Surat Pembaca

Bagaimana Cara Penyelesaian Pinjaman Online?

Nama saya Inge Citra Tania, di sini saya ingin bercerita sedikit ya. Saya terjebak dengan pinjaman online 20 aplikasi. Kebayang donk dengan total berapa? Kalau ditanya gaji, gaji saya lumayan di kantor. Awalnya saya selalu bayar dan tarik lagi, begitu terus. Sampai pada awal Agustus saya memutuskan untuk berhenti. Saya sadar sepertinya ada yang salah nih dengan sistem bayar saya, karena sampai kapan pun hutang saya gak ketutup dan gaji saya tiap bulan habis hanya buat bayar bunga. Akhirnya saya stop bayar.

Saya terima semua resiko penagihan mereka, mulai dari teror ke teman-teman, ke orang tua sampe ke big boss saya. Jujur kalo ditanya tertekan, ya saya sangat tertekan, kalo ditanya kecewa, ya saya sangat kecewa, kenapa yang kaya gini bisa kelolosan dengan OJK? Korban sudah banyak, tapi seakan pemerintah tutup mata akan hal ini.

Keluarga saya berantakan karena ini, kakak-kakak saya ninggalin saya, orang tua saya jatuh sakit, suami saya ninggalin saya. Belum lagi para teman-teman yang mencela saya karena mereka juga diganggu oleh penagihan pinjol tersebut yang mengambil data kontak di hp saya. Terus saya bisa komplain ini ke mana? Minta tolong ke siapa?

Inilah resiko saya karena sudah pinjam di pinjaman online tsb. Oke saya terima dengan sangat menyesal. Dan sekarang pikiran saya cuma 1, gimana caranya saya bayar. Saya sudah email ke semua aplikasi yang saya pinjam, minta pembayaran cash bertahap dan berhenti bunga, tapi gak bisa. Seandainya semua pinjaman online mampu memberi keringanan ke pada para nasabah dengan cicilan tetap dan stop bunga, saya yakin banyak nasabah yang akan membayar.

Saya gak tau SOP mereka seperti apa? Dan saya juga gak tau harus memohon kepada siapa agar pinjaman online tersebut di hapuskan dari Indonesia. Kasihan orang-orang yang tertekan, kasihlah kelonggaran untuk orang orang yang niat membayar. Saya mohon OJK dan Pemerintah turun tangan akan hal ini. Korban pinjaman online sudah mencapai ratusan. Apa nunggu semua korban pinjaman online bunuh diri karena tertekan baru suara mereka didengar?

Inge Citra Tania
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • gmana pun itu perdata dan bkan pidana (pasal 19.ayat 2.no39.th 1999)dan masalah hutang piutang tidak bsa d penjarakan.lapor polisi aja,penyalah gunaan data pribadi (26.UU ITE). menyerang kehormatan agar d ketahui khalayak umum (310.ayat 1 KUHP). apa lg jika sempat merugikan pekerjaan atw usaha.enak bngt tu d mainin.atw lapor ojk ke: konsumen@ojk.go.id

    • Saya udah pernah mas tlp call center ojk.masalah aplikasi yg mengancam dan mencuri data kontak kita dan mempermalukan kita.tapi sepertinya tidak ada solusi.malah kita yang disuruh untuk mengubungi aplikasi tersebut dan membuat kesepakatan.bukan nya membantu tp bikin kita stres.tapi saya juga mau ikutlah di grup wa yang disini buat sharing dan saling berbagi.

  • Saya juga mbak.
    Selama ini saya lancar2 saja membayarnya. Entah kenapa untuk pertama kalinya keuangan saya bermasalah. Mereka pun mulai menelepon orang tua saya dan memaki2 dengan kata2 yg kasar. Adik perempuan saya bekerja di kantor hukum. Dia sampai emosi. Kalau lah pihak itu menelepon adik saya maka dia tak segan2 melaporkan ke pihak berwajib atas tuduhan pengancaman.

      • Dua minggu mbak.
        Belum di datangi sih. Cuma sudah melakukan pengancaman pada ibu saya.
        Kalau mbaknya sendiri?

  • Dua minggu mbak.
    Belum di datangi sih. Cuma sudah melakukan pengancaman pada ibu saya.
    Kalau mbaknya sendiri?

    • Selama telat dua minggu apa sudah ada tindakan hub nosemua di kontak apa baru no darurat aja?

      • Dari keluarga sih udah ada 2 org yang di hubungi selain dari daftar kontak darurat. Ibu saya dan kk saya.

  • Saya juga mengalami sih, tapi sepertinya mereka menghubungi ke frequent callers ya. History call nya dihapus saja, sama permission app nya diblokir semua. Saya juga mengalami seperti mbak Inge, saya sampe sekitar 20 aplikasi, pernah sampai beberapa pinjamannya @ 4 jutaan. Saya akhirnya harus memasukkan aset ke leasing untuk bayar, tapi kondisi masih PR 13 aplikasi yang saya tidak tahu juga harus bagaimana membayarnya karena posisinya saya diamkan. denda harian kian menggunung dan saya mendapati aplikasi2 yang debt collectornya 'berani2' dalam artian menghubungi kontak dsb adalah fintech2 yang tidak terdaftar di OJK juga.

    • Jika permission di block apa mereka tetap bisa liat semua kontak hp kita? Semua aplikasi sudah saya hapus cuma saya tulis di buku untuk nominal terakhir saja yg saya catat dan nantinya akan saya bayar
      Jujur yg paling saya takuti mereka menghubungi semua no kontak saya

      • Keliat, karna oas download nya tdk di hapus call history dan contact no telp yg penting..
        Dari awal download sudah di rekam sma mereka data kita
        Jd sekalipun di hapus skrng percuma.
        Klo mau dr awal sebelom download hapus dlu yg penting" bru tdk ke cek sama mereka

      • Coba ajukan pinjaman ke bank mba...saya juga ajukan ke bank untuk melunasi pinjol (alhamdulillah di acc ama bank)....skrg sisa 4 pinjol..dari 12 pinjol.

        • Mas mengajukan ke bank apa, saya juga sedang nyoba mengajukan cuma memerlukan waktu untuk proses persetujuannya
          Nunggu acc bank nya itu saya bingung, bunga pasti semakin berjalan

        • Masalahnya saya bukan karyawan kantoran. Hanya usaha olshop doang. Ini juga lagi mikir nyari solusi dana sekaligus mengajukan pinjaman cicilan sama pihak pinjol.

        • apa dengan banyaknya aplikasi kita bisa di approve di bank???posisi sayang juga g ada CC....soalnya rata2 bank bukannya minta CC yang sudah 1 tahun ya?

        • Saya mau tanya saat melakukan pinjaman ke bank alasan apa yg di gunakan karna saya sendiri mengalami hal yg sama tapi masih belum adaa kejelasan dari pihak bank

  • Saya juga mengalami kasus yang sama. saat ini saya berhutang total 7 jutaan. Belum lagi hutang sama teman karena sysyem pinjol yang gali lobang tutup lobang. saya bingung harus menyelesaikannya dengan cara bagaimana.

  • Seperti memang harus ditutup semua pinjol, menggiurkan memang tanpa survey syarat mudah banget, tapi menyesatkan/semakin memiskinkan/ meresahkan masyarakat.Dan sudah banyak korban, sampai2 keluarga hancur gara2 pinjol yg mudah persyaratannya. Bunga yang besar, syarat yang mudah dan memang harus ditinjau ulang, apakah pinjol masih layak di tengah2 kondisi masyarakat yang masih banyak kekurangan dalam masalah ekonomi

Penulis
inge citra tania38