saya harus gmna ya
  • 7 September 2018 - (02:02 WIB)
    sama saya jg pnya masalah dg pinjol .gmn yaaa caranya spaya bunganya ga brjalan trus . .saya ingin bayar tp tlong dendanya jgn terus terusan brtmbh …
    ikut gabung grup wa 089692276660
  • 7 September 2018 - (05:19 WIB)
    gmana pun itu perdata dan bkan pidana (pasal 19.ayat 2.no39.th 1999)dan masalah hutang piutang tidak bsa d penjarakan.lapor polisi aja,penyalah gunaan data pribadi (26.UU ITE). menyerang kehormatan agar d ketahui khalayak umum (310.ayat 1 KUHP). apa lg jika sempat merugikan pekerjaan atw usaha.enak bngt tu d mainin.atw lapor ojk ke: konsumen@ojk.go.id
    • 13 September 2018 - (20:08 WIB)
      Saya udah pernah mas tlp call center ojk.masalah aplikasi yg mengancam dan mencuri data kontak kita dan mempermalukan kita.tapi sepertinya tidak ada solusi.malah kita yang disuruh untuk mengubungi aplikasi tersebut dan membuat kesepakatan.bukan nya membantu tp bikin kita stres.tapi saya juga mau ikutlah di grup wa yang disini buat sharing dan saling berbagi.
  • 7 September 2018 - (10:22 WIB)
    Sama,.
    Saya jga gitu.tolong masukin ke wa biar bisa sharing²,mengenai masalah ini
  • 7 September 2018 - (10:55 WIB)
    Saya juga mbak.
    Selama ini saya lancar2 saja membayarnya. Entah kenapa untuk pertama kalinya keuangan saya bermasalah. Mereka pun mulai menelepon orang tua saya dan memaki2 dengan kata2 yg kasar. Adik perempuan saya bekerja di kantor hukum. Dia sampai emosi. Kalau lah pihak itu menelepon adik saya maka dia tak segan2 melaporkan ke pihak berwajib atas tuduhan pengancaman.
  • 7 September 2018 - (11:43 WIB)
    Saya juga mengalami sih, tapi sepertinya mereka menghubungi ke frequent callers ya. History call nya dihapus saja, sama permission app nya diblokir semua. Saya juga mengalami seperti mbak Inge, saya sampe sekitar 20 aplikasi, pernah sampai beberapa pinjamannya 4 jutaan. Saya akhirnya harus memasukkan aset ke leasing untuk bayar, tapi kondisi masih PR 13 aplikasi yang saya tidak tahu juga harus bagaimana membayarnya karena posisinya saya diamkan. denda harian kian menggunung dan saya mendapati aplikasi2 yang debt collectornya ‘berani2’ dalam artian menghubungi kontak dsb adalah fintech2 yang tidak terdaftar di OJK juga.
    • 7 September 2018 - (20:13 WIB)
      Jika permission di block apa mereka tetap bisa liat semua kontak hp kita? Semua aplikasi sudah saya hapus cuma saya tulis di buku untuk nominal terakhir saja yg saya catat dan nantinya akan saya bayar
      Jujur yg paling saya takuti mereka menghubungi semua no kontak saya
      • 11 September 2018 - (10:49 WIB)
        Keliat, karna oas download nya tdk di hapus call history dan contact no telp yg penting..
        Dari awal download sudah di rekam sma mereka data kita
        Jd sekalipun di hapus skrng percuma.
        Klo mau dr awal sebelom download hapus dlu yg penting” bru tdk ke cek sama mereka
      • 8 September 2018 - (01:10 WIB)
        Coba ajukan pinjaman ke bank mba…saya juga ajukan ke bank untuk melunasi pinjol (alhamdulillah di acc ama bank)….skrg sisa 4 pinjol..dari 12 pinjol.
        • 8 September 2018 - (02:35 WIB)
          Mas mengajukan ke bank apa, saya juga sedang nyoba mengajukan cuma memerlukan waktu untuk proses persetujuannya
          Nunggu acc bank nya itu saya bingung, bunga pasti semakin berjalan
        • 8 September 2018 - (08:59 WIB)
          Masalahnya saya bukan karyawan kantoran. Hanya usaha olshop doang. Ini juga lagi mikir nyari solusi dana sekaligus mengajukan pinjaman cicilan sama pihak pinjol.
        • 10 September 2018 - (12:01 WIB)
          apa dengan banyaknya aplikasi kita bisa di approve di bank???posisi sayang juga g ada CC….soalnya rata2 bank bukannya minta CC yang sudah 1 tahun ya?
          • 11 September 2018 - (10:50 WIB)
            Bank amar coba dhe
        • 17 September 2018 - (01:57 WIB)
          Saya mau tanya saat melakukan pinjaman ke bank alasan apa yg di gunakan karna saya sendiri mengalami hal yg sama tapi masih belum adaa kejelasan dari pihak bank
  • 7 September 2018 - (15:32 WIB)
    Saya juga mengalami kasus yang sama. saat ini saya berhutang total 7 jutaan. Belum lagi hutang sama teman karena sysyem pinjol yang gali lobang tutup lobang. saya bingung harus menyelesaikannya dengan cara bagaimana.
  • 7 September 2018 - (23:43 WIB)
    Seperti memang harus ditutup semua pinjol, menggiurkan memang tanpa survey syarat mudah banget, tapi menyesatkan/semakin memiskinkan/ meresahkan masyarakat.Dan sudah banyak korban, sampai2 keluarga hancur gara2 pinjol yg mudah persyaratannya. Bunga yang besar, syarat yang mudah dan memang harus ditinjau ulang, apakah pinjol masih layak di tengah2 kondisi masyarakat yang masih banyak kekurangan dalam masalah ekonomi
  • 8 September 2018 - (14:56 WIB)
  • 9 September 2018 - (00:48 WIB)
    APAKAH APLIKASI YANG SUDAH DIHAPUS MASIH BISA MENGAKSES KONTAK KITA ?
    ATAU MASUKIN SAYA KE GROUP WHATSAPP PINJOL 0895604956075
    • 9 September 2018 - (10:19 WIB)
      Apa benar klo dihapus kontak atau aplikasi pihak pinjol tidak akan bisa hubungin kontak kita?
      • 9 September 2018 - (11:08 WIB)
        Apa bneran bisa mb kyk gt….apa nnti gk di datangin kermh ta mb
  • 9 September 2018 - (23:26 WIB)
    Halo semua, saya ingin berbagi terkait pinjol yg memang membuat semua geger ini

