Dana Hasil Penjualan Ditahan oleh Shopee

Saya Desya, menjual voucher game online di Shopee dengan username: romanticcouple. Tanggal 4 September 2018 seseorang menghubungi saya di aplikasi whatsapp mengatakan ingin membeli voucher game melalui Shopee. Karena saya memang mencantumkan nomor whatsapp saya di autoreply chat Shopee, agar jika saya slow respon, pembeli dapat segera menghubungi saya lewat WA.

Kemudian saya pastikan di aplikasi Shopee, ternyata benar dia melakukan pembelian di Shopee. Pembeli membayar melalui Indomaret. No order: 180904150785BSX.

Saya adalah reseller resmi produk Unipin. Jadi saya biasa membelinya melalui web Unipin. Namun terkadang jika di marketplace lain sedang ada promo besar-besaran, saya beli di marketplace yang sedang promo. Nah pada saat itu saya beli voucher tersebut di Tokopedia (bukti invoice terlampir, kode voucher sama dengan yang saya berikan ke pembeli. Bisa dipastikan juga tanggal pembeliannya adalah tanggal 4 September 2018).

Saya mengirimkan kode voucher pada saat itu juga melalui chat Shopee. Dan pembeli menanyakan lagi melalui WA, dan saya kirim kode vouchernya lewat WA juga. Pembeli hanya menjawab OK. Yang artinya dia sudah terima.

Lalu saya meng-input resi dengan tulisan “by chat” yg artinya saya mengirim barangnya melalui chat.

Namun sampai saat ini dana penjualan belum juga saya terima. Saya menghubungi pihak Shopee namun tidak ada penjelasan yang pasti. Pihak Shopee meminta saya melampirkan screenshot chat dengan pembeli. Setelah saya kirimkan, pihak Shopee meminta saya menunggu lagi, dikarenakan pembeli harus menyatakan langsung kepada Shopee bahwa pembeli sudah menerima barang. Ketika saya tanya ke pembeli, dia tidak merasa dihubungi oleh Shopee. Dan Shopee bersikeras bahwa saya harus menunggu sampai pembeli dapat mengkonfirmasi langsung kepada Shopee.

Berikut lampiran bukti pembelian kode voucher saya dari Tokopedia dan bukti bahwa saya telah memberikan kode voucher yang sama kepada pembeli. Semua data yang saya lampirkan adalah fakta dan tidak ada rekayasa apapun.

Mohon pihak Shopee untuk menanggapi dengan bijak.

Terima kasih.

Desya Tri Marhaenda
Semarang, Jawa tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar