Akun Bukalapak Saya Dibajak, Dana BukaDompet Hilang

Yth. Bukalapak,

Maaf saya terpaksa menulis di media terbuka karena tidak ada pertanggungjawaban Bukalapak atas dibajaknya akun Bukalapak saya, yang akhirnya hilang uang hasil penjualan di BukaDompet saya. Hacker dengan baik hati menyisakan uang 7.000 rupiah di BukaDompet saya. Sesak dan emosi rasanya saya, yang kehilangan uang karena akun Bukalapak dibajak orang, tapi Bukalapak malah menyalahkan seller. Padahal saya tidak pernah dapat link dan tidak pernah mengklik link apapun juga.

Kronologi kejadian:

Saya sudah lama bergabung dengan Bukalapak, dari tahun 2015, tapi baru Agustus 2018 lalu saya mencoba mulai berjualan di Bukalapak. Sewaktu remit transaksi saya masuk di BukaDompet pada Sabtu malam tanggal 15 September 2018 saya tidak online sama sekali. Selang 1 jam kemudian dana penjualan sebesar Rp1.650.000 habis dibelikan voucher game sebanyak 3x dengan transaksi: BL18111AQJTNGVC sebesar Rp744.000, BL18111AQJTXGVC sebesar Rp744.000, dan BL18111AQJU3GVC sebesar Rp149.000.

Besoknya hari Minggu tanggal 16 September 2018 saya juga belum online, ada remit transaksi lain yang cair sebesar Rp199.000 dan lagi-lagi hacker melakukan transaksi dengan dana tersebut sebanyak 2 kali yaitu BL18111AQKSIGVX sebesar Rp149.000 dan BL18111AQKSNGVC sebesar Rp56.000.

Anehnya lagi, setiap saya login, ada notifikasi login di email, tetapi tiap hacker masuk login tidak ada notifikasi login sama sekali di tanggal 15 & 16 September 2018 itu. Saya baru login lagi tanggal 17 September 2018 pagi dengan maksud mau menarik dana, dan itu pun saya mendapat notifikasi loginnya.

Pembelian yang dilakukan oleh hacker juga tidak ada di riwayat pembelian, hanya muncul jika diklik BukaDompetnya. Bisa lihat di screenshot yang saya lampirkan.

Bukalapak sudah mengakui ada orang lain yang mengakses dan menguras dana BukaDompet saya, tapi lepas tangan dan menyalahkan saya dengan tujuan untuk tidak mengganti dana BukaDompet saya yang hilang. Saya mohon kebijaksanaannya dan tanggung jawabnya untuk pengembalian dana BukaDompet. Uang segitu tidak ada artinya untuk Bukalapak yang sudah punya nama besar, bisa mengadakan banyak promo dan memberi hadiah-hadiah pada konsumennya.

Saya hanyalah orang kecil yang masih berjuang hingga memutuskan untuk berjualan online di Bukalapak, tetapi baru berjualan dan belum pernah menarik hasil penjualan, sudah harus merasakan pembobolan akun di Bukalapak.

Mohon dengan sangat bantuannya.

Terima kasih.

Edward Andri Pramono
Surabaya – Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Edward Andri Pramono

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • saya prihatin sama kss yg menimpa anda, sx saja di laporkan ke Pihak berwajib, ini udah msk kss Pencurian, walaupun dlm bentuk online, klo aparatt gak mau ngurus, truz kenapa Jualan Online itu ada, klo UUD perlindungan konsumen gak kena ke sana, spya BukaLapak bisa juga msk Koran Nasional, dgr2 mereka Sponsor Pilpres lg, smoga ada keadilan saja...walau mereka menjadi official 2019 nnti heheheh.

    • UPDATE : kmrn bukalapak sdh bbrp kali menghubungin saya dan mrk Tidak Bisa mengembalikan dana bukadompet, katanya karena kesalahan saya tdk menghidupkan OTP sehingga bs kebobolan. Saya berusaha negosiasi, bukalapak hanya bisa memberikan KOMPENSASI sebesar 500rb, akhirnya sy terima kompensasi tersebut. krn jika banding lg, hrs melalui proses lg selama 7x24jam yg katanya hasilnya blm tentu juga. Ini pelajaran bagi saya agar tdk coba2 lg berjualan online di bukalapak. utk seller lain nyalakan OTPnya, smg akunnya tdk dihack seperti saya.

      • Waktu pembelian voucher emang gak ada notifikasi lewat email yah? Meskipun OTP gak aktif, harusnya setiap transaksi masih ada notifikasi email sih. ?

        Bukalapak harus lebih serius lagi meningkatkan sistem keamanannya. Skrg trennya, dana hasil pembobolan dilarikan ke pulsa atau voucher, bukan ke rekening bank, supaya lebih sulit buat dilacak. ?

        • Dr 5 transaksi yg dilakukan hacker, ada 3 email notifikasi pembeliannya, yg 2 pembelian lain ga ada dan apesnya itu waktu weekend tdk sy buka sama skali, kejadian sabtu malam dan minggu.. Saya br taunya pas buka email dan bukalapak senin paginya, waktu mau menarik saldo penjualan.. Betul bro, trend hacker dibeliin voucher game dan pulsa spy ga terlacak ☹️

  • sama nh kaya kasus sy, mudah2an pihak BL cepat respon dgn Tiket #7117183 jadi sy tidak perlu menulis surat terbuka dipermasalahan yg sama

  • Kejadian pembajakan akun bukalapak juga baru pada saya dan saya kehilangan semua saldo dana saya, tanggapan dari pihak bukalapak bertele-tele dan tidak memberikan solusi