    aplikasi ini memang membantu tetapi resikonya sangat besar oleh sebab itu sebelum klik untuk pinjam berpikir sebaik2nya dan sematang2nya terkait masa pinjam dan kemampuan kita mengembalikan

    sayapun dulu memiliki utang pinjol kurang lbh 5jutaan, sayapun tak menyangka sampai segitunya, tetapi saya tak pernah bayar telat malah selalu saya bayar (meski lbh sering tutup lubang gali lubang dgn app pinjol lainnya)

    hal ini yg terkadang membuat terlena, krn kalo diitung 2 aplikasi saja bunganya sdh 400-500 sndiri totalnya, kalo saya buka aplikasi lain bunga bertambah lg hingga utk bunga sndiri sdh lbh dari 1 juta 🙁

    solusi saya adalah saya harus stop kegiatan membuka aplikasi lain, saya utamakan byr tepat waktu demi tidak ditelpon DC DC, gaji saya 4 bulan habis hanya itu tutup aplikasi pinjol itupun tidak slesai2 krn bbrp pinjol masa pinjamnya hny14 hari. Awalnya saya kurangi bbrp aplikasi yg masa pinjam 14 hari (itu yg saya bayar pakai gaji s/pinjem temen, jgn pnjem aplikasi lain!)

    lalu aplikasi yg masa pinjamnya 21hr/30 hr itu yg saya lunasi di akhir menggunakan gaji sy juga namun krn ada bbrp masalah saya malah menambah utang (krn meminjam lg dr aplikasi lain)
    akhirnya Pinajman bank menyelamatkan saya karena dia menawarkan pinjaman besar yg dpt dicicil bulanan dgn jangka waktu panjang, saya kira ini lbh manusiawi dan sesuai kemampuan saya, saya bayar dan tutup semua utang di pinjol dggn pinjaman bank lalu konsen utk bekerja membayar tagihan pinjaman bank yg jangka waktunya lama ini

    ttp smgt teman2, smg sgr selesai urusan dgn pinjol ini. utk pemerintah mending aplikasi ini dihilangkan saja krn sgt merugikan

    • 9 September 2018 - (23:50 WIB)
      Memang sih satu2nya cara untuk melunasi semua pinjaman mending dari bank yg sudah jelas pasti bisa kita bayar dengan gaji kita tiap bulan, daripada harus gali lobang tutup lobang dengan aplikasi.
      Saat ini saya msh punya 15 aplikasi yg akan jatuh tempo minggu besok dan saya berniat untuk berhenti buka aplikasi lagi dan mencoba mengajukan dana KTA di 2 bank BCA dan BNP
      Sebenarnya sangat takut jika nanti DC tlp dan bank blm memberikan info acc dana dan bunga pinjol pasti akan bertambah.
      Karna yg saya takuti jika memang benar para DC berani menyebarkan data kita ke media sosial atau kontak lain di hp.
      • 11 September 2018 - (20:29 WIB)
        jika memang ada yg hrs dibayar cb pinjam teman yg bisa membantu sembari awalnya menutup yg temponya dwi mingguan, yg bulanan kita cb tutupi dgn gaji . smg bs tidsk terlena utk kembali buka aplikasi ya
      • 15 September 2018 - (23:50 WIB)
        Apa bisa kita mengajukan di bank? Sedangkan menurut saya jika tidak bisa melunasi pinjaman di online kita akan di blacklist oleh BI dan tidak akan bisa mengajukan pinjaman di bank lain.
    • 11 September 2018 - (07:26 WIB)
      Bukan kah kalo pinjam di bank syarat nya sangat ribet bu? Ibu di bank mana? Blm. Harus disurvei… Juga…
      Saya juga sudah pusing ini hampir 20 aplikasi online yang saya pinjam… Saya stres sampai istri marah marah… Untung istri masih kuat.. Dan mau menerima kenyataan yg sangat pahit ini… Ya saya ingin terbebas dari ini semua… Gimana caranya ya…
      • 11 September 2018 - (20:27 WIB)
        coba kalo mau cepat ajukan di HomeCredit, bunga lumayan namun dpt kita cicil perbulan. Kalo bank kebetulan rekaman kredit saya bagus jd bs dibantu utk pinjaman 🙏
        • 20 September 2018 - (12:54 WIB)
          klo minjem ke Bank hrs pnya Gaji yg lmyan atau Usaha yg meyakinkan, sama hal dgn pengajuan CC…gak smua bisa tembus heheheh, klo pnya rekam jejak jelek d bank, CC gak bakal tembus, bisa gadai emas d pegadaian….solusi bgs, klo Home Credit pengalaman sama teman, bunga besarrrrr dan sama saja klo gak byr, mrp pinjol mereka menagih hehehehe.
  • 10 September 2018 - (11:56 WIB)
    Halo.. salam kenal. Tolong invite saya ya di WA Group utk saling sharing. Trims. 081211063512.
  • 10 September 2018 - (20:34 WIB)
    Semoga setiap masalah temen2 mendapatkan jalan keluar dan kemudahan…saya termasuk baru memainkan beberapa aplikasi pinjaman online gak terasa ampe 10 aplikasi saya gunakan beberapa minggu kebelakang, alhamdulillah sekarang sisa 5 aplikasi dan saya niatin berhenti insyaallah..baca berbagai pengalaman temen2 ngeri juga yah saya liat dan betul juga dipikir pikir dengan kemudahan pinjaman online membuat saya berfikir bodoh, bunga dari 8 aplikasi online bisa dipake bayar cicilan ke bank 2jt perbulan (itu pun kalo ke bank bunga segitu adalah bunga dari kisaran 100-150jt) daripada tutup lobang manfaatin pinjaman online duit ga seberapa (kisaran 1-5jt) dengan tempo paling lama 14/21/30 hari
    • 20 September 2018 - (13:00 WIB)
      klo gw sich ngutang 4 juta d CC, bunga cm 100rb doang, byr minimum lg klo gak pnya duit wwwkkkk, ada jatuh tempo buat keringanan klo ngutang d Bank, klo pinjol byr bunga 2 juta, meles mending gw pake makan ama nonton tu duti, hit2 klo byr bunga sebanyak itu bisa pake jelong2 ke Bali lah hehehe.
  • 10 September 2018 - (21:46 WIB)
    Bank apa yg gampang approve pinjaman besar buat nglunasin pinjol ada yg tau??
    Saya udh usaha ngajuin kta di bank ternama slalu di tolak
    Pdhal niat pinjaman di bank yg tenornya bisa lama buat nglunasin pinjol
    Strees bgt saya sm pinjol,,,
    • 11 September 2018 - (10:39 WIB)
      Susah klo bgtu mah, yg ada utang numpuk
      Sekalian aja gak ush di bayar dlu pinjol nya selesaikan satu satu dengan minta keringan an, cuma jangan terlalu kalem juga mesti tegas sama penagih nya jadi kita tdk di sepelakan
      • 16 September 2018 - (00:00 WIB)
        Setuju banget klo bisa dicicil ya dicicil saja jangan sampai takut sama orang yang menagih pada dasarnya mereka hanya menakut-nakuti supaya hutang segera dibayarkan. Kalau mereka mengancam ancam balik saja, tindakan sayapun juga seperti itu sampai debt collector tidak bisa berbuat apa2 mereka bisanya hanya menagih lewat chat di di WA dan tidak akan pernah mendatangi kita.
  • 11 September 2018 - (07:33 WIB)
    Saya.. Juga mengalami hal yang sama seperti ini… Awalnya hanya di satu aplikasi kemudian nambah lagi di aplikasi yang lain… Dan parahnya lagi untuk. Menutup atau membayar bunga untuk perpanjangan saya juga menggunakan aplikasi yang lain nya… Dan saya tidak sadar sudah hampir semua 10 aplikasi saya coba.. Saya ingin lepas dari semua ini.. Sampai bpkb motor saya gadein… Tapi tidak bisa menutup semua pinjaman saya di pinjol tersebut… Sampai saya coba pinjam tmn untuk melunasi nya… Tapi malah semakin banyak. Hutang saya… Sampai akhir nya istri saya tahu masalah saya… Dan ditotal hutang saya sampai 40 jutaan dari pinjol sama pinjam. Ke teman… Istri saya stres, shok, marah pastinya.. Dan hampir minta untuk. Berpisah… Sedih rasanya hati saya… Kenapa. Saya begini… Kenapa saya melukai keluarga saya… Menyakiti istri saya.. Bukan kebahagiaan yg saya berikan malah hutang yang menumpuk gara gara pinjol…. Sampai saatnya saya sedang melunasi satu demi satu pinjol tersebut… Dan gak tau sampai kapan bisa lunas… Nya… Semoga Allah memberikan jalan untuk saya…. Dan semua sahabat saya yg tertimpa masalah seperti saya ini… Amiiin
    • 16 September 2018 - (00:04 WIB)
      Tidak ada masalah tanpa penyelesaian.. Semangat dan semoga pinjaman di online segera terselesaikan.
    • 6 Desember 2018 - (00:51 WIB)
      Apakah skrg msh ada hutang d pinjol mas. Atau sdh selesai…
      D datangi ke rumah gak?
  • 12 September 2018 - (20:13 WIB)
    Jangankan mbak..saya juga sama dan saya pastikan kalo seandaikan ini tidak kelar..maka jangan salahkan kita para peminjam yang dibuat susah menjadi perang terbuka untuk para usaha pinjaman online,kalian semua para pengusaha pinjaman online ntah dari china ntah dari manapun..asal hak asasi manusia kita terganggu sudah dipastikan
    Kita akan melakukan pergerakan melawan..gara2 kalian pula banyak yang stress jadi orang gilaa dan bunuh diri..begitu gampang dilewatkan searah mata..matipun saya tidak akan pernah takutt..karenaa ini tanah indonesia dan kalian sendiri orang luar atau orang indonesia sendiri menjajah tanah kita dengan sistyem perekonomian..saya takkan pernah takut.kita tahu utang wajib di bayar..tetapi bukan dengan cara kalian melakukan dengan cara kalian yang tidak ada pendidikan..
    • 20 September 2018 - (13:04 WIB)
      kykx d jaman now saja ada yg gn2 , jaman pak beye blum ada kan hehehe, smoga pemerintah gak cm ketemu Bos FB, keetemu dong sama Bos Pinjol hehehehehe….
  • 13 September 2018 - (15:35 WIB)
    Saya juga sama seperti kalian, bingung untuk melunasi nya. Semakin membengkak bunga nya. Yaampun..
    Adakah yg bikin grup? Tolong invite saya 087882538202
  • 16 September 2018 - (08:33 WIB)
    Drama pinjol yang nyaris luput dari perhatian pemerintah, karena iklim investasi dan bisnis menjadi sebuah alasan kuat utk melihat bahwa bisnis fintech tumbuh subur di Indonesia

    Tercatat lebih dari 250 fintech yang sama sekali tidak terdaftar di OJK bahkan mereka sama sekali tdk memberikan kontribusi apapun utk negara ini, tumbuh dengan liar dengan main petak umpet dan mengkloning 5-6 aplikasi sekaligus

    Belum lagi ditambah penagihan yang membuat nasabahnya stress krn teror dan penyalahgunaan data kontak non kerabat menambah lengkap perangkap fintech ilegal ini

    Kalau saran saya sudah perlunya para nasabah yang terzalimi membuat sebuah gerakan yang menyedot perhatian publik dan pemerintah serta media utk menyoroti kasus ini sebagaimana dulu hebohnya kasus first travel, krn korbannya pun sudah banyak

    Tidak ada jalan lain solusi menyelesaikan masalah ini selain menyediakan sumber dana diluar dari anda menggunakan dan fintech lg utk gali lobang tutup lobang, tutup lobang dan STOP buka aplikasi tersebut krn BAHAYANYA jauh lebih besar dari MANFAATNYA

    Carilah pinjaman lain yang lebih masuk akal cicilan sesuai dengan kemampuan kita,baik secara perorangan maupun lembaga seperti bank atau leasing utk menutupi pinjaman di Fintech

    Jika semua masyarakat sudah teredukasi mengenai BAHAYA Fintech sy rasa fintech tdk akan bertahan lama di indonesia karena sepinya peminat dan beralih ke bisnis investasi lain

    Kami sendiri sering mendiskusikan hal ini dengan beberapa pengusaha lokal dan setuju bahwa praktek seperti ini harus dihentikan karena membuat produksi kerja karyawannya menurut akibat stress,bahkan mereka bersedia membantu jika ada yang membutuhkan talangan utk menutupi fintech, selama mereka memenuhi syarat dan ketentuan yang mereka tetapkan

    Semoga permasalahan drama fintech ini segera memasuki episode akhir dan kondisi yang sudah terjadi bisa dikembalikan seperti sedia kala

  • 16 September 2018 - (16:29 WIB)
    hp udah saya jual buat bayar pinjol,sekarang ga pake android ga pake whatsapp,aplikasi nya juga entah seperti apa sekarang,terakhir masih ada tunggakan di 5 aplikasi,ada yang tau ga seperti apa proses mereka bisa tau kontak” pribadi kita?
  • 19 September 2018 - (11:23 WIB)
    saya juga bingung dengan pinjaman saya, sekarang sudah di tlpon dan di sms katanya mau ke kantor ? apa benar mereka akan ke kantor/rumah ?
  • 20 September 2018 - (16:10 WIB)
    Tolong dengan sangat nomor saya 0822967839 masukin grup wA ya,saya juga sama terjerat pinjol supaya bisa berbagi cerita terutama percerahan solusi nya…
  • 22 September 2018 - (11:19 WIB)
    bagi pengalaman aja sih.. saya juga terjerat uang piutang pinjol. udh 1 bulan ini saya keteteran, awal bisa keteteran karna ada beberapa pinjol yg wktu udh dilunasi mendadak GJ padahal seblum2 nya lancar. dri situ udh mulai keteteran. baru telat 2 hri semua kontak langsung di telfonin. dan ngomong yg gag. banyak yg kasih saran seaklian aja gag ush dibayar soalnya mereka juga udh diluar perjanjian karena menyebarkan data. sama jalan yg saya ambil booting ulang hp. ya emang hrus rela kehilangan data2 sma semua kontak saya hapus. semua izin untuk akses kontak dan sms saya matikan. ya alhamdullilah sedikit berkurang beban saya. saya lupa klo masih ada no kantor… gag lama mereka telfon ke kantor untungnya pihak admin bisa sya loby saya bilang klo ada yg telfon cri sya bilang klo sya sudah dipecat.

    sekrang yg blm saya ketahui bakal dateng kermh gag???

    solusi atau tanggapannya ya. ada gag yg udh di datengin ke rmh nya

    • 6 Desember 2018 - (00:59 WIB)
      Katanya sih gak d datangi. Itu pengalaman teman2 saya yg juga gak bsa lg mmbayar pinjol. Karna mreka hanya berkantor pusat d jakarta (ini pengalaman di surabaya).
  • 23 September 2018 - (13:59 WIB)
    Percuma kalau kalian hapus aplikasinya atau hapus nomor2 di kontak kita karena mereka udah me record kontak di hp pada saat pertama kita install di playstore. BANGSAT BANGET KAN !! Btw, aku mau tanya udah ada yang coba pake jasa supaya data2 kita gak di sebar sama debt collector ke nomor2 kontak pribadi?? Kemarin ada yg nawarin saya cuma bayar 100 ribu. Kalo ada yang pernah share pengalamannya ya thanx
    • 24 November 2018 - (00:55 WIB)
      Intinya untuk konyak jangan sampai sinkron ke akun google dan perijinan di cabut melalui menu pengaturan,jadi kesimpulannya selama anda mengakses internet mereka bisa leluasa mengakses akun anda,,
  • 23 September 2018 - (22:05 WIB)
    Tolong masukin nomer WA saya 085707036428. Saya juga salah satu korban dari pinjaman online, saya ingin lepas dari pinjaman semua itu tpi tidak bisa karena bunga sudah menumpuk mau minta keringan gak bisa. Tolong bantuan solusinya. Trimakasih
  • 24 September 2018 - (03:28 WIB)
    Saya terlilit hutang pinjaman online,pinjaman di atas 10 juta. Mohon dimasukkan di grup, no hp saya 0816839096. Saya bingung harus menyelesaikan permasalahan ini
  • 27 September 2018 - (14:58 WIB)
    Saya juga ada masalah yang sama. tidak ada keringanan. padahal sebelumnya sering tepat waktu tapi belakangan karna telat selalu di telpon dan lebih parah lagi telpon ke boss client. pusing sekali plus malu. emang sih salah aku tapi paling ga ada keringanan dan dibantu. sekarang utang sudah gede. sempet pingin mengakhiri hidup tapi masih ingat keluarga. semua saudara juga sudah menjauh. ibu hampir kena serangan jantung. Mohon solusi. wa saya 087878502599

    Terima kasih sebelumnya

  • 28 September 2018 - (23:41 WIB)
    Tenang mba.. semua pinjol bbrp alhamdulillah pd koperstif kok.. dan saya jg alhamdulillah sudah bisa membantu bbrp nasabah pinjol lainnya dgn diberikan program cicilan serta pembayaran pokok. Kalau mau info bisa add wa saya 081288422323 bahkan nama baik bisa di kembalikan lg karma pihak pinjol akan memberikan permohonan maaf ke semua kontak2 kita.

 Apa Komentar Anda?

Ada 147 komentar sampai saat ini..

Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

inge citra tania38 1 menit
147